Menerbitkan Buku, Bukan Lagi Sekedar Impian


“Turuti semua keinginan ibu hamil, selama masih mampu dan masuk akal. Karena keinginan ibu hamil, bisa jadi keinginan janin yang dikandungnya.”

Begitulah kurang lebih apa yang ayah sampaikan padaku, dan aku ingat itu. Lalu, saat istriku memintaku menulis dan menerbitkan buku, aku berpikir bahwa ini juga harus kuturuti. Sebenarnya ingin rasanya tawar menawar dengan istri, semisal membelikan buku-buku seru terbitan Leutika atau LeutikaPrio sebagai pengganti. Ya, cukup mudah untuk melakukan hal itu, tinggal SMS dan transfer deh uangnya. Terlebih jika kita membeli buku terbitan Leutika seharga minimal Rp. 50.000,- dan terbitan LeutikaPrio seharga minimal Rp. 90.000,- kita sudah bebas ongkos kirim bahkan di mana pun kita berada asal masih dalam daerah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tapi, keinginan istri tidak berani kuganti, dan aku pun tetap fokus pada bagaimana caranya agar aku bisa menulis sekaligus menerbitkan buku.

Teringat rumus menulis dari guru menulisku yang tidak mau di sebut guru, karena menurutnya menulis itu tidak perlu berguru. Pak EWA telah memberikanku rumus jitu untuk bisa menulis, tanpa syarat berpuasa dan mencukur kumis. Rumusnya adalah tulis, tulis dan tulis. Sebuah penekannan agar aku sudah mau untuk mau dan berani menulis. Menulis apa yang bisa ditulis, menulis apa yang ingin ditulis.

Jika menulis ya kulakukan, maka yang kupikirkan berikutnya adalah bagaimana caranya aku menerbitkan karyaku itu. Jika aku tawarkan ke penerbit ada rasa khawatir bahwa istriku keburu melahirkan sebelum karyaku benar-benar terbit. Akhirnya kutemukan solusinya, ya solusinya adalah self publishing. Aku coba pelajari cara-caranya, aku tanya beberapa sahabat yang telah lebih dulu mengenal cara ini, dan aku pun mulai hitung menghitung hingga akhirnya, wow ternyata budget yang harus aku siapkan tidaklah murah untuk orang dengan dompet setipis aku. Aku pun kembali tertegun.

Memang benar, selalu ada jalan bagi orang yang sungguh-sungguh ingin mencapai tujuan. Aku pun dipertemukan dengan penerbit yang memang menggunakan mekanisme self publishing tetapi harganya pas untuk dompet tipisku. Tidak hanya itu, beragam fasilitas ditawarkan dengan indah dan menggugah selera. Aku bagai merasa, menemukan mata air saat aku kehausan karena perjalanan panjang di gurun pasir dengan terik mentari yang cukup genit menerpa kulit.

LeutikaPrio bersedia membantu merealisasikan impianku. Aku tidak takut salah ketik  karena LeutikaPrio akan meng-edit-nya. Cover mereka yang design dengan ilustrasi sesuai permintaanku. Layout, cover dan cetak kualitas prima, jadi gak bakalan buku aku malu-maluin dari sisi ini. Supaya tampak lagi sebagai benar-benar buku, ISBN juga mereka urusin, nah lho ini beneran buku lho. Kalau begitu aku tinggal fokus pada isi buku, karena meski covernya bagus isinya gak bagus yang malu-maluin juga jadinya.

Aku tidak khawatir karyaku ini terlambat terbit, karena buah hatiku keburu lahir. Aku malah yakin bahwa karyaku ini akan menjadi kado buat kehamilan istriku. Ya, karena LeutikaPrio menjamin bahwa paling lambat karyaku akan terbit dalam waktu 30 hari setelah aku transfer dan mengirim naskah. Sebagai buktinya, nanti aku akan mendapat 1 exp karyaku tersebut.

