Mengobati Masuk Angin (Asal Bukan Angin Puting Beliung dan Kawan-Kawannya)


Pagi-pagi, seorang temanku yang juga karyawan Mie Janda datang ke tempat tinggal sahajaku. Seperti hari kemarin, dia mengeluh sakit perut karena masuk angin. Kemarin dia melakukan pengobatan masuk angin dengan cara di kerok. Ya, kerokan adalah solusi tercepat yang dianggap terampuh untuk mengatasi masuk angin. Tapi, apakah jikalau kerokan dilakukan sering ini tidak berbahaya?

Metode kerokan tidak ada di negara-negara barat, tapi metode ini dikenal di negara-negara Asia. Di China kerokan populer dengan sebutan gua sua. Jika di Indonesia kerokan biasanya dilakukan dengan uang logam, maka di negara ini digunakan batu giok untuk alat mengerok. Di Vietnam kerokan dikenal dengan sebutan cao giodi, sementara di Kamboja dikenal dengan sebutan goh kyol. Metode kerokan dianggap metode penyembuhan masuk angin paling tua, entahlah dulu kerokan pakai apa, yang pasti gak akan pakai tutup botol minuman ringan, kan gak ada hehe.

Saya sendiri termasuk orang yang sering memanfaatkan metode kerokan untuk menyembuhkan masuk angin yang saya derita, tapi itu dulu saat saya belum sadar kalau ternyata keseringan kerokan itu bisa berdampak buruk juga buat kesehatan. Kenapa, karena ternyata warna merah yang diakibatkan oleh kerokan itu bukan berarti pertanda parah atau tidaknya masuk angin kita, tapi warna merah itu pertanda bahwa pembuluh darah halus (kapiler) di bawah permukaan kulit kita itu pecah, sehingga terlihat sebagai jejak merah di tempat yang dikerok. Nah kerokan ini mengakibatkan banyak pembuluh darah kecil dan halus yang akan pecah. Kerokan akan membuat pembuluh darah tepi yang menutup (vasokontiksi) menjadi menjadi semakin melebar (vasaditilasi). Jadi kalau orang yang sering kerokan biasanya akan mudah lagi terkena masuk angin lho.

Jadi, jangan dibiasakan deh sering-sering kerokan jika gak terpaksa banget. Sekarang mah saya lebih baik minum jamu yang bisa menyembuhkan masuk angin, ya kan banyak tuh di warung-warung atau apotek-apotek terdekat. Atau, jika memang ada waktu ya bisa menggunakan obat tradisional yang berbahankan tanaman obat sebagai berikut, tinggal pilih saja mau ramuan yang mana.

Ramuan Obat Tradisional 1 :

200 gram ubi merah (dikupas dan di potong-potong), 15 gram jahe merah/jahe biasa, 1 butir biji pala (dimemarkan), 5 butir cengkeh, 10 butir kapulaga, 1 ibu jari kayu manis, 10 butir merica, dan gula merah secukupnya direbus dengan air secukupnya. Tunggu hingga airnya hangat lalu diminum dan ubinya dimakan.

Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.

Ramuan Obat Tradisional 2 :

25 gram kencur, 15 gram jahe, dan 3 butir kapulaga direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Tunggu hingga air rebusannya hangat lalu diminum.

Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.

Ramuan Obat Tradisional 3 :

2 pilah daun pepaya dicuci bersih lalu direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Tunggu hingga air rebusannya hangat lalu diminum.

Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.

Ramuan Obat Tradisional 4 :

80 gram daun lidah buaya, 15 gram jahe, 20 gram kencur, dan 25 gram temu lawak direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc kemudian diminum selagi hangat.

Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.

Ramuan Obat Tradisional 5 :

Rebus dalam 600 ml air  bahan yang terdiri dari : 30 gram lengkuas yang telah diiris-iris, 20 gram jahe yang telah diiris-iris, 2 batang serai, 10 butir cengkih, 6 butir kapulaga, dan gula aren secukupnya. Rebus hingga tersisa 300 ml, lalu saring.

Pemakaian : Minum hangat-hangat, 2 kali sehari.

Ramuan Obat Tradisional 6 :

Rebus bahan-bahan yang terdiri dari : 25 gram lempuyang yang telah diiris-iris, 25 gram bangle, 5 gram pala yang telah ditumbuk halus, dan 1 sendok teh lada yang telah ditumbuk halus. Bahan direbus dalam 600 cc air hingga tersisa 300 cc.

Pemakaian : Minum hangat-hangat, 2 kali sehari.

Ramuan Obat Tradisional 7 :

Siapkan bahan yang terdiri dari : 5 buah cabai jawa, 10 gram daun mint, 10 gram kulit jeruk purut, 25 gram temulawak. Bahan-bahan direbus dengan 600 ml air, hingga tersisa 300 ml air lalu disaring

Pemakaian : minum hangat-hangat, 2 kali sehari.

