Tips Mudah Di Lamar Perusahaan


Malam itu, pembicaraan pun berlanjut. Kali ini kami bicara empat mata secara langsung, bukan lewat telepon lagi. Kenapa malam, karena siang sudah saya habiskan untuk menemani kru salah satu stasiun TV nasional yang melakukan liputan di kedai sahaja, disusul dengan bercengkrama bersama dua orang yang mewawancarai saya yang konon kabarnya untuk dimuat di salah satu koran nasional. Alhamdulillah, ini berkah untuk Mie Janda.

Tentang maksud undangan seorang lelaki dewasa yang usianya sudah kepala empat ini tentu saja saya sudah. Juga tentang apa yang kan dibicarakan. Ya, ini soal lamaran agar saya bisa bergabung dalam perusahaan yang dia pimpin. Di mana saya diharapkan menempati suatu posisi strategis di kantor pusat untuk urusan manajemen marketing. Dan karena dalam kurun waktu 5 tahun ditargetkan perusahaan ini sudah memiliki 70 cabang, maka saya dianggap orang yang paling tepat untuk berada dalam tim inti untuk merealisasikan hal ini. Sementara ini cabang yang terbentuk baru ada di 4 kota. Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

Ada tiga hal yang beliau utarakan kenapa beliau memilih saya untuk menempati posisi strategis tersebut:

  1. Sevisi
  2. Memiliki kompetensi
  3. Trust

Saya dianggap memiliki visi yang sama dengan beliau, yakni membangun sebuah usaha dengan total sehingga tercipta sebuah perusahaan yang kuat dan mapan dan mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja. Ya jujur, saya malah menganggap ada perbedaan diantara kami, terutama menyangkut nilai.

Saya dianggap orang yang berkompeten. Beliau mengenal saya sejak saya di Cikarang. Bahkan tak hanya itu, beliau termasuk orang yang cukup tahu kinerja saya baik ketika saya bekerja di Cikarang (Bekasi) dan di Cibinong (Bogor). Saya dianggap sosok penting dalam kemajuan unit usaha dimana saya berkiprah di dalamnya. Totalitas kerja untuk memajukan perusahaan, kemampuan marketing, serta kemampuan posotif saya yang lain dianggap sebagai kompetensi terbaik saya yang membuatnya sangat yakin bahwa saya bisa membantu memajukan perusahaan yang beliau pimpin.

Trust, ya beliau percaya saya. Percaya karena telah mengamati saya selama ini. Percaya karena telah melihat bukti-bukti kemampuan saya. Bahkan kemajuan Mie Janda belaiu anggap sebagai penguat kepercayaan itu. Padahal tentu saja kemajuan usaha apa pun bukan karena saya semata, tapi ini karena ijin Allah dan kerjasama teamwork yang ada. Trust, ya beliau percaya bahwa saya adalah orang yang jujur dan idealis. Trust ini menjadi kunci utama kenapa beliau sangat berharap saya bergabung di perusahaannya.

Ehm, saya bersyukur atas kepercayaan beliau. Tapi saya hampir bisa dipastikan tidak akan menerima tawaran ini. Ya mungkin secara materi ini bisa jadi menguntungkan buat saya, tapi bisa jadi tidak. Karena dengan saya kembali bekerja, maka unit-unit usaha kecil yang sedang saya garap bisa jadi kan terabaikan.

Masih teringat ketika saya memutuskan untuk keluar kerja. Beberapa orang menawari saya untuk bergabung di perusahaan yang mereka kelola.

