Newbie Sejak 2006


Ket: banner di atas adalah banner jadul blog jadulku. Mie Janda aja masih pakai co.cc, padahal sekarang dah .com
.

Ehm, apakah sahabat aneh dengan judul di atas. Bukankah sahabat tahu bahwa pengertian newbie dikalangan blogger adalah mereka yang memang baru ngeblog. Lalu bagaimana bisa jika mengenal dan memiliki blog sejak tahun 2006 tapi tetep masih pengen disebut newbie. Jawabannya ya karena keren aja gitu ejaanya, N – E – W – B – I – E. Hehehe, bercanda. Nah, mending saya buka-bukaan aja yach. Selamat membaca!

AWAL NGEBLOG

Saya mengenal blog yakni sejak akhir tahun 2006. Awalnya saya ngeblog di blogspot. Untuk sebuah blog biasanya saya bikin email baru. Parahnya, seringkali saya lupa password email baru tersebut. Jadi ketika saya lupa password blognya, ya sudah saya gak bisa cari tahu lewat email. Akhirnya saya bikin blog lagi dan bikin email lagi. Dan bagusnya saya pun lupa kembali. Ada beberapa blog yang saya buat di blogspot namun hanya berisi beberapa postingan saja perblognya. Kalau ditanya alamat blog (URL) jaman dulu, jelas saya gak ingat lagi. Maka saya akui saat itu saya adalah Sang Khilaf.

YANG MENGENALKAN BLOG

Saya dikenalkan pada blog oleh sahabat saya yang saat itu bekerja sebagai office boy di kantor tempat saya bekerja. Dia menjelaskan bahwa blog itu website pribadi. Semacam kita punya rumah peribadi dan orang banyak yang mengunjungi. Saya bangga memiliki sahabat seperti dia, yang senantiasa memperluas wawasannya meski hanyalah seorang OB pada saat itu. Kini, dia kuliah lagi dan telah bekerja di sebuah anak perusahaan BUMN dengan posisi duduk ditemani komputer dan lembaran kertas. Dan jika boleh jujur, kini dia bukan lagi seorang blogger aktif, bahasa halusnya dari hiatus sampai waktu yang tidak ditentukan.

MENIKMATI NGEBLOG

Sekitar akhir tahun 2007 saya mulai menikmati ngeblog. Saya ngeblog di wordpress. Sepertinya saya lebih menikmati ngeblog dengan wordpress ketimbang blogspot. Meski begitu, saya juga pernah di blogdetik sebentar. Diawal ngeblog saya cuma rajin posting. Tapi kok banyak yang suka komentar. Terus teman saya bilang bahwa saya tuh harus rajin juga membalas komentar mereka. Jadilah saya rajin posting dan blogwalking. Blog saya pun makin ramai. Bahkan ternyata blog saya tercantum di sebuah buku sebagai salah satu contoh yang bagus dalam hal SEO. Waduh, mahluk macam apalagi nih yang bernama SEO. Jujur sih, emang blog saya yang dulu lebih ramai dari blog saya yang sekarang dalam hal trafik kunjungan.

KEMBALI MENJADI NEWBIE

Akhir tahun 2008 saya memutuskan untuk pindah blog. Kembali memuat blog baru dan merintis dari awal. Namun masih banyak yang ngeh kalau saya telah berpindah blog. Saya bikin blog baru awalnya sih buat nyemangatin para newbie. Beberapa newbie terkadang minder untuk kopdar dan ikut-ikut acara para blogger. Ini saya ketahui saat saya telah merintis dan mendirikan komunitas blogger yang bernama BLOGOR. Banyak diantara mereka merasa kurang PeDe untuk bergabung dalam kegiatan kami. Bayangkan saja, konon kabarnya yang terdaftar di BLOGOR sebanyak 500-an. Tapi kalau ada acara ya yang datang paling 50-an. Tindakan yang saya buat lumayan berdampak. Saya bilang kalau saya ngeblog baru sebulan pada mereka yang newbie, dan mereka pun percaya aja. Jadilah kami lebih enak untuk menjalani jalinan persohiblogan.

Nah, begitulah ceritanya. Sampai sekarang saya adalah newbie, karena belum paham otak-atik blog supaya cantik tampilannya, supaya bisa dapat duit, otak-atik SEO supaya blognya ramai, dan masalah blog lainnya.

Bagi saya, mengenal kalian para narablog yang hebat saja boleh dibilang sudah cukup. Pernah mencicipi (kalau gak salah) urutan ke 7 di Indonesian Matters Rank juga sudah lumayan cukup. Pernah mencicipi PR (page rank) 5 juga sudah lumayan cukup. Ya, moga bisa lebih baik lagi sih. Mohon doanya saja ya sahabat. 🙂

Salam Semangat!