Nah sobat, saya mendapatkan daftar ramuan obat tradisional ini dari sini. Jadi, jangan dibiasakan dikerok ya, apalagi kalau dikeroknya pakai tutup botol minuman ringan, ih berbahaya lho hehehe.

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , , . Tandai permalink.

55 Balasan ke Mengobati Masuk Angin (Asal Bukan Angin Puting Beliung dan Kawan-Kawannya)

  1. d-Gadget™ berkata:

    wah tips yg bermanfaat kang..trimakasih

  2. Bupil.com berkata:

    Bos, masuk angin itu bhasa inggrisnya apa sih? Dari dulu nyari dikamus gag nemu-nemu

  3. Didien® berkata:

    informasinya bermanfaat banget kang, kebetulan tadi malam saya masuk angin..tp alhamdulillah baru masuk angin dari pada masuk penjara hehehehe *kabur*

    salam, ^_^

  4. Caride™ berkata:

    perlu dicoba nanti kalo ada yg masuk angin juga…makasih infonya sob..

  5. jumialely berkata:

    untungnya saya ndak pernah kena angin puting beliung, heheheehhe, tapi makan jahe dan air hangat memang mujarab mengeluarkan angin

    ramuannya banyak nya, terima kasih coy

  6. Arif R. berkata:

    yang nomor 2 itu sepertinya maknyuzzz..
    😀

  7. Ping balik: Tweets that mention Mengobati Masuk Angin (Asal Bukan Angin Puting Beliung dan Kawan-Kawannya) « Catatan Cinta Sang Sahaja -- Topsy.com

  8. sunflo berkata:

    hihihi… aa’ mah serba bisa… aq kalau masuk angin, blom sembuh kalau ga dikerok a’… 😦

  9. rose berkata:

    keknya yang enak ramuan no 1 deh a’.. secara suka ubi hehehe

  10. ariefien berkata:

    wah bner2 tip yg brmanfaat…
    lha trus klu anginy puting beliung apa obatny…. 😀

  11. alamendah berkata:

    Kalau yang kerokan, biasa gak pernah mempan buat saya.
    Heran, aku….

  12. fanny berkata:

    bener sih tapi kalo masuk anginnya udah parah banget mau gak mau deh kerokan.

  13. fitrimelinda berkata:

    wah..saya mah jarang masuk angin mas.. hehehe

  14. melly berkata:

    aku paling males klo mo dikerok 😀
    pertama karena sakit bgt klo lagi dikerok.

    btw, itu tipsnya berguna bgt, makasih tipsnya kang.. 🙂

  15. bundadontworry berkata:

    terimakasih ya A, utk ramuan tradisionalnya, pasti lebih baik dr pada kerokan,
    bunda juga gak pernah sih kerokan, ngeri aja kayaknya .
    A sudah sembuh bener ?
    semoga selalu sehat ya A.
    salam

  16. ysalma berkata:

    wah,, sy baru belajar dikerok baru2 ini krn denger2 mempan utk masuk angin 😦 berarti tetap kembali kecara lama nih, masuk angin dipijat seluruh tubuhnya trus minumair jahe 🙂

  17. wah!!!,.. mantap kang,.. sangat bermanfaat sekali buat orang-orang yang suka ke lapangan dan tidak bawa persediaan obat masuk angin,..

  18. Ifan Jayadi berkata:

    Informasi yang bermanfaat. Tapi ramuan tradisional itu pasti rasanya pahit banget. Tahan nggak aku ya 😦

  19. ahsanfile berkata:

    Kalo yang tradisional agak susah membuat sendiri.. mending yang udha jadi aja he he he

    (maunya yang instant 👿 )

  20. orange float berkata:

    kebetulan saya juga ngak biasa dikerok, gak tahan gelinya 😀

  21. skbjepara berkata:

    untung saya tdk pernah kerokan. Masalahnya yg biasa kerokan jadi ketagihan. Ikuti kisah petualanganku dlm “Cowboys in Paradise” di http://skbjepara.wordpress.com

  22. setyantocahyo berkata:

    aq memang kadang suka melakukannya..
    tapi sekarang ga lagi dehh, ternyata gak bgs efeknya…
    thanks infonya…

    salam.

  23. yanrmhd berkata:

    mantap lah…
    siiip… :mrgreen:
    wah kerokan pake tutup botol minuman ringan??? ajib a’ 😆

  24. ahsanfile berkata:

    Tau gak, ane beberapa tahun yang lalu dapat surat dari UT bahwa aku mahasiswa yang pemalas

    xixixii

  25. Ferry Prima berkata:

    Bukannya udah jelas? kalau masuk angin yah langsung aja minum TOLAK ANGIN. hahahhahaha

    Saya sendiri ga suka dikerok. selain sakit, juga ga bagus untuk penampakan punggung. ha ha ha

  26. arifromdhoni berkata:

    klo ada tanda2 masuk angin, biasanya trus makan yg enak2 .. wallaahu a’lam apa karena salah pola makan, tp biasanya berhasil insyaallah .. klo gagal, baru minum obat; klo ga, ditungguin insyaallah sembuh sendiri 🙂

