Mudah Menulis = Rajin Posting


Akhir-akhir ini banyak sahabat yang bertanya pada saya tentang bagaimana agar kita itu bisa rajin posting di blog. Sebenarnya kurang tepat jikalau pertanyaan itu ditujukan pada saya yang kualitas kemampuan mempostingnya masih tak jauh lebih baik dari sahabat semua. Termasuk bagaimana agar kita bisa rajin menghadirkan postingan di blog kita. Tentu saja saya juga bukan orang yang tepat untuk membeberkan tips-tipsnya. Tapi, karena pertanyaan itu telah banyak mengarah ke saya, maka ya akan coba saya jawab semampunya. Tentu saja jawaban ini bukan tips terbaik, hanya sekedar curhat sederhana seorang blogger yang berusaha untuk tetap berbagi.

Nah karena kita adalah blogger, mari kita samakan persepsi kita tentang memposting. Memposting adalah menulis untuk dipublish di blog. Nah berarti ada beberapa hal yang menjadi faktor penting dalam memposting, yakni:

  1. Mampu menulis
  2. Tersedianya Konesi Internet
  3. Waktu luang

Saya kira untuk point 2 dan 3 gak perlu saya bahas karena sahabat pasti dah mengerti tentang hal ini. Ya bagaimana mau ngeblog kalo koneksi internetnya gak ada. Gimana mau ngeblog kalau kita memang sangat sibuk di alam nyata. Tapi pasti ada solusi, asal jangan memaksakan diri lalu menggunakan fasilitas kantor untuk ngeblog pada jam kantor, sementara tugas kantor gak tersentuh. Kan bahaya tuh hehehe. Ngeblog ya ngeblog aja. Jangan jadikan ngeblog menjadi candu, tapi jadilah penebar manfaat dengan ngeblog. Baik, kita bahas saja sekarang tentang point pertama saja.

Menulis itu Mudah, bukan Mudah-Mudahan Mudah

Menulis tentu saja bukanlah suatu hal yang sulit. Sahabat yang punya akun facebook atau twitter pasti bisa membuktikannya. Lihat saja, banyak status berhamburan di akun para penikmat jejaring sosial tersebut. Lalu, kenapa menulis di akun jejaring sosial semacam itu rasanya sangat mudah. Berikut alasannya:

  • Karena nulis status di FB atau twitter itu pendek, gak panjang-panjang.
  • Karena nulis status di FB atau twitter itu gak perlu mikir ribet dan menyenangkan, toh cuma menceritakan apa yang sedang dirasakan, menyampaikan ide/ gagasan dan melaporkan apa yang sedang dilakukan. Meski banyak pula status cacian dan kebun binatang.

Nah, sementara di blog umumnya ditemukan tulisan-tulisan yang cukup panjang. Ini menjadi masalah bagi sebagian orang. Banyak yang berpikir menulis panjang bukanlah hal yang mudah, karena ini artinya kita harus mikir agar tulisan kita gak berantakan, agar apa yang ingin disampaikan bisa dicerna pembaca.

Nah saran saya adalah jangan terpaku pada keumuman atau kebiasaan. Blog kita ya terserah kita. Jika kita bisanya menulis pendek ya tulis saja. Nah agar tulisan pendek kita gak terkesan asal-asalan, silakan buat kategori yang tepat untuk menampung tulisan-tulisan pendek tersebut. Berikut kategori yang tepat menurut saya:

  • Kata Mutiara/ Kata Bijak
  • Fiksi Mini
  • Curhat Singkat
  • Tebak-Tebakan

Tulisan pendek bisa saja dalam bentuk Kata Mutiara, Fiksi Mini., Curhat Singkat, juga Tebak-Tebakan. Bukankah Kata Mutiara itu indah meski pendek. Bukankah Fiksi Mini juga seru meski singkat. Bukankah curhat juga uenak meski tak banyak. Apalagi tebak-tebakan, ini bisa membuat Anda lebih komunikatif dengan para pembaca, menimpali apakah jawaban mereka itu tepat dan tebak-tebakan Anda tertebak atau tidak.

Baiklah, jikalau kita dah terbiasa nulis agak panjang maka tuliskanlah yang ingin dituliskan. Sekedar informasi, tulisan di blog itu gak perlu terlalu panjang, karena hal ini bisa jadi membuat bosan pengunjung. Jadi tulislah sewajarnya saja. Kalau yang ingin ditulis memang sangatlah panjang, maka alangkah baiknya di bagi dalam dua atau lebih postingan.