Rasanya semakin tidak sabar saja. Aku ingin segera melihat bagaimana wujud karyaku yang berbentuk sebuah novel tersebut. Aku ingin segera memberikannya pada istriku. Dan aku pun akan berusaha mempromosikan agar karyaku tidak hanya istriku yang baca. Aku ingin semua sahabatku dan lebih banyak orang lagi membacanya. Dan mereka bisa membelinya karena LeutikaPrio pun menjual karya kita lewat web dan akun FB nya. Penjualan via online, penjualan via SMS. Mimpiku tidak berhenti sampai di sini, aku berharap karyaku bisa kembali diterbitkan oleh Leutika, dan dijual di toko-toko buku bahkan sekaliber Gramedia. Ini bukan mimpi si siang bolong, karena memang di LeutikaPrio fasilitas ini juga tersedia bagi karya yang terpilih. Ah asyiknya menerbitkan di LeutikaPrio.

Bismillah, aku pun mulai untuk mengabulkan permintaan istri dan janin yang dikandungnya. Jika biasanya aku menulis di media blog, kini aku menulis di MS Word. Aku tahu, bahwa kesibukanku yang berjubel pasti masih menyisakan waktu untuk kutulis beberapa rangkaian kata. Dan dalam kurun beberapa hari pun naskah tersebut telah kuanggap selesai, prematur memang, tapi aku ingin segera menyelesaikannya, menghadirkannya.

Setiap blogger adalah penulis, mereka menuliskannya di blog. Namun belum semua blogger menerbitkan karyanya dalam bentuk buku. Nah LeutikaPrio solusinya. Aku salah seorang blogger yang sudah melakukannya.

Akhir April bisa jadi novel tersebut telah berwujud. Dan aku yakin kalian akan membeli dan membacanya. Membeli dan membaca karyaku yang sederhana. Bukankah begitu?

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati dan tag , . Tandai permalink.

144 Balasan ke Menerbitkan Buku, Bukan Lagi Sekedar Impian

  1. Batavusqu berkata:

    Salam Takzim
    Sungguh suatu pekerjaan yang akan tak terbalaskan, karena untuk membahagiakan istri, semoga karyanya bisa dinikmati baik oleh saya maupun yang lainnya
    Salam Takzim Batavusqu

  2. bobby berkata:

    Pertamax….. yipii… hehehhehe…
    Wah , lama tak berkunjung ada kabar bahagia rupanya
    Selamat ya, mas… udah berbuah, sebentar lagi bakal mendengar tangis manusia pertama dari keluarga Achoey dan (siapa mas nama istrinya?hehehe)
    Semangat nulis ya, mas… aku coba bantu lewat blog. salam persohibloggan😀

  3. setyantocahyo berkata:

    wah selamat ya kang achoy..
    jadi penasaran ingin baca isi ceritanya…
    dan smoga akan sucses terbit dan laris manis…hehe…

  4. Ikkyu_san berkata:

    waaah selamat! ditunggu bukunya
    Ntar aku mau coba terbitin juga deh meskipun tidak sedang hamil😀

    EM

  5. uni berkata:

    wah moga lancar ya kak proses penerbitan bukunya🙂
    uni pernah juga nyetak sebagian blog ke buku, tapi hanya di cetak 5, hanya untuk hadiah bagi diri sendiri saat berusia seperempat abad🙂

  6. intan rawit berkata:

    wah istrinya udah berapa bulan mas achoey?hebat yah..ngidamnya minta diterbitkan buku..hebat2..jadi pengen minta ma suamiku juga..hihi…mana mau ya dia.
    iya mas, aku kemaren juga dah pesen bukunya mbak yessi greena yang self publish jg..keren bgt! sekarang dah ga susah ya buat menerbitkan buku sendiri..semangat2!kalo dah jadi kabar2 ya!

  7. Lidya berkata:

    senang sekali mendengarnya.Semoga kehamilanny berjln dengan lancar ya. sudah masuk berapa bulan sekarang?

