Dipingit


Dipingit, ini adalah istilah yang diterapkan pada calon pengantin agar tak kemana-mana. Maksudnya adalah agar pengantin aman terpantau dan segar bugar. Lama pingitan bermacam-macam, biasanya sih seminggu sebelum pernikahan.

Pada saat saya menulis ini masih sekitar 10 hari sebelum hari H. Dan saat postingan ini terbit sengaja dirancang jatuh pada H-1. Yang kebayang sama saya di hari di mana sahabat membaca blog ini adalah saya sedang berada di rumah dan tidak kemana-mana. Karena biasanya sehari sebelum pernikahan suka ada beberapa agenda ritual yang harus dilakukan calon pengantin. Salah satunya adalah khataman. Di daerah saya calon pengantin harus khatam Al Qur’an. Dalam artian calon pengantin memang harus lancar baca Al Qur’an. Maka, bagi yang beragama Islam, di daerah saya jelas harus mau belajar baca Al Qur’an, ya itu juga kalau mau nikah.

Dipingit mirip kayaknya sih hampir sama dengan tahanan rumah, tapi jelas sangsinya berbeda. Ada yang pernah jadi tahanan rumah, hehe. Ah sudah dulu. Siap-siap nih πŸ˜€

Catatan: Saat ini admin sedang sibuk dan tidak sempat blogwalking. Postingan ini menggunakan sistem skedul yang dituis lebih dari seminggu sebelumnya. Makasih dah komentar πŸ™‚

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati dan tag , . Tandai permalink.

29 Balasan ke Dipingit

  1. ontohod berkata:

    bos ane insyaaloh kesana dari Bogor
    para Blogwalker ada yang mau ikut kita? kalo mau ikut hubungi email sayah alif.tib[a]gmail[dot]com

  2. Ari berkata:

    berarti bentar lagi saya juga dipingit nih…

  3. munir ardi berkata:

    aduh yang dari sulawesi cuma ngirim doa mas

  4. aura pelupa berkata:

    Acara khataman yang harus dilestarikan dan ditiru daerah lain!

  5. nuansa pena berkata:

    Bahagianya yang mau akad nikah!

  6. zakiyafitri berkata:

    aduhhh…jadi pengen cepat nikah…:)

  7. Bang Iwan berkata:

    Moga semuanya lancar mas…

  8. ahsanfile berkata:

    Hafalin ijab qobulnya mas, jangan sampe lupa. Itu harfi bersejarah buatmu

  9. idebagusku berkata:

    dipingit seperti itu ya, kalau saya gimana ya nanti

  10. ysalma berkata:

    dipingit biar lebih kinclong yaa.

  11. orange float berkata:

    duh, yang lagi dipinggit, gpp sih A’ demi si dia πŸ˜€

  12. uni berkata:

    Barakallah ya kak ^_^

  13. aldy berkata:

    Salam Mas,
    Semoga Mas berdua diberkahi rahmat dan hidayah oleh Allah SWT dalam menjalankan bahtera rumah tangga.

  14. ok berkata:

    hehehehe…dipingit ya kang πŸ™‚ walau bosan ga bisa kemana2 tapi pasti bahagia ya πŸ™‚

  15. Pencerah berkata:

    lah, aku H-3 baru dapat ijin dari kantor…gimana dipingitnya yach?

  16. fitrimelinda berkata:

    barrakallah ya a… πŸ™‚

    semoga bisa jadi klg samara..

    doain aku bisa cepet nyusul ya.. πŸ™‚

  17. ariefien berkata:

    ah yg mo nikah, critany nikah mulu hehe
    moga lancar aj A’…

  18. Hariez berkata:

    Alhamdulillah…akhirnya sobat ku yang satu ini telah sampai pada gerbang baru dalam meniti biduk Rumah tangga…hanya do’a yang bisa ku titipkan Insya Allah menjadi keluarga yang sakkinah, Mawaddah & warrohmah…amien salam untuk keluarga disana kang

    salam hangat

  19. Antyo Rentjoko berkata:

    Selamat ya! Arungilah kehidupan dengan keberanian dan, tentu, cinta. πŸ™‚

  20. Subhanallah,,,
    Hari bahagia itu telah datang kang,,, Engkau telah memenuhi salah satu Sunnah Nabi SAW…

    Selamat!!!! Dan semoga barakah, menjadi keluarga yang Sakinah, Mawaddah, Warahmah,,,,

    Salam semangat selalu untuk Kang Achoey di sana ^_^

  21. aby umy berkata:

    duh yang lagi dipingit
    moga semuanya berjalan lancar ya kang

  22. edratna berkata:

    Achoy ikutan dipingit ya…dalam arti tak bisa menemui si dia? Sekarang ada sarana sms, juga internet jadi masih bisa berkirim kabar.

  23. sapta berkata:

    hehe.lg dipingit neh.. πŸ˜€
    moga acarannya lancar dan dimudahkan Allah..

  24. ikkyu_san berkata:

    selamat bersiap memingit yah πŸ˜€

    EM

  25. rosenrain berkata:

    baru tahu dg ‘dipingit’..hmm..
    smg lancar acaranya.. ^^

  26. Asop berkata:

    Hmmmm.. selama dipingit, boleh gak ya berselancar di dunia maya..? πŸ˜€

  27. abu ghalib berkata:

    pa kabar sobat?
    belum lama ini saya sempat pulang ke bogor selama 2 minggu, tadinya saya mau ketemuan tapi firasat saya mengatakan ini pasti sedang dipingit πŸ™‚

  28. Yulis Samoa berkata:

    Kalau saya dulu, sebelum menikah malah masih pacaran mas ama calon suami. Gak ada acara dipingit-pingit segala… La wong waktu itu saya dan calon suami berada di Jepang… Nikah di KBRI Tokyo…hihihi.. jadi mengenang masa lalu nih… πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s