Hati Kita


Dalam perjalanan kehidupan, tak hanya ada putih dan hitam. Kadang kita melewati batas tipis, diantara dua hal yang amat berbeda. Lalu, penilaian pun bermunculan, beragam. Tapi siapa kita, jawabannya ada pada hati kita.

Hati yang bersih, amat sangat mudah mendeteksi salah arah langkah kita. Meski kaki kanan telah masuk di ruang pekat, bisa jadi ditarik kembali karena hati melarangnya. Hati yang bersih senantiasa mengingatkan kita, bahwa sesuatu yang salah tetaplah salah, bahwa sesuatu yang salah tetaplah kan terasa susah meskipun mudah.

Coba tanya hati kita, apakah dia protes ketika kita sedang berbohong, apakah hati kita marah ketika kita sedang berbuat dzolim, apakah hati kita menangis ketika kita sedang bertindak tidak jujur. Ehm, jika hati kita sudah tidak merespon sama sekali, berarti hati kita telah mati. Dan kita sendiri yang telah membunuhnya. Celaka.

Jangan pernah menawan hati, lalu membekapnya. Jangan pernah menyekap hati lalu menguncinya. Biarkan hati terasah dalam fitrah!

Adakah yang tak bisa mencerna?

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Hikmah dan Motivasi dan tag , . Tandai permalink.

125 Balasan ke Hati Kita

  1. kadang kita memaksa hati untuk membenarkan kecerobohan pemikiran, kalo keseringan bisa bisa hati gantung diri ya Kang ?

  2. Ikkyu_san berkata:

    harus terus mengasah hati kita agar tetap peka…
    EM

  3. Ceritaeka berkata:

    Karena nurani tak akan pernah mau membohongi diri kita🙂
    Dan nurani jika digunakan terus akan terasah menjadi tajam, tapi bila dibekap akan jadi tumpul dan kita bisa tersesat.

    Met pagi ak🙂

  4. dhedhi berkata:

    ya ya ya…. ketika kita bingung, tanyalah pada hati kita….
    kata om job steve jg, tidak ada alasan untuk tidak mendengarkan kata hati🙂

  5. Durahman berkata:

    Assalamu’alaikum….
    Terngat nasyid Aa Gym..
    Jagalah hati jangan kau kotori
    Jagalah hati lentera hidup ini
    Jagalah hati jangan kau nodai
    Jagalah hati cahaya Illahi

    Bila hati kian bersih
    pikiranpun akan jernih
    Semangat hidup nan gigih
    Prestasi mudah diraih

    Namun bila hati keruh
    Batin selalu gemuruh
    Seakan di kejar musuh
    Dengan Alloh kian jauh

    Jagalah hati jangan kau kotori
    Jagalah hati lentera hidup ini
    Jagalah hati jangan kau nodai
    Jagalah hati cahaya Illahi
    Dst——–>>
    Mari menjaga hati..

  6. Pencerah berkata:

    saya sepakat dengan artikel ini kang.
    itulah kenapa blog ane berjuluk “kata hati”

  7. Yudhi Maryolen berkata:

    Di dalam kehidupan memang penuh warna warni … Semoga kepekaan itu tidak akan pernah hilang dari hati kita semua

  8. cahayabali berkata:

    hati yang mati biasanya suka dimatikan oleh pemiliknya, atau pura2 sudah mati

  9. unyil berkata:

    wah mantep kang artikelnya. bisa jd motivasi ni🙂

  10. AsepSaiba berkata:

    Hati-hati bicara hati, nanti hatimu jadi sakit hati..😀

    Salam kang!

