Mbah Marijan, Sosok Sederhana Penjaga Merapi


Mbah Marijan Sang Juru Kunci Merapi

Mas Panewu Surakso Hargo merupakan nama asli Mbah Marijan. Beliau lahir di Dukuh Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Prov. Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 1927. Mbah Marijan adalah sosok terpilih yang dipercaya oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX untuk menjadi Juru Kunci Gunung Merapi  sejak tahun 1982. Sebenarnya sejak tahun 1970 pun Raden Ngabehi Surakso Hargo (Mbah Marijan) ini telah menjabat sebagai wakil Juru Kunci Gunung Merapi.

Alinea pertama di atas merupakan rangkuman dari berbagai sumber. Meski saya pernah membaca bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono X  justru mengatakan bahwa Mbah Marijan bukanlah Juru Kunci Gunung Merapi melainkan sebagai Juru Kunci keraton untuk sebuah upacara di Gunung Merapi. Apakah Mbah Marijan adalah Juru Kunci Gunung Merapi atau bukan bukanlah sebuah persoalan bagi kita saat ini. Terlebih kita mengenal beliau berkat sikap kesederhanaanya yang tak gentar terhadap amarah Gunung Merapi.

Terkenalnya Sosok Sederhana

Jujur, sebelumnya kita tak mengenal siapa itu Mbah Marijan. Namun sejak kejadian mau meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2006, yang pada saat itu justru Mbah Marijan enggan menuruti Sultan Hamengku Buwono X untuk meninggalkan Gunung Merapi. Saat itu mbah Marijan menuai pujian juga kecaman. Pujian atas keberanian beliau untuk tetap bertahan. Dan seperti yang kita ketahui bersama, pada tahun 2006 itu Gunung Merapi tak benar-benar meletus.

Keberanian lelaki sederhana ini membuatnya dikenal, bahkan beliau pun di daulat untuk membintangi salah satu produk minuman berenergi. Namun beliau meski pun telah terkenal bahkan bintang iklan, tidak membuatnya angkuh dan merubah tatanan kesederhanaanya. Bahkan konon kabarnya penghasilan dari honor menjadi bintang iklan pun tidak ia nikmati sendiri. Masyarakat sekitar pun menikmati hasilnya.

Mbah Marijan Misteriuskah?

Kalau mendengar kata Juru Kunci Gunung Merapi, kita terkadang membayangkan bahwa sosok yang memegang amanah ini adalah sosok yang sakti mandraguna. Memiliki ilmu yang langka dimiliki manusia. Apakah Mbah Marijan adalah sosok yang berbau mistik dan klenik? Saya tidak bisa memastikannya, tapi saya membaca dari mereka yang menyatakan telah bersua dengannya bahwa Mbah Marijan adalah sosok yang soleh dan taat beribadah sesuai ajaran agamanya. Mbah Marijan merupakan muslim yang taat, begitulah keimpulan yang saya dapat.

Akhir Kehidupan Mbah Marijan

Tentu saja yang saya maksud akhir kehidupan ini adalah akhir kehidupannya di dunia untuk memasuki awal kehidupan yang abadi di akhirat.Mbah Marijan meninggal pada tanggal 26 Oktober 2010, saat terjadi letusan Gunung Merapi yang disertai awan panas. Gulungan awan panas itu meluncur turun melewati tempat tinggalnya Mbah Marijan. Seperti yang kita ketahui dari berita, bahwa Mbah Marijan meninggal dengan posisi sujud. Begitulah tampak dari jasadnya. Seperti apa yang disampaikan Sultan Hamengkubuwono X, bahwa Mbah Marijan meninggal saat melaksanakan sholat maghrib. Benar atau tidak, toh di mata kita semua Mbah Marijan meninggal dalam keadaan yang indah. Dan akhir kehidupan Mbah Marijan memberikan hikmah kepada kita bahwa dalam keadaan apa pun kita semestinya senantiasa dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa. Moga almarhum diterima amal ibadahnya oleh Allah SWT. Amin.

 

*Tulisan ini berbekal dari berbagai sumber. Mohon maaf bila ada kesalahan. Foto diambil dari sini.

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Sosok dan tag , , . Tandai permalink.

43 Balasan ke Mbah Marijan, Sosok Sederhana Penjaga Merapi

  1. arifromdhoni berkata:

    Agak kontroversial ..🙂

  2. tuyi berkata:

    Sore kemarin di TV 7 ada tayangannya…., salut buat kesetiaannya menjaga amanah dari Sri Sultan HB IX, untuk menjaga gunung Merapi. Sampai akhir hayatnya….

