Air Kehidupan (Blog Action Day 2010)


JIKA MUSIM PENGHUJAN

Gerimis datang, aku riang. Dalam dada deru harap agar segera deras datang membasuh bumi. Lalu aku pun bisa kecipak-kecipung menggerakan kaki seindah tari. Huhujanan, itulah istilah Sunda bagi mereka yang sengaja menjalankan aktivitas di bawah guyuran hujan.

Huhujanan tak terlalu seru jika hanya sendirian. Maka sawah yang usai di panen biasanya jadi sasaran kegembiraan berjamaah kami. Cukup dengan bola sederhana dan tiang gawang menggunakan batang pohon singkong, maka sekelompok anak kecil pun membagi diri dalam dua tim saling serang secanggih pemain PERSIB dan klub lainnya. Goooool, teriakan pun bersahutan seiring gertak suara geledek. Tak peduli berapa tetes air hujan yang terminum kala teriak. Ah yang penting senang.

JIKA MUSIM KEMARAU

Rumah orang tuaku di kampung tidak pernah kekurangan air. Sumurnya begitu ramah hingga air tak berpindah meski kemarau berkepanjangan. Kejernihannya boleh di adu. Sejuknya menerpa kulit yang telah kering dari keringat.

Jangan heran jikalau sumur kami seolah memiliki kandungan berlimpah. Di sekitar rumah kami banyak pepohonan. Pepohonan yang tumbuh sendiri atau di tanam oleh kakek yang kini telah almarhum. Rindang itu tak dibiarkan berhenti, ayahku kembali menanami banyak pohon, yang jikalau telah besar bisa dilakukan tebah pilih jika dibutuhkan.

Jika kemarau, sungai yang debit airnya mulai berkurang itu dibendung oleh warga agar airnya tertampung guna keperluan pengairan sawah, kolam ikan dan juga untuk kebutuhan cuci dan sebagainya. Bagi kami anak-anak kecil, sungai ini berubah menjadi kolam renang. Meluncur, menghujam dalam, berenang riang.

LESTARIKAN ALAM, HARGAI AIR

Kita butuh alam lestari untuk kelangsungan kehidupan. Kita butuh banyak pepohonan agar air teresap dan tak hanyut semuanya ke laut. Kita butuh kesadaran agar selalu ada harapan.

Jangan biarkan tawa riang anak-anak kita hilang. Karena di matanya tergelayut mendung, akibat terkikisnya harapan. Harapan mereka untuk hidup sehat, melanjutkan kembali regenerasi kehidupan, melanjutkan peradaban.

Hargai air, hargai kehidupan!

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Hikmah dan Motivasi dan tag , . Tandai permalink.

84 Balasan ke Air Kehidupan (Blog Action Day 2010)

  1. alamendah berkata:

    (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Jagalah air agar tetap mampu menjaga kita.
    Thanks telah berpartsipasi dalam Blog Action Day 2010

  2. asepsaiba berkata:

    Air, setengah liter 2000 perak… Ampun deh…😦

  3. keduanxxxx

    turut mendukung…😀

  4. Hari Mulya berkata:

    ikut mendukung kampanye peduLi air…

  5. Pendar Bintang berkata:

    Ha h aha

    Aa, say asih ikut menjaga kelestariannya dengan malas mandi, ooops!
    nggak dech, bercanda…
    yang penting menggunakannya secara bijak aja ech, seperlunya saja, betul nggak A?

  6. Vulkanis berkata:

    Sukses dengan Blog Action 2010

  7. TuSuda berkata:

    iya sumber kehidupan utama ini harus dijaga. dan dipakai dg hemat…
    Happy blogaction day, maafkan belum bisa berpartisipasi karna sdh terlanjur membahas hak asasi hewani..
    Salam hangat dari Kendari…

  8. srulz berkata:

    Jika Kemarau, udara panas. Jika Hujan, Udara Dingin. Tapi kita harus bersyukur karena itu. Semua itu adalah anugerah.🙂

  9. hudaesce berkata:

    Wah……..,ikut berpartisipasi juga to, Okelah kalo begitu…….,
    Setetes air sangat berharga bagi kehidupan, maka Jagalah dengan baik-baik.

  10. bundadontworry berkata:

    ada saatnya satu saat nanti, entah kapan, kita akhirnya kehilangan air sebagai penunjang hidup, astaghfirullah , jangan sampai terjadi.
    maka, marilah mulai dr sekarang, mulai dr diri sendiri, utk mulai melakukan penghematan dan menjaga kemurnian air.
    salam

  11. gerhanacoklat berkata:

    ada acara apakah ini A?