  11. ysalma berkata:

    kadang terlalu seringnya hati, kita bawa berada didaerah abu-abu,,
    justru responnya semakin lambat untuk daerah putih ataupun hitam😦

  12. wi3nd berkata:

    satuhal yang terus aku ingat dari malam itu ketika ia berkata:
    karna hati adalah “muara..” maka berhati hatilah untuk terus menjaga hati..

    didalam tubuh ada segumpal darah,yaitu hati..
    jika hati sakit maka sakitlah jiwanya,jika hati sehat maka sehatlah tubuhnya..

    ah hati emang yah A.. **au dach mu ngomong apa lagi😀

  13. julianusginting berkata:

    menuruti apa kata hati kita merupakan tindakan yg bijaksana ya…

  14. choirul berkata:

    semoga hati kita terjaga….. memang kadang hati memberontak ketika kita ingin melakukan tindakan jahat… maka bagaimana kita menyikapi itu yang paling penting

    kalo kita menuruti nafsu ya sudah tanggung resikonya

  15. Abi Sabila berkata:

    ” Hati yang bersih senantiasa mengingatkan kita, bahwa sesuatu yang salah tetaplah salah, bahwa sesuatu yang salah tetaplah kan terasa susah meskipun mudah ” setuju sekali Kang, karena hati tak pernah bohong dan tak bisa dibohongi.

  16. Anugrha13 berkata:

    hmmm…
    speechless…
    semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari apa yang telah terjadi. dan berusah untuk mencegah hal tersebut terjadi lagi🙂

  17. Multibrand berkata:

    Hati kita memerlukan perawatan untuk menjaga kebersihannya.
    Susah-2 gampang. Kita cenderung untuk melihat kejelekan orang
    dan buta terhadap kejelekan kita sendiri.

  18. nia/mama ina berkata:

    kalau ragu-ragu, ikuti kata hati….karena biasanya kata hati tak pernah salah hehehe…..

  19. komuter berkata:

    hati saya bilang beli mobil. otak saya bilang ga’ ada duit. mana yang harus diikuti…??

  20. hafid Junaidi berkata:

    Bisanya mencerna hati ayam mas, he6 ^_^
    just kidding

  21. Html1155 berkata:

    “jagalah hati….jangan kau kau nodai,
    jagalah hati lentera hidup ini………..

  22. Berkunjung sore nih,, mau cari postingan menarik di blog ini salam sukses : http://www.lukisantermurah.com

  23. adetruna berkata:

    Berbuat baik atau buruk adalah pekerjaan hati, mari kita arahkan menuju fitrahnya…

  24. Pendar Bintang berkata:

    iya Aa…saat hati bilang “jangan” adik selalu berusaha menuuinya…takut nanti mati rasa…dan saat hati bilang “kamu harus melakukan” mengusahakan, menepis semua ragu bahwa untuk suatu kebaikan (yg kadang kecil) kita jangan terlalu banyak pertimbangan.

    Makasih pencerahannya🙂

  25. kamal berkata:

    betul betul.. hati nurani adalah nasihat yang paling baik”

  26. nadiafriza berkata:

    curcol nih kayaknya *sotoy banget*.. moga2 masalahnya terselesaikan dengan baik ya mas.🙂

  27. Nagakaca berkata:

    semoga sukses selalu kisanak

  28. deewahjoedi berkata:

    mungkin kita sekarang ini sering memiliki hati yang sakit.

    dan jangan sampai hati kita jatuh ke level hati yang mati.

  29. edratna berkata:

    Memelihara hati sangat perlu, karena dari hati lah semua perilaku kita akan muncul. Jika hati kita bersih, maka kita akan mudah melakukan hal baik, dan merasa bersalah jika akan melakukan keburukan….

  30. fitr4y berkata:

    bener mas, kayanya hati harus dibiarkan bebas tanpa dipaksa untuk membenarkan kesalahan diri .. trims dah berbagi

    salam🙂

  31. Sawali Tuhusetya berkata:

    subhanallah, suggguh bijak dan mencerahkan, mas achoey. memang benar, jangan sampai hati terbelenggu oleh nafsu.

  32. joko kepruk berkata:

    bagaimana membersihkan hati yang telah kotor ?