5 Hari Lagi Genap 2 Tahun Deh

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati dan tag , , . Tandai permalink.

76 Balasan ke Newbie Sejak 2006

  1. TuSuda berkata:

    Salut Kang, dg pengalamannya yg seabreg dlm ngeblog.
    Rasanya saya lah malahan yg lbh pantas disebut newbie alias pemula, krn belum ada sepak terjang spt itu. masih segini2 saja.
    Mohon bimbingannya ya Kang..
    Salam persahabatan dari Kendari.. 8)

    • achoey berkata:

      Sahabat, pengalaman itu bukanlah hanya lamanya waktu yang menjadi faktor penentu, tapi kualitas dalam menjalani itu. Kulihat konsistensi update harian yang kau lakukan, adalah bukti bahwa kau blogger matang. Saya patut belajar darimu sobat.

      Salam persahabatan dari Bogor 🙂

      • TuSuda berkata:

        OKe, iya Kang siap dilaksanakan.
        TERIMAKASIH atas motivasinya..saya akan selalu berusaha KONSISTEN dalam berkarya, meski masih perlu banyak BELAJAR bagaimana cara menulis dengan baik dan bermanfaat. MOHON krtik dan koreksi nya selalu.
        SALAM hangat persahabatan juga dari Kendari.. 8)

  2. Pendar Bintang berkata:

    Assalamualaikum, met pagi A yang ganteng…

    Pagi ini, aku menemukan comment A masuk Spam..kok bisa yah??

    Hm, bentar lagi ngerayain Ultah, aku hrs cepet2 pesan tiket berarti karena akan ada traktiran di Mi janda, he he he

    Pengalamam A seruh banget dan membuat aku semangat buat nge-Blog.
    Moga gak cuma nulis tapi mampu memberi manfaat buat diri sendiri ataupun orang lain.

    Salam, Kak!

  3. Kojack berkata:

    selamat ya,
    saya juga baru saja pindah blog.
    semoga blog saya juga bisa jadi referensi orang juga.

  4. bolehngeblog berkata:

    ternyata pengalamannya sudah cukup lama ya…

  5. Selamat ya Mas.. udah hampir 2 tahun nih. udah master dunk :mrgreen:
    sudah seharusnya bahwa manusia itu harus belajar & belajar.
    saya ngeblog baru beberapa bulan, perlu belajar banyak nih dari anda. 😀

  6. Alam berkata:

    hem.. good.. jangan seperti saya mas (tidak konsisten ngeblog) :mrgreen:

  7. Acacicu berkata:

    Pengalaman yang panjang ya Mas..Semoga nggak lupa lagi sama password emailnya, hehe; Salam hangat mas, sukses selalu. Saya doakan dari kota kecil jember untuk mas biar lebih eksis lagi, Amiiiiiiiin…;

  8. indobrad berkata:

    Hehe kalo sudah ngeblog sejak 2006 berarti sudah bukan newbie dong gan. Kan sudah banyak pengalaman menulis dan berinteraksi. Kalau belum tau soal tampilan blog misalnya, itu mah karena belum belajar lagi aja 😀

    Saya jadi ingat satu cerita yg gak ada hubungannya. Erick Meijer (suami Maudy Koesnaedy) yg beberapa tahun lalu diwawancarai dalam sebuah artikel bertema Ramadhan; dia diwawancara karena dia seorang mualaf. Waktu itu Erick sempat protes, katanya dia sudah memeluk Islam selama 7 tahun lebih, masa sih masih disebut mualaf?! hehehe.

    Selamat hari Sabtu. Ah pengen mampir ke Mie Janda ah siang ini. Awas kalo gak ada *ngancem*

  9. bundadontworry berkata:

    mana bisa A dibilang newbie…… 🙂
    pengalaman ngeblognya sudah banyak gitu ,bener2 seabreg……..
    kalau bunda bener2 deh newbie nya fresh from the oven….hehehhehe…. 😀
    salam

  10. Hari Mulya berkata:

    wah senengnya..
    pnah IM 7, PR 5..
    aku masih jauuuuuuuuuuuuhhhh deh…

  11. Hari Mulya berkata:

    A.. newbie ini boLeh ikutan nangkring di bLogroll ga?

