Tips Menghadapi Sidang Skripsi, PeDe Aja Lagi!


Dentuman dram menghentak dengan tempo yang cepat, dipadukan dengan musik keroncongan yang mengalun tentunya dengan alasan. Tarian pun menjadi, dimulai dengan dengkul yang bergetar, tangan bergerak-gerak tak sadar, lalu tubuh bergerak ke sana ke mari. Ah ini jelas bukan situasi dan kondisi yang indah.

Dentuman dram yang kumaksud adalah dag dig dug jantung yang berdebar kencang, sementara perut keroncongan karena tak sempat makan, kelaparan. Tentang tarian itu tidak lain adalah gerakan-gerakan tubuh karena panik dan tak tenang. Berwujud gemetaran dan tak bisa diam. Bahkan bolak-balik ke kamar kecil hanya untuk buang air kecil, bahkan bagi sebagian orang bisa jadi muntah karena mual akibat paniknya itu. Lalu kenapa hal ini bisa terjadi? Ya pada saat menjelang skripsi banyak dari mereka yang bisa terhinggapi penyakit seperti ini. Mungkin gejalanya tak separah yang saya sebutkan di atas, tapi bukankah kebanyakan dari kita itu sempat was was.

Istri saya kemarin telah melewati hal ini. Dia sidang skripsi dan alhamdulillah lulus dengan nilai A. Meski saya sudah kasih tahu bahwa kita itu harus PeDe, tetep saja perasaan deg-degan bahkan rasa mual pun tak bisa dihindarkan. Ya hanya saja tidaklah parah. Manusiawi toh. Saya juga dulu deg-degan, tapi segera di atasi dengan baik.

Lalu apa yang harus dilakukan agar gejala yang timbul akibat panik menjelang sidang skripsi ini tidak parah, ya menurut saya sih bisa dilakukan dengan cara, PeDe aja lagi!

Ya kita harus PeDe. Nah langkah-langkah agar kita bisa PeDe saat sidang skripsi adalah sebagai berikut:

1. Pastikan skirpsi kita adalah asli buatan kita

Kita ketahui bersama, banyak juga yang skripsinya dibuatkan orang lain. Tidak mau pusing, tidak mau ribet, ah mending bayar saja orang lain untuk membuat skripsi kita, beres toh. Nah orang-orang seperti ini hampir bisa dipastikan akan deg-degan jika berhadapan dengan sidang skirpsi. Jadi please ya, skripsimu haruslah karyamu.

2. Yakinkan kita lebih paham skripsi kita

Ya donk, skripsi kita kan kita yang buat. Dari awal sampai akhir kita yang nyusun. Kita yang melakukan penelitian dan pengolahan. Dan pastilah kita yang lebih paham. Berbulan-bulan kita mengerjakannya. Berulang-ulang kita membaca dan mengkajinya. Hingga skripsi itu bisa jadi dan memuaskan, tentu saja tak lepas dari kontribusi Dosen Pembimbing yang membantu mengarahkan kita. Dosen Penguji adalah sosok yang baru saja menggenggam skripsi kita, jelas dia belum baca banyak dan kuasai semua. Jadi yakinkan diri kita yang lebih paham dan tugas kita di sana bukan untuk diuji, tapi diminta mempresentasikan dan menjelaskan pada para Dosen Penguji agar mereka berdecak kagum.

3. Memohon Maaf pada Tuhan dan sesama manusia

Sebelum sidang skripsi hendaknya kita memohon maaf pada orang tua dan saudara-saudara kita, minta maaf pada teman-teman dan banyak orang lain yang sekiranya bersinggungan dengan kita selama ini. Mungkin kesannya seperti orang yang hendak meninggal dunia, tapi bukankah meminta maaf itu perbuatan mulia. Karena bisa jadi ada orang yang dongkol dan merasa sakit hati pada kita dia berdoa agar kita tertimpa bencana. Ya, jadi memohon maaf pada Tuhan dan pada sesama manusia agar hati lebih tenang.