    🙂

    thanks for sharing

  33. tyan's berkata:

    mulut bisa berbohong tapi hati takkan bisa di bohongi….,

  34. dhe berkata:

    ada yang bilang bahwa hatilah yang menentukan identitas dari tuannya.. jaga selalu hatimu kawan..🙂

  35. srulz berkata:

    biarkan hati berekspresi….
    biarkan otak berfikir positif….😀

  36. setyantocahyo berkata:

    perasaan akan menjadi tajam jika snantiasa di asah…yaitu dg siraman rohani dan pengetahuan ttg agama…sebaliknya rasa itu akan mati jika tak pernah diasah…lebih sll melakukan hal hal yg maksiat….
    semoga Alloh sll menjaga hati kita …aset yg tak ternilai harganya….

    salam.

  37. sakti berkata:

    hati bisa ketempelan debu yang melekat,
    membuatnya jadi kelam tidak putih,
    karena itu saling menasehatilah para sahabat,
    agar hati-hati kalian senantiasa bersih.

  38. sedjatee berkata:

    terkesan banget sama endingnya
    jangan membekap hati lalu menguncinya
    setuju sekali Kang
    semoga kita memiliki hati yang merdeka
    namun juga hati yang takluk pada Sang Pencipta

    sedj

  39. sedjatee berkata:

    wadhuh…
    komenku masuk kotak sampah Kang…

    sedj

  40. kang ian dot com berkata:

    iya kang hati kecil mah g bs diboongi..ia akan selalu jujur walau lisan berkata lain🙂

  41. didta7 berkata:

    hati ayam g sehat buat kesehatan, jangan dimakan

  42. atikah berkata:

    Ketika melakukan maksiat, sungguh hati terasa perih dan sakit, sungguh hati tak rela jika terus menerus dalam maksit, tapi kadang lemahnya iman tak mampu memperbaiki dan membuatnya menjadi baik.

  43. Srikandi Hati berkata:

    Tidak sedikit yang menangisi jasad yang telah mati, akan tetapi tidak menangisi hati yang mati, padahal sesungguhnya matinya hati lebih menyedihkan dari matinya jasad, perlu senantiasa menengok diri adakah hati masih hidup, berpenyakit atau sudah mati,,,,???
    postingannya ringkas tapi mengena….!!! good….!

  44. orange float berkata:

    pertajam hati nurani kita karena hati adalah filter langkah kita

  45. Miftahgeek berkata:

    Kadang masih mengunci nya kang, nafsu masih pegang peranan T.T

  46. apikecil berkata:

    “Terbanglah kemana hati membawamu pergi dan nikmatilah”
    merawat hati ibaratnya merawat sebilah pisau..
    dia akan memperlihatkan ketajamannya bila kita sering mengasahnya..
    makasih mas Achoey

  47. The-netwerk berkata:

    nice…
    sempatkan juga mengunjungi website kami di http://www.the-netwerk.com
    sukses selalu!

  48. asudomo berkata:

    jika kita terus membohongi hati, maka perlahan-lahan hati kita akan menajdi keras,dan hati yang keras akan sulit tertembus cahaya kebaikan

  49. roby berkata:

    berfikir dengan hati🙂

  50. ekaraharja berkata:

    semoga kita bukan termasuk orang yang tega membunuh hati kita…

  51. ikuti apa kata hati kita, niscaya kita akan menemui kebahagian

  52. Prima berkata:

    Dalem banget kang… huuhuhuhuhuuuu….. T_T
    hati gak pernah bohong ya kang… karena fitrahnya suara hati (mungkin) adalah bisikan dari Allah… hanya kita yang sering ingkar…😦

  53. muslimmuda berkata:

    Sangat mudah dicerna… Kebersihan hati membuat kita mengukur gerak langkah kita dengan jernih🙂

  54. mauna berkata:

    Bersihkan hati kita dengan kebaikan agar tidak berkarat… .

