Produktivitas di Awal Tahun


Jalanan lenggang, sebagian besar toko-toko tutup. Motor tukang ojeg yang  biasa banyak berjejer di tepi jalan menuju perumahan di daerahku pun pun nyaris gak ada, wah sepinya pagi ini. Padahal jarum jam telah hendak sampai di angka 10.

Kedai sahaja tempat favoritnya penikmat mie telah buka mulai jam 09.00 WIB. Tapi saat aku tiba di sana pun masih belum tampak ada pengunjung yang memanjakan lidah dan mengenyangkan perutnya. Sungguh pemandangan yang tak biasa. Biasanya hari Sabtu dan Minggu kedai sahaja ini telah diserbu pembeli sejak pertama dibuka. Biasanya pagi-pagi telah cukup ramai dan kru MJ pun sibuk, tapi kali ini benar-benar berbeda.

Pusat-pusat keramaian berbalut sampah. Begitulah yang kutangkap dari siaran berita di TV. Selalu saja begitu setiap habis pergantian tahun. Sampah berserakan tak terelakan. Jadilah para petugas kebersihan yang harus bekerja keras mebersihkannya. Sampah sisa pesta, pesta pergantian tahun yang penuh suka cita. Dimana petasan, kembang api, suara terompet dan berlimpah keceriaan terhampar di sana. Malam yang malah jauh lebih ramai dari siang, malam di mana orang berjamaan begadang hanya untuk menjadi saksi penunjuk waktu hinggap di 00.00 WIB.

Teringat setahun yang lalu saat tanggal 1 Januari aku dan beberapa barudak BLOGOR (Blogger Bogor) membersihkan sampah sisa pesta pergantian tahun di sekitaran lapangan Sempur Bogor. Lapangan sempur pun seolah lautan sampah. Dan konon di pesta kali ini sampah jauh lebih banyak. Ualah gimana gak cape tuh membersihkannya. Namun kali ini, aku lebih memilih stand by di kedai. Aku ingin memulai awal tahun dengan produktivitas. Aku tak ingin menghiasi awal tahun dengan pesta sia-sia, lalu tidur dipagi hingga siang hari sebagai langkah balas dendam karena semalam terjaga.

Tapi, semangatku ko seolah bagai gayung tak bersambut. Sudah hampir jam 12.00 WIB tapi kedai sahaja ini masih belumlah ramai. Satu dua meja terisi, tapi tetap saja tak seperti biasanya. Banyak sahabat saya menyimpulkan bahwa orang-orang masih pada tidur, kelelahan sisa semalam. Akhirnya sekitar jam 13.00 WIB aku pun pulang tuk makan siang bersama istri di rumah. Sekitar satu jam kemudian aku kembali ke kedai, dan subhanallah sangat ramai. Mie Janda benar-benar ramai dan nyaris tak henti-hentinya hingga sore bahkan malam. Alhamdulillah, hari ini kedai sahaja itu mendapatkan omzet yang jauh lebih bagus dari biasanya.

Awal tahun, alhamdulillah aku telah melakukan produktivitas yang baik. Alhamdulillah Mie Janda pun memulai awal tahun dengan omzet yang jauh lebih baik. Aku bahagia bisa memulai awal tahun kali ini dengan baik. Jelas aku berharap, selanjutnya aku bisa melakukan banyak hal baik dengan baik. Tahun 2011 harus lebih baik, aku berdoa untuk itu. Dan tentu saja aku harus berikhtiar dengan baik.

Aku tersenyum memandang 2011. Aku optimis tentang banyak hal. Dan aku tahu, Allah Maha Kuasa mengabulkan do’a-do’a hamba-Nya.

Nah sahabat, bagaimana kau habiskan rentang hari pertama di awal tahun ini?

 

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati dan tag , . Tandai permalink.

