Royalti itu Bonus


“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Allah akan membuatkan jalan keluar dan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka”.

Ya, kutipan di atas diambil dari Kitab Suci Al Qur’an Surah al-Thalâq (65): 2-3. Saat buka puasa kemarin seorang sahabat menyampaikannya, yakni saat beliau berniat menengok sahabatnya yang kecelakaan eh malah jadi dapat buka puasa gratis yang amat nikmat.

Ayat di atas bukan ayat yang membuat kita lantas berpangku tangan dan malah malas berikhtiar alias malas menjemput rejeki. Tapi ayat di atas selayaknya memotivasi kita agar senantiasa bertawakal pada Allah dalam menjalani kehidupan ini, ya karena Allah-lah Maha Pemberi Rejeki.

Baik, saya akan coba ungkap kisah terbaru dalah kehidupan saya yang mungkin ada korelasinya dengan ayat di atas. Saat istri saya meminta untuk dibuatkan novel, pada saat itu istri saya baru saja ketahuan sedang mengandung buah hati pertama kami. Karena menurut ayah saya bahwa setiap permintaan istri itu harus dipenuhi, maka akhirnya saya pun mencoba mengabulkannya. Di sela-sela kesibukan saya sebagai penjual mie ayam, saya pun mulai menulis novel tersebut. Biasanya saya menulisnya saat pagi sebelum berangkat ke kedai, ya rata-rata dua sampai tiga jam setiap harinya, bahkan kadang tidak sama sekali.

Berbekal motivasi yang tinggi, kalau tidak salah novel tersebut selesai dalam tempo dua mingguan. Kadung menulis, maka saya pun ingin tulisan saya memiliki hikmah baik, mengandung pelajaran baik untuk kebaikan. Berbekal pengetahuan yang minim tapi semangat yang tinggi maka saya pun berusaha menyajikan novel yang semoga bermanfaat.

Novel tersebut saya kirim ke penerbit indie, dengan harapan bahwa sebelum empat bulan kehamilan istri, novel tersebut sudah jadi dan bisa saya jadikan kado. Ternyata tidak meleset, novel itu pun jadi dan benar-benar membuat saya dan istri terkagum-kagum. Bagus sekali cover dan layoutnya, soal isi biar pembaca yang menilai.

Keberkahan pun terus mengalir, novel yang diberi judul Sahaja Cinta ternyata banyak sekali yang memesan dan membelinya. Dari berbagai pelosok negeri ini banyak yang memesannya. Tawaran bedah buku pun datang, apresiasi pun berdatangan. Konon menurut umumnya pembaca novel Sahaja Cinta cukup bagus. Ualah, saya jelas terharu.

Dua bulan setelah terbit saya mendapat telepon dari penerbit bahwa novel Sahaja Cinta menjadi Book of the Month karena dalam tempo dua bulan saja sudah terjual lebih dari 300 exp. Sungguh prestasi yang membanggakan, karena ini berarti Sahaja Cinta adalah buku ketiga sejak Penerbit Leutika Prio berdiri yang mampu menembus angka penjualan sebesar itu. Maka novel Sahaja Cinta pun konon kabarnya akan dicetak ulang oleh penerbit major yang bernama Leutika.

Tanggal 2 Agustus kemarin, novel Sahaja Cinta telah dipasarkan selama tiga bulan secara online. Itu tandanya saya selaku penulis novel tersebut berhak atas royalti tahap pertama. Dan keberkahan lagi-lagi menimpa saya, jumlah royalti tersebut sebesar Rp. 1.684.755,00. Tentu buat penulis pemula seperti saya jumlah royalti sebesar ini mengagetkan. Itulah kenapa ini saya sebut rejeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Karena saya gak menyangka bakal seperti ini awalnya. Semoga Allah ampuni saya jika saya salah.

Hal ini menjadi pengingat pada diri saya, bahwa menulis jangan dijadikan beban, luruskan niat bahwa menulis adalah untuk kebaikan. Andai nanti kita mendapatkan royalti yang memuaskan, anggap saja ini bonus, ya bonus dari buah berbuat baik. Jika sudah begini, maka apa pun yang terjadi, pastilah disyukuri.