4. Jangan Begadang jika besok mau sidang

Jika besok mau sidang, maka hendaknya kita menjaga kesehatan kita. Salah satunya menghindari kebiasaan begadang. Sahabat pada ingat Lagu Bang Haji Rhoma Irama kan? Gak bagus kalau kita pas sidang jadi tulalit karena otaknya lemot akibat ngantuk.

4. Makan yang cukup dan bergizi

Sebelum sidang sripsi hendaknya mengisi perut dengan makanan yang bergizi. Makan secukupnya jangan juga sampai kekenyangan yang alhasil jadi gak bisa lincah bergerak yang ada malah ngantuk. Pokoknya jangan keroncongan dan jangan kekenyangan.

5. Bawa air minum dan minyak kayu putih

Deg-degan itu manusiawi, maka kita pun harus bijak mengatasinya. Air minum baik untuk membantu membuat kita merasa lebih nyaman. Minyak kayu putih pun tugasnya sama, yakni sebagai aroma terafi agar kita lebih tenang. Eit tapi jangan sampai salah ya. Air minum untuk diminum, bukan untuk dioles. Dan minyak kayu putih untuk dihirup dan dioles, bukan untuk diminum.

6. Berdo’a dan yakinkan diri

Berdo’a agar Tuhan memberikan kekuatan, kelancaran pada kita. Dan yakinlah bahwa semuanya kan lancar dan baik-baik saja.

Begitulah tips yang bisa saya share, tentu saja tips ini sangat jauh dari sempurna. Maka silakan sahabat semua untuk menambahkan sesuai pengalamannya. Atau bisa jadi mengisahkan kembali pengalaman di masa lalu, saat sidang skripsi. Ingat, PeDe aja lagi!😀

===

Sahabat, isnyaallah sore ini saya mau berangkat ke Tegal, jadi lagi2 gak bisa leluasa BW. Maafkan ya. Oh ya, makasih pula atas apresiasi sahabat semua pada tulisan2 saya.🙂


Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di pengembangan diri. Tandai permalink.

51 Balasan ke Tips Menghadapi Sidang Skripsi, PeDe Aja Lagi!

  1. indobrad berkata:

    Kayaknya PERTAMAX nih.

    Tips2 yg sangat berguna Kang. Semoga dapat saya terapkan kalau-kalau saya dapat kesempatan belajar sampai S3. Amiiiin😀

  2. putri fajar berkata:

    mantap nih mas tipsnya..
    buat saya praktikin 2 tahun lagi,:mrgreen:

  3. TuSuda berkata:

    prinsipnya harus 3 P : persiapan matang, percaya diri, perbaikan tugas.
    Selamat atas kelulusannya dalam ujian skripsi.
    Salam hangat dari Kendari… 8)

  4. wahyu nurudin berkata:

    yang penting kita tahu isi skripsi kita insya allah kita bisa jawab

  5. Pendar Bintang berkata:

    Pagi Aaaa…..

    Adik nggak pernah sidang skripsi A, tapi TA adik orangnya cuek duah biasa disidang jadi kuncinya kalau buat adik menguasai isi TA saat itu, jadi semua pertanyaan bisa dibabat habis, kalaupun ada pertanyaan yang sifatnya menjatuhkan, contoh ni:

    ” Kalau cuma kaya gini kenapa nggak pakai Excel aja ngapain pakai VB yang njlimet” masih inget banget wajah mengejeknya, dengan cuek adik jawab “Lha saya sukanya VB dan yang njlimet bapak nggak bisa dunk bilang gitu”

    Orangnya langsung ketawa, dan sukses dapat “A” he he he

  6. Ikkyu_san berkata:

    siiip memang harus PEDE! Jadi ingat waktu saya sidang skripsi dan thesis… Malah ketawa-ketawa hihihi.
    Selamat untuk nilai A nya!

