Menemukan Pasangan Hidup lewat Internet


Tanggal 13 Februari saya diminta untuk menjadi pembicara pada Talkshow Gramedia IT Corner yang bertempat di Gramedia Ekalokasari Bogor. Tema yang harus saya bawakan saat itu adalah “Menemukan Pasangan Hidup Lewat Internet”. Ehm, saya tersenyum kala diminta untuk talkshow dengan tema tersebut, karena memang saya adalah praktisi dalam hal itu. Ya, saya bersua dengan seorang gadis yang kini menjadi istri saya melalui media itu, internet.

Sebagai seseorang yang dianggap beberapa orang sebagai motivator, saya diminta tidak sekedar berbagi cerita tentang kisah saya, tapi saya diminta untuk memaparkan jauh lebih baik dari sekedar bererita. Jadilah saya pun harus mempresentasikan tema ini dengan bantuan slide agar banyak mata bisa menatap materi yang saya sajikan selain mendengarkan ocehan dan gerak tubuh saya.

Dalam kesempatan itu saya menjelaskan mulai tentang jodoh atau pasangan hidup, sekilas internet, aneka cara menemukan pasangang hidup, aneka cara menemukan pasangan hidup di internet, tips dan trik untuk dapat menemukan pasangan hidup lewat internet, nilai moral yang tetap harus di pegang teguh, dan diakhir saya coba jelaskan tentang cinta.

Ini sedikit persepsi saya tentang pasangan hidup:

Pasangan Hidup adalah sosok terindah yang telah Tuhan siapkan untuk menjadi partner kita dalam menjalani kehidupan.

 

Ini sedikit persepsi saya tentang cinta:

Cinta itu fitrah, maka jangan kita menodi kesucian dan ketulusannya. Cinta itu komitment, maka jangan main-main dan mempermainkan.

 

Sedikit saya bagi materi yang saya sampaikan pada Talkshow kemarin. πŸ™‚

Menemukan pasangan hidup lewat internet harus dimulai dengan:

  • Niat yang baik, yakni niat untuk menemukan pasangan hidup dan membina rumah tangga dengan indah.
  • Prasangka yang baik pada Allah bahwa Allah telah menyiapkan pasangan hidup kita dan kita kan menemukannya dengan indah.
  • Perbaikan Diri, karena kita jangan berangan-angan mendapatkan yang terbaik tapi diri kita jauh dari kata baik. Perbaiki diri kita, jadilah yang terbaik dan semoga mendapatkan yang terbaik.
  • Kriteria yang Baik. Ya kita berhak untuk menentukan kriteria pasangan kita. Kriteria itu bisa kita jadikan acuan untuk memilih, memilah dan akhirnya bisa fokus. Jangan terpaku pada keterpenuhinya semua kriteria, karena tak ada yang sempurna. Baik agamanya, tentu saja ini kriteria dengan nilai tertinggi.

Yang harus diperhatikan jika Anda ingin menemukan pasangan hidup lewat internet:

Jaga hati kita, jangan jadikan tampilan fisik di picture atau foto sebagai ukuran, karena bisa jadi Anda kecewa setelah melihat wujud aslinya. Jaga hati kita dan tetap memohon petunjuk pada Tuhan, jangan sampai terpedaya oleh tipuan para penjahat cinta yang berkeliaran di sana. Cerdaslah dalam menemukannya.

Ada yang mau berbagi pengalaman?

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Hikmah dan Motivasi, trik cerdas. event seru dan tag , . Tandai permalink.