Sumber: http://elharis.blogdetik.com

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Hikmah dan Motivasi dan tag , , . Tandai permalink.

86 Balasan ke Royalti itu Bonus

  1. indobrad berkata:

    waaaah selamat ya Kang. Semoga buku yg nanti dicetak ulang menjadi berkat bagi lebih banyak orang😀

  2. Mabruri Sirampog berkata:

    selamat kang….
    memotivasi juga ini..😀

  3. Abdi'a Blog berkata:

    Alhamdulillah seamat ang, semoga tambah sukses dah….. d dnia nyata ataupn dunia maya

  4. Herb plants berkata:

    Cuma bisa ngucapin selamat kang, semoga saya juga bisa mengikuti jeja mas, menjadi orang sukses

  5. yadiebaroos berkata:

    mantaps kang, boleh tau agancy indienya ndak kang? manatau kami bisa mendapat royalty seperti akang…hehehehe

  6. Masbro berkata:

    Selamat ya Mas.. turut senang saya membacanya..

  7. mbahbejo berkata:

    emang bangga kalo keringat kita dari usaha keras di hargai orang

  8. Agung Rangga berkata:

    wah, selamat kak~😀
    ayo bikin novel yang lebih bagus lagi~😉
    salam buat istrinya~😳

  9. niee berkata:

    Wah, selamat mas.. Gilak, klo aku dapet segitu dari penghasilan menulis pasti seneng banget dah!

  10. Ping balik: TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia | vulkanisir.info

  11. Lidya berkata:

    Allhamdulillah, selamat ya atas rezeki yang didapat

  12. lozz akbar berkata:

    betul mas menulisalah semata untuk memberi dengan ikhlas, insya Allah ada rejeki tak terduga

    selamat ya mas Achoey

  13. terroRIEZ berkata:

    Thanks sob….jadi terinspirasi

  14. agussupri berkata:

    Betul sekali biarkan mengalir seperti air hanya harapan dan cinta yang kita punya semuanya hanya Allohlah yg menentukan…

  15. tuyi berkata:

    Lama nggak berkunjung ke blog sahabat….
    Wah…wah…ternyata makin eksis aja ya….?
    Selamat menjalankan ibadah puasa…

  16. irfanandi berkata:

    subhanAllah,,ikut terharu Kang.. terus berkarya utk kebermanfaatan ya Kang..dan tentunya tetap bersahaja..🙂

  17. emfajar berkata:

    selamat kang.. semoga saya juga bisa mengikuti kesuksesannya kang🙂

  18. priax berkata:

    nice site..
    di bulan ramadhan yang penuh berkah ini tolong mampir dan follow blog saya..
    http://priax.blogspot.com/
    nanti saya folback..
    ok makasih semua..

  19. maminx berkata:

    subhanallah mantap kang asop. salut saya mah. tetep semangat ya. moga makin banyak royalti yang diterima dan makin banyak lagi menelurkan novel-novel, amin..

    semangat😀

  20. SaniAgung berkata:

    minta uangnya mas 0-0

  21. Alhamdulillah mas… dapat rezeki dari menulis…

  22. toko bunga berkata:

    Wah. Selamat ya atas rezekinya. Artikel nya sangat memotiviasi nih.

  23. Bobby berkata:

    Alhamdulillah… senangnya…

    Mas Achoey, mohon maaf lahir batin ya…
    Sekarang saya udah punya rumah baru, semoga berkenan mampir. Ohya, sepertinya mas Achoey semakin sibuk di dunia nyata, nih… Semoga sukses mas, berkah dunia akhirat. amin.

  24. jamie smith berkata:

    wow.. coba nol belakangnya ada 3 ya.😀

  25. Jelly Gamat Gold berkata:

    congrat kang.. semoga kedepannya lbih baik lagi🙂

  26. usaha sukses berkata:

    selamat ya kang, moga tambah banyak royaltinya..

  27. Mifta berkata:

    selamat ya, semoga bukunya bisa bermanfaat bagi banyak orang.

