Antisipasi Penyakit Flu/ Influenza


Alhamdulillah,  bisa kembali posting. Maklum, semenjak notebook istri sakit-sakitan dan sekarang masih dalam general check up di rumah sakit khusus notebook merk tersebut, praktis kami harus berbagi satu notebook yang tersisa. Jadi, jikalau istriku beberapa hari di bandung, maka jelas aku tak bisa mencumbu notebook kesayanganku itu. Ini berarti aktifitas blogging dan juga keperluanku untuk mengerjakan pekerjaan terganggu. Tapi tak apa, insyaallah dalam waktu relatif cepat kan ada solusinya.

Baiklah, di daerah saya, saat ini sedang musim sakit flu. Mungkin hal ini diakibatkan oleh cuaca yang tak menentu. Panas, hujan kadang tak bisa diprediksi. Kadang pagi-pagi dah gerimis, kadang pula hujan deras muncul di siang, sore atau malam hari. Nah mengingat hal itu, maka jaga kondisi kita jangan sampai virus flu dengan mudah menyerang pertahanan tubuh kita.

Konon virus flu atau influenza ini semakin kebal obat. Mungkin karena mereka telah mengenal obat tersebut maka mereka mencoba mencari titik lemah obat dan menjadikan diri mereka jauh lebih kuat dan lebih mudah menyebar. Jadi virus flu sekarang terkesan lebih garang. Maka dari itu, waspadalah.

Saya pernah baca di VIVAnews, bahwa ada beberapa hal agar kita bisa terbebas dari virus flu. Yakni dengan cara sarapan, lawan virus dengan kesibukan, olahraga ringan, konsumsi makanan tinggi protein, minum teh hijau, hangatkan diri dan istirahat yang cukup.

Saya kan ceritakan singkat mengenai hal yang saya alami. Sepulang dari Tegal saya mendapati istri sedang sakit flu. Lalu saya pun membeli ramuan herbal untuk menyembuhkan istri saya. Saya meminta dia memperbanyak istirahat, jangan terlalu banyak pikiran, menghangatkan badan, jangan mandi dulu. Saya juga meminta dia tuk makan teratur. Alhamdulillah demamnya sembuh, yang tersisa tinggal batuknya.

Nah, ketika istri saya sedang mengidap sakit flu itu istri saya tetap gak mau jauh-jauhan dari saya. Bahkan makan pun sepiring dan sesendok bersama. Dalam hati kecil saya ingin menolak karena saya tahu jika seperti ini terus, antisipasi sehebat apa pun saya kan tertular virus flu jua. Namun mengingat kasihan karena mungkin istriku tak menyadari hal ini karena dia kangen habis ditinggal keluar kota beberapa hari. Maka, ya sudahlah. Benar, gak lama kemudian saya pun sakit flu.

Jadi berdasar pengalaman saya di atas, meski kita telah sarapan, lawan virus dengan kesibukan, olahraga ringan, konsumsi makanan tinggi protein, minum teh hijau, hangatkan diri dan istirahat yang cukup pun, kalau kita terlalu dekat dengan sang penderita dan membiarkan penderita flu bersin dan batuk di depan kita hingga virusnya tanpa sengaja kita hirup, tetap saja kita kan tertular. Terus kalau kita makan bersama, minum dari gelas yang sama, maka tetap saja kita kan tertular.

Nah, alangkah bijaknya jika ketika kita sedang sakit flu maka kita mengenakan masker, gak batuk dan bersin sembarangan di depan orang lain dan menghindari hal-hal lain agar orang lain tidak tertular. Lalu, kita pun jangan menyerah, sembuhkan diri kita dengan langkah-langkah yang sudah disampaikan di atas. Jangan biasakan minum obat-obatan kimia, jika bisa gunakan herbal saja.

Obat herbal untuk flu itu antara lain jahe, serai, laos, beras kencur, atau cabai puyang. Jadikan minuman hangat supaya lebih mudah diserap tubuh. Saya sendiri waktu ngasih untuk istri ya beli wedang jahe dengan pemanis gula batu dan saya campur juga perasan air jeruk lemon, bagusnya sih jeruk nifis karena untuk pengobatan batuk juga. Silakan mencoba.

Semoga kita lebih kebal terhadap virus-virus yang jahat.🙂

 

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , . Tandai permalink.

26 Balasan ke Antisipasi Penyakit Flu/ Influenza

    • Prima berkata:

      Saya seminggu terakhir selalu pulang larut karena ada kerjaan, sering keujanan, cuma saya perbanyak makan buah dan minum t*lak angin cair jika dirasa badan terlalu pegel… istirahat yang cukup emmang penting tuh kang, banyak minum air, dan pastinya makan jangan telat.🙂 NUhun kang resepna..