94 Balasan ke Menemukan Pasangan Hidup lewat Internet

  1. Ceritaeka berkata:

    Hemmm aku ketemu suami jauh sebelum inet booming ak! πŸ˜€

    Tapi poin2 yg aak sampaikan banyak yang aku setujui. Mulai dari niat yang baik, nanti Tuhan buat semesta seolah seiring sejalan menuju kebaikan juga πŸ™‚

    Salam,
    EKA

  2. Cahya Nugraha berkata:

    halo mas haris
    waa dapet jodoh lewat internet yaa
    aku belum terlalu memikir pacar mas, kenapa ya?
    wajar kan? :p aku malah memilih sukses dunia untuk surga dan yang kedua baru pasangan hhe

  3. ikhsan berkata:

    saya ketemu calon stri di Facebook πŸ™‚

  4. chandra iman berkata:

    mantab kang, semoga bisa memberikan inspirasi bagi merka yang datang kemarin πŸ™‚

  5. Irawan berkata:

    wah makin laris manis nih, sukses selalu….

    kalau ada tema menemukan pasangan hidup di gerbong kereta api saya mau daftar jadi pembicaranya

  6. BERAU SI JUMBO berkata:

    sayang sekali sob, saya telah memiliki pasangan
    yang aq cintai lahir bathin dan dunia akhirat.

  7. BERAU SI JUMBO berkata:

    namun saya acungin jempol buat sob .
    karena dengan pengalaman hidup anda,
    anda bisa berbagi dengan sesama

  8. ysalma berkata:

    Pasangan untuk masing2 kita memang telah dipersiapkan,,
    tetapi kita berkewajiban untuk mencarinya yaa,,
    tempat, sarana dan fasilitas serta prasana yang ada dimaksimalkan
    dalam pencarian soulmate tersebut,,

  9. Zico Alviandri berkata:

    Sangat baik kalau pasangan hidup ditemukan melalui pencocokan kriteria yg sudah kt tetapkan. Kriteria2 itu pun ditentukan bukan dari khayalan muluk2, tapi dari pengenalan diri dg baik.

    Banyak jalan mendapatkan pasangan hidup. Prasangka baik kepada Allah memuluskan pencarian.

    Subhanallah, sharing pengalaman yg indah πŸ™‚

  10. arman berkata:

    yang penting harus hati2 kalo kenalan ama orang di internet karena gak semua orang baik. ada juga orang2 psycho yang aneh2 di dunia maya… jangan sampe ketipu! πŸ˜€

  11. Abu Umar berkata:

    Senasib ya oom… :mrgreen:

  12. faruq berkata:

    harus hati-hati terhadap siapapun,..

  13. volverhank berkata:

    wah keren ya bisa dapet pasangan hidup lewat internet hehe

  14. Goyang Karawang berkata:

    bener sekali bos.. banyak yg maksain diri.. nampin foto sampai fose2 miring-miringin kepala biar kelihatan cakep.. wkaka…

  15. TaQ berkata:

    internet hanya sebagai media saja, semuanya berpulang pada motivasi (niat) kita masing-masing.

  16. Ade Truna berkata:

    nge-net itu pekerjaan hati…berbuat baik atau buruk tergantung niat hati kita saat memasuki ranah maya
    *sukses ya kang dgn profesinya πŸ™‚

  17. Manusia akan menemukan segala sesuatu halnya dari komunitas terdekatnya yang sering dia hadapi.

    Salam

    “Ejawantah’s Blog”

  18. bro eser berkata:

    Wah baru tahu saya kalau ternyata ada orang yang bertemu dan menikah karena difasilitasi internet… Tapi memang bukan merupakan perkara yang mudah untuk menemukan pasangan hidup lewat internet

  19. Hafid Junaidi berkata:

    yup, setuju aq mas achoey, memang begitu, innamal a’malu binniat, kalau niat cari jodoh harus beneran niatannya ^_^

  20. niee berkata:

    temen2 aku juga banyak yang dapat pacar dari FB mas,
    tapi entah kenapa aku belum menemukan kelebihan dari mencari pasangan di dunia maya πŸ™‚

  21. Cak Anas berkata:

    Sangat sepakat.. jangan sampai kita kecewa hanya karena photo belaka

    “buka mata dan hatimu lihatlah semua”

  22. hudaesce berkata:

    terimakasih sangat tuk tips nya kang, sangat berarti sekali bagi saya yang kini tengah gi disibukkan mencari dan mamilah-milah. lumayan kan dapat referensu gratis dari kang achoey, πŸ˜†

