Tiga Target Di Tahun 2010


Detik menggelitik menit yang genit, memaksa jam berjalan memacu lajunya waktu. Hari berganti hari seiring siang berganti malam dan malam berganti siang. Lalu, bulan pertama pun terganti bulan kedua, dan begitu seterusnya hingga saat ini kita berada pada bulan terakhir setiap tahunnya. Tahun 2010 pun kan segera berganti tahun 2011. Ditandai sorak sorai pergantian tahun, menyambut tahun yang baru. Namun apalah arti jikalau hanya menjalaninya dengan sia-sia. Tanpa ada mimpi, tanpa ada cita-cita. Tanpa ada ilmu yang tergali, tanpa ada amal yang tercipta.

Demi masa, sesungguhnya manusia kerugian. Begitulah Allah berfirman dalam Kitab Suci-Nya. Dan ini tak terbantahkan, bagi manusia berilmu dan beriman, yakin benar kebenarannya. Jatah hidup kita di dunia quotanya pasti, tak bisa ditambah meski sepersekian detik sekalipun. Manusia yang bisa memanfaatkannya dengan baik, merekalah yang beruntung. Dan sebaliknya bagi mereka yang menyianyiakannya, kerugian bahkan bisa jadi termasuk celaka yang ada.

Seyogyanya, dalam mengukur suatu keberhasilan kita memiliki patokan. Dan biasanya patokan itu adalah target. Berhasil atau belum berhasil, biasanya kita sandarkan pada tercapai atau tidaknya target. Meski begitu, kita pun tidak lantas berputus asa bahkan membenci diri atas kegagalan tersebut. Terlebih menyalahkan Tuhan, padahal kita semestinya yakin bahkan ketetapan Tuhan-lah yang terbaik. Meski kadang di mata kita tidaklah baik.

Ya, jika di awal tahun atau akhir tahun sebelumnya kita punya target, maka di akhir tahun biasanya kita mengevaluasi, apakah tercapai atau tidak, apakah tercapai dengan baik atau tercapai karena keterpaksaan atau terkesan memaksakan. Evaluasi itulah yang saya maksud muhasabah. Mengevaluasi kemampuan diri dalam menjalani proses pewujudan target tersebut. Menurutku, bermuhasabah itu adalah cara bijak yang indah.

Baik, kembali lagi pada bahasan target, aku pun menetapkan tiga target di tahun 2010 ini. Target yang bahkan kusampaikan pada teman-temanku di penghujung tahun 2009. Lalu, beragam respon dari mereka pun terhimpun. Rata-rata mereka yakin pada dua targetku, tapi tidak untuk satu targetku yang lain, yang justru itu paling penting buatku. Kalian mau tahu apa yang sebenarnya kutargetkan itu? Berikut adalah targetku di tahun 2010 :

1. Menikah,

2. Membuka 2 cabang baru kedai Mie Janda,

3. Menerbitkan 2 buah buku.

Dan tahukah sahabat, bahwa diantara ketiga target tersebut, sahabat-sahabatku sangat tidak yakin dengan targetku yang pertama, yakni menikah. Sementara target kedua dan ketigaku mereka rata-rata yakin bahwa aku bisa merealisasikannya. Di mata sahabat-sahabatku, lelaki seperti aku dinilai tidak mudah untuk berkomitment terhadap seorang perempuan. Terlalu pilih-pilih dan kurang siap untuk setia. Ini dilihat dari masa laluku yang dikenal play boy. Padahal saat itu aku telah memutuskan tuk hijrah, gak pacaran-pacaran lagi. Tapi tetap saja, banyaknya perempuan di sekitarku, dianggap oleh mereka adalah perwujudan bahwa aku belum benar-benar berubah, aku masih seperti dulu, penakluk perempuan. Wualah, tape deh.

Lalu, kenapa mereka percaya bahwa aku mampu merealisasikan target kedua dan ketigaku. Ya karena mereka tahu bahwa dalam hal kemampuan manajemen dan wirausaha, aku sudah cukup membuat mereka mampu berdecak kagum. Dan untuk soal kemampuan menulis, mereka cukup tahu bahwa ideku mengalir bak aliran sungai di musim penghujan. Kalau mau nulis asal jemari di atas keyboard, jadilah tulisan. Menulis itu mudah, dan mereka percaya itu berlaku untukku, tapi tidak untuk mereka.