    EM

  7. Bali Property berkata:

    maksih tipsnya, hehe..
    memang bener, disaat skripsi memang sering sekali merasa seperti itu,
    nah tidak PD itu yang malah akan membuat kita tak bisa apa-apa.
    Bali Villas Bali Villa

  8. Invincible Tetik berkata:

    Salam Mas echoy

    Memandang masa depan ….. >_<

    kapan yang ngerasaiin sidang skripsi😦

  9. Radesya berkata:

    Akan aku ingat nich kak, buat kelak, thx tipsnya🙂

  10. aldy berkata:

    Mas, Saya lebih menekankan pada point pertama, karena jika sripsi hasil keringat sendiri, dijungkir balik gimanapun pertanyaan dan cecaran pasti dapat dijawab dengan sangat mudah😀

    • budiarnaya berkata:

      Sependapat dengan Bang Aldy, saya ngak pernah takut akan soalnya, karena kita bikin sendiri jadi kalau dipandang sudut mana aja pasti bisa, meskipun gorogi itu pastilah ada, dan itu wajar sebagai orang yang disidangkan heee

      Tips diatas, mantap juga untuk di simpan siapa tau ada yang keduanya nanti heee, makasi AA

  11. Ann berkata:

    Selamat buat skripsi (istri)nya dan selamat juga buat tampilan barunya, isi tulisannya jangan berubah. Terima kasih

  12. Fir'aun NgebLoG berkata:

    tipsnya bagus tuch… sayangnya, aku bukan anak kuliahan hehehe…
    ok, selamat atas skripsi istrinya😀

    Mohon dukungannya di artikel ini http://argunbdg.com/raport-merah-komunikasi.html yach,,,, makasih🙂

  13. yuniarinukti berkata:

    Ada tips supaya debaran jantung cepat kembali normal ga Kang?😛 PD sih PD tapi debarannya itu lho….

  14. kanvasmaya berkata:

    masukan masukan buat aq lagi ini.. sip..
    selamat dijalan pula.. hehehe

  15. joe berkata:

    wah lama tidak bw, ternyata bajunya sudah berganti dengan yang baru bro. selamat …

  16. Prima berkata:

    Hahahahha…bener banget tuh mas: pede itu kuncinya! Dosen saya selalu bilang: “Kamu harus ngerti apa yg kamu tulis, itu kunci kelulusan.”😀 salam…

  17. bacalahaku berkata:

    Tips ini hasil praktik bang achoy atau cuman reka-reka? kalo berdasar pengalaman bang achoy gimana hasilnya. Harus dijelaskan dong

  18. 'Ne berkata:

    sama pas saya dulu sidang skripsi juga deg2an gitu.. tapi setelah berjalan ya biasa2 aja hehe..
    yang penting emang pe de dengan hasil karya sendiri, toh kita yang lebih paham..
    sukses selalu..

  19. Keping Hidup berkata:

    baca.. baca.. baca itu memperdalam pemahaman – salam😀

  20. Masbro berkata:

    Pede itu penting, tapi ada yang lebih penting yaitu bikin skripsi sendiri. Sukses buat istrinya Mas Achoey..

  21. rvlewerissa berkata:

    oke sip mas, nanti saya coba deh hehe…

  22. …bagi saya bukan hal tips ujian skripsinya dan saya pikir sudah bagus…namun ada yg tampak TERLUPAKAN yakni… ucapan selamat bagi sang nyonya achoey yg lulus sangat memuaskan…yg sudah menerapkan tips ini….sekali lagi selamat….

  23. noersam berkata:

    bagus banget infonya…

  24. isnuansa berkata:

    Air minum, yap! Sepele, tapi penting.

    Nah, masalahnya, ada yang nggak minum pun suka terkencing-kencing kalo lagi grogi. Yang jenis itu, nggak perlu bawa minum deh, takutnya ntar ngompol. :))

  25. IndahJuli berkata:

    ada yang sama, bawa air putih dan minyak kayu putih😀
    nggak pernah terlupakan tuh.
    Selamat buat istrinya, kapan wisudanya ?