55 Balasan ke Produktivitas di Awal Tahun

  1. andinoeg berkata:

    nyari tempat jual pulsa deket rumah susah banget, harus cari di tempat yang agak jauh

  2. bintangtimur berkata:

    Saya menghabiskan hari ini di rumah, beres-beres lemari pakaian dan…tidur siang!
    Satu kegiatan yang di hari-hari biasa nyaris tidak pernah saya lakukan.
    Ikut seneng mendengar banyaknya pengunjung Mie Janda, semoga ini pertanda baik. Sepi di pagi hari itu ternyata hanya ujian kesabaran, karena siang hingga sore sang pemilik sampai kewalahan…😀
    Oya, salut buat bersih-bersih sampahnya ya!

  3. Pencerah berkata:

    sama kang, seharian td aku habiskan untuk tidur dan bermain2 dengan si kecil. padahal tadi malah juga gak merayakan tahun baru hehehehee

  4. TuSuda berkata:

    Untuk sementara ini masih santai menikmati masa liburan tahun baru.
    Sukses selalu ya Kang, dengan kedai sahajanya yang selalu ramai dikunjungi pelanggan.

  5. Awal Tahun, aku tetap kerja, tapi fenomena yang disampaikan Kang Haris masih sangat terasa sampai sekarang di tempatku kerja, Ancol … pagi tadi bukan cuma sampah berserakan, orangpun masih berserakan sisa semalam, entahlah, aku sendiri masih bingung mengartikan malam pergantian tahun buat sebagian orang yang evoria menyambut tahun baru itu… mudah-mudahan mereka tetap ingat pada YANG Mempergilirkan malam dan siang.. Amin http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2010/12/31/fenomena-malam-tahun-baru/

  6. FaiK= berkata:

    Selamat tahun baru kawan

  7. Agoest berkata:

    awal tahun biasanya malah boring mas…
    tidak ada kegiatan yang begitu berbeda,hanya kata-kata klise yang selalu terngiang….
    “tahun ini harus lebih baik dari tahu kemarin..”..tapi progres malah lebih menurun di banding tahun lalu…ha..ha..ha…

  8. fitr4y berkata:

    happy new year mas,,,

    q di home seharian,,,

    berkunjung malam mas, ngomong mie janda qu jadi lapar nh,,,

    ckckckck .. jadi ngiler nh, kapan ya qu bisa mampir ke kedai sahaja … hmmm
    😀

  9. rakha' berkata:

    Salam kenal kang haris,,,Awal taun saya mulai dengan berbenah diri, agar di taun 2011 semuanya lebih baik dari taun 2010,,,,tukeran link ya kang,,,linknya sudah saya pasang,,monggo di cek.

  10. andry sianipar berkata:

    Selamat tahun Baru bung..
    semoga Mie janda dan segala terobosan bisnis lainnya bisa lebih sukses di tahun ini…..

  11. mylitleusagi berkata:

    happy new year AA
    he…he…he..he.buat saya mah sebenernya biasa aja..
    sama kaya malam..malam lainya,,,
    tapi tahun ini sepertinya lebih baik acara awal tahunnya…
    gak dibuka dengan acara ramal meramal..
    biasanya kan kalau awal tahun..
    TV sibuk cari dukun yang paling hebat..😀

  12. Necky berkata:

    Malam tahun baru berkumpul sambil bakar jagung plus burger terus menunggu pesta kembang api yang dapat dilihat dari rumah. Pagi-pagi setelah sholat subuh…lanjut tidur aja deh…baru deh aktifitas normal sekitar jam 10an untuk bersilahturahmi dengan kerabat yang kebetulan tinggalnya berdekatan. Sorenya menghabiskan sisa makanan yang belum sempat di panggang tadi malam. Terus rencananya mau nulis di blog deh.

  13. hitamputih berkata:

    malam tahun baru…..Tidur🙂

  14. Darin berkata:

    Hari ini? Hmm..saat yg tepat untuk bermalas2an, berhubung bisa libur panjang hehe.
    Sukses buat Mie Janda!