  55. lozz akbar berkata:

    hati kecil memang tak pernah bisa dibohongi, sekalipun oleh pemiliknya

  56. masyhury berkata:

    Isi hati gak selamanya benar, karena hati bisa saja tercemari oleh linkungan dan fikiran yang kotor..
    keep to fitrah..😀

  57. yoriyuliandra berkata:

    Selagi hati belum mati dan belum terkunci, ia akan segera menuntun manusia menuju fitrah. Tapi kalau hati sudah sakit dan berpenyakit, maka ada kalanya Allah menambah penyakit hati tersebut dan bagi mereka azab yang pedih atas apa yang mereka perbuat…

    Jagalah hati, sangat sampai sakit dan mati…

  58. TuSuda berkata:

    Sebuah prosa yang indah sekali iya Kang…karena melalui koreksi diri dan menelaah ungkapan rasa di hati, semua pengalaman kehidupan menjadi bumbu pelengkap yang indah abadi…
    BTW>>>Mohon Maaf ya..baru sempat berkunjung balik kemari.
    SALAM hangat dari Kendari… 🙂

  59. trisnok berkata:

    hati punya pikirannya sendiri, kita tidak boleh mengekangnya…dan sebaliknya biarlah kita dibimbing oleh hati kita, supaya kita tetap senantiasa berjalan di jalan yang benar🙂

  60. yakhanu berkata:

    begitulah kang… kehidupan…
    kita berusaha tetep berbuah baik, supaya hati tetap baik..

  61. niee berkata:

    wah setuju banget neh dengan postingannya mas,,
    hati emang gak pernah bisa bohong,,
    kalau udah gak bisa nangis dari hati berarti diri kita ada masalah besar yak..

  62. saya jadi teringat sama pesan AA Gym.. jagalah hati.. dst dst…

  63. Siddiq Basid berkata:

    Syukurlah, hatiku masih meronta-ronta tiap kali melakukan hal yang salah. Hatiku belum mati. ^^

  64. Cahya Nugraha berkata:

    halo mas😀 Lama tak jumpa ni hhe
    Aku lagi banyak tugas kemarin mas
    maff baru sempat mampir hhe

  65. nurhayadi berkata:

    semoga hati saya selalu bersih. Jangan menjadi mati, na’udzubillahimindzalika.

  66. monda berkata:

    dalem nih A,
    hati nurani semoga tetap bersih suapya tetap bisa membedakan baik buruk

  67. Asop berkata:

    Hati kalo udah “keras” seperti batu, susah “menghidupkannya” kembali…😦

  68. langit11 berkata:

    hati…Ya Tuhanku, jagalah agar tak tersandera dunia

  69. iLLa berkata:

    pernah dengar, kalo ga salah dari ceramah, bahwa salah satu cara kembali membuat hati bersih adalah dengan khalwat kita dengan Tuhan. Disitu, semuanya akan tersingkap, dan kita akan jujur mengakui pada diri sendiri, mana saja perbuatan kita yg sudah menghitamkan hati, dan apa yg harus kita lakukan untuk membersihkannya lagi. cmiiw😀

  70. M Mursyid PW berkata:

    Bener, Mas. Sejauh ini sayapun tidak jarang mengingkari kata hati. Setidaknya kita masih menyadari bahwa sesuatu yang buruk adalah buruk dan kita senantiasa berusaha menghindarinya.

  71. adipras berkata:

    perilaku adalah implementasi dari perasaan di hati kita….