Baiklah sobat, kita urai satu per satu ketiga target tersebut. Kita evaluasi apakah tercapai atau belum tercapai. Aku gak bilang tidak, karena aku yakin tahun ke depan ada kesempatan, kuncinya asal tak putus asa, agar semangat senantiasa terpatri di jiwa. Jadi, seperti inilah hasil muhasabah yang telah aku lakukan.

1. Target Menikah

Aku punya target menikah di tahun 2010. Lebih tepatnya sebelum Hari Raya Idu Fitri 1431 H. Ya itu berarti aku harus sudah menikah sebelum bulan September di tahun 2010. Aku mengatakan pada keluargaku bahwa lebaran 1431 H akan ada warga baru di rumah sahaja. Kedua orang tuaku tersenyum, antara mengamini dan kurang percaya. Ampuuuun deh. Sahabat-sahabatku apalagi, mereka tidak yakin hal itu terjadi. Bukan karena mereka tahu bahwa aku tidak laku, justru karena selama ini banyak gadis menghampiri tetap tak mampu mencairkan hati. Sahabat-sahabat telah merekomendasikan orang yang sekiranya pantas, namun tetap saja di pandang tak pas. Waduh, sampai ada sahabatku yang bilang kalau aku itu harus menikah sama kriteria. saja, mengingat yang ideal hanyalah ungkapan kriteria. Padahal, aku pun gak bermaksud mempersulit diri dengan kriteria, aku hanya menjadikan kriteria sebagai alat ukur tuk mencari yang mendekati ideal sesuai keinginan hati. Dan menurutku ini tidak salah, toh siapa pun berhak memiliki kriteria. Termasuk juga lelaki sesederhana  aku dengan wajah dan penghasilan yang pas-pasan. Maksudnya pas gantengnya, pas ada duitnya kalau pas punya kebutuhan, hehehe.

Untuk merealiasikan target ini yang kulakukan adalah memperjelas do’a dan yakin pada Allah bahwa do’a saya pasti terkabulkan. Tentu saja tanpa mengenyampingkan ikhtiar.  Benar saja, melalui facebook, akhirnya aku berkenalan (taaruf) dengan seorang gadis. Dan dari perkenalan tersebut aku merasa inilah jodohku. Begitu banyak persamaan yang kami miliki, sama-sama lahir dari Ciamis, sama-sama darah Sunda yang kental,  sama-sama menyenangi media internet (secara dia kan orang IT dan aku seorang blogger), sama-sama penyuka puisi (dia juara baca puisi JABAR dan saya suka bikin semaca puisi), sama-sama gak suka pacaran (dia gak pernah “pacaran” sementara aku menyatakan diri gak akan pacaran lagi, hehe), sama-sama anak pertama, sama-sama punya adik tiga, sama-sama …. ah banyak deh.

Dengan keyakinan penuh, alhamdulillah aku pun bisa menyingkirkan 5 kandidat lain yang memiliki niat yang sama, menikahinya di tahun 2010. Alhamdulillah citra burukku di masa lalu sedikit terhapus oleh sebuah buku karya MT yang berjudul “Guru Kehidupan” di mana di sana tertulis bahwa salah satu guru kehidupan itu adalah aku. Ya aku lelaki yang hina dina ini. Alhamdulillah, buku ini membawa berkah.

Kami pun menikah pada tanggal 3 Juni 2010. Sahabat-sahabatku terkejut saat aku mengumumkan hal itu dan mengundang mereka. Alhmadulillah, target pertamaku tercapai sudah. Target yang orang banyak tak yakin bahwa aku bisa mencapainya. Syukurku menggunung, namun tetap belum sebesar nikmat-Nya.

2. Membuka 2 cabang baru kedai Mie Janda

Targetku yang kedua adalah menambah jumlah kedai sahaja Mie Janda di tahun 2010 ini. Beberapa hal sudah kusiapkan. Namun keadaan berkata lain, banyak faktor yang membuat target ini tidak tercapai.