Lalu, bagaimana agar kita bisa menulis lumayan panjang. Berikut adalah hal-hal yang menurut saya layak untuk diperhatikan agar kita semangat menulis, lancar menulis :

  • Tuliskan apa yang anda sukai dan ingin Anda tuliskan
  • Pandai-pandailah mengambil hikmah dan pelajaran dari kehidupan, lalu tulisakan
  • Tuliskan sesuai kemampuan
  • Tuliskan dengan hati nyaman tanpa beban
  • Tuliskan dengan tulus
  • Tuliskan sebagai upaya belajar, berkarya dan berbagi

Saya pernah punya teman yang menceritakan bahwa untuk mempublish satu postingan itu butuh waktu berhari-hari lamanya. Dibolak-dibalik, di baca lagi, di edit lagi, di hayati lagi, di timbang-timbang lagi dan sebagainya. Alasannya agar tulisannya itu terkesan cerdas dan bagus, agar postingannya itu berbobot. Saya sih gak menyalahkan cara teman saya itu. Ya jika memang persepsi dia tulisan yang cerdas, bagus dan berbobot itu memerlukan waktu yang lama, ya silakan saja. Saya lebih memilih menulis sederhana dan menyamankan hati saya. Karena saya tahu, tulisan yang ditulis secara tulus itu kan sampai ke hati pembacanya.

Jadi, semangat memposting, rajin memposting. Semoga postingan kita bermanfaat. Jangan memaksakan memposting, jika dengan itu peran utama Anda terganggu. Maka bijak-bijaklah membagi waktu.

Nah sebagai penutup, saya akan tuliskan alamat-alamat sahabat blogger yang saya kagumi. Dimana beliau adalah sosok-sosok senior baik dari segi usia, pengalaman ngeblog dan kemampuan menulis. Sahabat mungkin sangat banyak yang mengenalnya, tapi bisa juga ada yang belum.

  • Pak Sjafri, pembina blogger Bogor dan blogger IPB. Di mata saya beliau bukan sekedar blogger yang rajin posting, tapi juga blogger yang sangat getol menyemangati generasi muda untuk berbagi hikmah lewat blog. Alamat blognya http://ronawajah.wordpress.com
  • Pak EWA, motivator kepenulisan yang telah menerbitkan puluhan buku. Sosok yang boleh dibilang paling banyak menerbitkan buku-buku tentang motivasi menulis. Dulu blognya http://webersis.com selalu update, dan kini beliau berbagi di blog barunya, http://ersiswa.wordpress.com
  • Pak NH18, blogger senior yang tetap rendah hati. Beliau sangat rajin posting dan blognya selalu ramai. Kemampuannya mengapresiasi narablog muda membuatnya pantas menjadi tauladan kita. Postingannya tak selalu berat, tapi meski postingannya sederhana tetap saja memikat dan menghadirkan manfaat.

Nah sahabat, sebenarnya ingin saya sebutkan lebih banyak sosok lagi. Bahkan bisa jadi salah satunya yang ingin saya sebutkan adalah Anda. Jujur, banyak blogger yang membuat saya terkagum-kagum. Dan blogger itu adalah Anda. Anda yang berkenan mengunjungi blog sederhana ini. Saya ucapkan terima kasih banyak untuk Anda semua, duhai sahabat.

Salam semangat dari Bogor.

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di pengembangan diri dan tag . Tandai permalink.

64 Balasan ke Mudah Menulis = Rajin Posting

  1. adit-nya niez berkata:

    Intinya ya keep fun aja ya. Jgn merasa musti kejar setoran/deadline kyk redaktur2 berita…:mrgreen:

  2. komuter berkata:

    wow, emang nh18 bagus-bagus tulisannya.

