Puisi Pecinta Alam Lestari


Rinduku pada rimbun pepohonan menghijau melukis keteduhan
Saat air mengalir tenang menampakkan kejernihan tanpa kejenuhan
Pesta aneka satwa tercipta merangkai alur hidupnya
Karena hidangan tak pernah gersang di sekitarnya
.
Senandung syahdu terdendang riang
Dari kicauan burung beterbangan dan hinggap di dahan
Beratus jenis pesona warna terukir indah
Dari ribuan kupu-kupu yang berterbangan sumringah
.
Kusempatkan memanjat pohon memetik aneka buah
Yang tersaji berjuta rasa melembut menguak gairah
Lantas kuteguk kesejukan air tak perlu ke hulu
Karena kepiting telah memastikan kesegarannya untukku
.
Ah aku terbuai
Terjatuh pada empuk rerumputan yang melambai tanpa lunglai
Dihiasi aneka warna dan ragam bunga yang menawarkan semerbaknya
Mewangi cinta menyeruak merasuk sukma
.
Sepoi angin menyentuh lembut kulitku
Menyibak dedaunan yang sedari tadi terjatuh menyelimutiku
Kutatap langit jelas berwarna biru
Saat kutemukan bidadari berjalan di pelangi sore itu.
.
Aku bahagia, sangat bahagia
Kala mampu memastikan alamku indah tanpa luka
Tak ada polusi yang menyesakkan dada, mengaburkan mata, mengganggu telinga
Tak ada pula pencemaran yang merusak tawar rasa
.
Ini cinta kita untuk mereka
Kala kita menjaga dan kembali mewariskannya
Karena alam lestari
Adalah hak anak cucu kita pula nanti
.
Aku tidak sedang meracau dalam gurau
Atau membiarkan bencana mengendap dalam hirau
Bukan pula menapikan Wasior, Mentawai dan Merapi
Tapi kita harus tetap dalam harap bukan terlena meratapi
.
Aku yakin ini bukan mimpi
Karena semangat Indonesia tak pernah bertepi
Jadi marilah rangkai hari dalam pijakan membangun negeri
Untuk alam indah lestari
.
Bogor, 1 Desember 2010

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Kreasi Puisi dan tag , , . Tandai permalink.

26 Balasan ke Puisi Pecinta Alam Lestari

  1. lozz akbar berkata:

    salam lestari…!!!!

  2. alamendah berkata:

    (Maaf) izin mengamankan KETIGAX dulu. Boleh, kan?!
    Pengen rasanya melepas rindu pada rimbunnya pepohonan bersama Kang Achoey…

  3. Deden Hf berkata:

    mantap kang. saya suka dengan kata-kata ini :
    “Tapi kita harus tetap dalam harap bukan terlena meratapi”

    membangkitkan semangat banget.

  4. TuSuda berkata:

    asri lah alam kita
    lestari segala isinya..

  5. aldy berkata:

    Salam dari Belantara Kalbar/Kalteng.

  6. ysalma berkata:

    Salam Hijau Lestari,, aku juga rindu memanjat pohon dan menikmati angin dan langit dari atasnya,, semoga..
    Hmmm,, Padang diguncang gempa lagi kok kang, tadi 10.30 WIB,,😦
    doakan semoga tidak parah..

  7. farus berkata:

    aku masih rindu pada seseorang yang belum bisa aku ungkapkan…
    hehe
    salam 🙂

  8. mamung berkata:

    salam biru… salam lestari..
    maaf kang baru berkunjung nih.. eeh ternyata temanya ganti hehe

  9. hudaesce berkata:

    Puisi yang bagus kang…., Minta izin tuk aku Share ke Wall Grup Pecinta alam ku yach…,

  10. ~sumanjaya berkata:

    ~senandung kerinduan akan alam yang hijau yang menyejukkan hati …
    nice …😛

  11. tyan's berkata:

    Puisi yang menginspirasi…,
    Dengan semangat pasti Indonesia bisa…,

  12. blogbobby berkata:

    Wah, puisinya mantap, gan.. ajari aku buat puisi..:)
    salam kenal gan… klo sempat mampir yah…

  13. Assalaamu’alaikum nanda Achoey…

    puisinya memberi inspirasi yang tinggi untuk memulihara alam dan melestarikannya.
    Satu perluahan yang sungguh mendalam akan kecintaan yang tidak pernah mati agar alam selalu segar untuk diduduki dari kini hingga akhir nanti.

    Salu Achoey, puisinya sungguh puitis dan mantap. Aroma kosa katanya sangat indah menyentuh rasa. Salam mesra dari Umi di Sarikei, Sarawak.😀

  14. Ku rindu hujan yang menimpa pepohonan di perbukitan kampung…. inmemoriam saat kecil.

  15. kanvasmaya berkata:

    suka nih ama puisinya..

    salam

  16. vizon berkata:

    Suka sekali dengan puisi ini, Kang..

    Melestarikan alam adalah niscaya bagi kita semua, demi kehidupan yang lebih baik untuk kita dan anak cucu..🙂

  17. Ann berkata:

    Puisinya membuat rindu dengan hijaunya alam. Well done.

  18. ulie berkata:

    Puisi yang Indah…
    salam kenal..saya tunggu kunjungan baliknya…

  19. dedekusn berkata:

    Tentang puisimah A Achoey emang masternyah….

  20. erwin aditya berkata:

    wueeehh muantap,,,salam kenal dan salam rimba dari papua

  21. amel berkata:

    boleh jg nie…
    tanks ya.,..,.🙂

  22. Ping balik: do not worry here are many remarkable creations « kkdhafhant

  23. dealer pulsa berkata:

    bumi adalah tanggung jawab kita untuk melestarikannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s