Juara AFF 2010


Perhelatan Piala AFF 2010 telah berakhir. Dan juaranya adalah Malaysia setelah di final mampu menang agregat 4 – 2 dari dua pertarungan semifinal kandang tandang. Tentu kita harus berbesar hati karena kali ini Timnas Garuda tak jadi juaranya. Timnas Indonesia kembali hanya mampu menjadi runner up untuk ke empat kalinya. Dulu juga Timnas Indonesia pernah jadi runner up di perhelatan kompetisi sepak bola negara-negara Asia Tenggara ini, yakni tahun 2000, 2002 dan 2004.

Selamat buat Malaysia karena telah tercatat sebagai negara keempat yang pernah merasakan indahnya mengangkat trofi juara setelah Thailand, Singapura dan Vietnam. Semoga Indonesia bisa mengangkat piala tersebut pada Piala AFF selanjutnya.

Saya juga ucapkan selamat buat Timnas Garuda. Dimata saya dan pasti banyak juga yang lain, Timnas Garuda adalah Timnas terbaik di Piala AFF 2010. Paling tidak inilah fakta-fakta-nya :

  • Tim dengan kemenangan terbesar yakni 6 kali menang dan hanya sekali kalah,
  • Jumlah goals paling banyak yakni 17 goals dari total 51 goals di AFF kali ini,
  • Mampu menghadirkan suporter paling banyak dan tetap sportif
  • Salah satu pemainnya yakni Firman Utina terpilih menjadi Most Valuable Player
  • Meski top scorer diraih Mohd. Safee tapi pemain Indonesia paling banyak menduduki 10 besar top scorer.

Ya itu versi saya. Kalau Fair Play Award kali ini ternyata bukan milik Indonesia, melainkan milik Filipina. Selamat buat Filipina.

Salut buat suporter Indonesia yang gak rusuh. Dan tetap menghargai Timnas Garuda meski tak juara. Saya juga salut sama Alfredd Riedl, moga tetap menjadi pelatih Timnas, karena sudah cukup bagus membuat Timnas Garuda memiliki taktik dan semangat bermain yang baik.

Indonesia menang, Malaysia juara. Indonesia – Malaysia tetap bersaudara.

Kita tetap bangga Indonesia.

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Aktual dan tag , . Tandai permalink.

57 Balasan ke Juara AFF 2010

  1. Goyang Karawang berkata:

    selamat untuk Malaysia.. ya memang layak jadi juara..
    dan salut untuk Timnas Indonesia yang sudah berjuang dengan luar biasa🙂

  2. Ikkyu_san berkata:

    Saya selalu bangga pada Indonesia, meskipun saya tidak menonton bola😉

    EM

  3. Permainan tim Garuda Mantap banget semalem, tp Malaysia emang udah siap bertahan demi juara…
    BRAVO Indonesia

  4. Wildan berkata:

    Selamat buad maling(asia). Tetaplah semangat Garuda kebanggaan Indonesia. Masih ada hari esok untuk memenangkan seluruh kejuaraan. Spirit Garudaku.

  5. yustha tt berkata:

    Yieee….yy…
    INDONESIA!!
    Sy senang krn kita bisa berbesar hati. Bagaimanapun juga Timnas telah berjuang habis2an. Dan dlm sebuah pertandingan kadang kita menang, tak jarang kita kalah.
    Tetap semangat!😀

  6. maminx berkata:

    Mantepp garuda di dadaku..Salut buat permainan kemarin udah bagus dan pada semangat ko terutama Bustomi😀

    oh ya Alfred Riedl kata Nurdin sih tetep melatih tuh, ada di mari berita nya http://bola.kompas.com/read/2010/12/30/00280857/Nurdin:.Riedl.Aman

    Ya semoga Indonesia bisa menjuarai AFF nanti, dan juara apa aja lah gpp. Mengakhiri paceklik prestasi. Semoga Indonesia makin ciamik juga maennya, dan gak gonta ganti pelatih dan pemain.

  7. Pencerah berkata:

    selamat buat malaysia

  8. arieandrepati berkata:

    diatas kertas kita tetap lebih unggul drpada timnas malaysia. hanya kalah gregat aja di ajang piala aff thn ini….

  9. atikah berkata:

    Hebat permainan tim garuda semalem. Walaupun kalah secara total, tapi telah menunjukkan bahwa Tim Nas pantas tetap yang terbaik.