  72. anla arinda berkata:

    biarkan nurani menjadi penjaga hati

  73. dedekusn berkata:

    Semoga saja kita bisa menjaga hati agar tetap hidup,
    Salam hangat kang,🙂

  74. hudaesce berkata:

    Subhanallah….,bagus banget tulisan mu ini Kang, sungguh perenungan tersendiri bagiku di pagi ini. 🙂

  75. Yulis Samoa berkata:

    Jagalah Hati Jangan Kau Kotori…
    Jagalah Hati Lentera Hidup Ini… *nyanyi MOde ON*😀

    Makasih Pencerahannya di Hari Minggu yang Ceria ini …

  76. lia sikupu berkata:

    hati seharusnya menjadi cermin diri
    bila bersih dia mampu menangkap cahaya Ilahi
    tapi terkadang kelalaian mengotori
    sehingga perilaku pun tak terkendali

  77. auraman berkata:

    hati memang diberikan kebebasan buat memilih A”

  78. mood berkata:

    Aku ingin hati yang bersih, yang bisa menerima kebenaran dan melakukan nilai nilai dari kebenaran itu sendiri.

    Salam.. .

  79. riez berkata:

    Kembalikan ku yang dulu tanpa hati hitamku

  80. farus mercu berkata:

    selamat pagi sobat,,,,
    maaf nih baru bisa BW…
    salam

  81. 3w9 berkata:

    Kesan pertama begitu menggoda ……selanjutnya terserah anda !!!!……
    Salam dari : http://www9.blogdetik.com

  82. 3w9 berkata:

    Kesan pertama begitu menggoda ……selanjutnya terserah anda !!!!……

  83. advertiyha berkata:

    kepekaan hati, sesungguhnya kekayaan yang tak dimiliki semua orang..🙂
    yuk kita belajar terus mengasahnya…

  84. Firaun NgebLoG berkata:

    Puitis bgt gan… mantab dech😀

  85. argo berkata:

    Biarkanlah kita dituntun oleh hati kita, agar kita senantiasa ada dijalan yang benar dan di ridhoi AlLoh SWT. Keikhlasan mempunyai kilauan dan sinar, walaupun ribuan bahkan jutaan matta tidak melihatnya namun hatti kita dapat merasakannya, karena mahkota kemanusiaan kita adalah hatii…

    http://uhooi.blogspot.com/

  86. Nana berkata:

    UNTUK MENJAGA HATI HARUS TAHU ILMU NYA MAS…
    DIJAMIN HATI AKAN TERJAGA KALAU KITA MENGUASAI ILMU TERSEBUT….

  87. seragam sekolah berkata:

    saya gak bisa mencerna… karna hanya kata2,, jadilah tauladan perbuatan bkan hanya kata2

  88. meiy berkata:

    sebab hati adalah tempatNya di dunia, semestinya malu ketika hati ternodai. makasih tulisan yg mencerahkan bro🙂

  89. Astra satria berkata:

    Ikuti kata hati kita apabila ingin yang benar dan terbaik dalam melangkah, semoga kita bukan termasuk dalam golongan orang yang dibutakan hatinya😀

  90. isnuansa berkata:

    aduh, jangan sampai disebut manusia yang tak punya hati.😦

  91. maminx berkata:

    Salam kang, maaf gak nymbung komen nya. Saya mau ngasih award ke kang achoey, mohon di terima ya. Saya bakal seneng bgt klo kang achoey nerima awardnya di http://maminxblog.com/asyik-dapat-award/

    makasih banyak🙂

  92. dira berkata:

    Harus cepat dilap kalau sudah mulai menempel debu: dengan air mata taubat..

  93. betul sekali kang… yang ada adalah menyiksa batin.. dan secara tidak langsung, jika menentang kata hati, bisa berakibat juga pada kesehatan fisik.. ga enak makan lah dsb

  94. Lidya berkata:

    dari blog pakde langsung meluncur kesini, salam kenal ya

  95. Abu Umar berkata:

    Saya mikir, orang2 kyk ariel sharon atau benjamin netanyahu hatinya masih “berfungsi” ga ya…🙄

  96. irfanandi berkata:

    SubhanAllah,,smg hati kita selalu terasah dalam fitrah..
    ~salamkenal

  97. HALAMAN PUTIH berkata:

    hati nurani atau qalbu tak akan pernah berbohong

  98. aydachubby berkata:

    Mari jaga hati kita…🙂

  99. Multibrand berkata:

    Memang sebaiknya kita tidak semata-2 mengikuti pikiran saja tapi harus juga mendengar kata hati kita.