  3. Goyang Karawang berkata:

    mantap.. blogger Bogor memang produktif dalam berkarya
    salut kang

  4. BlogQ berkata:

    emang kadang sering males kalo posting artikel,,,lebih sering update status FB,,
    hehehe..
    salam kenal mas,,,
    kalo sempet silahkan mampir ke blog saya,,
    terima kasih

  5. gerhanacoklat berkata:

    yang ketiga itu yang sulit A😀

  6. genial berkata:

    keep up the good work… semangat terus menulis!! canggih canggih!!
    soalnya saiia sendiri lagi kedodoran nii :p

  7. An berkata:

    mengenai point ketiga,
    ada yang bilang gini,” tidak akan ada waktu luang kecuali kita yang meluangkan waktu.”
    sayangnya saya sulit meluangkan waktu kalau sedang under pressure modul-modul kuliah
    hehe
    bukan blogger yang baik saya ini

  8. Nurtien berkata:

    Sepertinya blogku masuk dlm kategori curhat singkat yah, moga2 juga bisa ada manfaat bagi yang baca.

  9. advertiyha berkata:

    angkat 2 jempol tinggi2… tips keren ini kang.. hehehe…
    sayapun, salute sama kang Achoey yang dengan kebersahajaannya selalu mampu menghadirkan tulisan2 yang sarat manfaat..🙂

    trims sudah berbagi..🙂

  10. Goda-Gado berkata:

    “..Nah, sementara di blog umumnya ditemukan tulisan-tulisan yang cukup panjang. Ini menjadi masalah bagi sebagian orang. Banyak yang berpikir menulis panjang bukanlah hal yang mudah, karena ini artinya kita harus mikir agar tulisan kita gak berantakan, agar apa yang ingin disampaikan bisa dicerna pembaca. ….”

    jd sebenarnya ada sedikit perbedaan antara Menulis dengan Posting blog.🙂

  11. Yulis Samoa berkata:

    Ya betul sekali tuh mas Achoey EL Haris…
    Bagi saya menulis itu merupakan hobby yang sudah lama sekali sebenarnya… Meski masih sangat berantakan sekali contentnya…hihihi
    Kalau dulu masih jamannya Diary, yah sering nulis di Diary … Kalau sekarang Alhamdulillah bisa dituangkan lewat Blog… Tentu bukan isi dari Kisah yang pernah saya tulis di Diary dulu..
    Anyway, thanks Tips Menulis nya ya mas…🙂

  12. luacis berkata:

    Kalo saya menulis apa yang saya ketahui dan pahami saja. Saya tidak begitu peduli apakah frekuensi postingnya saya sering atau jarang karena saya tidak mengejar PR di search engine ataupun blog directory. Saya hanya ingin berbagi tentang yang saya ketahui demi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Maklum saya masih blogger culun he he

  13. DHANA/戴安娜 berkata:

    salam sahabat
    memang benar mudah menulis rajin posting bisa menyalurkan sebuah wahana baru dan memberikan sebuah hal hal yang berharga tentunya,masalahnya bisakah di terima tulisan yang ada?hehehe maaf telat

  14. Kampung Perawan berkata:

    Kalau saya suka nulis postingan pendek, sengaja biar easy reading..
    tapi postingan saya mahal lho, 1 majalah mungkin jadi 3-5 postingan aja.. ratusan ribu tiap bulan keluar cuma buat beli majalah.. karena sebenarnya saya gak bisa nulis. he2 buka kartu..

    Saya berharap kelak blog saya akan mengembalikan uang dan waktu saya yang tersita untuk blogging, membangun membutuhkan pengorbanan..😦

  15. intanainie berkata:

    bagus tipsnya mas. jd nyadar. yg terlalu bnyk alasanny sih krn gak ad waktu y. tp itu tergantung kitanya jg. biasanya krn faktor malazzzz…. y kyk sy ini. jd klo buat sy mngkn ditambahi motivasi dl baru jalan. heheee…..

  16. Dhana online berkata:

    salam sahabat
    kalau mengenahi mudah menulis rajin posting ini memang mudah dan kalau diperhatikan ini dari segi kontent pastinya beragam,makasih yach

  17. Waktu luang yang kurang Kang, Kuli soale aku

  18. Cafing berkata:

    salam sahabat
    bagus mas memberikan sebuah wahana baru dari mudah menulis ini,terima kasih dan maaf telat

  19. zee berkata:

    Hahahaa…
    Aduh saya tersindir sekali baca postingan ini. Masalahnya ya itu, punya 3 hal di atas tapi malassssssssssss banget rasanya. Nah mengenyahkan rasa malas ini nih… ayukkk semangat!! hehehe..

