Berbahagia Sebagai Kakak


Saat aku kecil, kadang aku protes, kenapa aku dilahirkan menjadi anak pertama, kenapa aku tidak memiliki kakak. Aku iri melihat teman-temanku yang lain yang seringkali di ajak main oleh kakaknya, di jajanin oleh kakaknya, dibikinin mainan oleh kakaknya dan dimanja oleh kakaknya. Aku ingin seperti mereka yang mendapatkan kasih sayang tidak hanya dari orang tua, tapi juga dari kakak mereka.

Kehidupan terus berlanjut, aku tetap tidak memiliki seorang kakak kandung, justru yang kumiliki adalah adik kandung. Aku mendapati adikku memanggil-manggil aku dengan panggilan kakak, dia tidak sungkan memintaku untuk menuruti semua kemauannya, bahkan seringkali menggangguku yang sedang asyik dengan duniaku. Aku seringkali marah-marah pada adikku, bahkan kadang aku menangis karena pusing oleh ulah adikku.

Seiring lajunya waktu, kesadaranku bertambah, aku semakin dewasa.  Aku memang telah ditakdirkan menjadi seorang kakak. Dan aku harus menikmati peran itu dan menjalankan peran dengan baik. Aku harus buat adikku merasa terlindungi atas kehadiranku, aku harus buat adikku bangga karena memiliki kakak seperti aku, aku harus menyayangi mereka dan bila aku mampu aku ingin cukupi semua keinginan mereka.

Senakal-nakalnya aku di luar rumah, tidak boleh sedikit pun terdengar ke dalam rumah. Adik-adikku harus memiliki tauladan yang baik. Baik dari prestasi akademi, non akademik dan juga dari kemandirian hidup. Beruntung Allah memudahkan jalanku.

Sebagai seorang kakak, aku berharap adik-adikku tumbuh dan berkembang menjadi pribadi-pribadi positif. Menjadi pribadi-bribadi yang membanggakan. Dan mereka sedang menunjukkan hal itu, mereka sedang menunjukkan bahwa mereka bukanlah seorang adik yang hanya bisa merengek dan manja, tapi menjadi pribadi yang kuat dan mandiri. Dan jelas aku pun bangga hati.

Jadi, berbahagialah menjadi seorang kakak!🙂

 

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati, Hikmah dan Motivasi dan tag , . Tandai permalink.

51 Balasan ke Berbahagia Sebagai Kakak

  1. Aku selain sebagai seorang Kakak juga sebagai seorang adik… bahagianya diriku… Salam Kang Haris, Pagi ceria

  2. sedjatee berkata:

    sebagai anak sulung, saya terkadang merasa ingin punya kakak
    dan itu saya dapatkan setelah menikah
    sekarang saya punya kakak yang baik…
    i love kakak..

    sedj

  3. arman berkata:

    gua malah pas kecil pengen banget punya adik… hahaha.
    abis, sebagai anak paling kecil malah sering dikerjain/disuruh2..😛

  4. ysalma berkata:

    Saya juga termasuk kategori pernah merindukan punya kakak,,
    tetapi akhirnya bersyukur dengan predikat kakak, karena terbiasa mengambil keputusan sendiri dan juga ikut jadi pemberi pertimbangan kepada adek,,
    jadilah kakak yang baik,, dan adek janganlah merasa iri dengan status adek, semua kebanggan ayah bunda🙂

  5. asudomo berkata:

    saya bukan seorang kakak, tapi saya bahagia punya kakak
    Salam!

  6. Yulis Samoa berkata:

    Weh sama kalau begitu.. Saya juga anak sulung nih.. Punya adik 3 orang… Dan Alhamdulillah kalau ada apa-apa mereka semua selalu terbuka pada saya.. Mulai dari curhat tentang cinta, tentang rumahtangga, teman, dll. Maklum aja mas, saya di keluarga emang terkenal paling pinter ngomong…qiqiqiii… yah, semacam Juru Bicara Keluarga gitu deh…heuheuheu..
    Dan saya bahagia jadi anak pertama, meski memang pernah saya rasakan keinginan punya Kakak…hikz

  7. Miftahgeek berkata:

    Wow kakak wow!😀

  8. Triunt berkata:

    wah kakak kakak saya sewaktu kecil galak galak.
    suka nyuruh2.
    suka suruh beliin ini itu, bawain ini itu.
    syukurlah sekarang dah pada punya bini semua🙂

  9. giewahyudi berkata:

    Saya seorang adik dan juga seorang kakak..
    Itulah enaknya anak tengah..🙂

  10. rental ac berkata:

    jadi kepikiran adek saya😦

  11. arcoweta berkata:

    saya seorang kakak.. tp sepertinya saya bukan kakak yang baik..