  3. budiarnaya berkata:

    Sepakat Aa…juru kunci merapi atau juru kunci kraton tidak usah kita perdebatkan, dan saat dia mejadi iklan sebuah produk juga tidak perlu diperdebatkan pula, tapi bagaimana dia sampai akhir hayatnya melaksanakan tugas yang dibebankan olehnya itu yang patut kita hormati. Dan dia masih tetap sholat meskipun maut sudah di ujung mata…mari kita kenang beliau sebagasi sosok yang penuh tanggung jawab dan taat beribadah

  4. TuSuda berkata:

    sosok dg contoh kesetiaan dan ketaatan akan tanggung jawab tugas…

  5. jumialely berkata:

    Turut berduka untuk kepergian mbah maridjan

    salam hangat

  6. pagibening berkata:

    Terlepas dari kontroversial atau sosok misterius, ambil yang baiknya untuk kita teladani, buang yang gak baiknya. Semoga Amal dan Ibadahnya diterima Allah SWT. Amiin.

  7. koeshariatmo berkata:

    Kalau memang benar beliau meninggal dalam keadaan sholat, ternyata masih ada kepatuhan yang tidak mengenal waktu dan situasi kepada Sang Pencipta yang biasa saya dengar dari kisah2 para nabi dan sahabat. Setidaknya itu yang bisa saya ambil hikmahnya.

  8. Bali Property berkata:

    Mbah marijan ternyata sosok yang dermawan ya?
    saya baru tau, ternyata mbah maridjan adaalh sosok yang sederhana. dan pemberani.
    saya turut prihatin.
    Bali Villas Bali Villa

  9. Pendar Bintang berkata:

    Sepakat dengan AA, kemarin sore aik sempat telpon2an ama seorang sahabat dan berbincang masalah ini.

    Kami salut karena dia mampu mengemban tugasnya, terlepas apapun kontra yg di dapat dari beberapa pernyataannya yg telah lalu.
    🙂

  10. mylitleusagi berkata:

    iyaoooooooooo
    aku juga salut sama mbah marijan..
    saat orang..orang memilih untuk kabur dan menyelamat kan diri..
    dia malah memilih solat dulu baru menyelamatkan diri…

    jadi malu sama diri sendiri..karena sering menunda-nunda sholat

  11. gerhanacoklat berkata:

    semoga mbah maridjan mendapat tempat yang istimewa di sisiNya

  12. edda berkata:

    umur beliau udah lumayan tua,,tp semangatnya trus aja muda
    moga arwah mbah maridjan selalu tenang disisi-Nya

  13. ummurizka berkata:

    semoga Allah mengampuni dosa-dosanya dan menempatkan beliau ditempat yang baik di sisiNya…amin

  14. Darin berkata:

    Mbah Marijan telah menginspirasi kita akan keteguhan memegang prinsip.

    Tapi saya gerah melihat media TV dgn semena-mena memperlihatkan gambar2 yg tidak seharusnya dilihat. Demi rating? Mungkin.

    Semoga Mbah Marijan damai selalu di alam sana…

  15. edratna berkata:

    Semoga arwah mbak Marijan diterima di sisi Nya…
    Banyaknya pelayat yang mengiringinya ke makam menunjukkan sosok Mbah Marijan memang disegani

  16. bolang berkata:

    selamat jalan mbah marijan sosok yang teguh pendirian kini telah pergi

  17. zee berkata:

    Semoga amal ibadah mbah maridjan diterima di sisi Nya.
    Mari kita ingat yang baik2 saja tentang beliau ya.

  18. Asepsaiba berkata:

    Semoga amal ibadahnya diterima Allah.. amin..

  19. advertiyha berkata:

    Semoga mbah Maridjan diberikan tempat terindah di sisi Allah SWT dan diterima semua amal perbuatannya… amin..🙂

  20. Wong Kam Fung berkata:

    orang baik selalu banyak temannya. mbah maridjan adalah orang baik

  21. maminx berkata:

    Di temukan tewas sambil sujud ya, subhanallah. Semoga mbah Maridjan dan warga sekitar sana yang menjadi korban di berikan tempat di sisi Allah S.W.T, amin…

  22. Teras Info berkata:

    Mbah Marijan ini memang hebat ya…..saya kagum dengan beliau…
    Saat beliau berpulang pun, terlihat teramat indah….karena dalam keadaan sujud setelah melaksanakan shalat…….sungguh keadaan yang sangat di idamkan oleh setiap umat muslim yang beriman,…..

