Sahabat Lama


Malam itu, kedai sahajaku telah menghentikan pelayanannya. Jam 8 malam telah lewat lebih dari belasan menit, saat dering suara ponsel memecah konsentrasiku menonton TV. Dari balik sana, terdengar suara yang tak asing lagi, suara sahabatku kala kuliah. Dan dia mengabarkan bahwa saat ini dirinya berada pada jarak yang relatif tak jauh dari kedai sahajaku berada. Jelas aku kaget, bagaimana bisa.

Bukanlah saat yang tepat untukku bertanya kronologis tentang sahabatku kok bisa nyasar ke sini. Hal yang paling tepat kulakukan adalah segera memacu motorku menyeruak malam menuju tempat dimana sahabatku hinggap. Dan memang tak perlu berlama-lama, aku pun telah melihat sosoknya tampak. Sosok tinggi besar namun gak gondrong sebagaimana seringnya dia memanjangkan rambut dimasa kuliah.

Kebahagiaan ini terpancar, bagaimana tidak, semenjak aku meninggalkan kota dimana di sana kami dipertemukan, kami baru bersua satu kali, dan ini kali kedua. Padahal rentang waktu tersebut hampir tujuh tahun lamanya. Jarak dan kesibukan yang membuat kami tak mudah untuk bersua. Dia di Yogyakarta dengan setumpuk kesibukannya sementara aku di Bogor dengan setumpuk kesibukan juga. Maka, malam itu kumanfaatkan waktu dengan indah.

Sahabat lama bukan berarti sahabat di masa lalu lalu kini bukan lagi. Sahabat lama adalah sahabat di masa lalu hingga kini. Persahabatan tetap terjain meski intensitas pertemuan tak sesering dulu. Tentu saja sahabat lama adalah sosok yang menjadi saksi ragam kisah kita di masa lalu. Karena sahabat kita itulah sosok yang paling dekat dalam keseharian kita di masa itu.

Sahabat lama bukanlah sosok yang usang ditelan waktu dan keadaan. Tetap jalin komunikasi yang baik dengan sahabat-sahabat kita meski jarak memisahkan. Tentu saja teknologi telah mempermudah kita untuk tetap merasa dekat dengan mereka meski tak bersua. Kini ada media komunikasi berupa telepon yang didalamnya juga ada fasilitas SMS dan MMS. Kita juga bisa memanfaatkan media internet untuk saling menyapa di jejaring sosial, saling kirim email, chating dan bahkan bisa menggunakan webcam.

Saya punya sahabat di Cikarang. Menurutnya, meski tak bisa bersua dengan mudah, baginya tetap harus tahu kabar sahabat-sahabatnya. Maka dia biasanya menggunakan fasilitas yang ada untuk mengetahui kabar sahabat-sahabatnya itu. Wah, bukankah ini indah.

Jadi, sahabat lama bukanlah sahabat di masa lalu, dan kini tidak lagi. Jalin silaturahim dengan baik. Karena bersahabat itu tidaklah rugi. Bersahabat itu menguntungkan hati. Tentu saja bersahabatnya dengan sosok yang baik, yang bisa menghiasi kehidupan kita dengan kebaikan.

Salam persahabatan.🙂

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

35 Balasan ke Sahabat Lama

  1. Daun berkata:

    wah bahagia bercampur haru sepertinya bisa melihat sahabat lama hadir dihadapan sa sob hehehe….

    Salam

  2. ysalma berkata:

    Salam Persahabatan juga A,,
    kok photo sahabatnya sebelum dan saat pertemuan ga dipajang sekalian??
    indahnya pertemuan disela jarak dan tempat yang memisahkan,,🙂

  3. fitr4y berkata:

    setuju mas, sahabat dari zaman kita muda sampai tua nanti ..

    salam sahabat .. 🙂

  4. gerhanacoklat berkata:

    semoga kedai sang sahaja laris terus dan tetap bersilaturahmi dengan sahabat2nya
    kapan yaaa aku kesana
    *janji mulu nih*😀

  5. arifromdhoni berkata:

    Semoga beroleh barakah dan umur panjang🙂

  6. unggulcenter berkata:

    mana fotonya kang.. tumben tanpa foto. btw ada lomba puisi, saya post di milis. Ikutan ya!