  • Satu perusahaan di Bandung yang menawari saya mengurusi pengembangan usaha. Tugas saya keliling ke cabang-cabang sebagai orang pusat yang menjadi konsultan (tenaga ahli) untuk menyehatkan dan memajukan cabang-cabang tersebut. Cabang-cabangnya berada di banyak kota di berbagai pulau. Hal ini memaksa saya untuk berkeliling Indonesia secara gratis bahkan di bayar. Menurut sahabat-sahabat saya kala ini, tawaran ini menggiurkan. Tapi buat saya tidak. Dan saya akhirnya membiarkan tawaran ini berlalu.
  • Satu perusahaan di Depok yang menawari saya hal yang hampir serupa. Kali ini cabangnya tidak banyak. Hanya berada di Kota Depok, Sukabumi dan Tasikmalaya. Saya pun memutuskan tuk tidak.
  • Satu perusahaan di Purwakarta juga menawari saya hal yang hampir serupa. Bahkan sang pemilik perusahaan akan memodali saya untuk membuat Mie Janda di sana supaya saya tetap bisa berkiprah di usaha kuliner itu. Dan lagi-lagi saya katakan tidak.

Sahabat-sahabat saya sering geleng-geleng kepala dengan hal ini. Di saat orang lain susah mendapatkan pekerjaan meski telah melamar dan terus melamar, saya malah sering kali menolak tawaran pekerjaan. Alhamdulillah, sejak saya memutuskan “merantau”, saya boleh di bilang tidak pernah melamar kerja. Andai pun mengirimkan surat lamaran, itu hanya formalitas belaka karena sebelumnya saya sudah dipinta untuk bekerja.

Saya coba saya tuliskan tips agar menjadi sosok yang dibutuhkan perusahaan:

  • Hargai kesempatan awal kita untuk berkiprah dalam sebuah pekerjaan.
  • Sikap menghargai kesempatan kerja tersebut yakni dengan melakukan kinerja yang terbaik.
  • Bekerja itu ibadah, maka iklhas dan khusyu menjadi indah.
  • Jangan menjadi pekerja yang menjilat atasan, menyikut rekan dan menginjak bawahan.
  • Jangan anggap ketika kita bekerja maka kita hanya menukarkan tenaga, pikiran dan waktu kita dengan gaji yang kan kita dapatkan setiap bulannya tapi anggap bahwa ketika kita bekerja sebenarnya kita sedang melakukan proses belajar dan menumbuhkan kualitas kemampuan kita sehingga kita menjadi layak tuk menempati posisi yang lebih baik dan lebih baik lagi.
  • Jadilah pekerja yang kreatif dan memiliki ide-ide brilian untuk memajukan perusahaan, ya termasuk kita juga mempresentasikan dan merealisasikan ide-ide brilian tersebut.
  • Ketika kita telah menjadi mutiara di lingkungan kerja, maka terangi sekeliling kita. Buat rekan kerja kita juga mutiara. Ajak mereka bekerja cerdas. Hal positif ini menjadi nilai yang indah buat kita.
  • Pastikan kontribusi kita di perusahaan itu terasa. Dan kita layak mensyukuri kemampuan ini tanpa harus angkuh hati.
  • Jika kita telah merasa cukup puas karena telah memajukan perusahaan, kita bisa keluar kerja tuk mencari perusahaan baru yang lebih menantang, atau bisa juga kita mulai memangun usaha sendiri. (Nah yang ini gak perlu juga dimasukkan hati, hehe).

Sahabat, begitulah apa yang bisa saya sampaikan sebagai bentuk sharing saya. Allah Maha Menutup segala aib-aib saya sehingga masih banyak orang yang percaya pada saya. Dan jangan biarkan diri kita menjadi orang yang tidak bisa dipercaya. Karena kepercayaan itu indah.

Terima kasih telah berkenan membaca dan memberikan komentar. Juga buat para pembaca blog sahaja saya yang tak biasa meninggalkan jejak. Dan buat yang memberikan komentar tanpa membaca juga terima kasih.😀

Salam semangat dari Bogor.

 

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di pengembangan diri dan tag , . Tandai permalink.

