Bulan Produktif Blog Produktif


Ehm, mumpung masih anget nih review blog kita di tahun 2010 versi wordpress, ada baiknya saya coba lihat-lihat blog saya dari sisi yang lainnya. Nah kali ini saya akan mencoba menuliskan tingkat produktivitas saya dalam memposting di blog sahaja ini. Kali ini saya kan lihat dari seberapa banyak saya memposting setiap bulannya.

Oh ya, sekedar informasi dan mungkin teman-teman juga tahu bahwa saya bukanlah blogger yang menjadikan blog sebagai media mendulang dollar. Saya juga bukan orang yang ngeblog karena saya sangat mengerti IT. Saya ngeblog karena saya senang nulis. Jadi, tentu saja alasannya saya ngeblog bisa jadi kan berbeda dengan alasan sahabat ngeblog. Blogger pendulang dollar akan berusaha tuk posting setiap hari. Bahkan sehari bisa lebih dari satu postingan.ย  Tapi kalo saya, bisa 20 postingan sebulan saja sudah senang. Maklum, sebagai tukang mie ternyata tak mudah membagi waktu, terlebih kalo dah harus ngurusin banyak hal lain di dunia yang sebenarnya, kadang bisa sampai gak sempat nengokin gubuk maya sahaja ini.

Ya, kembali ke itung-itungan produktivitas ngeblog saya. Kali ini kan saya tuliskan 10 bulan terproduktif sejak blog ini digarap (Oktober 2008). Dan berikut hasilnya:

  1. Mei 2009 = 30 postingan
  2. Juni 2009 = 30 postingan
  3. April 2009 = 28 postingan
  4. Oktober 2010 = 28 postingan
  5. Desember 2010 = 27 postingan
  6. November 2009 = 26 postingan
  7. Mei 2010 = 26 postingan
  8. April 2010 = 23 postingan
  9. Maret 2010 = 22 postingan
  10. Maret 2009 = 20 postingan

Ya itu tadi, boleh dibilang 10 bulan di atas adalah 10 bulan yang memang kondisi kehidupan nyata saya sedang santai atau paling tidak masih ada waktu luang dan koneksi internet masih tersedia dengan lancar dan gratis. Kalo lagi bener-bener sibuk dan koneksi internet sulit atau lagi lemot, malah bisa jadi sebulan saya hanya posting beberapa artikel saja.

Berikut adalah 10 bulan paling jarang posting:

  1. Oktober 2009 = gak ada postingan
  2. Agustus 2009 = 2 postingan
  3. September 2010 = 3 postingan
  4. Juni 2010 = 4 postingan
  5. Juli 2010 = 6 postingan
  6. Agustus 2010 = 6 postingan
  7. September 2009 = 7 postingan
  8. Desember 2008 = 8 postingan
  9. Januari 2010 = 11 postingan
  10. Februari 2009 = 12 postingan

Maksud saya menulis ini hanyalah untuk memotivasi saya agar tetap semangat belajar, berkarya dan berbagi lewat media blog ini. Meski tulisan saya benar-benar sederhana ya moga saja ada manfaatnya. Tapi saya juga tak ingin terjebak dalam candu. Yakni memprioritaskan update postingan tapi segala kerjaan dan peran saya di dunia nyata terabaikan. Jelas saya gak mau seperti itu.

Ya kadang saya hanya sempat posting tapi gak sempat blogwalking. Bahkan kadang saya posting pun pakai skedul. Bahkan pernah saya nulis untuk terbit selama lebih dari seminggu ke depan dan itu menggunakan sistem skedul. Otomatis gak bisa balas komen karena saya memang tidak sempat online. Jadi mohon maaf jikalau ada komentar sahabat yang belum terbalaskan.

Nah sahabat, jika berkenan, sekarang giliran kalian cerita bulan terproduktif dan tidak untuk hal posting memposting ini. Mangga silakan!

Salam semangat dari Bogor.

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati dan tag , , . Tandai permalink.