  7. julicavero berkata:

    sahabat lama atau baru sama..yg penting sahabat..bedanya hanya waktu aja ko..kalo sahabat lama kita kenalnya dah lama klo sahabat baru kenalnya baru ..hehe…salam…

  8. M A Vip berkata:

    jaman maju kayak sekarang kayaknya sudah tak ada lagi sahabat baru atau alama deh. hehe

  9. omiyan berkata:

    mungkin tentang cerita sahabat lama masih berhubungan disini kang

    http://bungaliani.wordpress.com/2010/12/14/masa-indah-seorang-pengangguran/

  10. halo mas.🙂

    intinya kita tetap bersilaturahmi kepada teman ya mas. .Tapi kalau sudah lama tidak bertemu, biasanya agak malu-malu buat ngomong. Entah kenapa, kok jadi enggak PD buat ngobrol, enggak kayak dulu gitu. .( pengalamanku )

  11. Bali Property berkata:

    Sebuah kabar yang menyenangkan kalo seperti itu,
    apalagi sahabat itu juga sahabat yang sangat baik,
    saya juga punya sahabat, yang sekarang sudah lama tidak bertemu, ingin rasanya bercerita kehidupan dengannya.
    Bali Villas Bali Villa

  12. hudaesce berkata:

    Bukan hanya sekedar di dunia nyata saja, bahkan di Dunia maya ini kita juga bisa terjalin suatu persahabatan yang indah. dan saya pribadi malah menemukan banyak sahabat baik di Dumay ini, bahkan malah menemukan seorang sosok abang yang yang baik kayak bang Achoey, 😀

  13. syamsul rijal berkata:

    mantap ni sob bisa ketemu sm sahabat lama ….oh ia sahabatnya itu cowok ato cewek sob ….

  14. An berkata:

    ayo buka cabang di surabaya om:mrgreen:

  15. marsudiyanto berkata:

    Semoga Mas Haris mau jadi Sahabat Lama saya…

  16. yustha tt berkata:

    senangnya ketemu sahabat lama……sahabat yang lama tidak berjumpa…🙂

  17. bundadontworry berkata:

    setuju A, sahabat itu adalah sahabat sepanjang hidup kita, dulu, kini dan nanti ….
    salam

  18. multibrand berkata:

    Memang persahabatan sebaiknya abadi sifatnya.

  19. Irfan berkata:

    gak ada yang namanya bekas sahabat. yang ada hanya bekas kekasih, bekas kaleng minuman. sahabat, dulu hingga sekarang.

  20. jadi inget temen2 sekolah yg lama tak jumpa..

  21. Masbro berkata:

    Selamat bernostalgia dengan sahabat lama ya Mas..

  22. Ceritaeka berkata:

    Setuju Ak🙂
    saya juga selalu mencoba menjaga silahturahmi dgn sahabat lama, tentu semampu yg saya bisa🙂

  23. atikah berkata:

    Sahabat menguntungkan hati. Hmmmmmm, setuju sekali.
    Dengan adanya sahabat di dekat kita, semua masalah tidak lagi menjadi masalah, ada seseorang yang selalu siap membantu.

  24. Jika dapat sahabat baru, jangan lupakan sahabat lama

  25. alamendah berkata:

    Sahabat lama, selalu di hati sejak dulu hingga kini,

  26. Wah, sahabat dan persahabatan… Alangkah indahnya…

    Salam BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  27. Ikkyu_san berkata:

    ah, senang sekali membaca pemikiran Achoey ttg sahabat. Semoga aku bisa tetap menjadi sahabat bagi Aa…. entah lama atau baru🙂 Waktu itu tidak ada standarnya bukan?

    EM

  28. binarnow berkata:

    selebriti update
    sahabat tu lebih dari segala-galanya

  29. blogbobby berkata:

    Sahabat tanpa pamrih tentunya,ya mas…🙂

  30. FOUR DREAMS berkata:

    banyakin sahabat, sahabat lama jangan dilupain kalo ada sahabat baru🙂

  31. febriosw berkata:

    Luar biasa, pasti seneng banget. 7 tahun baru bertemu 2 kali. Isak tangis haru biasanya mewarnai momen menakjubkan tersebut. Tapi tidak tau apakah juga terjadi pada pertemuan kali ini. Tidak ditulis sih. Off the record mungkin.🙂

  32. arman berkata:

    wah pasti seneng banget ya bisa ketemu lagi sama sahabat yang udah lama gak ketemu…🙂

  33. TuSuda berkata:

    kalau susah naik perahu, pakai saja kapal nelayan
    kalau sudah ada kawan baru, sahabat lama jangan dilupakan. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s