  20. fitr4y berkata:

    trims mas .. aku dapat ilmu ..

    salam🙂

  21. zee berkata:

    Loh kemana komen ku…

  22. Astra satria berkata:

    Bulan-bulan awal mempunyai akun blog, biasanya adalah kondisi paling efektif untuk menulis (lagi semangat-semangatnya), entah nantinya kalau sudah lama, mungkin juga akan kendor sendiri, atau malah makin menjadi kali ya, terpenting dari semua itu adalah jangan mengorbankan waktu didarat. agar terjadi keseimbangan.

  23. Mirna berkata:

    Bener banget, kalau kita menulis dengan tulus dan sepenuh hati, pasti akan terasa di setiap tulisan yang kita buat. Masukan yang bagus, pasti akan selalu saya ingat apalagi sekarang saya sedang ikut tantangan postaday2011. Semoga semangat nge-blog ini bertahan sampai akhir tahun ini. Salam kenal!🙂

  24. volverhank berkata:

    setuju deh ama tulisan posting kalo ada koneksi internet heheh

  25. nh18 berkata:

    Waduh ada nama saya disini …
    Saya kembali merasa tersanjung Kang …
    Yang jelas …
    Menulis itu seperti air mengalir saja …
    Jadikan kebiasaan … seperti layaknya sikat gigi dua kali sehari …

    Ya walaupun satu kalimat dua kalimat … kita mencoba untuk mendisiplinkan diri menulis … kalau tidak di blog ya mungkin di tulis di buku catatan dahulu

    Salam saya Kang …

  26. Hafid Junaidi berkata:

    terimakasih juga, sama-sama (Ge Er mode on) he6 ^_^

  27. Ade Truna berkata:

    hidup kang achoey! hidup blogger! prok..prok…prok:mrgreen:

  28. yuniarinukti berkata:

    jempol 5 buat Kang Achoey… ngeblog harus santai asal senang…

  29. alamendah berkata:

    Menulis (dalam arti posting blog) sering kali terkendala dengan suasana hati dan koneksi internet. Makanya dibuat nyantai saja. Yang paling utama jangan sampai kegiatan utama di dunia nyata jadi terganggu lantaran ngeblog.

  30. genksukasuka berkata:

    jamu buat yang baru nih hee…
    thx om.. shrenya

  31. arifromdhoni berkata:

    Twitter dan FB saja jarang diupdate statusnya😀

  32. TuSuda berkata:

    Justru kami semakin salut, karena Kang Achoey, telah memberikan tips menulis sekaligus bagaimana contoh penerapannya yang mantap sekali.
    Terimakasih telah berkenan berbagi…

  33. Masbro berkata:

    ngeBLOG itu tentang kemerdekaan berkarya. Makasih Mas, udah berbagi tips.

  34. andinoeg berkata:

    menulis itu menyenangkan, apa lagi bisa berbagi

  35. andi sakab berkata:

    setuju Mudah Menulis = Rajin Posting oke lah kalo begitu.

    referensinya mantep, izin ke TKP deh🙂

    ga bisa komen panjang-pnjang cukup “i like it”🙂

  36. kyra.curapix berkata:

    sulit sekali membuat menulis itu hobi,,,
    blog aja udah 2 minggu tak terjamah
    wadu2

  37. lozz akbar berkata:

    hem permisi saya print deh mas Achoey… biar saya baca lagi dengan seksama.. kelihatannya bisa buat referensi saya yang sering terjangkit penyakit males

  38. Merli berkata:

    saya masih banyak kendala mas, seperti koneksi internet yang ada (ini kalau berhubungan dengan posting blog loh) :p jadi paling bisa ngerjain tugas, kelar.. udah😦 gak sempet apdet😦

  39. wahyu nurudin berkata:

    tantangan hidup membuat blog penuh inspirasi seperti kegagalan dan kesuksesan

  40. midcool berkata:

    Yah, kalau saya sih juga termasuk nggak ribet mau posting, satu kali tulis yah langsung posting…🙂
    Tapi pas sudah posting baru dikoreksi (Sebenarnya ini cara yang salah –‘),
    Hal ini berdampak buruk dengan ujian saya, kertas ujian jadi dipenuhi Tip-X…
    Hhehehe…
    Kidding…😀

  41. noersam berkata:

    banyak referensi dan yang penting nulis ajahhh…

  42. pandhawa-tiga berkata:

    wah, blogrollnya panjang banget… boleh ikutan ngisi ga gan ?