  23. ummurizka berkata:

    kriteria yangbaik dalam memilih jodoh telah diajarkan oleh Rasulullah melalui 4 hal yaitu : hartanya, kepandaiannya, kecantikannya dan kesholehannya, namun yang paling penting adalah kesholehannya…
    selamat n sukses selalu untuk om haris

  24. fitr4y berkata:

    wuaaa sibuk bgt, pantas jarang keliatan .. hehehe

    salam mas πŸ™‚

  25. mauna berkata:

    Salam kenal mas.
    Mampir numpang baca2 artikelnya… .makasih

  26. ekaraharja berkata:

    Sharing yang baik bagi kita yang bersungguh-sungguh untuk mencari ‘rizki’ yang akan menjadi pendamping hingga akhir zaman…

  27. masyhury berkata:

    wah.. keren tuh..
    saya gak kepikiran tuh… πŸ˜€

  28. Prima berkata:

    Hahahahahhah… aku kangen ekalos! T_T *mulai lebay

    Saya agak serem tuh kang kalo kenal2an di internet, medningan yang ketemu langsung… emang gak salah sih… cuma sejauh ini belum terpikir cari2 di dunia maya… πŸ˜€

  29. lozz akbar berkata:

    wah sayang saya enggak bisa ikut acar itu ya.. jadi enggak tahu seperti apa trik cari pasangan lewat internet

  30. Nchie berkata:

    waduh senengnya ketemu jodoh lewat internet..
    kalo aku ketemu jodoh di supermarket hehee..
    Jodoh itu jorok yah kang..

  31. Anugrha13 berkata:

    wah…saya sampe hari ini blm berhasil menemukan cinta saya di internet…sudah berniat tapi belum2 ada yg nyantol :p

  32. Pendar Bintang berkata:

    Menarik banget Aa….adik sudah sering kok ketemu orang-orang baik di internet meski bukan untuk mencari jodoh, contohnya Aa ni….

    Jadi kalau orang takut dengan orang yang ditemuinya di internet keknya terlalu naif, hehehehe

    Sebagai perempuan, kadang kita punya insting lho, orang ini baik atau tidak…Adik kenalan dengan seorang cowok saat ABG dulu, tujuh tahun kami dekat dan walau tidak jodoh tak apa…yang pasti adik jadi punya Mama lagi, mama dia yang juga menyayangi adik…..terlanjur dekat kami….walaupun Mamanya msh srg berharap adik yang menjadi anak mantunya πŸ™‚

  33. menone berkata:

    klo bisa yg terbaik yg yg baik hehehehehehehehehe……

    salam persahabatan dr MENONE….

  34. Kakaakin berkata:

    Salah satu contoh adalah saudara sepupu kakak ipar saya akan menikah dalam beberapa hari kedepan dengan seorang gadis di Palembang. Jadi mereka sekeluarga besar akan bertolak dari Samarinda menuju Palembang. Gara2 fesbuk… πŸ˜€

  35. dheeasy berkata:

    bisa jadi salah satu ikhtiar nih… πŸ™‚

    *mungkin bisa ditambahkan tips dan triknya supaya tidak salah langkah…

  36. jumialely berkata:

    menerima dan memberi dengan ketulusan.

    So Fisik adalah nomer kesekian setelah kecocokan, ketulusan dan keiklasan

    great

  37. apikecil berkata:

    Kalau saya ketemu dulu mas..
    trus ngeblog bareng..
    jadi saling menyemangati untuk nulis,,hehehehe
    cinta bisa datang dalam media apa saja dan kapan aja…
    heheheheh

  38. dhe berkata:

    dulu sempat berharap dapet temen deket dari dunia maya, tapi sampe sekarang belum kesampaian.. kapan yaaaa?? hehe..