  26. echaimutenan berkata:

    wedewwwwwwww tampilannya beda😀
    semangath buat silvia

  27. Gugun berkata:

    berhubung saya tak kuliah jadi saya tak usah pusing soal skripsi

  28. Orang bisa PD jika dia benar-benar telah menguasai apa yang telah dia tulis sendiri sehingga dia akan faham lekak-liku skripsinya. Mules juga manusiawi kok, yg penting sudah lulus.
    Selamat kang
    salam hangat dari Surabaya

  29. syamsul rijal berkata:

    yang penting isi skripsinya dapat dipahami jangan diambil susah bro hadapai dengan santai…

  30. farus berkata:

    wehh mantap semoga info ini bermanfaat bagi yang membacanya dan ditunggu info berikutnya,
    salam bloger

  31. sedjatee berkata:

    sepakaaaat… Kang Achouy…
    ujian skripsi, sidang skripsi atao lainnya
    kurang lebih sama dengan ujian biasa
    sikapi saja dengan santai
    namun persiapan harus serius…
    semoga sukses Kang..

    sedj

  32. dedekusn berkata:

    SIp… PD dan optimis salah satu kunci sukses berhasil

  33. Piss berkata:

    Selamat dengan lulus sidangnya si tetehnya A🙂

  34. pututik berkata:

    emang ada ya yang bukan hasil tulisannya sendiri? wah kalo emang ada yang mahasiswa seperti itu, plagiat murni, bisa-bisa di kantor cuma ngopi doank.

  35. Ping balik: ternyata « komuter jakarta raya

  36. mylitleusagi berkata:

    Setujuuuuuuuuuuuuu
    yang penting hasil karya sendiri,,
    karena kita udah ngerjain sendiri,,,

    tapi abis sidang,,,
    rasanya lega banget yakkk
    kaya sakit perut yang ketahan,,,
    trus lepas.. (^_^)
    he..he..he.

  37. @helgaindra berkata:

    wah bisa diterapkan ntar kalo mau sidang skripsi
    ntaaaaar tapi
    hehehe

  38. advertiyha berkata:

    nice tips kang,,,
    soal bawa minyak kayu putih, itu pengalaman pribadikah?? hehe…

  39. masyhury berkata:

    Saya masih lama kang sidang Skripsinya,, tapi bolehlah buat persiapa,,
    Tips yang oke punya!!😀

    salam kenal,

  40. hudaesce berkata:

    Tips nya menarik nih bang, tak apalah tuk disimak meskipun diriku bukan anak kuliahan. cyapa tahu ntar bisa kuliah kayak orang2 lainnya, kan berguna ntuh.heheheh…., 😆

  41. gecko lover berkata:

    jadi inget skripsi 3 thn yang lalu🙂

  42. Rama berkata:

    Tipsnya bagus…
    mudah2an saya bisa kuliah lagi dan bisa mengikuti sidang
    skripsi dan berhasil..

    btw, selamat ya buat istrinya…

  43. An berkata:

    saya butuh tips ini untuk tiga tahun kedepan😀

  44. Rully berkata:

    iya nih saya juga harus siap2 buat sidang up tesis… moga dilancarkan dan dimudahkan prosesnya.. bermanfaat ni tulisannya…

  45. eserzone berkata:

    Jadi ingat waktu ujian TA… persis seperti apa yang bro bilang, badan gemetaran, jantung berdegub kencang, bolak-balik kamar kecil…. Tapi untungnya bisa selamat…
    Tambah lagi satu bro tipsnya,,, kalau ngga tahu apa yang ditanyakan penguji langsung aja jawab ngga tahu, jangan sok tahu yang akhirnya hanya akan memperpanjang masalah…

  46. blogbobby berkata:

    WAh, beruntungnya bertemu dengan artikel ini… berguna sekali buatku yang sebentar lagi akan melaksankan proses skripsi.. hehehe…

  47. mugi berkata:

    wahhhhh,..
    sakrg yg posisi gt aku kang,..
    sumpah bnr” deg” kan
    dag.dig dug
    tp terims bwt tips n

  48. bayu kurniwan berkata:

    wah semuanya doakan saya ya semoga bisa lulus tahun sekarang dan dilancarkan seminar+sidangnya

  49. nita pasaribu berkata:

    sedikit membuatku lebih tenang buat sidang skripsi tgl 19 nov 2011, mudah2an saya lulus dengan baik,, lancar semuanya… thanks buat blognya,, ^.^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s