  28. HALAMAN PUTIH berkata:

    Sebagai hamba yang mendapatkan karuniaNya pantasnya kita memang harus selalu bersyukur dalam setiap langkah kehidupan. Selamat Kang, semoga karya2 lainnya menyusul

  29. dee berkata:

    saya suka ulasannya kang..

    berbagi itu harus ikhlas dari hati, masalah reward dunia akhirat akan mengalir sendiri jika kita ikhlas menjalaninya…
    reward dunia dah dateng tu ke rekening, reward akhirat insya allah lebih bermakna dari hitungan rupiah di rekening…

  30. kain tenun troso berkata:

    alhamdulillah dong gan! udah dapet royaltinya.thanks

  31. awan putih berkata:

    assalamu alaikum wr. wb.

    selamat yach kak…

  32. Bijaksana berkata:

    pantas untuk jadi renungan, sangat memotivasi kang.

  33. berita kamu berkata:

    Saya ambil pelajaran bahwa jika suatu hal kita kerjakan dengan keikhlasan dan motivasi yang baik tentu akan berhasil dengan baik. Bahkan terkadang melampaui perkiraan kita.

  34. ahmad musyrifin berkata:

    wooowwww mantab juragan, memang dengan kebiasaan menulis bisa mendatangkan banyak manfaat.
    ======================
    pembodohan anak di negeriku

  35. Muis Nado berkata:

    Subhanallah,🙂
    Alhamdulillah kak🙂

  36. akatsuci berkata:

    pengalaman hidup yg luar biasa,
    terima kasih banyak sharingnya🙂

  37. Outbound berkata:

    semoga berkah🙂

  38. hajarabis berkata:

    wwaaahh. …selamat yya🙂
    sempetin berkunjung di web kami juga ya .
    http://www.hajarabis.com

  39. Aliyah berkata:

    Semoga dimudahkan dalam menulis.

  40. Alhamdulilah.. Memang ini lah caranya untuk mendapat rezeki yang penuh barakah… Smoga rezekinya tidak terputus… Dan apa lagi cara yang lagi baik untuk menambah kan rezeki dengan bersedekah amal jariah… Ia boleh menolong kita di akhirat kelak… Amin!

  41. Abed Saragih berkata:

    nice info🙂

    kunjungan dan komentar balik ya gan

    salam perkenalan dari

    http://diketik.wordpress.com

    sekalian tukaran link ya…

    semoga semuanya sahabat blogger semakin eksis dan berjaya.

  42. baju wanita berkata:

    selamat yaa…salam kenal,,,

  43. baju wanita berkata:

    waahh..hebaattt…congratz yaaa…sukses slalu untuk anda…salam kenal dariku…

  44. pinjal berkata:

    mantab bang… Sukses segala galanya…

  45. cara mengobati asma
    http://www.distributornoni.net/daftar-penyakit/asma-dan terapi-tahitian-noni/
    Beberapa yang kuat, saya hanya memberi orang ini hanya melakukan beberapa orang menghargainya. Bahkan saya membeli sarapan saya sebagai saya menemukan untuknya .. tersenyum. Jadi biarkan saya merumuskan bahwa: thnx untuk kesenangan Anda! Tapi Thnkx untuk menghabiskan beberapa waktu berbicara tentang itu, saya merasa kuat tentang dia dan saya suka membaca tentang hal ini. cara mengobati asma
    Jika mungkin, karena Anda adalah seorang yang berpengalaman, bisa Anda memperbarui blog Anda untuk informasi lebih lanjut? Hal ini sangat berguna. Jempol tampilan besar dari blog ini!
    asmaobat@rocketmail.com

  46. VITOnews berkata:

    selamat ya, Kang. semoga tetap eksis menulisnya….

  47. lowongan kerja berkata:

    wah jadi terpinspirasi nich kang🙂

  48. sebelumnya semngat yah kang,,memang dengan menulis kadang memotivasi seseorang dalam kehidupan juga loh.

  49. Doni Punya Blog berkata:

    selamat kang dengan buku terbarunya
    salam kenal dari saya

  50. hajarabis berkata:

    hanya ingin mengikuti postingan agan .
    postingan yang menarik
    nice gan .

    sempatkan mampir ke website kami
    http://www.hajarabis.com

  51. VITOnews berkata:

    royalti yang menarik, selamat dan sukses selalu, kang. atas bonus yang didapat. semoga tetap eksis update blognya….