  12. ceritabudi berkata:

    Saya hanya menjadi adik😦 tapi menjadi kakak di dunia maya A..sebisa mungkin seorang kakak harus berbuat sebaik-baiknya demi adik ya A

  13. jumialely berkata:

    Setahun jumialely [dot] com, dengan penuh penghargaan saya ucapkan Terima Kasih karena sahabat sudah pernah Menorehkan jejak cinta di rumah maya saya. I love You

  14. blogbobby berkata:

    Beruntunglah mas, punya saya saudara kandung, entah sebagai kakak atau pun adik. Stidaknya bisa berbagi dan bercengkrama. Tidak seperti saya, nggak jadi kakak juga nggak jadi adik. Jadi diri sendiri dari kecil sampai sekarang.

  15. Ahsan berkata:

    Menarik sekali. Kebetulan saya juga anak pertama.

    Menurut saya, menjadi anak pertama maupun tidak itu sama-sama harus bertanggung jawab. Kalau menjadi anak pertama itu “tugas utama”nya adalah untuk menjadi tauladan yang baik bagi adik-adiknya.

    Kalau jadi adik, tugas utamanya adalah untuk meniru atau bahkan melampaui prestasi yang dimiliki kakaknya.

    Intinya, mau jadi kakak atau bukan. Kita harus sungguh-sungguh dalam berperan🙂

  16. Lidya berkata:

    sama dong anak pertama ,gak punya kakak juga🙂

  17. marsudiyanto berkata:

    di posisi manapun, pasti ada sisi2 kebahagiaannya.
    Jangankan adik kakak.
    Sebagai atasan dan bawahanpun ada sisi bahagianya.
    Ada sisi kebahagiaan bawahan yg belum tentu bisa dirasakan atasan, demikian sebaliknya

  18. anny berkata:

    Saya anak sulung, ibu bapak saya pun anak sulung jadi otomatis gak punya kakak juga kakak sepupu he..he…😀
    btw jd kakakpun tak kalah enaknya sih🙂

  19. belajar forex berkata:

    Saya dikeluarga seorang kakak sekaligus seorang adik.Bahkan adik saya laki-laki,saya seorang wanita.Jadi saya yang dimanja sama keluarga saya…hehehe.senangnya

  20. rumah dijual berkata:

    Dikeluarga saya,saya adalah sebagai kakak dan adik pula.Bahkan adik saya itu laki-laki,jadi yang lebih sering dimanja itu saya…hehehehe…senangnya:)

  21. Ahmad Fakhruddin berkata:

    Begitulah kita saat belum banyak melihat dunia. Sama seperti saya anak ketiga dengan dua kakak laki2. Dulu sangat menyebalkan, karena semua hal baik atau buruk selalu dibandingkan dengan mereka. Tapi sekarang lebih mengerti dan terus belajar lebih dewasa. Nice post Mas.

  22. Mila berkata:

    Berkunjung Kang…

    lama tak mampir, sekedar mengucapkan Assalamualaikum…🙂

  23. Ping balik: Meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood - Vulkanisir Info

  24. Danu Akbar berkata:

    Manusiawi…
    yang selalu menginginkan menjadi seperti orang lain🙂

  25. enaknya jadi anak tengaah:mrgreen:
    tapi saya pengen punya saudara, namun mengingat bakat preman antarsaudari
    sepertinya memiliki banyak saudari cukup berbahagia😀

  26. HALAMAN PUTIH berkata:

    Saya juga anak tengah, jadi merasakan menjadi kakak dan juga menjadi adik. Tetapi anak sulung memang memiliki tanggung jawab yang lebih besar dibanding anak lainnya apalagi kalau punya adik perempuan.