  12. Aulawi Ahmad berkata:

    hebat dari 2006 dah berteman blog :), ane tahun segitu lebih byk maen di forum2 aja 🙂

  13. auraman berkata:

    Salam kenal ya kang, saya ni bener2 newbie, hihihihi…singgah di blog saya ya kang, semoga bisa jadi sohiblogan dengan akang, sebagai senior di dunia blogger…salam sohiblogan,…Auraman

  14. budiarnaya berkata:

    Itulah orang yang rendah hati, mengakunya newbie padahal heeee….salam hangat dari Jembrana Bali semoga bisa bersilaturahmi terus

  15. setyantocahyo berkata:

    memang ngeblog adalah pekerjaan yang menyenangkan …
    jadi banyak sahbat dan tambah wawasan.

  16. Asop berkata:

    Asiiiiiik, Mas Achoey udah dua tahun ngeblog euy…. 😀 😀

  17. konain berkata:

    hebat,,,tapi tetep rendah hati…salam kenal…

  18. Mbah Jiwo berkata:

    kayaknya bukan newbie deh, pura2 newbie he he he

  19. teguhsasmitosdp1 berkata:

    Luar biasa,….salut atas pengalamannya. Semoga bisa menular ke saya, hehe…Salam persahabatan dari kota batik pekalongan.

  20. advertiyha berkata:

    Uhuuuyyy…. walaupun newbie sepanjang masa, yang penting mah blog kang achoey keren gini kok… 🙂

    selamat ulang tahun.. 🙂
    moga makin menebar semangat n manfaat…

    Kang, blog akang saya link di tempat saya, mohon di cek..
    PS : ajarin saya bisnis mie atuh kang, serius..!!!

    trims.. 🙂

  21. dedekusn berkata:

    Kang Achoey emang keren…. Sipp bgt pokonyah…

    Sayahmah teu newbie-newbie acan….

  22. NoRLaNd berkata:

    wah, prestasi didunia blog nya mantap mantap semua ya…
    berbeeda dengan saya, saya telah memulai ber-blogging semenjak akhir tahun 2007, tapi kalau diingat-ingat, sepertinya prestasi yang saya miliki masih jauh dibanding prestasi bapak. Hhehehe….

  23. nadiafriza berkata:

    yaa kalau udah ngeblog dari 2006 sih kayaknya namanya bukan newbie deh mas 🙂

    “saya lebih menikmati ngeblog dengan wordpress ketimbang blogspot” >> sama banget! wordpress is the best.. dibanding platform blog manapun

  24. It’s the very thing i want to catch. Thanks!,

  25. Vulkanis berkata:

    Bikin acara potong tumpeng nih..Bos..

  26. Vulkanis berkata:

    Sebagai pemakai wordpress,,lanjutkan Terus..

  27. orange float berkata:

    2006 saya belum tahu apa itu blog, kenalnya cuma sama YM dan friendster doang 😳

  28. sawali tuhusetya berkata:

    pasang surut menyusuri dunia blogging itu hal yang biasa, mas achoy. yang penting, semangat utk berbagi dan bersilaturahmi tak pernah surut. tetap semangat!

  29. wahyu nurudin berkata:

    2006 new bie,apalagi aku yang 2008? terima kasih mas. aku jadi terinspirasi ingin bikin posting nostalgia awal bikin posting dulu. aku ngerasa dulu akubikin 2 januari 2008 tapi nggak yakin bener apa nggak abis nggak ada dokumen atau bukti sih. jadi sekarang pun newbie.

  30. iLLa berkata:

    dua ribu enam?? taon gitu sy kalo buka internet, cuman mentok di yahoo mail doang 😆
    belom kenal blog2an, jadi keknya lebih newbie-an sy deh, baru taon 2009 ini mulai ngeblog, baru setaonan dong 😀

  31. aldy berkata:

    Mas, dari sisi usia mungkin saya lebih senior, tetapi dari sisi ngeblog saya hanyalah anak kemarin sore. Saya salut, rela mengorbankan blog lama demi menyemangati blogger-blogger baru. Salam Sukses.

  32. Arman berkata:

    hebat.. hebat… semangat ngeblog nya gak luntur2 ya walaupun udah lama… 🙂
    keep blogging!

  33. ruliyandi berkata:

    Salam.
    tetap semangat

  34. Wong Kam Fung berkata:

    kalo merasa newbie terus berarti semangatnya jreknong terus 😉

  35. Ifan Jayadi berkata:

    Sepertinya saya pun sekarang ini mulai mengalami penurunan semangat menulis. Ditambah lagi berbagai masalah yang menimpa membuat saya tidak yakin apakah akan terus mampu bertahan di dunia ini.

  36. Keping Hidup berkata:

    Selamat untuk 2 tahunnya.. tiup lilinnya 😀

  37. hamdani berkata:

    saya juga pernah mengalami lupa email n pasword blog mas
    Saya belum 1 tahun ngeblog jadi masih newbie

Tinggalkan komentar