Menjadi Ayah


Jika saya bertanya, “siapakah yang mau menjadi ayah?” Tentu saja kaum hawa akan menjawab, “saya tidak mau”. Ya iya lah, menjadi ayah hanyalah milik kaum adam. Semua kaum adam memiliki kesempatan besar tuk menjadi ayah, meski begitu, tetap Allah-lah Yang Maha Memiliki Kebijakan, jadi ayah atau tidak kaum adam tersebut.

Untuk menjadi seorang ayah, tentu saja kita harus punya parnter yang mau bekerja sama. Dan partner tersebut harus berbeda jenis kelamin dari kita. Ya, kita butuh perempuan tuk mau menjadi istri kita, lalu kita pun melakukan proses ikhtiar mewujudkan itu bersamanya. Dan ketika Allah mengijinkan maka jadilah janin di rahim istri kita, yang kelak kan istri kita lahirkan dan kita sebut anak, anak kandung tentunya.

Kita bisa juga menjadi ayah tanpa memiliki istri atau tanpa harus istri kita hamil dan melakukan persalinan, namun itu bukan anak kandung kita melainkan anak angkat. Ini adalah sebuah solusi apabila kita tak kunjung dikaruniai anak kandung, atau ini juga kita bisa lakukan sebagai upaya menolong bayi-bayi yang butuh ayah dan ibu.

Pada umumnya, ketika seorang lelaki tahu bahwa dia kan jadi ayah, dia kan merasa sangat bahagia. Tapi ada juga yang justru sebaliknya. Alasan yang paling mudah ditemukan kenapa lelaki justru tak bahagia bahkan malah merasa sangat benci dan kecewa adalah ketika dia dikabarkan kan punya ayah padahal dia belum menikah. Seks bebas seringkali membuat kaum hawa harus hamil sebelum nikah. Hamil di luar nikah, astaghfirullah.

Ada yang lucu, ketika saya sedang berjalan-jalan di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bogor, saya bertemu dengan seorang sahabat saya. Lalu saya bilang bahwa saya di sini bersama istri dan anak saya. Dia kaget sekali melihat ada bayi bersama kami. Padahal setahu dia kami baru menikah belum lama, ya baru 7 bulanan. Saya bilang padanya kalau saya DP dulu. Payahnya, teman saya itu percaya aja pada apa yang saya katakan. Ampuuuun deh, apakah ada tampang. Akhirnya dari pada muncul gosip tak sedap di dunia maya, maka saya jelaskan bahwa bayi yang bersama kami itu adalah bayi sahabat kami. Alhamdulillah dia percaya.

Nah, yang ingin saya tanya, apakah sahabat semua percaya kalau saya memang sudah pantas menjadi ayah? Coba perhatikan foto berikut!

Bayi itu begitu nyaman berada di pangkuan lelaki itu, saking nyamannya bayi itu tertidur dengan pulasnya. Apakah ini pertanda, saya dah pantas menjadi ayah. Semoga Allah segera menyatakan ya. Mohon doanya sahabat!

 

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati dan tag , . Tandai permalink.

71 Balasan ke Menjadi Ayah

  1. kang achoey emang sudah pantas jadi bapak😀

  2. adit-nya niez berkata:

    Kalo gitu ditunggu bayi yg kontan nya…:mrgreen:

  3. Debby berkata:

    pantes bener Kang🙂

  4. anna berkata:

    udah pantes…
    semoga segera terwujud yah..
    amin ya robbal alamin.

  5. An berkata:

    saya cuma bisa bilang
    AMIN😀

  6. Saya bilang padanya kalau saya DP dulu. Payahnya, teman saya itu percaya aja pada apa yang saya katakan. Ampuuuun deh, apakah ada tampang. Akhirnya dari pada muncul gosip tak sedap di dunia maya, maka saya jelaskan bahwa bayi yang bersama kami itu adalah bayi sahabat kami. Alhamdulillah dia percaya.

    Waaah si Akang suka bikin orang pengen ngegosip nih

    udah cocok kok A, semoga dikaruniai banyak anak yang shaleh dan shalehah.
    Amin

  7. Kalo dr statusnya sebagai suami, sudah pantas menjadi ayah.
    tp kalo dilihat dari wajah/foto di atas, kok masih ada yg kurang ya… wkwk😆

    Semoga diberi keturunan yg sholih/sholihah. amin..

