Wujud Apresiasi


Saling menghargai itu indah, dan itulah salah satu hal yang dapat menyebabkan keharmonisan diantara kita. Jangankan dalah hidup bermasyarakat di mana terdapat individu yang banyak yang beragam, dalam kehidupan berkeluarga pun saling menghargai penting adanya. Bagaimana kita mengapresiasi pasangan kita (suami/ istri), mengapresiasi orang tua atau mertua bahkan termasuk mengapresiasi anak kita meski dia masih balita.

Kali ini yang akan saya bahas adalah bentuk apresiasi di kalangan blogger. Sudah kita ketahui bersama bahwa  umumnya blogger di Indonesia memiliki karakter berbeda dengan blogger di negara maju semacam Amerika. Dalam beberapa tulisan saya sebelumnya, saya menyebutnya dengan blogger sosial. Ya blogger yang mau bersosialisasi dengan blogger lain baik di alam maya maupun nyata. Maka wajar jikalau di Indonesia kita mudah sekali  menemukan komunitas blogger, baik atas dasar kedaerahan atau atas dasar lainnya. Bahkan kita bisa masuk  menjadi anggota di lebih dari satu komunitas blogger yang ada.

Berikut adalah bentuk apresiasi di kalangan blogger:

1. Saling mengunjungi Blog

Blogger melakukan apresiasi terhadap blogger lainnya dengan cara melakukan blogwalking, berkunjung ke blog-blog lain. Membaca postingan blog orang lain lalu mengomentarinya. Kalau pun komentarnya tidak mengarah kepada isi postingan, biasanya blogger meninggalkan jejak berupa sapaan. Bisa jadi hal ini dilakukan karena memang sempitnya waktu untuk membaca keseluruhan isi postingan.

2. Saling berkirim Award di Blog

Blogger suka memberikan award pada blog orang lain baik atas penilaian yang serius atau pun sekedar melakukan semacam permainan berkirim award berantai. Jujur memang saya tak terbiasa dengan hal yang kedua ini. Meski begitu saya sudah mendapat puluhan award dari sahabat narablog yang baik-baik itu. Nah yang terakhir saya menemukan ini di email. Award dari sahabat saya, blogger bernama Erwin. Makasih ya sahabatku yang baik.

3. Berkirim Hadiah

Banyak blogger yang terbiasa melakukan hal ini. Misal tatkala blogger tersebut menerbitkan buku, dia kan memberikan beberapa buah buku terhadap sahabat bloggernya. Bisa secara langsung maupun dengan sistem kuis atau lomba. Saya beberapa kali mendapat buku dari Teh Dewi, dan itu buku karyanya. Tak harus penulis saja yang membagikan hadiah berupa buku, banyak blogger melakukan itu baik secara langsung atau pun lewat lomba postingan.  Yang paling sering melakukan ini adalah Pakde Cholik, sang motivator blogger.  Hadiah pun tentu saja tak melulu buku, bisa merchandise yang lain. Saya pernah dapat hiasan canting berwujud kupu-kupu dari Joddy, dan sesuatu yang sangat spesial dari Wiend. Tentu saja hadiah-hadiah yang lain dari sahabat blogger.

Dan pada saat tulisan ini dbuat, tiba-tiba muncul komentar dari Pakde Cholik bahwa saya mendapatkan juara pertama atas Kontes Lagak dan Lagu yang beliau selenggarakan. Subhanallah, ini wujud apresiasi terindah sekaligus kado 5 bulan usia pernikahan saya dan istri. Alhamdulillah.

Berikut adalah informasi dari Pakde Cholik:

Selamat pagi sahabatku

Saya datang lagi untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

Saya juga menyampaikan kabar gembira bahwa sahabat mendapatkan tali asih dari manajamen BlogCamp karena artikel anda termasuk sebagai JUARA I dalam Kontes Lagak dan Lagu..

Silahkan cek di http://abdulcholik.com/2010/11/12/juara-i-kontes-lagak-dan-lagu/

Terima kasih atas partisipasi sahabat.
Salam hangat dari Markas BlogCamp di Surabaya

===

Ya, seperti itulah indahnya wujud apresiasi di kalangan blogger. Dan ini jalinan persahabatan ini biasanya dipererat dengan silaturahim di darat berwujud kopdar.