  15. tahun baru sudah berganti.
    semoga kita semua menjadi lebih baik daripada tahun sebelumnya🙂

  16. bchree berkata:

    wah hebat nih, tidak terpengaruh hari, tanggal, dan lain2. tetap semangat tuk berbuat setiap saat dan setip waktu
    http://bchree.wordpress.com/2010/11/29/karena-hidupku-hanya-hari-ini/

  17. Kampung Perawan berkata:

    Jualan apa si mas? Saya juga pngin jualan, yang enak jualan apa ya? Mau enak ya jualan makanan.. kan bisa dimakan.

  18. Kampung Perawan berkata:

    Jualan apa si mas? Saya juga pngin jualan, yang enak jualan apa ya?? Mau enak ya jualan makanan.. kan bisa dimakan..

  19. andipeace berkata:

    kejadian yang negatif lalu menjadi motivasi menuju yang lebih positif dan yang positif lalu dijadikan tantangan yang harus dilalui untuk menjadi yang lebih positif dari yang sudah baik.

    salam sejahterah mas

  20. ardhan berkata:

    Semoga-semoga… saya doakan harapan dan cita-citanya ditahun ini tercapai.. Amin.. Yang penting ada semangat dan ada usaha.. hehe…

  21. menjawab pertanyaan : saya menikmati kesendirian, keheningan.😀

    sukses selalu ya, sobat…

  22. coretan rizal berkata:

    salam blogging mas/mbk yang disini, termasuk ownernya sip your blog

  23. Ifan Jayadi berkata:

    Alhamdullillah, rejeki berlimpah diawal tahun. Insya Allah, dengan kerja keras dan tekad yang kuat, keberhasilan akan dapat diraih di tahun 2011 ini. Tentu juga jangan lupa berdoa🙂

  24. alamendah berkata:

    Selamat menapaki tahun baru 2011. Dengan optimisme dan kerja keras tahun ini pasti kan lebih baik dari pada tahun kemarin.

  25. budiarnaya berkata:

    Awal tahun baru…melihat sisi kota dari habis perayaan..
    Selamat Tahun Baru aa…mari isi hari-hari dengan doa dan kerja melalui cinta kasih

  26. Lambang berkata:

    produktivitasku dan kreativitasku masih rendah ternhyata.

  27. monda berkata:

    Awal tahun baru, sama saja seperti hari lain, kerjaan ibu rt tentu saja, nggak bisa diliburin tuh.

  28. setyantocahyo berkata:

    alhamdulillah…
    sinyal yg baik di awal tahun.., moga trus tambah maju ya mas MJ nya…?

    salam hangat sll.

  29. Mbah Jiwo berkata:

    saya malah tidur setahun, bangun2 sudah jam 2011…

  30. arda86 berkata:

    bikin laporan, udah diuber2 dosen ama ortu T_T

  31. anum berkata:

    selamat ulang tahun bung achoey!

  32. waw mj sukses dalam pergantian tahun ni bang haris. Selamat-selamat heheeh🙂
    Kalau aku menghabiskan waktu kemarin buat jalan-jalan ke gunung, biar fresh lagi pikirannya hhe

  33. kojack berkata:

    terimakasih sudah berkunjung ke refleksi tahun baru saya🙂
    semoga 2011 lebih cerah dari 2010 yang rasanya rada suram ini.
    Amin

  34. Wisma sandat berkata:

    Sukses untuk karier dan keluarga…
    Selamat Tahun Baru 2011

  35. Goyang Karawang berkata:

    sayang sekali.. saya malah hanya bisa di rumah soalnya sakit… awal tahun dikasih sakit🙂 untungnya masih bisa ol dan mudah2an tetep produktif

  36. aRuL berkata:

    Semoga sukses utk 2010 termasuk utk usahanya😉

  37. Yulis Samoa berkata:

    Weewww… Nama warungnya Mie Janda yah mas…? hehehe
    Nama yang sangat familiar di telinga banyak orang… Mudah untuk diinget yaa…
    Ada gak mas yang punya warung dengan nama Mie Duda…wekekekekkkk…
    Yah, semoga usaha mas Achoey EL Harris SUKSES terus… Amin amin amin…🙂

  38. hudaesce berkata:

    Hari2 pertama di tahun baru ini mash sama seperti kemaren bang, belom ada hal yang istimewa. Nmun semoga kedepannya nanti akan ada peluang yang membuat saya untuk makin baik kedepannya. Amin

  39. ario saja berkata:

    met berjuang gan, semoga tahun 2011 tambah sukses

  40. belajar PTC berkata:

    wah ini dia yang namanya produktif. Awal tahun langsung bikin posting🙂
    nice thought bro. melihat dari sudut pandang lain memang menarik

  41. rime berkata:

    ada mie gadis ga?😀

    saya di tahun baru? biasa-biasa saja🙂

  42. PeGe berkata:

    iya euy A, masih inget banget gimana 1 Januari taun lalu.. haha😀
    Makin sukses usahanya ya A, mudah2an cepet buka cabang baru lagiii..:mrgreen:

  43. rubiyanto19 berkata:

    Okay, selamat tahun baru 2011, dan semoga sukses sob ……

  44. Pendar Bintang berkata:

    Jadi beneran pingin makan mie janda di tempat Aa…kapan yah…

    Selamat Tahun baru Aa…
    Semoga 2011 menjadi awal kesuksesan luar biasa buat Aa dengan usaha Aa, dan akan hadir malaikat kecil di rumah Aa🙂

    Salam🙂

  45. r10 berkata:

    alhamdulillah dagangan laku🙂 hari libur memang rejekinya pedagang😀

  46. Yudan F berkata:

    selamat berkarya lagi🙂

  47. fendik berkata:

    Alhamdulillah ikut senang mas. Kalau saya dirumah saja menghabiskan waktu bersama keluarga.🙂 Besok siap kerja lagi.. Selamat bekerja dan belajar.. Salam super.. hehehe

  48. bobby berkata:

    keren….selamat berkarya..tingkatkan kualitas postingan anda..:D

  49. apikecil berkata:

    Mau dong Mie jandanya mas achoe..hhehehe
    bener banget mas, rasanya sia-sia kalau kita berpesta ria tapi mengabaikan lingkungan di sekitar kita…
    tak ada larangan untuk berpesta, tapi setidaknya jangan meninggalkan sampah..
    jangan mengambil apapun selain foto, jangan meninggalkan apapun selain jejak, dan jangan membawa apapun selain kenangan…

  50. edratna berkata:

    Kapan-kapan mesti coba nih mie janda nya…..
    Hari pertama, tahun baru, biasanya memang masih diisi dengan bermalas-malas an di rumah, setelah malamnya tidur larut malam.
    Saya hanya dirumah, berdua suami karena anak-anak sudah tinggal di luar kota semua.

    Saya dan suami sama-sama menunggu di depan kompie, pas jam 10 pm menelpon anak bungsu yang sedang kuliah di LN, dan beda waktu 2 jam dengan Jakarta. Sejam kemudian ganti menelpon anak sulung yang tinggal di Bali untuk mengucapkan selamat Tahun Baru.

  51. kang ian dot com berkata:

    mie janda memang top markotop tapi simkuring teu acan ngaraosan😀

  52. unggulcenter berkata:

    Awal tahun tipsnya kalau aku seperti ini

  53. Martha Andival berkata:

    jadi ingat sebuah perhelatan akbar dulu…. (maaf sensor tempat0..

    sampah memang banyak sekali bang, tapi yg mencengangkan, sampah kondom juga alah kalah banyak… duh duh…. salah satu minusnya pesta akhir tahun beramai-ramai

  54. sintha berkata:

    good artikel broo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s