Sebenarnya ada banyak orang yang ingin melakukan frinchise. Ada yang menyatakan keinginannya via web Mie Janda, via telepon, bahkan banyak pula yang sampai datang langsung ke kedai kami. Mereka tidak hanya berasal dari Bogor, tapi Juga dari Depok, Jakarta bahkan kota-kota di luar Jawa Barat dan ada juga dari luar pulau Jawa.

Karena liputan Mie Janda di stasiun TV, stasiun radio, internet, dan media cetak, kedai Mie Janda menjadi lebih banyak dikenal. Dan membuat mereka tertarik untuk menjadikannya sebagai tujuan wisata kuliner dan peluang investasi dan peluang kerjasama usaha. Namun kami belum bersedia merealisasikan niat baik mereka untuk frenchise. Kami khawatir malah mendzolimi mereka. Kami ingin perbaiki dulu internal kami, dan ketika siap bisa jadi kami lakukan itu. Tapi sejujurnya, kami akan kelola sendiri selagi mampu, baru setelah itu, frenchise di pandang perlu ya oke lah kalau begitu.

Jadi, ketidakberhasilan untuk membuka dua cabang baru Mie Janda di tahun 2010, tidak membuatku menyalahkan diri dan meratapi. Toh ini memang jalan terbaik. Meski begitu, paling tidak targetku yang ini terobati karena di tahun ini aku bekerjasama dengan sahabatku yang lain mampu membuka unit usaha baru yakni Kreasi.biz untuk usaha di bidang IT, web development, web design, social marketing consultant dan programming. Dan satu lagi adalah Sekolah Basket Gradena Pratama. Sekolah basket pertama di Cibinong dan sekitarnya.

Tuh kan, jadi kalau dihitung-hitung kan muncul juga dua unit usaha, meski bukan dua outlet baru Mie Janda. Alhamdulillah.

3. Menerbitkan 2 buah buku

Ini targetku yang ketiga, dan target ini pun boleh dibilang meleset boleh juga tidak. Bisa dibilang meleset jika kita mempersepsikan bahwa yang dimaksud menerbitkan buku adalah menerbitkan kumpulan tulisan baik fiksi maupun non fiksi, yang diterbitkan sebuah perusahaan penerbitan, lalu buku kita beredar luas ditoko-toko buku sehingga orang lain mudah membelinya. Ya, aku belum melakukan hal ini di tahun 2010. Tapi moga di tahun kemudian.

Tapi jika yang dimaksud menerbitkan buku adalah mencetak dan menerbitkan tulisan menjadi buku baik sendirian atau gabungan dengan penulis lain. Lalu buku tersebut diedarkan baik secara gratis mau pun berbayar pada orang lain tapi cakupannya tidaklah luas. Maka, kalau persepsinya seperti ini, maka aku telah merealisasikan target tersebut.

Pertama aku telah membuat buku kecil (buklet) kumpulan puisi karya aku dan istri yang diberi judul “PUISI CINTA Sepasang Puisi”, dan dibagikan gratis saat resepsi pernikahan kami. Ada sekitar 800 buku kecil yang dicetak dan hampir semua sudah dibagikan termasuk kepada beberapa blogger yang saat dulu mengikuti kuis Sang Sahaja.

Kedua, ada delapan puisi karyaku yang dipinta Pak Ersis Warmansyah Abbas dan digabungkan dengan karya-karya  19 penyair dari pelosok negeri. Pak EWA (panggilan untuk Pak Ersis) memberi judul buku antologi puisi tersebut dengan judul “Menjaring Cakrawala”. Dan buku ini kan segera naik cetak dan segera diterbitkan. Bisa jadi buku ini kan ditemukan di toko-toko buku terdekat di kota Anda akhir tahun ini, ya jika tidak mungkin awal bulan di tahun depan.

Itulah hasil muhasabahku pada kemampuanku berikhtiar tuk merealisasikan tiga target di tahun 2010 ini. Dari sini aku menyimpulkan bahwa aku harus selalu berusaha dengan keras, cerdas, tuntas dan ikhlas agar apa yang aku targetkan bisa tercapai. Tentu saja dibarengi dengan do’a yang tulus dan keyakinan bahwa Allah kan memberikan yang terbaik. Soal masih adanya ketidaksempurnaan dalam pencapaian, ini bukanlah sebuah kegagalan, melainkan pelajaran berharga untuk perbaikan di masa depan.