Salam persohiblogan.

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati dan tag , , . Tandai permalink.

82 Balasan ke Wujud Apresiasi

  1. Selamat ya sobat….

    terimakasih jg atas persahabatannya…

    sukses selalu….

  2. harumhutan berkata:

    seLamat yah dah jadi jawara di kontes lagak lagunya pakdhe🙂
    dan selamat juga uda menginjak ke 5 buLan usia pernikahannya,semoga abadi selamanya🙂

    heh?

    sepertinya aku tak pernah memberi A apapun😛

  3. Selamat yah Kang….. artikelnya memang pantas dan layak jadi juara,

  4. Pakde Cholik berkata:

    Selamat ya mas.
    silahkan segera mengirim nama dan alamat lengkap.
    Tali asih sudah saya bungkus rapi tinggal menempel label alamat.
    Semoga bermanfaat
    Salam hangat dari Surabaya

  5. MT yang baru berkata:

    memang indah ketika semua blogger bisa saling mengapresiasi. ohya akupun kebagian buku dari pakde Cholik dalam lagak dan lagu juga. pakde kita yg satu itu memang hobinya bikin kontes dan kirim hadiah.
    kalo nggak melakukan itu, bisa gatel2 dia😀

  6. ysalma berkata:

    Selamat untuk Awardnya, tali asihnya,,
    dan sudah lima bulannya mengarungi bahtera rumah tangga, semoga semua selalu dalam berkah-Nya..

  7. Mbah Jiwo berkata:

    saling mendoakan?? kirim mi janda dong…

  8. mandor tempe berkata:

    wow keren banget, sampeyan menjadi juwara pertama dalam kontes tersebut
    Sekali lagi saya ucapkan selamat atas kemenangannya ya

  9. sugeng… biar lain aja yg lain kan selamat..

  10. vivie berkata:

    Kau memang layak mendapatkannya A’…

    Teruslah kibarkan kreasimu…

    Salam Semangat…🙂

  11. TuSuda berkata:

    kado serba istiimewa untuk hal yg istimewa dari para sahabat istimewa…selamat ya… 😀

  12. ^_^

    hmmm … semoga bisa menambah semangat jadi blogger y … hehehe …

  13. Tari-ssi berkata:

    selamat kang🙂, ternyata berhak menyandang predikat terbaik dalam kontesnya pakdhe, semoga bukunya bermanfaat ya kang🙂

  14. durahman berkata:

    waw meskipun baru tau ada apa di balik blogger.. saya sangat salut terhadap akang.. selamat ya kang!
    mugia, janten motivasi anu langkung ageung kangge nyokong kreasi akang ka payun na.. hehhe aminn

  15. Abi Sabila berkata:

    Selamat atas prestasi yang diraih, semoga bisa menambah kebahagiaan dan semangat untuk terus menjaga keutuhan dan kelanggengan pernikahan, amin.

  16. budiarnaya berkata:

    Sebuah hasil yang Istimewa juga berkar kerja keras dan kerendahan hati Selamat mas, dan buku yang mas terbitkan dan kirimkan kesaya juga sangat bermanfaat🙂

  17. alwathaniyah berkata:

    Wah.. selamat ya mas… salam kenal dari jombang…🙂

  18. elmoudy berkata:

    salluut…. bentuk apresiasi yang ternyata penting dan manfaat utk dibudayakan… saling mengunjungi…saling memberi hadiah… sangat indah rasanya…. indahnya blogging🙂

  19. Pencerah berkata:

    tambah satu bro: saling ngeklik iklan yang ditempel
    hehehehehehehhe

  20. rizarahmi berkata:

    Sepakat dengan isi postingan ini, Kang!
    saya sudah pernah mengalaminya ^^
    Indah sekali. Padahal saya masih baru di jagad blogsphere. Narablog Indonesia memang TOP dah!