  8. wi3nd berkata:

    amiin..

    wajah bukan jaminan untuk menjadi ayah bukan A?

    jika memang sudah saatnya Allah pasti akan memberikanya..🙂

    bersabarlah,bukankah segala sesuatunya akan indah jika sudah saatnya?

    apa kabar A, i’m back again😀

  9. DikMa berkata:

    sob akhirnya saya pun sekarang seorang AYAH
    congraz for me hehehehehe😆

  10. arifromdhoni berkata:

    Keren kang.. Aku sendiri baru berani menggendong bayi setelah anakku lahir😀

  11. andinoeg berkata:

    pengen jadi ayah, tapi belum poenya partner nich😀

  12. ysalma berkata:

    pantes banget kang,,
    semua udah lengkap tinggal waktunya dan ijin dari Sang Pemilik Kehidupan🙂

  13. Astra satria berkata:

    Amin, semoga segera terkabul keinginannya, selamat menjadi Ayah yang baik

  14. Multibrand berkata:

    Foto tsb menggambarkan bahwa anda sudah pantas menjadi seorang ayah.

  15. marsudiyanto berkata:

    Soal Jadi Ayah itu bukan pantas nggak pantas tapi siap nggak siap Mas…
    Sudah pantas tapi belum siap ya susah…
    Nggak pantas tapi sedah siap semuanya ya bisa terjadi

  16. advertiyha berkata:

    Saya doakan kang, semoga kang achoey cepet nyusul suami saya,.. *jadi calon ayah* hehehe,….

    teh silvi, hayuk atuh teh hamil, enak tauuuuuuuuuu,, ehehehhe…🙂
    moga segera dimudahkan untuk menjadi orang tua yang baik ya kang- teh..🙂

  17. monda berkata:

    Cocok .. Cocoklah.. Kan udah pinter bujukin bayi nangis

  18. rahel berkata:

    pantas sekali mas pegang bayinya sudah seperti bapaknya sendiri saya doakan semoga cepet keturutan yang diinginkan

  19. sedjatee berkata:

    udah pantes kok Om…
    mudah-mudahan banyak anaknya ya..
    salam sukses..

    sedj

  20. Octa Dwinanda berkata:

    sudah pantas kang…..

    semua akan indah pada waktunya… insyaAllah dikasih pada saaat yang tepat kang🙂

  21. budiarnaya berkata:

    Berdoa semoga cepat punya momongan aa…saya yakin aa pasti udah siap

  22. ayokliksaya berkata:

    duh senengnya punya anak. emm kapan ya?

  23. Hafid Junaidi berkata:

    Tapi nggendongnya masih canggung tuh mas, ^_^

  24. indobrad berkata:

    pantes banget kok. hehehe. cuman iya tuh, kayaknya masih takut-takut gendongnya.

  25. aldy~pf berkata:

    Selamat menjadi ayah. Semua laki-laki pada saat pertama kali punya anak pasti kelihatan culun. Nanti waktu dan pengalaman tambahan yang akan ‘mendewasakannya’.

  26. gotaufik berkata:

    setuju….!!!
    sudah pantas tu jadi ayah.🙂

  27. MENONE berkata:

    ayoooo bozzzz bikin anaaakkkkkk hehehehehehe…………….

  28. Masbro berkata:

    Saya doakan biar cepet dapat momongan, Amin. Udah pantes dan siap kok Mas. Tuh kelihatan dari fotonya, haha…

  29. Assalaamu’alaikum nanda Achoey…

    Insya Allah, jika Allah izinkan, pasti merasai lho jadi ayah. Berdoa dan usaha adalah tangga kejayaan. Bunda yakin, nanda Achoey bisa menjadi ayah terbaik buat anak sendiri. Yang penting tahu tanggungjawab dan bersedia untuk berkongsi susah senang dalam mendidik dan menjaganya.

    Bunda doakan kebaikan buat nanda dan isteri agar segera beroleh cahaya mata.
    Salam manis dari bunda di Sarikei, Sarawak.