  100. tonykoes berkata:

    Keren nih artikel… saya setuju…!
    Hati itu sama dengan Mie… karena rasa tak pernah bohong… iklan mie “ON”…🙂

  101. jumialely berkata:

    ikuti kata hatimu yang selalu fitrah dan tak akan salah arah

  102. oghello berkata:

    sy tdk px kata lain selain mantap

  103. Joko Setiawan berkata:

    Subhanallah Kang Achoey,, memang tulisannya tidak panjang, namun isinya cukup memukau kalbu,,,🙂

    Syukron Kang,, dan salam semangat selalu

  104. Zippy berkata:

    Hati kita emang cerminan dari apa yang kita lakukan.
    Ah..diri ini masih terlalu banyak kekurangan, hati masih belum bersih benar.
    Masih berada dalam hidup yang kelam.
    Harus berubah ni🙂

  105. Kudapan Spesial berkata:

    setuju kang…. kesuksesan sejati hanya dengan hati yang tenang……jadi jagalah hati kalau ingin sukses…

  106. ahmad musyrifin berkata:

    kenapa seperti itu, ini adalah perasaan spiritual, seperti halnya penerima sinyal. hati kita akan cenderung membenarkan yang salah dan menyalahkan yang salah, jika hati keruh, kepekaan seperti ini bisa hilang. so jadi inget lagunya AA Gym. jagalah hati…..
    ==============
    rapot merah KB

  107. Kakaakin berkata:

    Alhamdulillah…
    Allah masih memberikan kesempatan pada kita untuk merasa dan mencerna segala hal🙂

  108. intan rawit berkata:

    biarkanlah mata hati yang bicara..karena dialah yang bisa membimbing kita ke jalan yang benar..

  109. eM berkata:

    aq selalu percaya pada kata hati q…🙂

  110. auraman berkata:

    wahaha, rame amat A” blognya hehe

  111. joe berkata:

    ditunggu update terbarunya bro….

  112. nandajuray berkata:

    mas….mau nanya…gimana yak caranya supaya banyak orang yang baca+comment postingan kita? kok kayaknya blog baru saya ini sepi2 aja…ndak ada respon yang berarti dari para pembaca…hiks…padahal kan pengennya ada yang comment biar tau salah benernya tulisan kita dimana… T_T

  113. blogbobby berkata:

    HAti itu sifatnya “naik turun” sesuai kondisi jiwa dan pikiran serta lingkungan. Biar stabil, agamanya harus kokoh dan lingkungannya mendukung. hehehe.. baru ngeblog lagi nih, mas. moga sehat selalu di tengah kesibukan

  114. rumah dijual berkata:

    saya setuju yang mas eka tulis..
    jadi kita harus slalu mengasah hati kita supaya tidak dibiarkan menjadi celaka

  115. alib16 berkata:

    untuk mencernanya butuh sedikit ketenangan, karena ini setidaknya berhubungan dengan hati…ets, salam kenal aja deh

  116. meghanyyuu berkata:

    great post, i have learned a lot from your post http://www.replicawatchesgeek.com/watches/replica-fucda-1776.html

  117. jual baju online berkata:

    hati tak kan pernah berbohong, meskipun mulut suka berbohong, buka hati kita untuk tetap jujur

  118. maminx berkata:

    “biarkan hati terasah dalam fitrah”

    Subhanallah luar biasa kalimat ini kang.

    makasih🙂

  119. Billy berkata:

    hati merupakan modal nurani berharga manusia untuk hidup didunia fana ini..🙂

  120. John berkata:

    terima kasih

  121. John berkata:

    hohoho! luar biasa!

  122. Pitik berkata:

    Karena hati selau berusaha mengarahkan ke jalan yang semestinya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s