Pendamping Wisuda (PW)


Jum’at pagi aku dan istri harus berangkat menuju Bandung, hal ini dikarenakan sekitar jam 13.00 WIB istriku harus melakukan gladi resik wisudaan. Wisudanya itu sendiri dilaksanakan keesokan harinya. Alhamdulillah, istriku bisa selesai jua kuliahnya. Karena jikalau tidak, bisa jadi aku tercatat sebagai suami yang punya andil dalam menghambat cita-cita istrinya.

Istriku dinyatakan lulus pada tanggal 26 November 2010 dengan IPK sebesar 3,58. Alhamdulillah cum laude. Bagiku sih sebenarnya cum laude tidaklah terlalu penting, yang penting kuliahnya selesai dengan baik, ilmunya terserap dengan baik. Soal dia mau memanfaatkan ilmunya dengan mengabdi di sebuah perusahaan milik orang lain, atau menciptakan lapangan pekerjaan buat diri sendiri di rumah, atau malah menciptakan sebuah perusahaan dimana dia jadi motornya ya bukan soal buatku. Bagiku yang penting istriku nyaman. Termasuk jika istriku nyaman tak memanfaatkan ilmunya pun ya gak apa-apa, yang penting bisa menjadi istri yang baik dan ibu yang baik buat anak-anakku kelak.

Baiklah, kembali lagi ke tema wisudaan. Dalam wisudaan itu tentu saja ada wisudawan dan atau wisudawati. Terus ada juga tuh yang namanya pendamping wisuda yang biasa disingkat PW. Nah wisudaan istriku nanti sudah barang tentu lelaki ganteng ini bakal menjadi pendamping wisuda. Semoga bisa menjadi PW yang teladan.

Istriku tentu saja akan deg-degan. Bukan masalah mikirin giliran dipanggil kedepan dan dimiringkan topi kebesarannya. Melainkan deg-degan karena takut PW nya diserobot mojang-mojang kota kembang. Pastinya kedua orang tuanya akan dengan sigap mengawal sang PW agar tidak tergoda dan terkecoh rayuan pulau kelapa. Kalau soal beginian, sepertinya sang PW sulit untuk terayu dan ditaklukan. Maklum sang istri punya jurus jitu berupa ancaman akan menagis meraung-raung jikalau mataku jelalatan. Ah sudahlah, kok malah bercanda ya, hehehe.

Teringat saat aku wisuda dulu, di saat orang lain pada membincangkan PW, aku malah dengan bangga menyatakan jomblo ajib. Di saat-saat akhir kuliah, aku memproklamirkan diri terbebas dari ikatan “pacaran” dengan pihak manapun. Baik dengan gadis A, B, C, E, F, G, H atau Z. Boleh dibilang ini adalah awalku untuk mulai meninggalkan konsep cinta semu. Karena perlahan namun pasti toh aku menyadari bahwa kegantengan ini bukanlah untuk dimanfaatkan dengan tidak baik. Lebih tepat lagi ini aku lakukan agar aku bisa lebih fokus menatap masa depan. Bagiku saat aku lulus kuliah, maka ini adalah saat dimana aku harus benar-benar bisa mandiri. Tidak tergantung lagi pada orang tua yang sudah lebih dari dua puluh tahun membiayai kehidupanku.

Ya, alhasil tak ada PW berupa seorang gadis sumringah di sampingku kala itu. Tapi tetap saja bunga-bunga hinggap di tanganku. Dan banyak dari mereka tersenyum mengucapkan selamat untukku. Dan aku, berada pada pandangan yang jauh kedepan, mencari arah jejak langkah kehidupanku yang lebih menantang.

Dan kini, langkah-langkah itu telah begitu panjang. Bertahun-tahun sudah aku merangkainya hingga aku dipertemukan dengan sosok gadis baik yang dengan bangga menyatakan diri sebagai istriku. Aku bukan hanya pendamping wisuda untuknya, melainkan aku juga adalah pendamping hidup. Moga aku bisa benar-benar menjadi pendamping yang baik.

Catatan: Maaf mungkin gak BW dulu utk beberapa hari ke depan. Meski selama di Bandung mendampingi kegiatan istri, moga masih sempat kopdar dengan blogger di sekitaran Cimahi๐Ÿ™‚

 

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati dan tag , . Tandai permalink.

