Tes CPNS


Tak seperti biasanya, perempuan muda itu pagi-pagi telah berdandan serapih mungkin. Merapihkan rambutnya yang tak bisa orang bukan mahram melihatnya. Lalu, dia pun memintaku membantunya merapihkan rambut yang kusut. Maklum, sejak menikah dia berusaha untuk memanjangkan rambutnya, ini demi membahagiakan suami yang suka akan rambut hitam panjang terurai. Padahal, dia tak biasa membiarka rambutnya panjang, konon menurutnya.

Rupanya perempuan muda yang baru 6 bulan menikah itu hendak pergi mengikuti tes CPNS. Jarak antara tempat tinggalnya dan tempat dimana tes tersebut dilaksanakan lumayan jauh. Meski masih berada di Kabupaten yang sama yakni Kabupaten Bogor, tapi tetap harus menerobos Kota Bogor. Seperti dari ujung ke ujung, ya Cibinong – Dramaga membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Itu pun jika tidak terjebak kemacetan.

Aku tidak mengantar perempuan muda itu, kebetulan sahabatku juga akan mengikuti kegiatan yang sama, jadi mereka bisa berangkat bareng.ย  Bukan tak ingin mengantar, tapi tugasku belum usai, mengotak-ngatik catatan keuangan hasil usaha selama sebulan ini. Lagi pula, ini bisa dijadikan ajang untuk membiarkan istriku semakin terlatih mandiri.ย  Meski ya tetap saja aku meminta sahabatku menjaganya. Maklum, selama di Bogor istriku tak pernah pergi jauh jika tidak kuantar.

Kampus Institut Pertanian Bogor adalah tempat di mana tes CPNS tersebut berlangsung. Pastinya ribuan orang berharap bisa lulus tes ini. Sementara berdasarkan data formasi CPNS yang diumumkan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bogor, formasi yang dibutuhkan adalah 159 formasi tenaga guru (55 untuk formasi guru SDN, 48 formasi untuk guru SMPN, 39 formasi untuk SMAN dan 17 formasi untuk guru SMKN), 104 untuk formasi tenaga madis (50 formasi untuk perawat, 20 formasi untuk bidan dan 34 formasi untuk dokter), sementara untuk tenaga teknis, 18 formasi untuk penata laporan keuangan dan 15 formasi untuk tenaga tekยญnis lain.

Untuk bisa diterima, perempuan muda yang tak lain adalah istriku itu harus mengalahkan sekitar 300-an peserta lain. Aku sih berbaik sangka saja sama Allah bahwa Allah kan memberikan keputusan yang terbaik untuk istriku. Jadi sahabat, mohon doanya saja.

Jadi teringat tahun 2004 lalu, saat aku baru lulus kuliah dan aku ikutan tes CPNS. Ratusan peserta tes bersaing untuk merebut dua tiket menjadi PNS Tasikmalaya. Nomor peserta tesku saat itu adalah 123 (angka yang cantik), dan yang lolos adalah peserta dengan nomor 121 dan 127. Ah mereka yang beruntung saat mengikuti tesnya duduk berdekatan denganku. Sejak saat itu aku tak pernah ikutan lagi tes CPNS, karena memang bukan cita-citaku tuk jadi PNS.

Ehm, apa sahabat punya cerita tentang tes CPNS?

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Sepenggal Kisah dan tag , . Tandai permalink.

29 Balasan ke Tes CPNS

  1. indobrad berkata:

    heheh saya belum pernah tes CPNS. enakan gak terikat dinas๐Ÿ˜€

  2. Ceritaeka berkata:

    Menurutku lolos tes CPNS itu tdk bisa dibilang keberuntungan sih. Ada usaha dan kerja keras disitu (jika tentu saja seleksinya jujur yah) selebihnya memang tangan Tuhan bermain.
    Tp tetap saya gak mau bilang itu keberuntungan, karena memang ada usaha disitu๐Ÿ™‚

    Smoga sukses utk istrinya ak!