  43. oh ya bang. Kalau tulisan kontes itu terkesan berbobot kayaknya ( ya jelas, ikut kontes ). Nah aku cuma mau tambahin sedikit ya bang haris, siapa tau dapat bermanfaat. he berpikirlah tulisan kita mau diikutin kontes dan kita punya ambisi besar buat menang. Pasti menulis pun bisa sedikit semangat dan hasilnya menarik juga hhe

    Mkasih bang haris
    salam cahya nugraha

  44. Kalo saya ingin berusaha konsisten menulis konten yang sesuai dg tema blog saya aja agar tidak ngelantur kesana kemari.

  45. rangga fahrian berkata:

    Alhamdulillah, aku bersyukur bisa diberkahi hoby menulis. Tapi memang kadang waktu yg jadi halangan. Di kepala banyak sekali hal yg ingin diutarakan, namun waktu masih tidak memberi jalan lebar untuk menuliskan semua yg ada di kepala. Moga menulis dan tulisan-tulisan kita selalu memberikan manfaat, amiin..

  46. Alam berkata:

    waduh.. saking rajinnya.. sampai bingung ngikutin postingnya kang acoy🙂 baru kemarin ada aja yang baru..

  47. Prima berkata:

    Nah ini yang kadang bikin saya pusing…kadang kalo dah mentok mau nulis apa, saya baca buku2 gardening atau apa lah…hingga muncul ide…😀

    Konsisten dalam menulis itu patut di acungin jempol kang… kaya kang achoey ini🙂 makasih tips and triknya… semangat menulis!

  48. Daun berkata:

    kalo aku selain point di atas juga butuh imajinasi sob hehehe….saoalnya aku orangnya agak bebeal jadi kadang sulit menemukan mood yg baik,dan disamping itu kadang urusan kerjaan yg banyak menyita waktu daripada ga posting aku kopas aja gpp kan hehehe…

  49. auraman berkata:

    berkat bantuan tulisan A’ saya juga mulai mencoba terbiasa dalam membuat sebuah narasi, selain setiap tulisan yang saya posting harus memiliki kesan belajar, dan itu juga tulisan apa adanya hehe,.. semangat A’

  50. eser berkata:

    Salam kenal buat yang punya rumah, ijin coret-coret ya bro…
    Sekedar tambahan mungkin ngeblog itu juga harus dinikmati dan jangan dijadikan beban apalagi buat para blogger yang baru masuk kedunia blogosphere

  51. eser berkata:

    Salam kenal buat yang punya rumah, ijin coret-coret ya bro.
    Sekedar tambahan mungkin ngeblog itu juga harus dinikmati dan jangan dijadikan beban apalagi buat para blogger yang baru masuk kedunia blogosphere….

  52. kang ian dot com berkata:

    hoho pengen sekali seperti itu..makasih kang tipsnya ^^ percayalah pada kemampuang kang acoey sang founder mie janda mah😀

  53. nandajuray berkata:

    wah mantep mas…makasi yo sarannya… ^_^

  54. nandajuray berkata:

    wah mantep mas…makasi yo sarannya… ^__^

  55. ardhan berkata:

    bener bang, menulis dan terus menulis.. krn menulis lah pekerjaan yang tidak memakan waktu dan usia..

    semakin lama menulis, rasakan nikmatnya….

  56. ukhra berkata:

    yappp, setuju !!

  57. bertanya Jawab berkata:

    Wah kalau nulis terus di blog sulit,, bingung mau topik apaan..

  58. bertanya Jawab berkata:

    Wah kalau nulis terus di blog sulit,, bingung mau topik apaan…

  59. Adinda Sukma Novelia berkata:

    stujuuuu banget mas, yang paling penting adalah…
    kuota modem😀
    hheehe

  60. Rifqi Muhammad berkata:

    bener bung, tingkat kesukaan kita dengan menulis, memengaruhi kualitas dan kuantitas tulisan kita. untuk awal, kiranya perlu membiasakan saja.

  61. Togap berkata:

    wah, postingan yang bener2 bagus.
    saya juga masih blm terlalu enjoy nulis di blog, biasa di FB atau twitter aja soalnya.
    dan benar, kalau kita sering menulis, lama kelamaan pasti terbiasa juga.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s