  8. satriyabisniss berkata:

    Minta Izin Numpang Promosi ya…

    LOWONGAN KERJA SAMPINGAN GAJI 3 JUTA /MINGGU

    Kerja Management dari program kerja online (Online Based Data Assignment Program / O.D.A.P) MEMBUTUHKAN 200 KARYAWAN diseluruh indonesia yang mau kerja sampingan online dengan potensi penghasilan 3 JUTA/MINGGU+GAJI POKOK 2 JUTA/BULAN, Tugasnya hanya ENTRY DATA, per entry @10rb, Misal hari ini ada kiriman 200 data dari O.D.A.P yang harus di ENTRY berarti kita dapat hari ini @10Rb x 200 = 2 JUTA. “BILA ANDA DAFTAR SEKARANG KAMI AKAN BERIKAN Rp 200.000 Untuk menambah semangat kerja Anda”. Lebih Jelasnya kirimkan (NAMA LENGKAP & EMAIL ANDA) Melalui WebSite Dibawah ini>>>

    http://www.penasaran.net/?ref=cdizbb

  9. Chic berkata:

    ah udah lama ga ngobrol sama kang achoey ternyata istri udah hamil aja😀
    kumaha kabarna Kang?😀

  10. unyil berkata:

    waaaaah. mantep ni kang. . . . ane satu ya kang🙂

  11. TuSuda berkata:

    Bagus sekali peluang upayanya menerbitkan karya cipta sendiri, apalagi ada penerbit yang mengurusi begitu detailnya..Ini bisa menjadi pacuan bagi para sahabat untuk belajar menulis dan menerbitkan buku via kerjasama yang baik. Selamat ya Kang.
    SALAM hangat dari Kendari…🙂

  12. diruuu berkata:

    Saya tunggu launching bukunya mas. Ntar saya beli deh

  13. jd pengen baca bukunya…..moga lancar persalinan istriny

  14. situsonline berkata:

    Lanjutkan karyanya bro,semoga bisa di tiru nanti oleh penerus anda

  15. Farijs van Java berkata:

    Menerbitkan buku, ya? Hmmmm…. Buku coret-coretanku hilang😦

  16. semoga ibu dan bayi yang dikandungnya,sehat ,dan semoga karya tulis yang terlahir dari buah fikiran mas,bermanfaat buat orang banyak

  17. Pencerah berkata:

    nanti kalau sudah jadi, aku dikabari ya kang….

  18. andyswan berkata:

    mana? kapan terbitnya apakah buku itu sampai ke pasuruan..! harganya mahal gak? wah jadi gak sabar nich..

  19. sibair berkata:

    hampir sama kayak nulisbuki.com ya mas haris?

  20. Multibrand berkata:

    Selamat ya atas penerbitan bukunya. Semoga peredarannnya laris manis.

  21. gerhanacoklat berkata:

    ayo Aa yang semangat nulisnya

  22. wien berkata:

    wah impiannya udah jadi kenyataan nih kang Achoey…selamat ya udah bisa menerbitkan buku… :thumbup

  23. Mbah Jiwo berkata:

    jk saja ada kiriman gratis….

    mas, semoga sukses dan MELEDAK nanti,,,

  24. Orin berkata:

    Wah, kang Achoey hebat, Istrinya juga hebat ngidam minta dibuatkan buku🙂 Sukses ya Kang. Salam kenal…

  25. Miftahgeek berkata:

    Penasaran nih, bakal genre apa yang dihasilkan yak🙂

  26. almascatie berkata:

    sippp mantap2🙂 semoga sampe disini biar bisa dibeli. etapi judulnya apa? *efek baca cepat* :))

  27. asudomo berkata:

    wah wah, nice info, jadi pengen punya buku sendiri

  28. holichaxor berkata:

    Semoga karyanya bisa bermanfaat untuk orang banyak…aminn

  29. ceritabudi berkata:

    Saya beli satu, pasti pokoknya….🙂 lewat mana yach kirim alamatnya A? add aku di fb yach, ditunggu

  30. deewahjoedi berkata:

    jikalau berkenan mah kang diadain bagi-bagi tali asih gitu berhadiah buku ini…itung-itug promo.hehe

  31. wiy berkata:

    kunjungan sore hari…

  32. orriza berkata:

    Wah…!! Keinginannya sm dgn saya…. 😀
    Semoga apa yg diinginkan dpt terwujud… Jd penasaran apa sih isi bukunya… Hehehe…
    Salam.