  52. VITOnews berkata:

    semoga sukses selalu menghampiri, kang.

  53. Manusia berencana Tuhan yang menentukan…….
    Kalau sudah rejeki tidak akan lari kemana
    Alhamdulillah…selamat ya….
    Jangan lupa senantiasa bersyukur atas nikmatNya meski hanya sedikit..

    pengelola http://kerjasyariah.com
    Peluang kerja syariah, bisnis online, bisnis syariah dan media dakwah online:
    Sarana meningkatkan keimanan, keilmuan dan ekonomi ummat

  54. ki ageng ganjur berkata:

    Berkunjung ke blogger top….mudah2an dapat memberi inspirasi untuk mengembangkan blog kita yang masih baru demi perbaikan dan upaya berbagi untuk sesama

  55. Ping balik: Royalti itu Bonus | Satu Info

  56. Ping balik: Royalti itu Bonus | Satu Info

  57. Ping balik: Royalti itu Bonus | Satu Info

  58. Ping balik: Royalti itu Bonus | Satu Info

  59. Ping balik: Royalti itu Bonus | Satu Info

  60. Ping balik: Royalti itu Bonus | Satu Info

  61. Mlm Online berkata:

    ….. dapet rejeki emang harus kita syukuri…..

  62. Ping balik: Royalti itu Bonus | Satu Info

  63. Ping balik: Royalti itu Bonus | Satu Info

  64. Ping balik: Royalti itu Bonus | Satu Info

  65. Ping balik: Royalti itu Bonus | Satu Info

  66. Ping balik: Royalti itu Bonus | Satu Info

  67. ovysoemardi berkata:

    wah keren *cari bukunya ah* congrats yaa🙂

  68. iy mas mdh2n ya buku di perbanyak N dapt royalti yg seimbang
    Dunia Blog Dunia Persahabatan Tanpa Batas | Aplikasi Symbian Blog

  69. Info Kesehatan berkata:

    ” bahwa menulis jangan dijadikan beban, luruskan niat bahwa menulis adalah untuk kebaikan.”, setuju banget saya dengan kalimat tersebut. Kalau boleh menambahkan, menulis juga untuk memberi manfaat sebanyak-banyaknya buat pembaca.
    Allah swt Maha Pemurah. Kalau kita banyak memberi, tentu akan banyak menerima juga… Insya Allah.

  70. mubin berkata:

    selamat ya kang ^^d

  71. congratulations,,,,, !!! semoga tmbah sukses mas,,,,

  72. Solo berkata:

    Mas cucuharis memang hebat ya, dari dulu aku ikuti tulisannya emang bagus sih, makanya tak heran kalau novelnya juga bagus banget
    ultrabook notebook tipis harga murah terbaik

  73. Awandragon berkata:

    selamat ya kang dan sukses selalu

  74. Ping balik: Royalti itu Bonus | Satu Info

  75. akhrama berkata:

    jadi kepengen nulis juga,…
    tapi nulis apa ya?

    selamet ya kang..

  76. Anggoro Suprapto berkata:

    Royalti dari buku yang ditulis, apalagi buku pertama, memang sangat dinantikan oleh penulisnya. Selamat ya Mas, semoga menambah semangat untuk terus berkarya. Over onward, never retreat. Sukses selalu untuk Anda.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

  77. nelly berkata:

    jadi motivasi buat blogger laen

  78. nelly berkata:

    jadi motivasi ni buat aku..semangat

  79. nelly berkata:

    selamat buat agan hehe

  80. vian berkata:

    bagus ne sistemnya….bisa ikutan ya??

  81. Hotel di Bandung berkata:

    Royaltinya 10% ya mas? Memang benar ya kadang kita dapat rezeki secara tak terduga. Itulah kehebatan Allah

  82. Richi Dellan berkata:

    Sungguh mengesankan bisa memberikan kado manis untuk istri tercinta🙂

    Salam,

  83. Christo berkata:

    artikelnya bagus banget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s