Bukan Spam


Beberapa hari yang lalu, ketika saya mengirimkan komentar di blog para narablog, banyak yang terjebak di spam. Terutama pada blog wordpress gratisan. Ada pertanyaan menyeruak di dadaku, termasuk beberapa pertanyaan yang masuk dari sahabat blogger lainnya. Sepertinya pertanyaan dari Pendar Bintang, “Pagi ini, aku menemukan comment A masuk Spam..kok bisa yah??

Kejadian itu bermula pada tanggal 9 Oktober 2010 dan berlanjut hingga dua sampai tiga hari lamanya. Tak hanya itu, saya juga terkena masalah tidak bisa posting. Media untuk melakukan itu menjadi tidak berfungsi di blog sahaja ini. Ini pun berlaku antara dua sampai tiga harian. Kejadian-kejadian aneh yang menimpa blog sahaja ini terjadi beberapa hari sebelum blog ini menjumpai genap usia dua tahunnya. Bersyukur kedua masalah tersebut tidak berlangsung lama. Kembali normal seperti sedia kala.

Seperti kita ketahui bersama, spam dalam blog itu dapat diartikan sebagai komentar yang dikirim orang yang tidak dikenal terhadap blog kita, yang biasanya berisi iklan atau promosi produk. Lalu bagaimana bisa jika kebiasaan berkirim komentar yang kita lakukan tiba-tiba dianggap sebagai spam. Padahal blog yang kita kirimi komentar tersebut adalah blog yang kita kenal dan kita biasa melakukan itu. Nah soal ini, saya tidak mengerti. Ayo siapa yang bisa menjelaskan?

Sampai tadi pagi, saya masih menjumpai komentar dari rekan blogger yang saya kenal justru komentarnya terebak di spam. Saya biasa ngecek spam dan memilih serta memilah mana spam beneran, mana komentar rekan blogger yang nyasar ke sana. Jika ada yang nyasar, biasanya saya klik “not spam” lalu saya setujui sebagai komentar layak terpajang.

Jadi, cek spam dengan rutin agar kita bisa menyelamatkan komentar yang memang bukan spam!

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati dan tag , . Tandai permalink.

67 Balasan ke Bukan Spam

  1. akselera berkata:

    Betool Bos, bisa-bisa komentar yang berharga dan ditulis dengan sepenuh hati malah masuk ke spam karena kecelakaan, sayang khan, memang sarannya jangan segan-segan sekilas nengok ke spam, daripada harta karun komen dari orang melayang.

  2. Pendar Bintang berkata:

    met pagi A…..

    iya sering terjadi A…bahkan setelah itu bkn cuma punya Aa…knp yah?
    itulah yang saya tanya kan lgi ama Aa…

    he he

    Met akhir pekan a,..

  3. asman berkata:

    Kalau di blog saya selalu ada spam yang masuk,.. kenapa ya?

  4. asepsaiba berkata:

    Iya ya.. Terkadang saya juga menemukan itu.. Jadi tak enak hati pada sobat blogger yang sudah berkunjung..

  5. asepsaiba berkata:

    Benar sekali sobat, ada 3 komentar sahabat yang masuk spam..

  6. iya Sob…. saya juga sering nge-cek spam..:mrgreen:

  7. TuSuda berkata:

    Betul Kang, saya pun selalu ngecek komentar spam dulu, sebelum dimoderasi dan dibalas (reply) komentar yg masuk tsb…

  8. rosenrain berkata:

    kalau komentar-komentar yang pernah dianggap spam di blog sy,
    sy amati yang pertama adalah seputar iklan, yang kedua adalah narablog yg mengganti nama sedang alamat situsnya tetap..
    alhamdulillah belum pernah menemui kasus di mana komentar narablog yg sdh sering masuk tertangkap spam😀

  9. mamung berkata:

    wah saya juga ada, tapi kayaknya bener2 komen spam soalnya puaannjaang banget dan gak jelas gitu…

  10. lia sikupu berkata:

    Menurutku yang masuk ke spam itu mereka yang belum masuk kontak link kita, atau sudah ada di link tapi namanya berubah ^^

  11. romailprincipe berkata:

    spam saya selalu disapu bersih…untuk memastikan..hehe

  12. Masbro berkata:

    Beberapa hari terakhir ini saya juga kesulitan ngomen di blog dulur2, utamanya yang wordpress. Ternyata, menurut kawan saya, itu lantaran saya pake nama acacicu di komentar. Nama itu kan sama dengan nama blog, jadi di sangka membidik kata kunci tertentu. Begitu.. Makanya sekarang saya coba pake nama Masbro aja..

  13. bluethunderheart berkata:

    benar om
    makanya kemaren blue tuh kaget koq om bisa kena spam di blue
    kan blue tuh dah kayak saudaraan sama akang..hehehhe
    salam hangat dari blue

  14. Anas berkata:

    Wah, akismetnya salah mendiagnosis.. hehehe.. kalau di antivirus namanya positif false.