57 Balasan ke Tips Mudah Di Lamar Perusahaan

  1. adit-nya niez berkata:

    Sekarang saya sedang dilema, menerima tawaran pekerjaan atau tetap di tempat lama atau bahkan membuka usaha sendiri. Hmm…

  2. phenyukerooo berkata:

    tips nya membantu nih akang🙂

  3. luar biasa sekali,
    saya Copast ke blog saya boleh ga Kang Haris, biar banyak yg memahami, matur suwun

  4. Mbah Jiwo berkata:

    wah tawaran2nya menggiurkan mas…

  5. DikMa berkata:

    Kata-kata dilamar perusahaan, mantap sob
    semoga sangat bermanfaat bagi mereka yang
    berburu pekerjaan.

  6. anny berkata:

    Tips2nya sangat informatif nih, dan saya selalu percaya sama orang yang berpengalaman seperti A Achoey :d

  7. Pendar Bintang berkata:

    Adik setuju banget dengan Aa….
    yang penting dari semua point itu adalah ihklas dan beribadah🙂

    Bangga sama Aa yang hebat dan selalu rendah hati🙂

    Aa…..kapan2 bertandanglah juga ke Wismasandatnya adik…kasihan sepi tuh rumah, hahahha

    Jadi promo :d

  8. An berkata:

    saya melihat kunci dari keberhasilan anda ada di point “trust”. dimana point tersebut hanya bisa didapatkan dari orang-orang jujur yang selalu menerapkan prinsip profesionalisme, totalitas, dan kualitas dalam kinerjanya.
    oh ya, satu lagi. ada point networking yang bagus disitu. banyak teman banyak rezeki kalau kata saya.
    hehehe

  9. An berkata:

    anyway, terimakasih share ilmunya🙂
    insyaAllah sangat bermanfaat

  10. Yulis Samoa berkata:

    Apa pun pekerjaan kita, yah kita harus selalu belajar mencintai… Sehingga kita mampu memberikan kontribusi yang luar biasa.. Semua berawal dari NIAT, SEMANGAT, & TUJUAN…🙂

  11. Thomas berkata:

    nice tips…..saya mau nambahkan. Bekerjalah di tempat di mana anda merasa cocok. Kalo emang ga ada yg cocok, jangan paksakan. cobalah buka peluang dan usaha sendiri. Dan mudah memang, tapi patut dicoba.salam

  12. bujen.tk berkata:

    Wah banyak sekali yang di tolak😀.. Banyak belajar dari blog ini..

  13. Tenagasurya berkata:

    wah infonya bagus de, buat pengalaman….

  14. julicavero berkata:

    sob…bagaimana dengan luck..atau keberuntungan…bisa ga dimasukkan menjadi nomer 4 ya??soalnya itu fakta. bahwa beberapa teman saya justru bekerja di prusahaan bonafit dan saya lihat ga mengena diantara 3 faktor diatas…

  15. indobrad berkata:

    Hmm, gak akan komentar banyak deh, kecuali terima kasih atas pencerahannya di siang ini. Very inspiring🙂

  16. Nurtien berkata:

    Subhanallah, tiada yg lebih indah selain bersyukur atas semua yang telah diberi, baik itu kelebihan dan kekurangan diri, saya juga pernah baca bahwa justru kita dikatakan sempurna karena ada 2 hal tsb di atas yaitu kelebihan & kekurangan.

  17. heni berkata:

    bagus sekali. Great!!!
    Untuk memuali segala sesuatu memang sangat sulit, tapi Aa mempunyai kepribadian yang sangat kuat.

    oke!!

  18. Multibrand berkata:

    Tips yang bermanfaat dan perlu.
    Congrats ya atas keberhasilannya.

  19. andinoeg berkata:

    pengen wirausaha, ada tips&triknya gak?? mie janda di surabaya ada apa nggak??

  20. TuSuda berkata:

    ya..sebuah kepercayaan memang telah diperoleh dari perjuangan tulus dan pengalaman komitmennya dalam memajukan visi perusahaan.
    Semoga bisa diteladani oleh para sahabat di dunia kerja.
    Terimakasih telah berkenan berbagi.
    Salam hangat dari Kendari.