  10. Invincible Tetik berkata:

    Terima kasih buat Timnas
    bangga dengan kerja keras kalian

    sepakat malaysia indonesia bisa bersahabat >_<

  11. sedjatee berkata:

    kita masih yakin timnas bisa berprestasi lebih baik
    dan itu dapat dicapai dengan reformasi PSSI
    semoga PSSI segera berbenah, enyahkan orang-orang culas di PSSI
    salam sukses…

    sedj

  12. Asop berkata:

    Luar biasa.🙂
    Sebagai suporter, ada baiknya kita jangan malah mengejek Malaysia. Akui kemenangan mereka, karena memang mereka baik mainnya. Bukan berarti permainan timnas kita jelek, udah bagus, hanya aja belum beruntung.🙂
    Lagipula, kiper Malaysia yang sekarang bukan kiper yang dulu saat dibantai 5-1. Saya akui, performa kiper Fachmi yang sekarang lebih bagus.🙂
    Saya yakin Riedl udah punya rencana rencana jangka panjang untuk Olimpiade dan SEA Games.🙂

  13. chika_rei berkata:

    sedih sih Indonesia gx menang
    tapi salut buat perjuangan TimNas yang udah berusaha luar biasa^^

  14. andinoeg berkata:

    Bagi saya Indonesia tetap juara, yg penting kita main sportif

  15. hudaesce berkata:

    meskipun Kita tidak juara, tapi senggaknya tadi malam kita menang. dan itu sudah cukup untuk membuat hatiku senang. 😀

  16. iam berkata:

    TIMNAS memang hebat. Terus dukung TIMNAS agar bisa semakin maju😀

  17. lozz akbar berkata:

    salut juga buat suporternya mas.. enggak berbbuat macam-macam seperti yang dikawatirkan orang… LOPHE YU INDONESIA…!!

  18. Cafeblogging berkata:

    Salam sahabat…..Saya tetap bangga tim Indonesia walaupun kalah dari malaysia

  19. igasbujang berkata:

    bagaimanapun indonesia adalah pemenang yang patutu kita acungi jempol..

  20. Daun berkata:

    untuk juara butuh waktu sob,Spanyol saja pingin juara dunia harus nunggu 60th,sementara Indonesia baru sebulan di tangani Ridle tetapi sudah cukup menjanjikan semoga kedepan kita bisa belajar dari kekalahan dan menjadi kampiun,masih banyak moment yg bisa kita raih selain AFF masih ada piala asia,seagames,asiangames bahkan piala dunia. Intinya harus banyak pembenahan di tubuh PSSI,reformasi total PSSI.

    Salam

  21. bintangtimur berkata:

    Salut buat Timnas juga supporter-nya.
    Kekacauan yang saya bayangkan ternyata tidak terbukti.
    Semoga ke depan, semua bisa lebih baik, ya Timnas-nya, ya pembelian tiketnya…😉

  22. TuSuda berkata:

    Hasil pertandingan yang realistis, dan kita bisa merasakannya sebagai kebangkitan awal sepakbola nasional, agar bisa bermain lebih baik lagi, leboh taktis, lebih teknis, lebih elegan,.menggali semua potensi anak muda bangsa tercinta.
    Kegagalan tahun ini harus menjadi pemacu keberhasilan pada kejuaraan berikutnya.
    Bravo timnas dan suporter nasional…
    Kami bangga menjadi bagian Indonesia.

    • PutuS berkata:

      SALUT PENUH HORMAT…dengan semua hasil perjuangan itu.
      Sudah terbukti ternyata timnas dan para suporternya sangat sportif.
      Hanya saja, masalah non teknis yang masih mengganjal dalam manajemen persepakbolaan nasional perlu diperbaiki segera, agar semua komponen bisa fokus meraih prestasi puncak di kancah internasional.
      SALAM hangat dari Kendari.

  23. Prima berkata:

    bijak sekali kang… yang saya salut dari tulisan kang achoey adalah…

    “rapi dan humble”

    bacanya tenang…moga orangnya setenang tulisannya😀

  24. Rama berkata:

    aku bangga Indonesia menang sportif,
    apalagi Bustomi…. keren euy

    nontonnya deg2 an semalem,
    banyak peluang tercipta, tapi
    finishingnya kurang pas,
    jadi hilanglah peluang…

    tapi sekali lagi,
    Timnas Indonesia sudah bermain bagus,
    yang kurang cuma satu,
    Ketua Umum PSSI harus digantung,
    eh salah, diganti maksudnya..🙂

  25. Bali Property berkata:

    Memang tapi tak juara,
    Indonesia tetep jara sejati dihatiQ,
    di pertandingan tadi malam sudah menbuktikan, pertandingan yang sportif dan hasilnya indonesia pemenangnya!
    Bali Villas Bali Villa

  26. Teras Info berkata:

    Meskipun timnas kita kali ini belum berhasil, tapi tak masalah..yang penting tetap semangat dan beri dukungan terusssssss…….majjjuuuuu..

  27. masjustice berkata:

    Indonesia Menang, Malaysia Juara…

    Riedl aman, Nurdin turun….

    turun.. turun.. turunkan nurdin… turunkan nurdin sekarang juga…

  28. Kampung Perawan berkata:

    Disana sini topiknya bola semua, kalo boleh jujur jadi merasa sedih aja karena mengingatkan sebuah kekalahan.. Saya kemarin sempat antusias Indonesia harus jadi jawara.