  39. Joko Setiawan berkata:

    Hmm,,, Kang Achoey,,, saya pun melalui tulisan saya di Internet, kemudian satu kampus, satu kegiatan, dan InsyaAllah ia akan menjadi satu-satunya nanti,,, Kami tidak pacaran, tapi saya berkomitmen untuk menjemputnya ketika siap nanti,,,

    Semoga Allah ridho πŸ™‚

    Salam semangat selalu dari Bandung ya Kang

  40. Nyari pasangan lewat internet? Why not. Selagi hubungan di internet itu diseriusin dan dijadikan salah satu ajang dalam lebih mengenal pribadi masing-masing… πŸ™‚

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  41. Ooh.. Baru tahu Kang Haris brjodoh lewat inet, dulu blum boming kaya skarang si, masih mahal.

    Tp bagi Fb mania, hati2 bagi yg kenalan dan ngajak jalan. Aku dah bbrapa x menemui pnipuan yg berawal dr FB, waspadalah.

  42. pri crimbun berkata:

    ^_^ waduh ane kok blom ketemu juga yah…. padahal acoun FB ane ada banyak….. xixixixi

  43. Astra satria berkata:

    Jodoh adalah salah satu rahasia tuhan, internet adalah merupakan sarana juga, dan kebetulan yang memberikan presentasi mendapatkan jodoh dari internet. waktu membaca tadi seolah sedang mengikuti seminar. regards !

  44. Abi Sabila berkata:

    Saya belum bisa berbagi pengalaman sekarang, tapi saya akan mencoba tips yang diberikan. hehehe….sebagai sebuah ikhtiar, kenapa tidak? Betul kan Kang ?

  45. zee berkata:

    Wah hebat ya, jadi motivator di Gramedia. Saya salut dengan kegiatan positifnya, karena apapun yang niatnya baik tentu hasilnya juga baik.
    Kalau kita bisa memanfaatkan internet dengan baik tentu hasilnya juga baik… πŸ™‚

  46. melly berkata:

    yah lupa lagi kan klo ada talkshow di ekalos πŸ˜€
    padahal kemarin lewat sana.. tau gitu mampir.

  47. bundadontworry berkata:

    pengalaman pribadi semacam yg A alami ini, sangat indah bisa dibagikan pd sesama ,
    dan kriteria2 yang dipaparkan diatas, hanya krn mengharap ridhoNYA semata .
    Allah swt telah menyiapkan pasangan utk kita ya A,
    kitahanya tinggal menjemputnya dgn cara yg baik dan niat yg baik pula, niat ibadah padaNYA .
    titip salam utk Teh Silvy yg cantik ya A πŸ™‚
    salam

  48. aydachubby berkata:

    wew… gitu ya… ohh ada jg toh yg nemuin jodoh lwt internet… πŸ˜€

  49. dhedhi berkata:

    hhhaaaahhaaayyy… keren…. rajin2 internetan ah πŸ˜€

    mas, upload video talkshownya dong klo ada πŸ™‚
    menarik nih….

  50. budiarnaya berkata:

    Jujur aa.. karena pernah nginep di warnet lah cinta saya bersemi sampai sekarang

  51. sibair berkata:

    Loh dulu itu banyak loh yang nikah gara2 friendster πŸ˜€

  52. arifromdhoni berkata:

    Jadi, kapan saya bisa menemukan pasangan hidup saya lewat internet? eh πŸ˜‰

  53. Nisa berkata:

    Subhanallah.. πŸ™‚

    Untuk menggapai sesuatu yang mulia, tentu dengan cara yang mulia juga ya πŸ˜€

  54. Erlin Fitriyanti berkata:

    subhanallah,saya ,makin bersemangat memperbaiki diri..

    #ronda malam ke tiap rumah teman2 blog πŸ™‚ #

  55. Putrie berkata:

    Sama donk, Pacar kedua dapet dari Internet..
    heheehe

  56. joe berkata:

    wah saya dulu juga pernah pacaran dengan seseorang dengan perantara internet yaitu chatting, tapi sayang tidak berlanjut

  57. edda berkata:

    mantap nih artikelnya bang haris πŸ˜€

    sama seperti pengalaman saya πŸ™‚

  58. m-amin berkata:

    Pembicara yang sukses…tidak hanya obral kata-kata tapi juga tindakan…Hebat Mas Haris…

  59. arikaka berkata:

    duh sayang waktu itu ga dateng ke acara pernikahannya ka cucu, jadinya belom sempet kenalan deh ka ma sang istri.