    • achoey el haris berkata:

      Mbak Eka, lama kita gak bertukar sapa di dunia maya.
      Oh ya, saya tidak mengatakan mereka berhasil karena keberuntungan. Tapi mereka beruntung, ya beruntung karena berhasil.
      Keberuntungan dengan beruntung tentu memiliki arti yang berbeda, dan saya yakin mbak mengerti itu cuma tadi salah baca๐Ÿ™‚

  3. Fadhly berkata:

    Wow dari ratusan peserta yg diterima hanya 2 org, memang tes cpns g bsa d anggap remeh ni…๐Ÿ˜€

  4. Abied berkata:

    Waktu mau tes dulu bilang, ini tes pertama dan terakhirku.
    alhamdulillah, bener.
    Salam kenal Bang … Cerita yang menarik!

  5. fitr4y berkata:

    qu pernah akut beberapa kali, dan hasil na selalu gagal , jadi sekarang dah gak mau pusing lagi dengan cpns .. ๐Ÿ™‚

  6. tonykoes berkata:

    Semoga wanita itu beruntung cadi PNS…. Dan semoga Tuhan berpihak pada wanita itu, walaupun wanita yang lain juga berdoa yang sama kepada-Nya… Nuhun Ak.. numpang nyarios wae..hehehe

  7. arvinrakha berkata:

    Makasih banget sob dah berkunjung,
    ak dah berusaha sampai 5 kali, tapi tetep gagal terus, mungkin Alloh akan memberikan jalan rizkiku melalui jalan lain.
    Semoga saja istrimu bisa lolos seleksi,,,,,Amin,,,,
    Link blog ini kalau saya pasang di blog saya boleh ga??

  8. edda berkata:

    kalo saya sih pengennya lgsg kerja di perusahaan aja mas๐Ÿ˜€

  9. ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
    โ€”โ€”

    Saya gak punya cerita soal tes CPNS pak… Soalnya belum pernah ikutan ^^. Lha wong masih 17 tahun. ^^
    Tp yg jelas, saya paling gak demen sama yg namanya “sate tusuk” cpns.
    Hemh…lingkugnan saya malah menyarankan, nanti habis kuliah kalao CPNS tusuk ajah…
    Saya mah nggak mau, lebih pilih jadi org miskin drpd harus hidup dr rezeki haram di tiap detiknya…

    Semangat mas Achoey,
    Semoga ALLAH meridhoi dan memberikan segala hal yang terbaik untuk tes besok hari. Tes PNSnya esok hari bukan? soalnya kakak saya juga kyknya lg sibuk2 ama soal2 logika(SKS…^^)

    โ€”โ€”

    ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ – ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽ

    • achoey el haris berkata:

      Wassalamualaikum Wr. Wb.

      Adikku, pada fase jaman dulu mungkin banyak orang yang sangat berhati-hati memilih untuk tidak jadi PNS. Tapi percayalah, selalu ada orang baik dan kesempatan berbuat baik. Kita tak bisa memvonis dan menyamaratakan.๐Ÿ™‚
      Oh ya, pelaksanaan tesnya tadi pagi. Alhamdulillah dah selesai. Soal hasil, Allah paling tahu yg terbaik.

      Wassalam๐Ÿ™‚

  10. Oh ya, sekedar info.
    Maaf OOT.

    Jangan lupa nonton damai indonesiaku di TV-One pukul 13.00 hari mingu ini ya..

    Bersama guru kita, habibana Munzir bin Fuad AlMusawa

    ^^

  11. thrw berkata:

    lumayan nambah pengetahuan buat ntar kalo aku mau jadi CPNS..
    hehe..

  12. bluethunderheart berkata:

    da pstingan baru di blue,om
    segera berkunjung dan beri komandnya y.ehheh
    salam hangat dari bue

  13. Ann berkata:

    Saya gak kepikiran untuk jadi PNS, maunya punya usaha sendiri buka warung di kampung halaman. Doain ya.