66 Balasan ke Bulan Produktif Blog Produktif

  1. arman berkata:

    wow termasuk produktif banget tuh…๐Ÿ˜€
    gua berusaha ada 8 posting per bulan aja rasanya susah banget. hahaha

  2. budiarnaya berkata:

    Bagus aa…saya jadi termotivasi juga nich

  3. sakti berkata:

    bener, jangan sampai lupa dengan dunia nyata…

  4. maminx berkata:

    Subhanallah bulan jarang posting aja masih terhitung “sering posting” buat saya, hihi. hebring kang achoey..tetep semangat ya๐Ÿ™‚

    semoga semakin bermanfaat postingannya dan membuat blogger makin cerdas, amin..

  5. julicavero berkata:

    saya malah pernah tuh 1 bulan ga lebih dari 10 postingan..hehehe…dah seneng jg sih..abis sibuk boss..:)

  6. Invincible Tetik berkata:

    Pagi Mas Achoey
    Wah daftar produktif gak nya Blog saya lihat langsung ja ya mas dah ada di Blog Tetik
    Happy Blogging ya mas >_<

  7. Rchymera berkata:

    Wach mantap bgt mas dan semoga kedepannya tambah semangat ngeblognya,slm sukses selalu…:D

  8. AngelNdutz berkata:

    woh itu mah masih rajian๐Ÿ˜€

    aku ajah kadang 2 bln gak nulis blas๐Ÿ˜ฆ pdhl banyak banget ide buat nulis๐Ÿ˜ฆ

  9. Penghuni 60 berkata:

    wah, berarti udh byk jg ya jumlah postinganmu sob…
    salut aku…

  10. Pencerah berkata:

    mangtafff
    bisa stabil gitu kang

  11. Alam berkata:

    mas haris emag keren.. kalau ane susah banget buat konsisten nulis, bagi ilmunya donk mas..๐Ÿ™‚

  12. rangga fahrian berkata:

    Prestasi menulis Kang Achoey memang keren..๐Ÿ˜€ semangat Kang..

  13. indra kh berkata:

    Salau dengan etos ngeblognya kang, rajin sekali. Semoga terus bertahan, saya sendiri seperti belum mampu sebanyak itu.

  14. …pada kenyataannya frekuensi artikel yg dibuat perbulannya…oleh warga blogor masih jauh dari merata…jangan tuduh masalah waktu sebagai biang keladinya…namun spirit untuk menulis secara terprogram yg diduga masih kurang…semoga dengan artikel sang blogger produktif ini…dapat menimbulkan iri positif bagi warga blogor…

  15. Daun berkata:

    betul sob mantap,sayapun demikian hanya hobby saja jadi posting saya tidak mengejar target dollar, kadang malah banyak malesnya untuk posting.

    Salam

  16. Menurut saya ga harus setiap hari posting, yang penting menulis dari hati.
    Saya masih konsisten 2 postingan seminggu๐Ÿ˜€

  17. midcool berkata:

    Wah-wah hebat…
    Berarti sempat satu hari satu post yah…๐Ÿ™‚
    Saya cuman bisa satu minggu satu post, itupun biasanya males… –‘
    Yah, mudah-mudahan saya dapat pencerahan agar bisa rutin posting…๐Ÿ˜€

  18. An berkata:

    kalau saya bulan paling produktif desember 2010..
    walaupun sebenarnya saya ini kategori blogger yang jarang update.
    total post yang saya publish tahun ini aja cuma 20. males banget ya, saya..
    hehe:mrgreen:

  19. fitr4y berkata:

    aku rajin posting ma bw,, pas lagi nganggur sebulan kemaren mas,, sebelum itu jarang2,, sekarang juga belum bisa ngatur waktu yg pas ..๐Ÿ˜‰

    • fitr4y berkata:

      mas mw tanya dg,, u pengunjung 78.000 aku cuma 5.600.. og aku dpat ya.. terus yg lain pada bilang gak dapt.. og bisa gitu ya mas?? kira2 kriteria na apa ya bg om wp itu ???

  20. situsonline berkata:

    lumayan banyak juga ya!

  21. kang ian dot com berkata:

    jadi tukang mie plus blogger juga dah alhamdulillah kang๐Ÿ˜€

  22. Techno berkata:

    Blog yang bagus dan informatif,btw tetap semangat dan selalu update sobat jgn seperti saya hehehe.

    Salam sukses selalu buat anda…:-)

  23. Ade Truna berkata:

    yang saya suka dari owner mie janda adalah blognya selalu inspiring :mrgreen:

  24. Farijs van Java berkata:

    ikutan Post A Day gak, kang?

