Tumbuhnya Rasa Nasionalisme.


Wow keren, atas permainan keren Timnas Garuda akhir-akhir ini, rasa nasionalisme pun tumbuh dengan indah. Yang tak suka bola pun kini pada nonton bola, bahkan banyak yang datang ke Gelora Bung Karno tuk menonton langsung kecantikan permainan dan semangat membara Timnas Garuda. Euforia suporter membahana, maka yel-yel pun serempak meng-Indonesia.

Dalam postingan saya yang ini, saya pun menuliskan kalimat sebagai berikut:

“Ayo garuda, terbang tinggi ke awan, dan menukik fokus pada target. Ingat, targetmu bukan sekedar kemenangan atas lawan-lawanmu. Tapi lebih indah dari itu, menumbuhkan semangat dan rasa nasionalisme bangsa ini. Bangsa ini, bangsa yang besar. Sudah saatnya bangkit dan unjuk gigi dengan prestasi.”

Ya, Timnas Garuda sampai saat ini telah mampu memerah putihkan hati  umumnya penduduk negeri ini. Dan saya harap ini tetap bertahan dan makin tumbuh indah.

Dulu, saya pernah membeli kaos merah bertuliskan INDONESIA di punnggungnya dan terdapat logo garuda dan bendera di dada kanan dan kirinya. Tak banyak yang memiliki kaos itu. Bahkan kita lebih mudah melihat orang memakai kaos dengan nama dan bendera Inggris, Jerman, Belanda dan Brazil. Tapi kini, teman saya pernah bercerita bahwa dia gak kebagian kaos seperti saya, di pusat perbelanjaan ludes terjual.

Teman saya tetap berjuang sampai akhrirnya stok kaos baru datang, lalu dia pun beli dan mengenakannya. Gak hanya itu, kru Mie Janda pun ramai-ramai membelinya. Ya membeli kaos seperti yang saya beli beberapa bulan lalu. Ini dia, dari sini saja kita bisa melihat bahwa rasa cinta terhadap negeri tumbuh dengan indah. Tentu saja rejeki nomplok buat para pengusaha yang membuat dan menjual kaos INDONESIA ini.

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati. Tandai permalink.

39 Balasan ke Tumbuhnya Rasa Nasionalisme.

  1. Ikkyu_san berkata:

    ya sangat diharapkan sedikit demi sedikit Indonesia bisa bangkit di segala bidang.
    (suami saya yg org jepang juga seneng sekali pakai baju kaos dgn bendera merah putih…)
    EM

  2. ratansolomj9 berkata:

    Yups! team Garuda moga tetap Solid, hingga kita semua tetap menjadi Soulmet …

    Salam dari Solo

  3. Durahman berkata:

    Horas Horas Bangsaku,,… tetap semangat pacu menyerbu, buktikan pada dunia, merah putih itu bisa.
    aduh jadi hoyong kaos anu sapertos kang achoey.!

  4. The Kidzz berkata:

    Indonesia Pasti Bisa,,Buktikan Nyalimu Indonesia..:D
    i lOVE indonesia……

  5. Bali Property berkata:

    Wah.. tapi keren juga kaosnya, saya malah baru tau, karena di daerah sini belum ada.
    aku jadi pengen beli tuh kaos hehe..
    Bali Villas Bali Villa

  6. PusKel berkata:

    benar Kang…inilah berkah dari prestasi olahraga khususnya sepakbola yang bisa menyemangatkan kembali jiwa nasionalisme, sehingga melalui semangat kebersamaan ini, problema bangsa lainnya bisa teratasi bersama.

    • TuSuda berkata:

      saatnya untuk selalu semangat, bangkit dan bangga menjadi bagian dari Indonesia, bagaimanapun adanya…
      BTW, pingin juga punya kaos merah dengan lambang Garuda didadaku…keren. 😀

  7. Multibrand berkata:

    Semoga timnas bola kita maju terus berhasil dalam setiap pertandingan, sehingga kita menjadi semakin bertambah rasa percaya diri dan bangga sebagai bangsa Indonesia.

  8. Untung Denuzz udah punya satu… Hehe
    Masih bagus pula…
    Yup, bener banget pendapat kang achoey. Di Palembang mulai banyak orang yang pake kostum timnas. Tapi, jika misal timnas gak jadi juara, akankah euforia tetap seperti ini?

    Salam BURUNG HANTU…Cuit.. Cuit… Cuit…

  9. M A Vip berkata:

    saya malah takut kalo sampai juara nanti nurdin halid malah tambah berkuasa di PSSI. ada yang untung tapi sedikit orang, yang rugi banyak orang.

  10. fitr4y berkata:

    semoga kecintaan terhadap negri ini bertahan sampai kapan pun .. 🙂

  11. bundadontworry berkata:

    alhamdulillah ya A, semoga dgn prestasi olah raga sepak bola kita kini, ikut memacu kecintaan dan kebangkitan dr bangsa besar ini ,amin
    salam

  12. Masbro berkata:

    Senang melihat kemajuan persepakbolaan negeri ini. Sepakat dengan Mas Achoey, sudah saatnya Indonesia bangkit dan unjuk gigi..