Dengan muhasabah diri aku semakin mampu mengenal diriku. Di mana titik lemahku, di mana kekuatanku. Dengan muhasabah aku juga bisa semakin mengerti, bahwa Allah-lah Sang Maha Penentu, dan tugas kita adalah menyempurnakan ikhtiar. Bermuhasabah itu indah, jadi biasakan melakukannya. Bukan hanya pada target yang ingin dicapai, juga pada kualitas penghambaan pada Tuhan dan kualitas kemanfaatan diri untuk manusia lain.

Pandai-pandailah menghisab diri, sebelum dihisab diakhirat nanti. Semoga aku bisa. Makasih buat semua yang telah mengingatkanku untuk terbiasa bermuhasabah.

Salam semangat, salam persahabatan.

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun di BlogCamp

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati dan tag , . Tandai permalink.

52 Balasan ke Tiga Target Di Tahun 2010

  1. ysalma berkata:

    Selamat untuk target-terget yang tercapai maupun yang diganti dalam bentuk lainnya A, Semoga ditahun depan semua resolusinya juga terpenuhi..

  2. yecruzsulla berkata:

    target yang realistis sih, semoga tahun depan lebih baik,

    keep bloggerhood

  3. memang seharusnyalah kita selalu memuhasabah diri sendiri.

    Semoga menang ya sobat, kontesnya…😀

    Salam Persahabatan

  4. andinoeg berkata:

    ditunggu bukunya

  5. deady berkata:

    wah kalo ada target menikah yang berhasil gini jadi iri
    target menikah kapan ya enaknya? 24 kali ye? Hehehe

  6. hudaesce berkata:

    twu thumbup untuk mu deh bang, membaca tulisanmu ni diriku Jadi terpacu tuk makin semangat mengejar angan, cita dan cinta nih kayak bang achoey nih.

    Eem…….., gut lak za deh bang,semoga menjadi yang terbaik di kontes nya pak dhe nanti.

  7. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam K.U.M.A.T – Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun di BlogCamp.
    Akan dicatat sebagai peserta

    Salam hangat dari Markas BlogCamp di Surabaya

  8. aciid berkata:

    smangad deh kk😀
    moga smuana tercapai sesuai dg pa yg dharapkan.
    kami teman2 blogger hnya bisa mengiringi dg doa🙂

  9. Alhamdulillah, Mas Achoy bener-bener orang yang beruntung karena ternyata tahun ini (semoga yang akan datang juga) target-targetnya sudah terpenuhi. Kita tunggu resolusi tahun 2011 dari Mas Achoy, semoga bisa memberi inspirasi dan pencerahan bagi kita semua. Amin!

  10. 'Ne berkata:

    wah pencapaian yang luar biasa ya hehe..
    selamat karena targetnya sudah ada yang tercapai.. dan semoga ke depannya mendapatkan pencapaian yang lebih lagi..
    sukses juga mas untuk kontesnya semoga menang..😀

  11. Pak Wandi berkata:

    Pertamax : semoga semuwa atau sebagian targetnya kesampaian mas.
    Keduwax : semoga menang di kontesnya pakdhe Cholik.

  12. ~sumanjaya berkata:

    target yg dicapai sesuai dgn rencana rupanya
    selamat sob …🙂 …
    semoga tahun depan ‘semakin lebih baik …😀

  13. Roulette_vuwan berkata:

    Alhamdulillah, trut snang atas pencapaiannya. . .semoga dgan ksuksesan dtahun ini dpat memicu kesuksesan2 dtahun2 selanjutnya agar lbih baek. .. .amien, dtunggu kunjungan baliknya ea sobat. .
    http://tjah-ict.blogspot.com/

  14. ratansolomj9 berkata:

    Semoga semua target segera tercapai termasuk memenangi kontes.
    Salam hangat dari Solo

  15. Manado Site berkata:

    Cuma Satu Target saya di Tahun 2010…..Saya Pingin Cepat Kawin Hahahhahahha…..salam knl mas…..skalian cari jodoh di sini heheheehe

  16. bintangtimur berkata:

    Pencapaian yang patut disyukuri…
    Selamat buat semua keberhasilan, mudah-mudahan tahun depan semua semakin sukses🙂

  17. thrw berkata:

    if you believe you can,
    you can do it..