    Klo boleh dan berkenan bisa tukeran link.

  33. Ping balik: Meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood - Vulkanisir Info

  34. Yulis Samoa berkata:

    Mampir sambil liatin kalender agar lekas berganti tanggal menuju akhir April ini..hehehe… Sukses ya mas Achoey EL Haris untuk karyanya… Tetap semangat aja meski aktivitas berjubel…😀

  35. niee berkata:

    waahh,,, selamat ya mas atas bukunya..
    kalau udah dapet cetakannya di posting lagi ya, hehehe..

    layanan self publish emang lagi marak2nya deh sekarang,,
    sangakain tadi masnya ngepublish di nulis buku, itu layanannya gratis,,
    tapi ada kekurangannya juga seh,, gak pake ISBN terus gak ada designnya..

    klo ini udah lengkap gitu jadi lumayan tertarik juga deh🙂

  36. Zippy berkata:

    Wah..selamat ya mas.
    Akhirnya bisa dipublish juga karyanya, kebanggan tersendiri pastinya🙂

  37. Gugun berkata:

    wadih jadi penasaran kang, judulnya apa kang?

  38. bro eser berkata:

    Keren bro jika sudah bisa membuat sebuah buku. Kalau blog ini ngga niat dibukukan ya?

  39. aRuL berkata:

    wah sepertinya bermanfaat banget untuk menerbitkan buku, tapi menerbitkan buku butuh tematik ya, alo saya dnulis acak adut😀

  40. Prima berkata:

    Wah wah… makin mudah sekarang ya mas… mudahan saya ada rejeki bisa ketemu sama buku itu… saya jadi ingin juga menulis…🙂

  41. alamendah berkata:

    Wah, bagus sekali, kang. Kalau sudah diterbitin jangan lupa kabar-kabar, ya?

  42. wuaaa .. hebat kang,, dan maksih juga informasinya .. ini memudahkan jalan buat kita2 ..🙂

  43. fitr4y berkata:

    jadi kepengen bikin buku juga ..😀

  44. indobrad berkata:

    asiiiik kabarin kalo udah terbit dan dimana bisa belinya ya😀

  45. arman berkata:

    wow mau nerbitin novel ya… hebat!!!🙂

  46. blogbobby berkata:

    Sampai mana nih ya, kira” bikin bukunya. Oh,ya mas mampir ke “rumah” postingnya terinspirasi olehmu yang sedang bikin buku😀

  47. archer berkata:

    salut nih semoga bukunya cepat terbit ya..

  48. kodokz berkata:

    selamat ya.. nanti saya cari di gramedia deh…🙂

  49. Leutika Prio berkata:

    wah…kami sangat senang bisa membantu mewujudkan keinginan anak dan istri serta Mas Achoey sendiri. Trima kasih sudah mempercayakan karya Anda pada kami. Semoga kita bisa terus berkarya bersama ya. Jangan lupa syukuran kelahiran buah hatinya🙂

  50. Penghuni 60 berkata:

    wah, bravo utkmu sob… smoga sukses ya… aku tunggu karyamu sob…
    oya aku jg punya niat yg sama dgnmu sob… tunggu aja aksiku….ciyeeee…😀
    aku jg dah lama mengenal Leutika, dan sedang dlm proses memahaminya.

    oya sob, ada award utkmu, spesial dr Penghuni60, kalo gak keberatan mohon diambil ya
    sekali lg selamat

  51. melly berkata:

    Semoga berjalan lancar ya A
    selamat!
    ditunggu bukunya..