    • PusKel berkata:

      Dari pemaparannya yang gamblang, bisa dijadikan pedoman para sahabat, untuk terus berusaha yang terbaik, percaya diri mengasah segala potensi.
      Salam…

  21. Wawan Herdianto berkata:

    Terimakasih atas ilmunya…

  22. yang terpenting adalah tidak putus semangat..
    teruskan perjuangan

  23. r10 berkata:

    tips yang sangat berguna bagi para calon karyawan, ingat kejujuran adalah hal yg utama dalam bekerja😀

  24. wien berkata:

    Alhamdulillah saya udah bekerja, dan tips dari mas Haris sangat membantu saya untuk dapat bekerja lebih baik lagi…

  25. Sya berkata:

    Thanks utk infonya Kang, insya Allah bermanfaat buat yg baca.
    Saya suka banget point yg ke 5, nampaknya saya hars banyak belajar utk bisa bekerja seperti itu.

  26. Wong Kam Fung berkata:

    Tipsnya begitu bermanfaat.

  27. Hafid Junaidi berkata:

    wah, senengnya kalo bisa gitu. Semoga lebih banyak orang-orang seperti mas haris di sekitar kita ^_^

  28. budiarnaya berkata:

    Jangan terlalu menuntuk hasil, yang penting berbuat dulu pasti ada konsekwensinya ya aa, terima kasih banyak atas tips yang diberikan

  29. apikecil berkata:

    Makasih banyak mas Achoey
    infonya bermanfaat banget

  30. auraman berkata:

    baru sembilan bulan bekerja diperusahaan, saya sudah melihat A’ tingkah laku staff dan pegawai, baru bekerja jika dilihat, apalagi yang penjilat.. terlihat banget… semoga saya bisa menjadi pemimpin yang adil, yang jujur, dan bukan seorang penjilat dan menolak uang sogokan,..

  31. kang ian dot com berkata:

    wah kang achoey ini emang mangtaps pisan.. masih muda dah kreatif euuy jujur saya iri..semoga bisa secepatnya meraiah kesuksesan kaya kang achoey amiin

  32. kazekane berkata:

    Kalau tips untuk memulai langkah pertama membangun usaha bagaimana ?

  33. midcool berkata:

    Wah…Wah…
    Hebat-hebat, direkrut oleh banyak perusahaan gitu…🙂
    Yah, saya tidak ingin jadi karyawan, karena cita-cita saya memiliki usaha dan bisnis sendiri…🙂
    Yah, mudah-mudahan tercapai… Amiin….🙂

  34. Ade Truna berkata:

    yang sering terjadi itu spt ini, mau buka usaha, punya skill tp tdk ada modal maka jadi karyawan…jd ada 3 komponen penting menurut saya utk wiraswasta: 1)tempat, 2)skill, 3)-ini yg penting- modal. Ya kan, kang?

    • auraman berkata:

      setuju dengan mas ade, hehe… apalagi dengan modal yang pas-pasan hehe.. ya terpaksa menggunakan jurus bekerja di perusahaan orang habis ntu memperkerjakan orang haha

  35. waw enaknya kalau jadi kang haris hhe. di kejar-kejar sama perusahaan hha tapi mending buka usaha sendiri kang, ya kayak mie janda hhe. Kan bisa membantu yang lainnya untuk mendapatkan pekerjaan hhe

  36. blogbobby berkata:

    Jangan menjadi pekerja yang menjilat atasan, menyikut rekan dan menginjak bawahan.

    saya suka kalimat ini, mengingatkan saya pada seorang da’i kondang…:D

  37. Astra satria berkata:

    Kesimpulan yang bisa saya ambil, ini menunjukkan bahwa mas haris seorang Professional dibidangnya, tidak mempergunakan prinsip Aji mumpung, keputusan dari mas haris tentu sangat beralasan sekali, i saluut for you, bahkan tips-tips yang Anda sampaikan tidak hanya berlaku bagi seorang wirausahwan, tetapi juga pegawai negeri atau pegawai instansi lain, info yang bermanfaat, bahwasannya tak ada sesuatu yang mudah diraih semuanya membutuhkan perjuangan, dan mempertahankan sesuatu yang sudah dibangun adalah sesuatu yang paling sulit karena merupakan tantangan terbesar kita.

