Kisah Tiga Pemuda


Tiga orang pemuda kembar telah berhasil menjuarai syaembara yang diselenggarakan Kerajaan Mie Janda. Ada tiga macam hadiah yang berbeda bagi ketiganya. Hadiah yang pertama adalah TAHTA, yang kedua adalah HARTA dan yang ketiga adalah CINTA. Ketiga pemuda ini adalah anak-anak yang sangat mencintai kedua orang tuanya.

Pemuda yang pertama berkata pada pemuda yang lainnya.

“Duhai adik – adikku, meski kita kembar, namun aku lahir lebih dulu ke dunia ini. Maka biarkanlah aku memilih terlebih dahulu. Dengan ini kuputuskan aku kan memilih TAHTA. Aku bosan menjadi rakyat jelata terus, aku butuh TAHTA tuk mengangkat derajat keluarga kita, dan kan kubahagiakan kedua ORTU kita dengan TAHTA.”

Pemuda yang kedua pun berbicara setelah pemuda pertama menepuk pundaknya.

“Baiklah, kini giliranku. Aku memilih HARTA. Aku lelah menjadi orang miskin terus. Kan kubahagiakan kedua ORTU kita dengan HARTA yang kupunya.”

Dua pemuda telah memilih. Kini giliran pemuda yang ketiga. Dia sudah tak bisa lagi tuk memilih, karena hanya tinggal satu hadiah tersisa, yaitu CINTA.

“Kakak-kakakku yang kucintai, bolehkah aku bertanya tentang alasan pilihan kalian?”

“Aku memilih TAHTA, karena dengan TAHTA aku akan dengan mudah memperoleh HARTA. Dengan kekuasaanku, aku bisa memanfaatkan pajak yang didapat dari rakyat Negeri Mie Janda. Dengan TAHTA juga aku bisa memperoleh CINTA. Wanita cantik mana yang kan menolak pinangan dariku.” Orang tua perempuan mana yang berani menolak anak gadisnya kuperistri. Si pemuda pertama menjawab dan mengakhirinya dengan tawanya.

“Kalau aku, aku memilih HARTA, karena dengan HARTA bisa kuperoleh TAHTA. Jika ada pemilihan Adipati nanti, kan kusogok rakyat dengan mie, kwiatiaw, bihun dan bakso JANDA. Jelas mereka kan memilih aku. Lalu soal CINTA, aku bisa memperolehnya dengan mudah. Kau ingat lagu Cinta Satu Malam kan. Hahahaha.”

Si pemuda ketiga matanya berkaca, dia melihat kedua kakaknya telah kehilangan CINTA. Padahal mereka bisa tumbuh menjadi pendekar seperti ini juga karena ada CINTA dari kedua ORTUnya.

Pemuda ketiga ditanya oleh yang lainnya, tentang bagaimana dirinya kan manfaatkan CINTA.

“Dengan CINTA aku akan bekerja keras, cerdas, dan ikhlas untuk menafkahi kedua ORTUku. Dengan CINTA aku kan mempersiapkan segala hal agar aku segera pantas menjadi suami, siap menjadi ayah. Dengan CINTA tak kan kubuat diriku hina karena mengejar dunia, tapi dunia kan kuraih dengan cara mulia. Dengan cinta pula aku kan berbuat sehingga aku bisa lebih banyak bermanfaat untuk umat.

Menyimak perbincangan ketiga pemuda tadi hati sang raja terenyuh. Alhasil, raja kerajaan Mie Janda tersebut menghadiahkan HARTA, TAHTA dan CINTA kepada pemuda ketiga. Menurut raja, bahaya jikalau HARTA dan TAHTA diberikan pada hati tanpa CINTA. Karena kan disalah gunakan oleh mereka.

Si pemuda ketiga pun kaget, namun dia tetap menerima ketiga hadiah tersebut. Setelah kitiga hadiah tersebut di genggamannya, dia berikanlah TAHTA pada pemuda pertama dan HARTA pada pemuda kedua sambil berpesan, “Gunakan apa yang kita miliki untuk kemuliaan kita di hadapan Tuhan.”

============================

Sahabat, maaf lama tak update. Ada banyak alasan yang membuat kegiatanku menulis di blog menjadi terhambat. Maaf pula jikalau daku belum bisa BW ke semua yang telah mampir ke sini selama ini.

Buat yang telah mengirim puisi, silakan kirimkan alamat lengkap beserta kode posnya ke alamat email saya. πŸ™‚

Salam persohiblogan.

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Hikmah dan Motivasi dan tag , , . Tandai permalink.

78 Balasan ke Kisah Tiga Pemuda

  1. Great story!!! Bener-bener inspiratif…^^

  2. asepsaiba berkata:

    Subhanallah.. Pemudah ketiga itu….

    Saudara2.. Brader kita, Kang Achoey telah kembali! (dan alhamdulillah saya dapat kesempatan komen pertama.. πŸ˜€ )

    Salam hangat…
    *Gimana kabar pagibening, apakah sudah…. πŸ˜‰

  3. Abdul Muiz berkata:

    Ajibbbbb, subhANALLAH ommm,, bagus banget ceritanya… terimakasih… mantap….