  27. Ridha Alsadi berkata:

    sebagai anak tengah dari tiga bersaudara, saya punya kakak sekaligus juga jadi kakak.🙂
    adik dan kakakku laki-laki jadi sekalian jadi bodyguard juga, hehe
    indahnya persaudaraan🙂

  28. Alif berkata:

    Wah senang jadi Kakak..ya..
    Makasih infonya,.
    Tolong kunjungi Link ini ya…

  29. Masbro berkata:

    Saya kebalikannya, punya kakak tapi nggak punya adek, haha..

  30. Adnan berkata:

    seorang kakak harus memberi contoh yang baik buat adik2nya….
    salam kenal kang bro…..

  31. diorockout berkata:

    yey, saya bahagia😀

  32. niee berkata:

    Aku punya mas kakak cewek,, tapi aku iri banget sama orang2 yang punya kakak cowok,, kayaknya mereka bisa lebih mengayomi daripada kakak cewek deh..

    tapi walaupun aku anak bungsu, tapi aku gak terlalu tertarik punya adik, coz sepertinya repot😛

  33. edratna berkata:

    Menunjukkan Achoy benar-benar seorang kakak yang baik

  34. hajarabis berkata:

    nice..
    saya percaya, anak sulung punya berkatnya tersendiri dari yang di atas🙂
    sempatkan juga mengunjungi website kami di http://www.hajarabis.com
    sukses selalu!!

  35. mood berkata:

    Saya ditengah Sob, punya kakak juga punya adek.
    Semoga adek adek kita bisa menjadi lebih baek dari kita ya.

    Maaf baru berkunjung lagi nih, belakangan ini lg malas banget ngeblog. He he..😛

    Salam.. .

  36. wer berkata:

    met weekend… follow me

  37. Sugeng berkata:

    Berbahagia sih berbahagia tapi kalau tidak bisa memberi contoh yang bagus untuk adik-adiknya ya percuma mas. Yang penting bagaimana mengajak adiknya ke arah yang lebih baik.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  38. yanrmhd berkata:

    jd lebih semangat jd seorang kakak..
    siiiplah..do the best..🙂

  39. andipeace berkata:

    saya bangga mempunyai kakak & adik yang begitu membuat saya berinspirasi.

    salam sejahterah mas

  40. maminx berkata:

    wah kebetulan saya bungsu. jadi bln pernah ngerasain jadi kakak, he. berapa jumlah saudaranya kang?punya berapa adik?

  41. Yudhi14 berkata:

    jadi kakak sangatlah membanggakan pautan dari adik adik kita
    salam mas……….

  42. aku sebagai kakak mewakili peran ayah di keluarga,alhamdulilah adik2ku menaruh hormat dan sopan santun,itulah kenikmatan jadi seorang kakak

  43. untung aku bungsu tp aku pengen dpt ksih syng dr kaka laki2,coz kaka aku smuanya cwe….

  44. anla arinda berkata:

    setiap kakak berpikir, kenapa aku tak punya kakak?
    setiap adik berpikir, kenapa bukan aku saja yang jadi kakak?
    adik-kakak masing-masing punya peran dan saling melengkapi

    *untung saja saya punya peran ganda, yaitu sebagai adik sekaligus kakak😀

  45. Octa Dwinanda berkata:

    sekilas saya baca berbahagia sebagai katak…. eh ternyata kakak toh.. hehe

  46. Prima berkata:

    senasib kita kang… apalagi aku, tunggal gak jadi… lebih2 “kerasa”😦

  47. Orin berkata:

    Toss kang, sama2 anak sulung kita😉

  48. bayu berkata:

    kl gw mah pengennya anak tengah aja. itu anak yang aman. punya kakak yang lindungin dan adik yang bisa di kerjain. tapi gw malah anak bungsu. hihi

  49. Pitik berkata:

    Sepertimya aku belum bisa menjadi kakak yang baik…..

  50. tutinonka berkata:

    Saya punya 6 kakak, nggak punya adik. Senang sih punya banyak kakak. Pengin punya adik? Nggak juga. Sudah cukup apa yang ada, karena karunia Allah adalah yang paling baik …🙂

  51. susisetya berkata:

    aku beruntung dong punya kakak sekaligus adik, sebagai anak tengah perempuan waktu kecil aku suka dimanja sama kakakku yang keduanya laki-laki tapi justru berantem terus sama adikku yang perempuan, tapi setelah besar aku justru deket banget sama adikku yang perempuan, kita berdua jadi tempat curhat segalanya apalagi setelah masing masing menikah, curhat luar dalam he..he….

Tinggalkan Balasan