  29. r10 berkata:

    indonesia menang 7-5🙂

    juara dua piala AFF 4 kali merupakan bukti PSSI tidak becus membina pemain muda dan membuat kompetisi yang baik

  30. masyhury berkata:

    Saya kira akan terjadi kerusuhan di GBK saat pertandingan gara-gara laser di bukit jalil.
    Tapi ternyata tidak!
    Saya bangga dengan Suporter Indonesia yang tetap sabar dan bangga dengan kekalahan yang tertunda ini..😀

    Sukses buat Timnas!!

  31. Astra satria berkata:

    Walaupun sempat terjadi isu, bahwa apabila indonesia kalah dalam pertandingan tadi malam namun kenyataannya tidak, mudah-mudahan ini membuktikan bahwa selain Timnas suporter juga siap untuk Go Internasional. untuk penulis Artikelnya sangat memotivasi bagi yang membacanya

  32. Masbro berkata:

    Suasana di keluarga saya lebih hangat gara gara piala AFF. Terimakasih TimNas;

  33. @helgaindra berkata:

    andai penalti firman utina gak gagal
    -.-“

  34. budiarnaya berkata:

    Sempat kecewa waktu pinalty tidak diselesaikan dengan baik, namun saya kembali berfikir, jika saya ada diposisi dia belum tentu juga bisa melakukannya.

    Yang penting berjuang masalah nilai akhir itu adalah cerita untuk cerita berikutnya ya aa

  35. akhirnya indonesia belum bisa dapet pialanya bang. Tetapi udah bisa meningkatkan nasionalisme dan mempersatukan masayarakat indonesia

    salut-salut

  36. auraman berkata:

    sepertinya mental masih perlu diuji mas pemain kita,..hehehe masih sembarawut operannya.. tapi timnas sekarang beda dengan yang sebelumnya, keep spirit..

  37. kyra.curapix berkata:

    sambil nyanyi simple plan
    i can’t wait forever
    19 taun…..
    penantian

  38. apikecil berkata:

    SSip,,
    suporter kita gak bakalan rusuh..
    karena udah ketularan semangat dari pemainnya..
    dan karena kita yakin bahwa pertandingan semalem bukan arena balas dendam..
    semmangattt

  39. Yulis Samoa berkata:

    Tak bosan-bosannya saya sampaikan bahwa saya tetap dukung TIMNAS INDONESIA, apapun yang terjadi… Coz, I LUV INDONESIA …🙂
    Masih banyak kesempatan untuk membuktikan bahwa TIMNAS INDONESIA BISA !😀

  40. Miftahgeek berkata:

    Kalah/Menang, tetep pacar di dadaku :p

  41. blogbobby berkata:

    masih nyesek.. tapi yasudahlah, belum rejekinya.. mau diapain.. T_T

  42. bujen berkata:

    Kapan indonesia jadi juara😀

  43. Ann berkata:

    Salut juga untuk kesetiaan & kesabaran ‘pemain ke 12’ yang hadir di GBK.

  44. Pendar Bintang berkata:

    Bangga dengan kerja keras TIMNAS dan bangga dengan supporternya,,,semoga kita bisa selalu dalam kebersamaan dalam segalah hal bukan hanya sepak bola yah…

    salam kangen Aa…

  45. monda berkata:

    Mudah2an penonton liga indonesia sebijak pendukung timnas. Jadi nggak ada lagi tuh tawuran, bonek dan iringan suporter yg bikin macet jalan.

  46. nitnot berkata:

    masih ada kesempatan berikutnya…ayo indonesia bisaa…

  47. wahyu nurudin berkata:

    aku nggak nonton pertandingan itu. aku tidur. tapi aku mimpi orang-orang bersorak-sorai di jalan-jalan mengatakan indonesia menang pertandingan itu. esoknya benar. menang 2-1 walau bukan 4-2.

  48. azaxs berkata:

    Garuda tetap di dadaku!🙂

  49. elmoudy berkata:

    suatu saat..Indonesia juara…
    dan tetep bangga dengan skill dan semangat pemain2 kita…
    bener2 bermental juara…walau belum juara

  50. Republican Wasp berkata:

    Siapapun yg menang, NH & kroco-kroconya harus turun!!

  51. edratna berkata:

    Saya bangga pada timnas, yang tetap berjuang sampai akhir, kalah menang adalah hal biasa dalam sebuah pertandingan.
    Juga para supporter yang tetap sportif, tak membuat rusuh….
    Semoga bangsa Indonesia makin bisa belajar, menghargai pertandingan, menghormati sportivitas….

  52. adji berkata:

    Indonesia Tetap Juara Sejati Piala AFF 2010

    http://indonesia-aff2010.blogspot.com/
    meniti perjalanan Indonesia menjadi juara sejati Piala AFF 2010. Lihat, telusuri semangatnya dan jadikan inspirasi untuk timnas Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang.

  53. bchree berkata:

    indonesia menang tapi kalah …. biarlah bangsa ini banyak belajar dari peristiwa ini http://bchree.wordpress.com/2010/12/28/balasan-setimpal-untuk-laser-dan-petasan-harimau-malaysia/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s