    Terimakasih banyak atas informasinya…

  23. Ade Truna berkata:

    yang saya ingat2 dari statement-nya si mbah…

    “KALAU ORANG PINTAR ITU DIKASIH 1 MINTA 2, KALO ORANG BODOH DIKASIH 1 DISYUKURI.”

  24. legowo narimo ing pandom.

    kesetiaan dan pengabdian beliau WAJIB di tiru para PEMIMPIN NEGERI INI…

  25. joe berkata:

    mbah maridjan, The Last Man Standing…

  26. aldy berkata:

    Sosok sederhana yang ditampilkan beliau, memang merupakan ciri khas generasi tua yang mumpuni tetapi tidak mau menonjol.
    Semoga amal beliau mendapat limpahan rahmat dari Allah SWT. Amin.

  27. Anton wijaya berkata:

    Mbah Marijan sosok sederhana yang sulit tergantikan sebagai juru kunci gunung merapi

  28. tawakal tapi bukan pasrah, smoga si Mbah dilapangkan kuburnya dan diterima di kampung syurga. Amin

  29. Sastro berkata:

    Selamat jalan mBah, sudah tidak ada lagi wedhus gembel disana.

  30. syarif anshari berkata:

    Sosok Indonesia yang nyata!, berangkat dari kesederhaaan, kita pernah berada dengan orang bersahaja ; musisi Gombloh, kita pernah berada dengan mbah Surip dan kinipun kita pernah hidup se zaman dengan mbah Maridjan, semoga amal ibadah mereka diterima Nya, dan hikmah yang pernah mereka berikan semoga menjadi teladan bagi bangsa ini, amiiiin

  31. arif aja berkata:

    Salud untuk sosok mbah marijan kesederhanaan menjadikan beliau di kenang dan indahnya ketika kita bisa pergi ketika bersujud pada sang pencipta…moga arwahya di terima.Amin

  32. Iru berkata:

    Mbah MARIDJAN is true of JIHAD

  33. Cara beli rumah berkata:

    di satu sisi mbah marijan setia pada alam yang telah menemaninya bertahun2… tapi di sisi lain caranya yang salah,…

  34. Anton Adi Wibowo berkata:

    Salam kenal ..
    Bagaimanapun juga, Mbah Maridjan tidak hanya sebagai Juru Kunci Gunung Merapi tetapi dia bisa dikatakan sebagai pahlawan karena dia telah melindungi hutan di sekitar Gunung Merapi dari pemabalakan liar.

  35. adetruna berkata:

    (di yahoo news) Dedi Mizwar secara produser sinema religi, mengatakan itu sebuah ketololan, sudah tahu bencana kok tidak turun gunung…

  36. setyantocahyo berkata:

    Mbah marijan adalah sosok yang patut dijadikan contoh oleh para petinggi negri ini , dalam hal memegang amanah….dan sikap ksatrianya…

  37. yuni berkata:

    mbah marijan ……..i like it………….aq salut 5 embah…………aq khilngan bgt sosok embah.pkonya aq jg syang embah………mg amal mbah dtrima nd dberi t4 trbaik dsisi Allah.Amien…………..

  38. Musnaim berkata:

    Patut di contoh Sebagai orang yang berpengaruh di Kawasan Merapi Beliau Berkorban Nyawa, Yakin Alloh pasti memberikan tempat yang terbaik..

  39. Ping balik: Koleksi Foto Gayus lucu Versi Komunitas BlackBerry - Info - Artikel Unik, Lucu, dan Menarik

  40. Erwin ganadi berkata:

    kalau saya boleh berkomentar ,juru kunci sih boleh2 aja,setia pada pengabdian amatuh gunung tapi jangan lebay dong,masak sampe ngorbanin nyawa segala padahal kan udah di peringatin dr awal bahwa gunung mau meletus .

    Bali Prewedding Photography, Bali Photography, Bali Wedding

  41. wajidi berkata:

    san “Rosa’ akhirnya kembali ke haribaan-Nya

  42. wajidi berkata:

    sang “Rosa’ akhirnya kembali ke haribaan-Nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s