  30. eneng ocha berkata:

    alhamdulillah, selamat ya Kang🙂

  31. hudaesce berkata:

    ih….,kang achoey mah lai pengen segera punya momongan nih, 🙂
    Semoga segera terkabulkan Do’anya ya kang, dan SEmoga kelak mendapatkan seorang anak yang sholeh/sholihah, Amin

  32. Sugeng berkata:

    Wah teryata masih nyidam janda anak toh😕 yo wes semoga cepat terkabul:mrgreen:
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  33. Pendar Bintang berkata:

    Aa…Aa mah udah panteslah jadi ayah….😀

    Ntar tagih ke adik yah…adik akan berupayah bikin satu dongeng buat calon keponakan😀

  34. HALAMAN PUTIH berkata:

    lha, ya pantas saja mas…

    Pantas atau gak pantas, kalau memang sudah punya bayi ya tetap saja akan disebut ayah, iya kan…?

  35. and1k berkata:

    wah kalomenurut saya sih masih belum pantes kalo jadi ayah tapi kalo jadi bapak udah pantes😀

  36. alamendah berkata:

    Sering-sering aja gendong anak kecil, Kang. Biar cepet punya momongan.
    Emang apa hubungannya, ya?

  37. yadiebaroos berkata:

    banyak berdoa dan banyak usaha…..pasti berhasil

  38. blogbobby berkata:

    Pantes kalau menurut saya tapi kalau menurut pemilik ruh, no comment deh..😀
    Ikhtiar dan berdoa aja terus mas… semoga pewaris mie janda segera turun ke bumi melalui rahim seorang istri, istrinya mas Achoey..😀

  39. kojack berkata:

    pantes kok,
    cuma sudahkah anda siap?
    tapi hebat ya bisa ngegedong bayi kayak gitu. Saya sich takut…

  40. maminx berkata:

    Wess cocok pisan kang. Sok atuh ya di doain semoga segera di ijabah doa nya, amin..

    Btw itu lokasi waktu nimang bayi dimana kang?tempatnya asik gitu, classic gitu kayaknya.😀

  41. auraman berkata:

    tampang sudah pas kok A buat jadi ayah, A” dan Teh bersabar, kalau Alloh sudah berkehendak gak ada yang bisa dicegah, yang penting bersabar dan ikhtiar (wah kayak yang udah nikah saja saya ya hehe)… doakan saya juga semoga cepat nyusul ya A, tentunya menikah dengan seorang wanita hehe

  42. ekaraharja berkata:

    Dari metadatanya mah orang akan yakin 68% bahwa bayi yang ada adalah anak kandung dari yang menggendongnya…
    Alias bisa disimpulkan dari metadata itu, Anda Sudah Pantas sebagai seorang Ayah…
    Tak perlu mengelak lagi, tar habis saya dari Amsterdam kita adakan konferensi Pers, kita sama sama jelaskan nanti dihadapan pers bahwa foto itu asli dan sengaja disebarkan oleh oknum yang ingin mendompleng nama besar anda…wkwkwkwkw…Kidding…
    Wah..wah..ini keren banget…hanya karena pengen tahu apakah sudah pantas menjadi ayah atau tidak, bisa menjadi postingan yang menarik….
    Ini ciri blogger sejati, memposting artikel gak harus dari hal yang wah…tapi dari hal yang sederhana saja bisa menjadi hal yang menarik untuk di ikuti…
    salam kenal…
    Tambahan, Saya Ikut ngelink Nih….

  43. Martha Andival berkata:

    harus disegerakan bang.. sudah layak tuh jgn terlambat loh.. nanti akan menyesal🙂

  44. Goyang Karawang berkata:

    ya udah pantas kelihatannya kang
    saling mendoakan aja ya kang.. saya juga pengen jadi suami dan ayah yang baik.. amin😀

  45. arman berkata:

    udah pantes kok… moga2 segera menjadi ayah ya….🙂

  46. bang haris udah pantas, kalau dilihat dari gaya bahasa trus raut muka, kelakuan .
    Dapat disimpulkan kalau bang haris pantas,
    selamat menjadi ayah baru bang🙂

  47. apikecil berkata:

    Udah pantes koq mas nggendong baby,,
    hehehhe
    Semoga cepet dapat momongan
    sukses selalu buat mie jandanya..
    salam buat istrinya..
    lagunya ngikut aja,hehehe

  48. tengku berkata:

    Saya jawab ya mas… udah pas, udah cocok, pokoknya udah bisa jadi ayah… kunjungan pagi ketempat sahabat…

  49. ahmadblog berkata:

    masih lama nih kalo mw jadi ayah,,hehehe salam kenal tukar link yuk,,

  50. Nurtien berkata:

    Dulu waktu baru nikah, pikirnya pas ketemu suami istri sudah bakal ada benih nih di rahim, tapi ternyata mesti harus bersabar dulu hingga sekarang. Allah yang paling mengetahui waktu yang paling tepat untuk memberi anugrah anak di dalam keluarga kecilku.