  14. arifromdhoni berkata:

    Lama tak bersua kang, katanya lg sakit ya? syafaakallaahu๐Ÿ™‚

    Btw, istri ikutan cpns ya? smg sukses; formasi apa?๐Ÿ™‚

    • achoey el haris berkata:

      Ya saudaraku. Sebenarnya yang sakit istri, cuma karena kami terbiasa berduaan jadinya ya tertular deh๐Ÿ™‚
      Yup, dia ikutan. Formasi untuk pranata komputer.
      Semoga saudaraku ini selalu dalam lindungan Allah SWT.

  15. TuSuda berkata:

    jaman kami bertugas th 2002, harus menuntaskan PTT dulu, baru bisa ikut tes CPNS..๐Ÿ™‚

  16. aldy berkata:

    Saya tahu perempuan itu, dipagi yang bening itu, ternyata dia mau menjadi abdi negara selain abdi suaminya yang tercinta. Ayo, suporternya mana?

  17. Monic berkata:

    Aku pernah tes 1 kali tahun lalu, cuma iseng, pgn tahu rasanya aja biar punya pengalaman, dan bertekad ga mau jadi PNS karena dengar2 birokrasi dalamnya ga ok. Tapi tahun ini aku disuruh ikut lagi sama keluarga, hiks.. sedihnya akuuu….

  18. ysalma berkata:

    Semoga perempuan muda itu termasuk salah satu yang beruntung dari sekian banyak,,
    Hmm,, dulu pernah nyoba sekali test BUMN krn disuruh ikut sm ortu, tapi dr awal emang ga niat,, ya ga bakalan lulus๐Ÿ™‚

  19. ~sumanjaya berkata:

    iya … saya ikutan yg komen diatas ini …๐Ÿ˜‰
    Semoga perempuan muda itu termasuk salah satu yang ‘LULUS TEST,,

    btw saya termasuk yg beruntung … kini sdh ‘peenes (bid farmasi) …

  20. dedekusn berkata:

    Saya juga pernah 2 kali gagal test A, sempat hampir putus asa karena orang tua tetap saya ingin jadi PNS. Alhamdulillah dengan usaha & doa yg sungguh2 akhirnya diterima juga jadi PNS๐Ÿ™‚

  21. dheeasy berkata:

    Saya -karena iseng aja- ikut tes CPNS eh ternyata diterima, tapi kepingin mundur karena ga pas di hati…
    Tapi yang pasti yang baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah dan sebaliknya, yang buruk di mata kita belum tentu buruk menurut penilaianNYA…
    _koksayajadicurhathehehehe_

  22. unggulcenter berkata:

    kapan nih pengumumannya kang?

    Saya kemarin urusin adik kandung yang perawat untuk tes juga. 50 orang yang bakal diterima. Insya Allah yakin. Eh alhamdulillah, sudah keterima di CPNS yang lain, jadi tidak diikuti tes yang ini. Hari ini ya (Senin)?

    Semoga berhasil! Yakinlah, walau masih banyak permainan uang di tes masuk 50% uang, 50% bersih (saya banyak pengalaman dan cerita), Insya Allah kita dan keluarga kita, termasuk yang murni. Tanpa uang sepeserpun. Ibaratnya, kalau diterima 2 orang, 1 orang pakai duit, 1 orang murni. Dan itu keluarga kita.

    Sisanya biar Allah yang berikan ganjaran๐Ÿ™‚

  23. hudaesce berkata:

    Meskipun saya gak pernah ikut kegiatan Audisi CPNS ๐Ÿ™‚ tapi se nggaknya tahun ni saya cukup dilibatkan banyak dan dibuat sibuk ma ritual pendaftaran CPNS. gimana nggak, pendaftarannya kan lewat ONline, karena inilah hampir tiap hari selama masa pendaftaran saya dimintai tolong para temen dan tetangga mulai dari nyariin informasi dari situs pelayanannya, sampai daftarin lewat OL. Hufft….,ikut pusing juga dibuatnya.

  24. Irfan berkata:

    cerita cpns? gagal di tes terakhir depkeu, wawancara kang! hikss… rencana-Nya itu yang terbaik, kita cuma tinggal percaya.

Tinggalkan Balasan