    N tak upa, selamat datang kembali…
    AKhirnya muncul juga…. πŸ™‚

    Yang penting sehat

  4. bluethunderheart berkata:

    blue minta maaf
    blue kangen juga
    selamat y salam hangat dari blue

  5. Rully berkata:

    Lama tdk komentar,, selamat dtg kembali,,

  6. cobaberbagi berkata:

    kUNJUNGAN balik
    selamat pagi juga
    sudah selesai ya honeymoonnya πŸ™‚

  7. harumhutan berkata:

    welcome back….

    nice story

    *xixikomensingkatajah*

  8. gadisjeruk berkata:

    salam persohiblogan juga… πŸ™‚

  9. iLLa berkata:

    note : sy ga mau komen postingannya doloo, cuman mw bilang

    welkamin back akangggg…
    yayy.. akhirnya ngeblog lagi,,,
    cerita2 dunk soal manten baru, hihi..

  10. aldy berkata:

    Wow, sang pengantin turun gunung (*just kidding*)

    Pilihan menentukan akhir.

  11. TuSuda berkata:

    Cerita yang menyentuh, agar kita mengutamakan cinta dalam pelayanan sejati Kepada-NYA. SALAM…

  12. setitikharapan berkata:

    Alhamdulillah, akhirnya kang haris update blog lagi. kisah diatas sangat penuh dengan makna. thanks for share

  13. orange float berkata:

    asyik…. aa’ udah balik ngeblog lagi πŸ˜€

  14. kupikir pilihannya: harta, tahta dan wanita^^ memang cintah mengalahkan segalanya πŸ˜‰

  15. Ping balik: berkesempitan « komuter jakarta raya

  16. lia sikupu berkata:

    Welcome back, pengantin baru πŸ™‚

  17. dafiDRiau berkata:

    Pemuda yang seperti inilah yang dibutukan oleh negara…

  18. Abu Ghalib berkata:

    Cerita yang sangat inspiratif.
    maaf kalo mengganggu, bertamu di jam istirahat, semoga si pengantin baru tidak terganggu πŸ™‚

  19. ImUmPh berkata:

    Like This Story….
    Kalo gitu saya jadi pemuda yang ketiga Ah…. πŸ˜€

  20. didot berkata:

    cinta adalah jawaban segala penyakit hati. cinta kepada sesama dan cinta kepada Allah pasti mengalahkan kebencian dan ketamakan kita πŸ™‚

  21. bundadontworry berkata:

    welcome back, A. πŸ™‚

    kisah yg sangat bagus sekali, sesungguhnya dgn cinta kita mampu melakukan apapun utk orang2 yg kita cintai.
    terimakasih A krn telh berbagi kisah indah ini πŸ™‚
    salam hangat utk istri tercinta
    salam

  22. karzanik berkata:

    saya ngerti ko kang, maklum pengantin baru….

    mengenai ceritanya..inspiratif banget kang…..

    cinta memang konvesional, merusuk pada sendi harta,tahta, wanita…
    karena dengan cinta dapat dipergunakan bijaksana….

  23. fitrimelinda berkata:

    cerita yang penuh hikmah..

    πŸ™‚

  24. hendro berkata:

    cinta yang membuat bangkit, cinta yang membuat hidup lebih bermakna

  25. asmarantaka berkata:

    hmm.menyimak aja deh :mrgreen:

  26. ysalma berkata:

    selamat datang pengantin.
    Kirain kisah sahaja dan pagi bening πŸ˜‰
    Semua karena Cinta yaa..

  27. Irawan berkata:

    mungkin di jaman sekarang orang lebih milih harta atau tahta…

  28. nurrahman berkata:

    harta tahta dan cinta memang sering membuat “gelora” πŸ™‚

  29. Jasmine berkata:

    bagus bangett,aku kagum sama anda gan,keren euy

  30. deady berkata:

    mari kita sebarkan cinta:)
    mulai dari yang terdekat lah ya. Ke keluarga dan tetangga sebelah

  31. Pencerah berkata:

    betul…betul…betul

  32. munir ardi berkata:

    kisah yang sangat inspiratif sobat , tentu saja kang achoey anda adalah salah satu sahabat yang nggak pernah saya lupakan, eh iya yang terpilih dapat buku siapa kang

  33. wongkamfung berkata:

    inspiring story, isn’t?
    menarik, menarik, menarik

  34. Asop berkata:

    Ah, akhirnya Mas Achoey kembali juga ke dunia maya. πŸ™‚

    Gimana kabar, Mas? Baik2 aja? πŸ™‚ Salam juga buat Mbak Pagibening ya. πŸ˜€

  35. Miftahgeek berkata:

    Beuh, sekalian Promo πŸ˜€

  36. harry seenthing berkata:

    wakh mie jandanya keren nih om, sami sami kang, nuhun tos di pasihan pencerahan

  37. febriy berkata:

    filosofis banget… hhe…… cinta mengalahkan segalanya.. :mrgreen:
    salam kenal gan…..

  38. Hariez berkata:

    maaf Kang baru bales kunjungan koneksi di rumah lagi trouble :mrgreen:

    yupzz…tanpa didasari cinta semuanya akan buntu tak memiliki rasa ya Kang πŸ˜€

    senang bisa lihat Kang Achoey eksis kembali πŸ˜€

  39. HALAMAN PUTIH berkata:

    Dunia tanpa cinta serasa hampa. Cinta tak dapat dibeli, cinta tak dapat ditukar dengan kemewahan. Namun cinta bisa diperoleh dengan cinta.

  40. Harta,tahta,wanita…3 hal yang bisa buat orang linglung,dan nggak sedikit yang salah jalan..

    Salam persahabatan ,-

  41. hellgalicious berkata:

    welkombek kaang achoey!
    happy ngeblog lagi!

  42. riefki berkata:

    selamat kembali kedunia maya lagiii…
    moga tambah suksezzz….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s