48 Balasan ke Pendamping Wisuda (PW)

  1. Realodix berkata:

    Wah selamat ya..
    Aminn…:)

  2. Prima berkata:

    Hhihihihihi…saya juga gak ada PW kang waktu wisuda, gak ada orang tua lagi, wkakakaka..mnegenaskan kan๐Ÿ˜›

    Moga kalo saya sekolah lagi, dapet PW yang baik dan sudah saya nikahi, jadi wisuda bisa gaya dikit, hihihihi…aminnn…

  3. Daun berkata:

    Selamat atas kelulusan cumlaudenya sob sukses slalu n selamat juga buat istrinya

  4. arifromdhoni berkata:

    Sekitaran Cimahi kang? Daerah mana?

  5. Pencerah berkata:

    selamat buat sang istri kang

  6. Klo di kampusku dulu PW bukan pendamping wisuda tapi pendamping wanita sebab istilah PW adalah istilah yg dipake para wisudawan pria untuk memamerkan pendampinya entah itu istri, pacar ataupun pacar pinjaman he he…yang penting ada seorang wanita yang mendampingi. Akhirnya menjelang wisuda, calon wisudawan pria pada sibuk mencari PW (pendamping wanita) ini. Tapi wisuwati kok malah jarang yang membicarakan PW, mungkin karena PW dikonotasikan sebagai milik Pria yang ingin menunjukkan pendamping wanitanya. Klo gitu, buat wisudawati nyari PP aja, bukan pulang-pergi loh, tapi pendamping pria

  7. indobrad berkata:

    yang ada mestinya si suami dong yang takut. bisa aja kan istrinya tiba2 gak pulang karena dibawa lari PW lain. xixixixix

  8. Masbro berkata:

    Salam kenal buat istrinya Mas. Selamat..!!

  9. Fir'aun NgebLoG berkata:

    selamat yach buat istrinya :salaman:
    jangan lupa ilmunya harus dipraktekkan dan diamalkan, terutama di dapur dan di kasur๐Ÿ˜€ hahaha…

  10. TuSuda berkata:

    iya Kang..kami doakan semoga bisa menjadi PW dan PH (pendamping hidup) yang sejati selamanya… ๐Ÿ™‚

    • PusKel berkata:

      Tentunya…selamat ya Kang..dengan keberhasilan istrinya telah menjadi wisudawati….
      semoga menjadi sarjana utama, bersama sang pendamping yang tampan dan setia…. ๐Ÿ˜€

  11. choirunangim berkata:

    assalamu ‘alaikum
    selamat ya Mas dan Mbanya atas telah diwisudanya..
    doain saya ya saya baru smester lima..biar cept lulus..

  12. Pendar Bintang berkata:

    Salam dan selamat buat tetehnya ya Aa…..

    semoga senantiasa sukses selalu….

    Kapan kopdar sama adik?he he eh he

  13. alamendah berkata:

    Selalamat buat istrinya, Kang. 3,5 tinggi pula, tuh.

  14. Ciye,, selamat ya..
    semoga menjadi pasangan yang langgeng, tahan segala cobaan hidup. Amin..
    btw, tinggal di cimahi ya?? Wah dekat kantornya masku dunk.. Pusdik ARMED.

  15. service ac berkata:

    Emang mesti gituu kalau jadi suami teladan sobb selalu mendampingi istri kemana pun pergii…. *lahh gak kerja-kerja donkk* hehhe…..
    Selamat yah sobb….

  16. edratna berkata:

    PW yang baik….
    Semoga ilmu Ny. Achoy bermanfaat bagi kehidupan selanjutnya, baik untuk keluarga maupun masyarakat sekitarnya.

  17. Selamat buat Kang Haris dan Isteri, sudah Wisuda, berarti TA langsung sukses Kang… Mantap..

  18. ysalma berkata:

    Selamat untuk pagi bening,,
    Wisuda seorang perempuan juga sudah terealisasi dengan baik,,
    wisuda pendidikan hari Sabtunya juga iA berjalan lancar,,
    Ilmu yang didapat dibangku kuliah akan terpraktekkan nantinya dalam membimbing anak-anaknya kang,, tenang aja,,,๐Ÿ˜€

  19. putri fajar berkata:

    selamat untuk empunya blog dan istrinya, hehe…
    btw, istrinya kuliah dimana mas? di UPI bukan?

    hmm… semoga saya sudah ada PH juga pas wisuda.. (loh?)๐Ÿ˜†

  20. Ann berkata:

    Selamat, semoga ilmu yg didapat bermanfaat untuk diri dan orang lain.