  60. maminx berkata:

    Subhanallah keren bgt kang jadi pembicara sekaligus motivator. Alhamdulillah ya menemukan pasang hidup yang sesuai, lewat internet pula..mantepp

    Sukses ah kang.

    upami aya waktos mangga mampir di halaman abdi atuh, ada yang baru πŸ˜€

    nuhun.

  61. bchree berkata:

    sebelumnya sy ucapkan selamat bro udah menang di kontes pak dhe ….. πŸ™‚
    wah cari jodonya lewat internet … boleh2 aja, sy punya tip lain, mungkin bisa dibuat tambahan materi kalau ada undangan talkshow mas heeeeeee
    http://bchree.wordpress.com/2011/02/01/1-tips-jitu-memilih-pasangan-hidup/
    bisa juga di
    http://bchree.wordpress.com/2011/02/13/bertemu-bidadari/
    semoga bisa berarti. trism :mrgreen:

  62. anKa berkata:

    dah semangat 45 mau datang… dah sampe tajur malah ketiduran… wah kang saya baru tahu.. kalo istrimu kenalnya dari dunia maya…
    semoga saya bisa sepertimu kang.. semoga niat baik saya dibukakan jalannya oleh-Nya.. amin..

  63. nia/mama ina berkata:

    hehehe…aku juga ketemu jodoh lewat internet, ngga semua orang yg kita kenal lewat internet bukan orang baik2 koq….

    aku tambahin lagi yach tipsnya, klo kenal cowok lewat internet, minta no hape, no telp rumah dan no telp kantor, trs sekali2 telpon ke kantornya bener ngga nech co itu kerja disitu……trs kalo ada resepsionistnya bisa juga tanya2 sama resepsionist mengenai cowok itu, udah punya istri apa belum, tinggalnya dimana, udah kerja di ktr situ berapa lama…tp nanya nya jangan to the point, pura2nya kita lagi meng-apply kartu kredit dia….trus cross ceck dech sama keterangan dr dia…sama apa ngga, kalo sama berarti dia memang orang baik2 dan jujur hehehhe….(Pengalaman pribadi nech)…

  64. choirul berkata:

    apakah aku nanti juga akan menemukan jodohku lewat internet ya?

  65. Irfan berkata:

    akhirnya saya pun menemukan jodoh itu, walaupun bukan via internet. saya hanya berbekal niat baik dan keyakinan…..dan keyakinan itu terjawab sekarang! πŸ˜€

    klo kang haris dari bales berbales komen blog kah? πŸ˜€

  66. indonesia store berkata:

    janganlah mencari jodoh di internet. anda seperti membeli kucing dalam karung

  67. atikah berkata:

    Mantap. Jodoh telah diatur dan telah ditentukan, telah tertulis dalam Lauhul mahfuz. Allah akan mempertemukan lewat cara yang mana saja. Percayalah, orang-orang yang baik akan mendapatkan jodoh yang baik pula.

  68. r10 berkata:

    saya sudah sering menemukan pasangan yg menemukan jodoh lewat internet, baik lewat blog atau forum πŸ˜€

  69. jasmineamira berkata:

    hoooo ternyata ketemu sm istrinya di internet. keren2 meski awalnya dari dunia maya, tp bisa ke dunia nyata πŸ˜€

    acara blogor kemaren bukan?
    aku pgn ikutan blogor deh. hehehehe

  70. Octa Dwinanda berkata:

    nambahin kang…
    sesuai janji Allah SWT, orang baik akan mendapatkan orang baik.
    dalam mencari pasangan hidup jangan fokus pada kriteria si calon. fokus saja pada perbaikan dan pengembangan diri. insyaAllah kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan. seadainya menurut kita tidak sesuai, terima saja. Sesungguhnya Allah lebih tahu pasangan yang terbaik utk kita.