  52. septarius berkata:

    ..
    semoga sukses dengan bukunya A’.. 😉
    ditunggu penerbitannya..

    ..

  53. masyhury berkata:

    Wah… ditunggu deh buah karyanya..😀
    Kalo bisa adain kuis bagi-bagi buku di blog ini, pasti seru..

  54. ysalma berkata:

    Selamat untuk persiapan menjadi calon Ayah,,
    dan untuk karya dalam bentuk novel yang akan segera terbit,,
    hebat sekali membagi waktunya sobat satu ini,,🙂

  55. sakti berkata:

    keren juga ngidamnya, apa si jabang bayi ada tanda-tanda jadi penulis ya?
    ditunggu kiriman paket bukunya akhiy, hehe, semoga bukunya ‘meledak’🙂

  56. giewahyudi berkata:

    Sudah lama ingin nulis buku sendiri, tapi masih berjuang..

  57. kamaropini berkata:

    bukunya covernya apa mas? siapa tau bisa saya cari ditoko buku. hehe.

  58. srulz berkata:

    jadi terharu….😥
    jadi ayah, memang ndak gampang ya..😀

  59. anla arinda berkata:

    anda mendapatkan mimpi saya, om!
    “menjadi penulis beneran”
    keren, laaah teman bloger saya yang satu ini..
    sukses selalu, om!🙂

  60. kezedot berkata:

    sukses ya
    sayangnya aku tak pandai menulis makanya tak berminat……hehehhe
    ajarin aku dong om…….

  61. Astra satria berkata:

    Semoga sukses untuk bukunya, BTW bocoran judul buku-nya apa mas haris ?

  62. Mbakyu tary berkata:

    ass kang achoey lama gak mampir kemari, ternyata kang achoey semakin sukses aja, selamat ya kang impiannya terwujud🙂 pengen ikutin jejaknya kang achoey heheheheh

  63. Hariez berkata:

    Insya Allah, pasti beli Kang…

    hal inilah yang selalu terpikirkan oleh saya, namun nulis di blog saja saya sudah..gak karuan updatenya :mrgreen:

    salam hangat

  64. MT berkata:

    aku akan membelinya

  65. Kakaakin berkata:

    Subhanallah…
    Ternyata sekarang lebih mudah untuk menerbitkan buku sendiri ya…
    Semoga segalanya lancar, termasuk kelahiran buah hati🙂

  66. Rusa berkata:

    ada juga nulisbuku.com loh kalo mau
    buku dijualkan online juga katanya

  67. atikah berkata:

    Pengen tahu buku yang ditulis tentang apa. Ayo Mas, resensinya diposting di FB atau di Blog.

  68. adhy berkata:

    wah, suatu inspirasi buat ku mas…saya sejak dulu juga ingin menulis namun terkendala pada self publishing tadi…terima kasih, semoga saya tercerahkan….

  69. adhy berkata:

    inspirasi yang luar biasa….terima kasih

  70. andinoeg berkata:

    Selamat mas bukunya, jgn lupa kirim ke saya ya plus tanda tangan😀

  71. tutinonka berkata:

    Selamat Aa’, bukunya akan segera terbit. Pesan satu ya. Gimana cara pesannya? Langsung ke penerbit?

  72. orange float berkata:

    melihat beberapa teman blogger menerbitkan buku bikin saya pingin juga tapi gimana ya nulis di blog aja sering malasan apalagi mau nulis buku😕

  73. susisetya berkata:

    wah salut dech, selamat yach semoga buku nya bisa diterima pembaca di Indonesia, kreatifitas itu harus terus di pupuk dan diasah…..maju terus…..

  74. Ah sangat menginspirasi. LeutikaPrio ya? Akhir2 ini saya sangat sering mendengarnya

  75. tini berkata:

    Salam persohiban. Selamat udah menang lombanya. Semoga suatu saat jadi penulis yang bisa bikin beberapa buku.

  76. ardhyanz berkata:

    semoga saya bisa mengikuti jejak-jejak yang penuh inspirasi ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s