  25. mantep bos. saya akan tiru jejak anda. selalu berkarya terus๐Ÿ™‚

  26. Yulis Samoa berkata:

    Weehhh… Keren banget tuh… Sudah banyak sekali postingannya… Saya tunggu deh update berikutnya… Sukses terus buat blog Catatan Cinta Sahaja ini…๐Ÿ˜€

    Tapi ndak salah lho mas .. Kalau mas Achoey EL Haris ikutan PTR… Sudah PR4 nih blognya… Pasti bakal banyak job yang ditawarkan… Lumayankan dapet rezeki sampingan dari hasil nulis2…hehehe… Maaf mas Achoey, ini cuma sekedar sarah saja…๐Ÿ™‚

  27. Yulis Samoa berkata:

    Waduhhh… Maksud saya … SARAN mas… maaf salah nulis tadi…๐Ÿ˜€

  28. ummurizka berkata:

    dibulan yang banyak posting hampir tiap hari menulis ya om, salut deh selalu ada ide segar untuk menulis, kalo saya sebulan bisa posting 10 kali aja termasuk sering, saya ngeblog tak bisa saban hari hanya disaat senggang aja, makanya saya juga bisa langsung bisa balas komen dari sahabat, tp jk ada waktu pasti saya usahakan untuk membalas berkunjung…, sukses selalu ya om, tulisannya banyak memberikan manfaat kok bagi pengunjungnya…

  29. Kampung Perawan berkata:

    Saya posting tiap hari tapi gak buat nyari dollar, kan blog saya gak ada iklannya.
    Targetnya sih kalau alexa udah dibawah 100 rb, baru seluruh page mau tak penuhi iklan. he2 ujung2 nya duit juga ya?

  30. Sedikit laporan… Denuzz baru 2 bulan ngeblog pake burunghantu.net, dengan perolehan posting:
    November: 19 posting
    Desember: 28 posting…

    Laporan kelar!!!๐Ÿ˜€

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  31. Cafeblogging berkata:

    Nyantai aja mas, kan kita yg atur posting jadi klo memang betul2 lagi gak bisa posting ya tdk apa2.

  32. klo aq pernah dulu tiap hari posting .. tapi sekarang paling enggak 1 minggu posting sekali.. haha.. ya tergantung inspirasi sih.. hehe

  33. TuSuda berkata:

    Kalau saya ya Kang..
    Ceritanya sebelum Juli 2010, masih terjadawal 2 hari sekali, jadi rata-rata 15 psotingan sebulan. Nah..mulai bulan JULI 2010, sampai saat ini masih belajar komitmen menulis satu postingan singkat sehari. Semoga bisa tetap komitmen..mohon koreksinya. SALAM…

  34. MENONE berkata:

    waaoooowwww…….. satu bulan 30 postingan…… gilaaaaa mantapp sob……….

  35. Hafid Junaidi berkata:

    weh, hampir tiap hari posting dong? q mah belum ada ide atuh, paling-paling seminggu 2 kali

  36. and1k berkata:

    wah masih mending mas kalo saya sendiri sih mas paling cuman sekitar 10 ampe 15 posting itupun gak tetap๐Ÿ˜ฆ

  37. Bang haris, kalau aku menggunakan blog buat melatih pemikiran otak supaya lebih kritis bang hhe.

    Oh ya bang, trimakasih udah confirm di FB. Aku boleh kan tanya tanya tentang usahanya? hhe siapa tau aku bisa mendirikan usaha seperti bang haris. hhe kalau boleh minta bantuannya ya bang hhe

    makasih๐Ÿ™‚

  38. Darin berkata:

    Sama euy, pas di blogspot dulu hampir tiap hari posting. Tapi terus yah kerjaan offline numpuk, jadi down.
    Semoga produktif terus sobat!๐Ÿ™‚

  39. advertiyha berkata:

    Bulan2 produktif dengan konten yang produktif pula, hebat kang…๐Ÿ™‚
    saya selalu dibuat salute kalo datang kemari, tulisan2 kang Achoey sungguh bersahaja dan bikin betah,, heheh,,,

  40. IFAN JAYADI berkata:

    Produktif banget. Pantas saja blognya bisa mencapai PR4

  41. marsudiyanto berkata:

    Mengevaluasi apa yang sudah kita lakukan memang perlu…
    Semoga kedepan makin produktif Mas…

  42. Astra satria berkata:

    Menjaga konsistensi saya rasa hal yang paling sulit buat penulis, segalanya tergantung faktor tekhnis dan non tekhnis, lagi mood buat tulisan tapi koneksi internet tidak mendukung malah gak jadi menulis, demikian juga sebaliknya koneksi internet mendukung namun belum ada inspirasi sama saja gak jadi nulis, ini contoh kecilnya, bagi saya sendiri memasuki awal-awal bulan di dunia blogger masih belum bisa mengambil kesimpulan tentang konsistensi saya , semuanya tergantung situasi di darat, mengingat menulis bukan pekerjaan utama saya, namun 1 hal bagi saya : untuk menjaga semangat menulis kita harus mempunyai TARGET !!!

  43. masjustice berkata:

    good job, brada…
    ๐Ÿ™‚

  44. blogbobby berkata:

    Saya mulai bikin blog bulan November 2010 akhir dan sampai sekarang update terus alhamdulillah. Sehari satu artikel, mungkin newbie itu kali ya, jadi masih semangat ngeblog… hehehe… kebetulan mahasiswa yg rajin di depan komputer…๐Ÿ˜€

  45. HALAMAN PUTIH berkata:

    sangat produktif mas…
    saya belum sampai ke sana karena untuk update sampai sekian banyak perlu waktu tersendiri di sela-sela pekerjaan yang menumpuk.

    Sukses…

  46. Aldy berkata:

    Salut, tingkat produktifirasnya luar biasa.

  47. Kang AChoy ini termasuk blogger yang produktif. Tulisannya juga berkualitas dan memberi pencerahan. Jadi lebih baik jarang asal berkualitas daripada sering tp asal-asalan. Setuju kan?

  48. andinoeg berkata:

    Banyak banget, salut. Keren

  49. Prima berkata:

    Sekarang aja lagi nganggur kang, makanya postingan saya lumayan, coba ntar kita liat “sekuat” apa saya setelah bekerja… hehehheheh… gak berani jamin pake angka deh…๐Ÿ˜€

  50. briyudistira berkata:

    we;eh…weleh… banyak sekali dpt plus nya itu Jutaan… kayanya bagi-bagi dungk! hehehehehehe bercanda.๐Ÿ˜€

  51. Realodix berkata:

    Paling males Agustus 2009 ya, cuma 2 postingan..๐Ÿ™‚

  52. adit-nya niez berkata:

    1 bulan bisa 30 post? Mantap itu!
    Btw, kok namanya Mie Janda ya?? Adakah hubungannya dengan janda?:mrgreen:

  53. Indahjuli berkata:

    ternyata tetap produktif meski banyak kendala ya.
    Semangat menulis.

  54. pendarbintang berkata:

    Wah….Aa ku emang productive sangat yah…adik beberpa hari (minggu) terakhir ini kurang productive karena sakit dan juga sibuk…

  55. unggulcenter berkata:

    Kayaknya program chain posting perlu digalakkan nih

  56. wahyu nurudin berkata:

    wah… ternyata anda juga memperhitungkan itu pak to?
    aku ikut termotivasi oleh anda. tapi tanpa komersial kita kan buang uang pak? bagaimana menurut bapak?

  57. arulhosa berkata:

    Saya mo nanya nieh….bisa g wp ne dijadikan uang…mksd Saya tanpa iklan, g pke klik site uploader, dll.

    Lebih kaya dijual gitu…???
    Maaf pertanyaan bodoh, Saya cuma mau tw sj….

  58. Goyang Karawang berkata:

    berarti rata2 1 hari 1 postingan ya bos.. mantap… terlebih kontennnya saya liat original… tambah luar biasa

  59. Jurnal Manajemen berkata:

    gimana sih caranya biar blog kita ada pemasang iklannya

  60. semangat terus menulis. hebat

  61. Masbro berkata:

    Menulis karena suka menulis (di blog) itu lebih membahagiakan daripada menulis karena kejar tayang. Setidaknya itu yang saya rasakan sebagai blogger baru. Salam hangat Mas;

Tinggalkan Balasan