  71. Etik Setiawati berkata:

    Seperti biasanya, tulisan mas Haris efektif, kali ini buat pencari jodoh.. πŸ™‚
    Semoga berkah.

  72. Saya stuju sm statement yg terakhir….

    Yang harus diperhatikan jika Anda ingin menemukan pasangan hidup lewat internet:

    Jaga hati kita, jangan jadikan tampilan fisik di picture atau foto sebagai ukuran, karena bisa jadi Anda kecewa setelah melihat wujud aslinya.

  73. Sya berkata:

    Saya juga punya pengalaman. Saya kenal pacar dari friendster 😳

  74. Siddiq Basid berkata:

    knapa gak critain tentang perkenalannya dengan istri melalui internet mas? ^^

  75. kang ian dot com berkata:

    mencari pasangan metode baru ni kang πŸ˜€

  76. nadiafriza berkata:

    Header blog baru! Ga sih, emang saya aja yang udah lama ga blogwalk ke sini.
    Wah pak, itu cewe semua gitu isi fotonya hihi..

    Kalo emang jalan ketemunya via internet, mau gimana lagi sih ya. πŸ™‚ Intinya mesti jujur dan saling percaya kayaknya *semua hubungan juga kayak gitu sih hehe*.

  77. togaptartius berkata:

    wah, keren ya kalo bisa kaya gitu. jadi pengen juga mas. hehe πŸ˜€

  78. todi berkata:

    hmmm..ternyata banyak yang senasib πŸ™‚

    saya kenalan dan bertemu sama ibunya anak2 lewat milis..:)

  79. Yulis Samoa berkata:

    Cari jodoh atau pasangan hidup di Internet pada dasarnya yah sah-sah saja. Asal tetep kudu hati2… Jangan sampai masuk ke kandang Kucing Garong … Kira2 begitu x yah mas Achoey… πŸ˜€

  80. santi berkata:

    q jg dpet pacar dari FB cc,,,, πŸ™‚ πŸ™‚

  81. carissayufita berkata:

    oooo begitu ya, habis selama ini aku berpikir kalau berkenalan lewat internet agak riskan. karena aku ngga tau dia orang baik atau jahat. πŸ™‚ mungkin bisa dicoba ya kenalan lewat internet asal bisa jaga diri saja πŸ™‚

  82. tB berkata:

    saya menemukan pacar lewat facebook…

  83. dzoee berkata:

    mantap ..saya seringnyah lewat MIG33…hehehehe

  84. Heru S. berkata:

    internet adalah sebuah alat yang fungsinya tergantung kepada penggunanya, bila dimanfaatkan dengan baik dan benar maka akan didapat hasil yang baik pula, misalnya saja untuk mendapatkan pasangan hidup seperti yang diungkapan oleh mas Haris ini, btw salam kenal ya mas Haris…

  85. rumah dijual berkata:

    wahhh…lucu tuh,
    saya ga pernah ada kepikiran itu.
    bleh dicoba ni,mkasih ya mas atas infonya.

  86. dodi berkata:

    wah berguna banget

  87. Mariana berkata:

    Waaah lama tak maiiin kesini πŸ˜€
    semoga langgeng yaaa Aaaa

  88. Rahma syahrul berkata:

    harus hati2 juga itu perlu, benar ga semua org baik kita temui di internet..
    ya saya juga mengalami hal yang sama, ga terkira dan ga disangka..sejauh ini yang saya lihat kriteria agamanya, bohong atau tidaknya dia, hanya Alloh yang tahu, terkdang chating pun diajak kakak atau saudaranya dirumah..
    hal yang memantapkan langkah semakin serius sama beliau, hanya kerena kenal lewat internet–beliau hanya lelaki biasa yang membedakan hanya passpor saja:)

  89. Annas berkata:

    Saya ketemu pasangan saya di situs http://www.interpals.com setahun yg lalu. Awalnya cuma tmn curhat,akhirnya saling cocok.
    Insya Allah kami menikah awal tahun depan πŸ™‚

  90. Lito berkata:

    Mau kenalan lewat internet boleh-boleh aja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s