  18. dedekusn berkata:

    Bagaimanapun A Achoey orang yg hebat…, salut we abdimah.
    Walau target kedua belum terealisasi tapi Mie Janda sudah ‘jadi sabiwir hiji’ hebatlah pokonamah.
    Mudah2an buku puisinya dengan Pak Ersis Warmansyah Abbas segera terbit A.🙂

    Sy yakin postingan ini akan menjadi salah satu pemenang dimuhasabahnya Pakde Cholik

  19. semoga segera tercapai point 2 dan 3 nya.. Amin

  20. Abdul Hakim berkata:

    semoga menang kang, dan targetnya tercapai semua

  21. GB berkata:

    target tahun depan apa nih kang??
    salam kenal

  22. GB berkata:

    wah komentar saya kemana???

  23. bchree berkata:

    Pandai-pandailah menghisab diri, sebelum dihisab diakhirat nanti. semoga saling ingat yach ….
    semoga sukses mengarungi kehidupan berumah tangga seluas langit bro….
    sukses juga lombanya ……

  24. indobrad berkata:

    sepertinya tahun 2010 adalah tahun berkah. selamat ya kang. ditunggu target 2011-nya. moga2 bisa disharingkan kali berikutnya waktu saya datang lagi ke Mie Janda😀

  25. arman berkata:

    namanya juga target, gak selalu bisa terpenuhi.
    tapi emang gak perlu ada yang disesali, karena masih bisa dilakukan taun2 mendatang kan.. yang penting kita udah berusaha…🙂

  26. iip albanjary berkata:

    wuiiiih,
    selamat ya.target-target yg bagus dan selamat buat yang tercapai.
    yang belumtercapai, –kadang-kadang Allah swt menunjukkanjalan yang memutar🙂

  27. Ikkyu_san berkata:

    wah tahun 2010 adalah th yang cukup sukses untuk Achoey ya… selamat!

    EM

  28. fitr4y berkata:

    top abis, pa lagi pada kata2 sama2 gak suka pacaran, atu gak pernah pacarn, n atu agy gak bakalan pacaran lagi .. wuiii … og bisa ya dua hal itu di katakan sama ???

    hehehe 🙂

    salam , n semoga menang .. 🙂

  29. Fir'aun NgebLoG berkata:

    mantab dech targetnya…!
    semoga sukses dengan ke 3 targetnya yach sob :capjempol

  30. bundadontworry berkata:

    ikut merasakan kebahagiaan yg sama dgnmu A, ketika target2 yang dibuat tercapai🙂
    semua itu adalah karunia terbesar dari NYA.
    Semoga ditahun2 mendatang lebih banyak lagi target yang bisa dicapai ya A, amin

    Semoga A beruntung dlm kontes di BlogCamp ini ,amin
    salam

  31. choirul berkata:

    wah targetnya keren ya….

    aku juga punya terget jangak pendek sekarang ini, memenangkan blog kontes di kampusku

    doain ya mas

  32. Nurtien berkata:

    Salah satu yg aku sadari tentang “Demi masa” sesungguhnya manusia kerugian adalah kita manusia kok sukanya hanya mau yg praktis2 aja terutama dlm hal ibadah, tertunaikan yg Fardhu sdh lega pdhl banyak tuntunan dari Rasulullah tentang ibadah Sunnah yg Masya Allah janji pahalanya berlipat2 tapi kita manusia agak enggan tuk mengejarnya.

  33. abifasya berkata:

    baru baca pembukaan aja dah bisa dipastikan, Insya Allah Guru GO BLOG ku ini yang akan menjadi juaranya. Hebat gan …., selamat.
    walaupun sy yakin kang acuy ikut kontes bukan karena hadiahnya …, sanes kitu kang ?