  51. papadanmama berkata:

    Semoga cepat jadi ayah yang bijak deh🙂

  52. wahyu nurudin berkata:

    ya. pantas sekali. cepat punya anak ya? biar jadi ayah.

  53. atikah berkata:

    Jadi ayah? Sudah pantes, orang udah punya istri, udah pantes dong jadi ayah, kan emang nikah pengen punya anak dan jadi ayah. Nanti punya anak 5 ya hihi.

    Tapi, yang menilai apakah pantes or tidak adalah Allah. Kacamata manusia tidak selalu benar. Banyak pasangan yang secara duniawi dinilai sudah pantas, dari segi kesabaran, kemapanan ekonomi semua sudah lebih dari cukup, tapi Allah belum memandangnya layak untuk diberi amanah.

    BTW, semoga cepet diberi karunia anak yg sholeh. Amin.

  54. Prima berkata:

    Hahahahhahaha… kang achoey gendong bayinya “kaku” begitu… sebenarnya sudah pantas, cuma di foto kurang luwes… semangat kang! *semangat apa coba?:mrgreen:

  55. Yulis Samoa berkata:

    Sudah pantas sekali kalau mas Achoey EL Haris menjadi ayah… La wong sudah menikah kan? hehehe…
    Semoga cepat diberi momongan oleh Yang Maha Kuasa – Allah SWT … Amin🙂

  56. Daun berkata:

    wah mantap sob dah pantas tuh sepertinya,kalo saya ngga ada yg mau jadi ngga bisa menitipkan anak saya di janin ibunya soalnya blm ada calon ibu yg mau sama saya hehehehe….

  57. TuSuda berkata:

    Kalau dilihat dari gaya gendongnya, sudah layak sekali menjadi calon ayah…
    Selamat mempersipkan diri menjadi ayah yang baik ya…Kang..

    SALAM hangat dari Kendari…..

  58. Ade Truna berkata:

    kang, gaya khas berfoto ada yang hilang: menyilangkan lengan di dada alias sidakeup:mrgreen:

    *Sudah pantas jadi ayah..maka berbahagialah saudaraku🙂

  59. kazekane berkata:

    Alhamdulillah saya sebentar lagi 2…semoga kang Acoey segera menyusul

  60. r10 berkata:

    barakallah semoga segera menjadi ayah🙂

  61. rime berkata:

    pantas nggaknya itu cuma masalah kesiapan… kalau mas Haris udah merasa siap, maka sudah pantas🙂

  62. Realodix berkata:

    Dari fotonya sih sudah pantas kang.. hehe

  63. Necky berkata:

    pantes….pantes…karena dari raut mukanya waktu gendong bayi..penuh dengan kasih sayang. nanti kalau udah punya anak…saya akan sharing rasanya waktu anak pertama lahir deh pak….its so amazing lah…..makanya buruan kerjain peernya yah…..hehehe

  64. bintangtimur berkata:

    Semoga…
    Insya Allah penantian untuk menjadi seorang ayah itu segera terwujud.
    Sekarang belajar-belajar aja dulu gimana caranya ‘menangani’ anak yang nangis tengah malam, rewel tanpa sebab atau bahkan ngajak main melulu biapun itu menjelang dini hari…hehehe😀

  65. Asop berkata:

    Semoga cepat diberi momongan ya Mas Achoey.🙂 Amin!

  66. kang ian dot com berkata:

    saya pantes g yah kang.. haha gemeteran saya kalao gendong bayi😀

  67. niQue berkata:

    ya pantes2 aja laaaa …
    emangnya ada ya laki-laki yang tidak pantas jadi bapak?😛

  68. p49it berkata:

    Semoga segera dipantaskan oleh Allah SWT. Amin.

  69. Nandini berkata:

    Pantesss,,.. cuma gendongnya masih takut2..😀
    semoga Allah lekas memberikan amanah anak yang sholeh/sholehah ya kang.. amiin🙂

  70. Lucky dc berkata:

    Sepertinya naluri kebapakannya dah ada🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s