  13. hudaesce berkata:

    Wah……,bener sekali apa yang dituliskan bang Achoey. bukan hanya disitu bang, disini juga sama halnya, bahkan anak2 za pada merengek pada Ortunya minta dibeliin kaos yang ada gambarnya garuda ntu,🙂

  14. FOUR DREAMS berkata:

    INDONESIA MERDEKA !🙂

  15. bangauputih berkata:

    pesan satu mas…
    hehe

  16. budi utomo berkata:

    mas,, link sampeyan sudah aku pasang di budiutomo.com silahkan di cek.. salam kenal ya.. semoga dunia per blogan indonesia makin maju

  17. advertiyha berkata:

    Betul banget kang….🙂
    di kantor juga jadi merah putih nih.. ckckck…
    salute untuk TimNas Indonesia…!!
    ayo kita dukung terus para pahlawan2 lapangan kita ini,
    jika seluruh rakyat Indonesia menanam semangat garuda didadanya, saya yakin kemajuan bangsa ini akan segera tercapai..🙂

    hidup merah putihku..!!!

  18. usagi berkata:

    He he he he he he he
    Iyaooooo
    Banyak yang mau beli tiket
    Calo calo laku keras
    He he he he
    Semoga menang yakkk
    Aq gak suka bola
    Tpi suka klo orang teriak teriak
    Lumyan dapet kesempatan buat teriak teriak juga
    Ha ha ha

  19. Pendar Bintang berkata:

    Garuda di dadaku🙂

    Aa…naksir kaosnya😳

  20. masyhury berkata:

    Warna bajunya dominan ke merah ya, bikin perasaan membara terus!!!
    Kalau ada, saya juga mau beli ah,😀

  21. baguštejo berkata:

    INDONESIA RAYAAAAAAAA!!!!!!!

  22. andry sianipar berkata:

    Semoga ini hanyalah awal dari segala kebangkitan kita…selanjutnya kita harus lebih berjaya…

  23. Danu Akbar berkata:

    Cewek2 juga jadi pada suka gara2 ada irfan. hehehe

  24. alwathaniyah berkata:

    I Like this..🙂. Keren kang.. Pose ala spidermannya. hehehe.. Semangat nasionalisme memang sedang tinggi, semoga selalu tetap seperti ini. Semangat…

  25. KOMPILOGI berkata:

    Diakui atau tidak, sepakbola memang memiliki peran penting dalam menyatukan dan meningkatkan rasa nasionalisme suatu bangsa. Konon di afrika yang biasanya diwarnai dengan perang saudara akan bersatu sejenak untuk menyaksikan timnas mereka bertanding. Di Indonesiapun demikian. Suporter-suporter yang biasanya berseteru akhirnya menyatu menyaksikan timnas garuda bertanding. Gara-gara Indonesia menjadi juara group A, seakan-akan semua orang merasa memiliki Timnas Garuda. Bravo Timnas Garuda Indonesia, lanjutkan perjuanganmu hingga yang paling maksimal. Kami tunggu aksi-aksimu selanjutnya

  26. Kampung Perawan berkata:

    Kepakkan sayapmu, tunjukkan kemampuanmu. GO Garuda!

  27. fendik berkata:

    Benar sekali kang, moga ntar lawan filipina juga menang…

  28. blogbobby berkata:

    Berarti yang menentukan Nasionalisme adalah kemenangan. Semoga saja menang terus ya, mas…😀 Ayo kita dukung Indonesia. . .

  29. Sugeng berkata:

    Maju terus garudaku, terbanglah ke angkasa dengan membawa merah-putihku😛
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  30. ankelistyan berkata:

    Nasionalisme itu bukan dalam bentuk fisik saja mas. Dari dulu penyakit dari kebanyakan orang kita ya gitu. Kalau ada momen baru Nasionalismenya timbul. Padahal Nasionalisme itu adalah sebuah jati diri yang menyatu dengan kepribadian. Apapun yg kita lakukan semata-mata untuk Indonesia. Betapapun seorang itu bekerja di level bawah, kalau di dedikasikan untuk negeri, ya itu nasionalisme juga.
    Liat bagsa Jepang, Amerika, dll. Mereka bangga dgn bangsanya karena mereka menanamkan dalam dirinya, bahwa gawe bener dan baik itu untuk negri. Bukan kaya orang kita yang fokusnya ke duit melulu.

    Hidup bangsaku!!!

  31. kyra.curapix berkata:

    moga bisa jadi jawara amin,,,

  32. Nisa berkata:

    semangat merah dan putih🙂

  33. MENONE berkata:

    succes trs ya buat team merah putih ……………..ayooooo kita dukung trs team merah putihhhhhh…..cayooooooo……

  34. marsudiyanto berkata:

    Ikut mendukung Tim Merah Putih.
    Bravo Garuda!!!

  35. HALAMAN PUTIH berkata:

    Kesolidan timnas yang semacam ini perlu dipertahankan, prestasi sudah kita tunggu2. Meski sudah meningkat tetaplah terus ditingkaskan prestasinya. Kemenangan jangan hanya menjadi euforia sesaat.

    Majulah terus Timnas sepakbola Indonesia
    Jayalah tanah air tercinta

  36. unggulcenter berkata:

    yang “asli” aja (buatan nike — amerika, bukan nike yang lain) sold out. Padahal harganya mahal. Memang hebat tahun 2010 ini..

    Mudah2an di cabang olahraga yang lain juga terjadi kebanggaan. Misalnya basket yang lebih banyak berbicara di tingkat Asean. Kalau saya, senang juga dengan bola, Bachdim aja udah saya beli sejak 2009 heheh (kejadian hanya di game Football Manager/FM)😛

  37. The Jampang berkata:

    SMANGAT TIMNAS !! SMANGAT INDONESIA !!!
    http://www.thejampang.com
    -kaosnya jakarta-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s