  21. hudaesce berkata:

    tak banyak ungkapan kata bang, yang penting mah Selamat za deh, turut menDo’akan juga darisini semoga kelak ilmunya itu dapat bermanfaat tuk umat. ๐Ÿ™‚

  22. @helgaindra berkata:

    congrats buat istri akang๐Ÿ™‚

  23. PW seakan menjadi kebutuhan primer hehe… tak heran jika gosipnya ada rental PW hehe

  24. Rchymera berkata:

    Wach selamat mas istrinya lulus dengan lancar dan apalagi kumlaude,ditunggu acara makan2nya nich xixixi…:D

  25. endra berkata:

    wedew….. wisuda…? kapan aku wisuda….. hehehe…..๐Ÿ˜ฆ
    selamat kang buat istrinya…..

  26. monda berkata:

    selamat ya buat tetehnya

  27. bundadontworry berkata:

    Alhamdulillah, selamat utk Teh Silvy yg akan di wisuda๐Ÿ™‚
    subhanalllah, cum laude pulak lagi๐Ÿ™‚

    semoga A bisa jadi PW dan PH ( Pendamping Hidup) yang sukses didunia dan akhirat ,amin

    salam

  28. puteri amirillis berkata:

    alhamdullillah..selamat ya teh silvi…semoga ilmunya bermanfaat…
    selamat juga untuk A’Achoey yang telah menjadi PW dan PH bagi teh silvi…dunia akhirat..amin

  29. Wati berkata:

    Selamat atas kelulusannya…

  30. nakjaDimande berkata:

    Alhamdulillah, Bundo ikut bahagia.

    selamat buat Teh Silvy dan A juga
    pasangan super, Insya Allah.๐Ÿ™‚

  31. unggulcenter berkata:

    yup yup betul. Seyogyanya eh secimahinya deh, kalau Pendamping itu bukan cuma pas wisuda, tapi memang suami-istri pasangan hidup. Karena wisuda adalah salah satu fase penting dalam hidup, tidak bisa sembarangan.๐Ÿ™‚

  32. FOUR DREAMS berkata:

    wah selamat ya sob๐Ÿ™‚

  33. advertiyha berkata:

    Selamat buat teh Silvi,, hebat euy, Cum laude, heheh…
    Kang achoey, sekarang dapet bunganya berapa banyak?? hihihi…๐Ÿ™‚

    sukses terus buat rumah tangganya kang,
    moga cita2nya bedua bisa tercapai..๐Ÿ™‚

  34. budiarnaya berkata:

    Selamat yach aa buat yang tercinta, dan sukses selalu

  35. intanainie berkata:

    lam kenal… kunjungan perdana nih. slmt y buat istri tercinta… smoga sukses di masa depan. btw, nice blog. aku suka..๐Ÿ™‚

  36. fendik berkata:

    Selamat ya kang.. dulu saya juga pernah menjadi pendamping wisuda buat pacar yang kini menjadi istriku… hehehe.. sukses selalu…

  37. apikecil berkata:

    Wah,,selamat ya Mas..
    Semoga selamanya indah…

  38. thisisrizka berkata:

    waah, selamat yaa A, semoga ilmunya bermanfaat buat semua, amiin..
    Doakan saya juga ya A, semoga bisa segera nyusul diwisuda, dan ikutan cum laude kayak istrinya Aa.๐Ÿ™‚

  39. blogbobby berkata:

    Selamat buat istrinya mas…๐Ÿ™‚
    btw masih di Bandung nih.. belum ada update terbaru…๐Ÿ˜€

  40. Mood berkata:

    Selamat yah, karena istrinya sudah diwisuda. Semoga ilmu yang didapat bisa berguna dan bermanfaat.
    Salam.. .

  41. andinoeg berkata:

    Selamat ya, wah kapan saya juga lulus ya???

  42. tips beli rumah berkata:

    aku ajah PW’y,. mo gak,..

  43. Ceritaeka berkata:

    SELAMAT untukj istrinya yah Ak๐Ÿ™‚
    ditunggu poto2 wisudanya…

  44. Ade Truna berkata:

    pa mamat beli pepaya

    selamat yaaaa ::salam dari soreang::

  45. yustha tt berkata:

    wah…istrinya keren, cum laude euy…
    selamat ya… *telat bgt yak :D*

    btw mbaca ceritanya, sy menduga pacar mas Achoey jaman wisuda dulu adalah ni gadis D. haha….๐Ÿ˜†

    sehubungan dengan istilah PW alias pendampng wisuda, sy dan teman2 pun punya istilah PJ alias pendamping jagong (yg nemenin waktu dtg ke nikahan teman). Berhubung jomblo, jadi kalo dapat undangan nikah, sibuk ditanya: besok PJ’nya sapa Tik? Hahaha….๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s