  1. andinoeg berkata:

    wah harus jaga kesehatan nich, apa lagi musim hujan kayak gini

  2. fitr4y berkata:

    makan kenyang, cukup istirahat, tambah vitamin,, hehehe itu yg qu lakukan mas ..

    salam🙂

  3. Masbro berkata:

    Sama mas, saya biasa juga pake wedang jahe biar punya imun terhadap flu;

  4. Ann berkata:

    Mencegah lebih baik dari mengobati.
    Salah satunya adalah mengkonsumsi vit C. Selain jeruk, tomat segar (dimakan atau di jus) bisa menjadi alternatif lain untuk. Dan pastinya air putih.

  5. Durahman berkata:

    wedang jahe … selalu bajigur termasuk herbal ga kang?
    teh silvi semoga lekas sembuh batuk nya,,

  6. Pak Wandi berkata:

    Kalau di Singorojo, Kendal, Jateng hawanya duingin banget mas, mau mandi paji sahaja rasanya muales.

  7. Mas achoy ini benar-benar pasangan yg romantis hingga virus flupun masih berbagi dengan sang istri…Tp memang akhir-akhir inivirus flu tampaknya mulai melakukan penyerangan dengan memanfaatkan momen cuaca yg tidak menentu. Jika tidak hati-hati, kita akan diserangnya habis-habisan.

  8. Mood berkata:

    Saya juga biasanya sama dengan Mas Prima, minum jamu ‘itu’ kalau badan mulai terasa gak enak. Tapi kalau sudah terlanjur terserang, saya juga suka makan sup hangat yang pedas, biasanya setelah itu keluar banyak keringat dan badan terasa lebih enakan.
    Salam.. .

  9. Saya lg terserang nih Kang… masih uhuk-uhuk.. tp mulai mendingan.. *caper

  10. TuSuda berkata:

    cara-cara sederhana itu biasanya lebih bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh… sehingga kebal dari serangan virus influenza.
    Semoga kita semuanya semakin sehat dari hari ke hari…

    SALAM hangat dan sehat dari Kendari. 8)

  11. PusKel berkata:

    biasanya dengan istirahat yang berkualitas, olaharga yang cukup dan komsumsi gizi seimbang, maka kita bisa mencegah serangan flu yang beruntun karena perubahan iklim yang tidak menentu ini.

    SALAM hangat dari Kendari… 8)

  12. choirunnangim berkata:

    assalamu a’laikum..
    iya mas saya juga lagi flu… dan kebanyakan orang hari2
    ni lagi flu…

  13. Nurtien berkata:

    Betul itu, jgn manjakan diri dengan obat kimia, tubuh tuh memiliki daya kekebalan tersendiri dan kita hanya perlu melatihnya dengan memberi kesempatan tubuh tuk istrahat yg cukup dan biarlah tubuh yg menyelesaikan virus flu tsb jgn obat kimia, yah itung2 jg melatih kesabaran dgn menikmati penyakit dan bersyukur dgn penyakit itu Allah berkenan menggugurkan dosa kita.

  14. kawanlama95 berkata:

    Aku kalo ada indikasi Penyakit Flu/ Influenza biasanya banyakin minum air putih dan hirup air hangat ke dalam hidung kita tahan beberapa detik lalu buang. Insya Allah flu bisa diantisipasi

  15. ysalma berkata:

    Wedang Jahe,, menghangatkan disaat dingin,,
    haa,, sampai lupa,, hidung saya juga udah mulai ga enak,
    tertular dari sikecil yang lagi mampet dan batuk,,
    dia juga dapat dari teman2nya yang semuanya lagi batuk pilek,
    betul kang, sekuat apapun daya tahan tubuh, dipapar virus pilek ya ketularan juga, hiks,,

  16. Ikkyu_san berkata:

    di sini malah ada pemeo, kalau mau sembuh harus menularkan dulu ke orang lain hahahhaa

    EM

  17. hudaesce berkata:

    Waduw…..,harus pintar2 jaga kesehatan nih, agar gak gampang sakit. apalagi dimusim yang gak menentu kayak gini. maklum, saya ni za juga abis sembuh dari flu yang kemaren udah berhasil menjebol sistem kekebalan tubuhku. :mrgreen:

  18. pendarbintang berkata:

    Aa….kok comment adik hilang??

    Aa, jaga kesehatan, jangan sakit lagi…banyakin minum air putih hangat…

  19. yuni berkata:

    sepiring berdua… mmmm so sweet….
    sakit juga bareng… bener2 sehati …
    bikin ngiri😦

  20. ade uny berkata:

    bener… musim hujan kayak gini banyak flu menyebar… banyak2 makan makanan mengandung vit c…
    biar kita tetep sehat….

  21. ade uny berkata:

    iah… hujan2 gini penyakit gampang dateng….
    jaga kesehatan agar ga mudah sakit….

  22. auraman berkata:

    huachim,(ekspresi bersin) dan saya pun sedang terkena ni mas, apakaha harus mencoba Mie Janda ya mas ekstra pedas dan panas hahaha

  23. maseko cahyo berkata:

    hyaaa.. d draft saya ada cerita tntang flu,. belum keposting ,..weleh keduluan,..

  24. maya berkata:

    mdh2n flu bsa di antisifasi

Tinggalkan Balasan