  12. MT berkata:

    air… it’s my dream!

  13. wahyu nurudin berkata:

    air benar-benar awal kehidupan persis kata Al-qur’an baik secara wam maupun ilmiah.

  14. acacicu berkata:

    Sudah nggak ada waktu lagi untuk nggak menghemat air;

  15. indobrad berkata:

    semoga kondisi sumur di rumah orang tuanya tetap “sehat” dalam tahun-tahun mendatang.

  16. advertiyha berkata:

    Yupz,, cintai kehidupan dengan menghargai air…🙂
    tulisan yang sangat menggugah kang..

  17. Asop berkata:

    Air itu nikmat….🙂

  18. nadiafriza berkata:

    orang Bogor dukung persib juga ya? hehe😀

  19. joe berkata:

    sayang sekali karena ulah manusia, sekarang alam tlah rusak, tak jelas mana musim kemarau mana musim penghujan ….

  20. munir ardi WP berkata:

    air tanah sekarang bukan saja masalah di kota besar di kota kecil yang masih banyak hutang seperti kotaku juga air tanah semakin menipis kang kalau tidak disadari makan kita akan merasakan damapaknya

  21. ActionPowerPro berkata:

    ada acara apakah ini A?

  22. Rau berkata:

    Persiba beda yaa
    hehehe kidding mas

  23. Mila berkata:

    nice post kang🙂

  24. M Mursyid PW berkata:

    Seharian tadi saya disibukkan dengan pekerjaan membenahi pipa air yang telah beberapa hari bocor. Terilhami oleh acara tv yang memvisualisasikan penduduk yang harus jalan kaki kiloan meter utk mengambil air, langsuing sy bergegas ke toko besi memberi peralatan guna membenahi pipa air yang bocor.

  25. Fir'aun NgebLoG berkata:

    mantab bgt dech postingannya!!!
    air memang sangat penting buat kehidupan ini…
    marilah kita berhemat air…

  26. selamatkan air, sumber kehidupan kita

  27. deady berkata:

    hargai air? Yep. Kata kakak kelas saya di Kupang sana, air benar” berharga. Lha wong daerahnya kering banget. Kesian

  28. z4nx berkata:

    Dari subuh tadi udah hujan..huhujanan yu ?

  29. maminx berkata:

    Mantep menghargai kehidupan salah satunya adalah dengan menggunakan air sebijaksana mungkin..karena di beberapa daerah masih banyak yg kesulitan mendapatkan air bersih. nice info kang..eh boleh tukeran link ya, hatur nuhun.

  30. blogwalker berkata:

    ting tong… mencet bel pintu, mau mampir nih, sensus blog😀

  31. budiarnaya berkata:

    Jangan menghamburkan kekayaan Alam termasuk air, jika segala sesuatunya sudah berkurang, baru keluar air mata

  32. grammar berkata:

    artikel yang sangat menarik…
    i like it
    grammar

  33. ysalma berkata:

    Yups A,, hargai air, hargai kehidupan,,
    secara kehidupan manusia dimulai dalam air ketuban..

  34. HALAMAN PUTIH berkata:

    Alam akan berbicara dengan caranya sendiri jika keadaannya memang memprihatinkan akibat ulah manusia.

  35. ilyasafsoh.com berkata:

    blog mu selalu ramai sobat🙂

  36. kakve-santi berkata:

    waduh sayang saya gak ikutan nih😦

  37. Nissa Dwi berkata:

    wah..ini buat kompetisi tulisan blogger action day ya???sip sip tulisannya. bisa menginspirasi orang buat menghemat aie. aku mau bikin juga ahh…coba

  38. andipeace berkata:

    mantab mas…ini lagi mikirin gimana cara menghemat listrik untuk menggunakan pompa air😀
    salam sukses selalu

  39. Prasetyo Muchlas berkata:

    Walau katanya air adalah sumber daya alam yang tidak akan pernah habis karena dapat diperbarui, namun bukan berarti bisa di sia-siakan, semua kembali kepada kesadaran masing-masing individu.

    Mengutip tulisan kang Achoey “Hargai air, hargai kehidupan!”

  40. pagibening berkata:

    Postingan yang bagus yank.
    Bukan karena ada photonya, tulisannya baguus.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s