  38. Astra satria berkata:

    Ini membuktikan keprofessionalan Anda mas haris, berlaku bukan hanya untuk wirausaha tapi namun juga bagi pegawai negeri atau pegawai tetap suatu instansi, tak ada suatu kesuksesan yang mudah diraih, semua membutuhkan perjuangan, dan mempertahankan adalah sesuatu yang sulit, i saluut for you !

  39. Jujur, saya sangat terkesan dengan mas achoey ini. Beliau adalah orang hebat yang tetap rendah hati. Saya jadi pengin banyak belajar kepada beliu tentang wirausaha dan kehidupan. Boleh kan mas?

  40. MeyBengkulen berkata:

    ini tulisan keknya hanya cocok buat yg baca coz yg nulis justru sdh pas sbg yg punya prusahaannya loh

  41. Satu kata untuk Kang Achoey:
    “Salut…”🙂

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  42. Prima berkata:

    Kang, makasih nasihat2nya… sebagai pengangguran saya sangat butuh nasihat ini…

    Moga2 bisa sukses kaya si akang… hiks2… amin… *terharu karena ngarasa beruntung kenal ma orang hebat*

  43. Miftahgeek berkata:

    wah, mesti banyak belajar dari kang Achoey neh, mohon bimbingannya kang🙂

  44. rangga fahrian berkata:

    Alhamdulillah Kang atas semua prestasinya. Kepercayaan memang hal penting dan berharga di dunia ini. Syukur Kang Achoey bisa meraih itu, moga bisa dijaga dengan baik..

  45. maminx berkata:

    Subhanallak kerenn kang. hebat nih kang achoey. Semoga semakin berlimpah kang rezeki nya dan barokah, amin…

    sukses

  46. Daun berkata:

    Wah selamat sobat semoga kedai sahaja tambah maju setelah masuk acara TV swasta dan selamat juga atas terpilihnya anda semoga menjadi manager yg baik san soleh.

    Salam

  47. Goyang Karawang berkata:

    luar biasa sob.. pengalaman luar biasa dan saya dapat belajar lebih banyak dari pengalaman diatas

  48. Ping balik: Kesuksesan dari Kemauan Diri Sendiri « Menulis Untuk Belajar, Diskusi, Mengingatkanku dan yang mau di ingatkan

  49. Mirna berkata:

    Pasti sulit ya, tetap memegang teguh komitmen untuk berwirausaha. Godaan untuk mendapat penghasilan yang lebih besar dari menjadi seorang pengusaha sangat berat. Saya tahu beratnya menjadi pengusaha. Terkadang, orang-orang hanya melihat kesuksesan kita, tanpa tahu kalau terkadang kita harus menanggung rugi. Saat karyawan gajian, pengusaha justru gigit jari (haha!).
    Tapi, saat melihat kalau kita diberi kesempatan oleh Alloh untuk menjadi keran rizki dari orang lain, rasanya semua uang yang ditawarkan itu tidak dapat menandinginya. Rasanya seperti menemukan makna hidup yang membuat kita senantiasa bersyukur. Yakinlah, rizki itu dariNya. Kalau Ia sudah menetapkan rizki buat kita, dan kita dengan senang hati menyambutnya, siapa yang bisa menghalanginya?🙂

  50. Togap berkata:

    wah, artikel yg bener2 ngasih inspirasi. saya soalnya baru2 aja terjun ke dunia kerja.
    trims..🙂

  51. Engel Engel Aza berkata:

    #Engel Engel azaquote>>>ngorder produk kosmetik kecantikan dan fashion accesories di bawah ini dengan facebook akun belanja point perhatikan penampilan dan point cermat dan sosialisasi pribadi silakan ngorder ke saya barang dari situs resmi http://www.oriflame.co.id/products cara ngorder ke saya dengan ketik sms : ORDER kirim ke nomor handphone 081342557684 di Indonesia. Semoga sukses

Tinggalkan Balasan