  34. Kakaakin berkata:

    Alhamdulillah, targetnya tercapai semua🙂
    Semoga tahun depan akan lebih banyak lagi pencapaiannya🙂

  35. Selamat …. dan mari buat target baru … yang lebih menantang

  36. melly berkata:

    Subhanallah
    saya salut sama kang haris ini..bener2 salut🙂
    gak tau mau ngomong apa lagi🙂

  37. choirunnangim berkata:

    ajari saya ya Mas…

  38. sedjatee berkata:

    sebuah muhasabah tentang kesuksesan yang indah
    semoga terus meraih sukses di tahun yang akan berjalan
    salam sukses…

    sedj

  39. Daun berkata:

    wah mantap cita2nya mas dan salah satunya mungkin sudah tercapai selamat dan selamat,ucapkanlah apa yg kamu inginkan karena ucapan adalah merupakan doa.

    Salam Kenal

  40. Assalaamu’alaikum nanda Achoey…

    Bunda turut bahagia dan berbangga akan pencapaian target yang dilakukan dlam tahun 2010. semoga akan terus sukses dalam mencapai target tahun 2011 pula. semua yang ada adalah kurnia dari Allah dan sykurilah segala nikmatnya.

    Salam mesra dan salam maal hijrah dari bunda di Sarikei, Sarawak.😀

  41. lozz akbar berkata:

    Saya bisa tebak target 2011 pasti deh pingin punya Achoey yunior nih… sukses mas dengan semua target-target anda yang lainnya…

    salam lestari dari Jember

  42. Miftahur berkata:

    Semoga Tahun depan targetnya tercapai ya Mas . . .
    Oh ya, Mie Jandanya keren . . . (hehehe, Mie Duda ada ga ya)
    Pengen nyobain Mie Janda klo ke Bogor😀

  43. dsusetyo berkata:

    Alhamdulillah dan selamat atas pencapaian2 targetnya. Semoga target 2011 yang segera akan datang lebih mantaps. Sukses selalu ya.

  44. aldy berkata:

    Hihihi…sang playboy tobat, untung ada Pagi yang bening bisa menentramkan hati dan membuat si playboy jinak (celingak-clinguk, ntar ketahuan…)

    Point 1 dan 2 sudah OK, tinggal point tiga, yang harus direalisasikan tahun 2011 + mutiara hati😀

  45. ..membuat target hidup dalam berbuat baik…tak ada batasnya…baik, lebih baik, dan semakin lebih baik lagi…itulah kehidupan yang sangat normatif…selamat choey…i am proud of you…

  46. Pendar Bintang berkata:

    Aa….sukses buat Aa, Aa sudah banyak melakukan yang terbaik….apa yang kakak lakukan benar2 menginspirasi adik….

    Selalu sukses Aa….

    Keluarga, usaha dan kontesnya🙂

  47. TuSuda berkata:

    Hebat..pintar banget mengatur waktunya, sehingga semua target-target nya sudah tercapai dengan baik.
    Selamat ya Kang… 🙂

  48. Awam berkata:

    Baru tahu, Achoy ternyata suka “bohong”. Misalnya, target kedua itu dibilang gak tercapai, padahal melebihi target karena dia dah punya tiga kedai Mi Janda (di Cibinong, Cilodong, dan di Bogor).
    Juga soal asal-usul nama Mi Janda, dia bilang kepadaku itu dari gabungan personel Jawa dan Sunda, ternyata (sebaimana diungkap dalam buku Guru Kehidupan), itu lantaran kepedulian Achoy kepada para janda dan anak-anak yatim.
    Ternyata itu semua jenis bohong yang agaknya dibenarkan lantaran cerminan dari sikap rendah hatinya.
    Dahsyat, Choy, moga makin peduli dan rendah hati serta terus sukses tentunya.

  49. Nice post, dan semoga menang.

  50. Mampir membawa buku besar peserta KUMAT sambil melakukan penilaian.
    Salam hangat

  51. Yulis Samoa berkata:

    Untuk Target Tahun 2010 yang pertama, saya mengucapkan sekali lagi “selamat berbahagia dalam menempuh hidup baru”
    Target yang kedua, “semoga makin sukses dalam berwirausaha…”
    Target yang ketiga, “semoga suatu hari kelak buku hasil tangan dingin nya mas Achoey EL Haris bisa menjadi Best Seller…” Amiiiinnn…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s