    Ah, semoga selalu ada waktu lapang untuk saling berkunjung. Lama saya tak sempat blogwalking. Tapi syukurnya sempat bikin postingan🙂

  21. yuniarinukti berkata:

    Mas Achoe…. selamat yah dapat modem dari Pak Dhe…

    *klo sudah jenuh, boleh donk pinjem modemnya*😛

  22. sedjatee berkata:

    selamat atas award dan hadiahnya
    semoga mempererat persahabatan antara kita
    salam sukses..

    sedj

  23. briyudistira berkata:

    Yupz, suatu keberhasilan tag akn terujud jika tidk ad Faktor2 PenduKung untk itow Peranan Pra Blogger ini merupkn bentuk Apresiasi PeNdukung yG berImbang pd Keahlian berfikir dan BerBagi suatu Pemikiran. tugh dunia. sukses Slalu.😀

  24. Fadhly berkata:

    Hmm..benar sekali. Kita harus selalu menghargai orang lain. Ngomong2 selamat ya mas atas awardnya….😀

  25. Prima berkata:

    Selamat Kang Achoey! salam kenal ya…🙂

  26. ibnu berkata:

    gan ane berkunjung. kunjung balik yach. blom bisa kasih award nih

  27. bagustejo™ berkata:

    salam ya brader…
    sekarang ini saya hanya bisa berkunjung saja.

    nice post, membangun spirit para blogger

  28. Usup Supriyadi berkata:

    barakallaahu fika…😀

  29. advertiyha berkata:

    Selamat kang..🙂
    kemesraan kang achoey n teh silvi ternyata meruntuhkan hati dewan juri, hehe…🙂

    moga langgeng terus..🙂

  30. usagi berkata:

    Selamat yaaaaa
    Fotonya bagus
    Dan cocok sama lagunya
    Di tunggu traktirannya
    He he he he

  31. alamendah berkata:

    Selamat…..!!!!! Selamat……!!!

  32. indobrad berkata:

    wah dapat award ya. mantap euy!😀

  33. Sang Penjelajah Malam berkata:

    Selamat ya…

  34. Selalu menghormati dan menghargai itu adlah watak terpuji, maka Maha Terpuji-lah Alloh
    http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2010/11/12/asmaul-husna-renungkanlah/

  35. Pendar Bintang berkata:

    Assalamualaikum…
    Selamat malam Aa……

    Berkunjung dan membaca, kunjungan tengah malam….
    😆

  36. aldy berkata:

    Kalau sudah rejeki, tidak akan lari kemana😀

  37. kak achoey … selamat ya udah jadi juara pertama kontesnya pak dhe …
    ehm, kalo gak mau modemnya, Denuzz siap menampung loh …😀

    Salam BURUNG HANTU

  38. bayuputra berkata:

    sifat saling menghargai memang adalah hal utama didalam hidup … (bisa seperti hukum timbal balik)…

    Selamat berakhir pekan mas … salam persahabatan blog …

  39. joe berkata:

    blogwalking, saling mengunjungi, menambah kawan dan pengetahuan …

  40. lirik video berkata:

    salam kenal mas cucu.. newbieee nehh

  41. ahsanfile berkata:

    Setuju mas… setuju banget..
    saling mengunjungi adalah bentuk nyata persahabatan dalam dunia maya…
    (tapi aku koq belum bisa istiqomah ya😥 )

  42. andtheree berkata:

    toleransi dan saling menghargai..

    itupun makna dari bineka tunggal ika..

  43. thetekter berkata:

    wah yang begini memang harus di contohh..,

  44. eMina berkata:

    dulu, saya melakukakan itu, terutama mengunjungi blog dan banyak kenal bloger2 terkenal. Tapi sekarang sudah sangat jarang sekali. menulis masih tetap, tapi jarang membaca2 blog orang. Blm menemukan lagi hal yang bisa membuat saya tertarik melakukan hal yang terjadi di masa lalu itu. walaupun blog sepi, tapi menulis tak pernah mati🙂

  45. Andioka berkata:

    kunjungan malam hari mas , salam

  46. Lucky dc berkata:

    Selamat ya pak atas semua awrd dan prestasinya🙂

  47. fachri berkata:

    Selamat ya… Baru exist lagi ni setelah lama hiatus, jangan lupa kunjung-kunjungi ya…

  48. Fir'aun NgebLoG berkata:

    slamet buat awardnya bro…
    moga ngeblognya tambah rajin😀

  49. z4nx berkata:

    mudah2an budaya ini jadi kebaikan bagi semuanya

  50. pojokpuisi berkata:

    Saling mengapresiasi itu indah
    Salam persahabatan untuk semua blogger yang mampir di blog sahaja ini.🙂

  51. andre berkata:

    wah keren mas, selamat ya. hehe saya cuma jadi juara harapan.

  52. maminx berkata:

    Wah kang achoey banyak dpt penghargaan ya seru, Alhamdulillah. Memang indah ya kebersamaan antar blogger itu dan saling menghargai. Selamat usia 5 bulan pernikahan nya kang.

  53. echa berkata:

    hayo atuh traktir😀

  54. Kakaakin berkata:

    Hwa… Subhanallah… Selamat atas apresiasi dari para sahabat ya…
    Semoga hadiah2nya barokah😀

  55. mirma yudha berkata:

    senangnya.. yg seperti ini yg membuat kita merasa selalu dinanti dan ditunggu oleh temen blogger lainnya..🙂

  56. alo bos, salam kenal🙂
    btw tukeran link yuk😀
    ditunggu kabar baiknya ya🙂

  57. dedekusn berkata:

    Selamat A, A Achoey memang layak mendapatkan semuanya.

  58. Multibrand berkata:

    Memang anda benar blogger Indonesia karakteristiknya berbeda dibandingkan
    dengan negara lain. Kita lebih bersifat kekeluargaan.
    Terima kasih atas sharingnya, dan selamat atas penghargaan yang anda terima.

  59. mawardi berkata:

    Itulsh kelebihsn blogger Indonesia mau berbagi denag temannya

  60. mawardi berkata:

    Bagaimanapun Indonesia tetap beda

  61. salam kenal mas 🙂

    oh ya ditunggu kunjungan balik di blog ane ya bos, sekalian tukeran link yuk 🙂

  62. deady berkata:

    kalo dilihat dari popularitasnya bang achooey, sepertinya gak susah untuk dapet banyak award ya

  63. ~jayaros berkata:

    ~suai kita kang …😀

  64. almascatie berkata:

    wahhhh… senengnya dapat hadiah2 itu😀

  65. Absen malem, kunjungan kunjungan walo masih maya..

  66. Amin berkata:

    Selalu memberikan yang terbaik pada sesama blogger adalah kunci sukses ngeblog.

  67. Assalaamu’alaikum Achoey…

    Sahabat…. Tiada embun yang lebih bening selain beningnya hati
    Di bulan Zulhijjah, Iedul Adha kembali menyapa hari
    Kemaafan dipohon untuk khilaf dan salah jika mengkhianati
    Sebuah pengorbanan tulus jadi iktibar membaiki diri

    Mohon Maaf Lahir dan Bathin

    Salam keindahan Iedul Adha 1431 H dari saya di Sarikei, Sarawak.

  68. dira berkata:

    mampir, sebagai wujud apresiasi..🙂
    Salam kenal mas, baru berkunjung ke blog ini sepertinya.

  69. jumialely berkata:

    TE O PE…. cihuyyyyyyyyyyyy

  70. Joddie berkata:

    hoho.. semoga apresiasi sesama blogger ini dapat terus berkelanjutan.. ^^

  71. lozz akbar berkata:

    selamat mas.. slam persahbatan juga dari Jember

  72. yang pertama, selamat mas….

    yang kedua, iya, salling kungjung bukan hanya sekedar ngeSPAM ke post orang gak jelas… tapi mempererat tali persodaraan kita sesama blogger….

    yang terakhir… makasih buat inspirasinya

  73. rvlewerissa berkata:

    saya setuju dengan kau, sobat.🙂

  74. Syilla berkata:

    Wah selamat youw bro …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s