  15. Rau berkata:

    Menurut saya tidak ada ruginya juga,
    toh akhirnya blog kita tetap aman sobat

  16. Artta berkata:

    Kadang juga komentar resmi dianggap spam ya . . .

    Salam.

  17. krupukcair berkata:

    di tempatku juga gitu… banyak yang sudah dikenal tapi kesasar di spam..😆

  18. auraman berkata:

    Ternyata blog nya sudah aman ya kak, syukur lah …lanjut kan kak.

  19. roby berkata:

    ohhh gitu ya…. hmmh, tapi koq blog ku ga ada komentar dan spam nya??hheheehehee

  20. mylitleusagi berkata:

    iya…beberapa comment mas masuk di spam..(^_^)
    tapi sudah saya alihkan..
    mungkin karena ada format html nya kli ya..
    aduh gak ngerti juga..
    biasanya saya cek dulu..
    kalu yang ada html..html nya..saya remove
    tapi kalau comment langsung alihkan..

  21. alamendah berkata:

    saya beberapa kali mengalami hal serupa. Karena itu saya selalu menyempatkan diri untuk masuk dashbor blog hanya untuk sekedar mengecek komentar spam. Dan hampir tiap hari saya meloloskan beberapa komentar yang tertangkap spam padahal saya menilainya tidak.

  22. Mama Murai berkata:

    Akismet selalunya akan meletakkan internet protokol pengguna kepada spam sekiranya menghantar komen yang terlalu pantas dalam blog yang berlainan, sebab itu kebanyakan ip yang sama kayak proksi akan terus dimasukkan kedalam komen spam. untuk mengelakkannya, jangan menghantar komen dalam selang masa yang pendek.

  23. Danu Akbar berkata:

    ya.. namanya menggunakan mesin.
    so, gak bisa jamin deh komen yang nggak kita anggap spam juga sama di mata tuh mesin.🙂

  24. wahyu nurudin berkata:

    mas achoey silakan periksa di pengaturan spam atau meminta teman-teman blogger mengatur akismet agar tidak menggolongkan komentar mas achoey sebagai spam.

  25. budiarnaya berkata:

    Biasanya ketangkap si Aki dan Aki menganggapnya itu spam, tapi benar seperti A bilang, saya ketika jawab komentar pasti liat spamnya takut terkadang si Aki salah tangkap dan menganggap komentar spam, mungkin juga bisa dikarenakan komentar “nice post” salam kenal, dianggap spam. Aki boleh melaksanakan tugasnya namun kebijakan ada di tangan ADMIN😉

  26. Gugun berkata:

    ternyata tidak hanya manusia satpam akismet pun kadang-kadang suka salah tangkap, jadi harus rajin buka spam, semoga komentar saya ini gak masuk spam

  27. Asop berkata:

    Hehe, kalo saya sih selalu ngecek ke dalem spam, karena memang kadang2 ada komentar normal masuk ke situ.:mrgreen:
    ENtahlah kenapa ya kok bisa masuk ke spam, tapi biasanya yang tergolong sebagai spam itu komentar yang masang link di dalamnya, atau seseorang yang menuliskan link terlalu panjang di kolom “website” (di bawah “nama” dan “email”). Kalo mau gak dikira spam, harusnya masukkan alamat blog (URL) utama aja (ex: http://www.asop.com).🙂

  28. Fir'aun NgebLoG berkata:

    bener tuch sob… di kotak SPAM blogku juga sering nyasar komentar2 beneran dari temen2 pengunjung…. jadi harus dicek mulu tuch satu/persatu!
    cape dech…😦

    sebalikny, komentarku pun banyak yang dipending pada blog temen2…
    jadi ga ngerti euy :p hehehe

  29. biasanya masuk spam karena nyisipin link lebih dari 2 deh … tapi gak taulah …
    mungkin server lagi error … atau programernya lagi keluar jajan … haha

  30. Mbah Jiwo berkata:

    Untunglah 3 hari kemarin ngga ngenet, jadi ngga tau…padahal saya pake wordpress juga he he he

    bos tuker link bos, he hehe sudah kepasang lo…

  31. arman berkata:

    iya wp aneh belakangan. saya juga selalu ngedapetin komen dari orang yang udah pernah komen sebelumnya dan gak ada link apa2 di body komennya tapi masuk spam. gak tau kenapa. aneh…

  32. dedekusn berkata:

    Sipp…
    sayah oge bukan spamer… tapi kadang katewak ku si Aki Ismet…

  33. daihatsu bekasi berkata:

    kalau sya emang seneng komen, padahal cuma mau silaturahmi sambil sekalian cari backlink.. jadi serba salah.. hiks..hiks

Tinggalkan Balasan