    (padahal tanda masuk angin sbnrnya blm tntu masuk angin, bs penyakit yg lbh berat; baiknya sih periksa dokter, tapi mahal)

    btw, dpt banyak ramuan tradisional kang? 🙂

  27. joe berkata:

    kalau yang ini dijamin aman, tanpa efek samping …

  28. yangputri berkata:

    kalo masuk angin aku suka beli bandrek a’ enak langsung anget

  29. rosenrain berkata:

    belum pernah kerokan, agak takut..
    kalo saya seringnya minum madu dan teh bunga rosella yang hangat..

    jadi ingin mencoba ramuan obat tradisionalnya
    *smile*

  30. Asop berkata:

    Masuk angin? Kalo saya cukup minum air hangat dan gosok perut dengan minyak kayu putih supaya perut anget. 🙂

  31. bayuputra berkata:

    wah mantaf tipsnya … sangat membantu sekali …

  32. Ariyanti berkata:

    maksudnya 2 hari sekali itu untuk pengobatan, atau diminum setiap hari meskipun tidak masuk angin sebagai pencegahan?

  33. bayuputra berkata:

    izin saya copy yah … ini pasti bermanfaat sekali … karna masuk angin kan penyakit yang sering di derita ….

  34. doelsoehono berkata:

    minta ijin untuk di cop …pokoknya maknyos tenan ini sangat bermanmaaf .

  35. dafiDRiau berkata:

    Nanti kalau minum jamu kan pake biaya Mas, kalau dikerok cukup dengan uang logam 200 perak!!!he..he…

  36. tommy berkata:

    kalo mau obat yang modern pake aja tolak angin 🙂

  37. idebagusku berkata:

    kerokan bahaya toh? walah terima kasih kang informasinya mantap
    tapi agak repot yah kalau harus meramu dulu

  38. delia4ever berkata:

    Alhamdulillah gak pernah kerokan.. kalo wanita malah lucu ya kalo kerokan 😆

    selama ini biasanya jahe hangat pake gula merah.. 🙂
    ramuan diatas lebih lengkap ya.. ntar kapan 2 mo dicoba

  39. bluethunderheart berkata:

    blue sering juga tuh
    trims y kang
    salam hangat dari blue

  40. antokoe berkata:

    kayaknya perlu dicoba kang resepnya nih…. dan saya juga gak terlalu suka kalo dikerok….

  41. zhie berkata:

    biasanya zhie kalau masuk angin di kasih minyak kayu putih sama mamah, terus bobok, kalu nggak sembuh juga, minum obat tuh A 😀

  42. Mamah Aline berkata:

    harus dicoba nih ramuannya, soalnya suka begadang A… kerokan jarang dilakuin kalo gak kepaksa banget

  43. Darin berkata:

    Wah ternyata ramuannya sederhana aja ya. Gampang lagi ditemukan di pekarangan 🙂
    Makasih sob, kayaknya saya bakal jarang kerokan lagi nih hehe

  44. anantobudiarto berkata:

    kebetulan waktu baca blog ini gue lagi masuk angin,, thx Bro! lgsg gue praktekkin,, wkwkwkwkwk

  45. Masdin berkata:

    Masuk angin sepoi-sepoi juga bahaya mas, bisa jadi terlena, hehehe….

  46. aldy berkata:

    Kalau angin puting beliung dan kawan-kawannya gimana mas ? :lol:,

    Saya masih sering juga kerokan, walaupun belum masuk kategori sering.

  47. septarius berkata:

    ..
    Penyakit ini bhs inggrisnya wind in ya..? 😀
    ..
    Gak pernah kerokan A’..
    Paling minum antangin..
    ..

  48. jamesaldo31 berkata:

    cocok dah buat w yg sering angin masukk…teruss
    heehhehe….
    thanks bro…

    promo dikit ya…
    klu dah sehat mending enak main piano…
    mau tutorialnya…download aja punya mr.andrew
    di : http://tipsbarudipercaya.blogspot.com/2010/05/teknik-dasar-bermain-piano-klasik.html

  49. iin syah berkata:

    Wah,.. thanks resepnya…
    🙂

  50. munir ardi berkata:

    kalo masuk angin nggak enak banget rasanya ternyata gampang ya obatnya kang, terimakasih sudah berbagi

  51. dedekusn berkata:

    Rauan yg mantabs…. ramuan2nya kalo di Ciamis kidulmah Insya Allah mudah narinya kang… hatur tengkyuuu…

  52. Pardo berkata:

    Ach pokonamah eta tips bner2 ampuh lah

    walopun kulit didie ges beak dikerok pake setrikaan..wih lebih maknyus dikerok pke setrikaan mch..meni terasa merahna..
    “jangan ditiru adegan ini”

  53. zulfan berkata:

    wah… mantab nih, sebagai penderita masuk angin kelas akut, saya mau nyoba salah satunya

  54. dealer pulsa berkata:

    wah perlu dicoba resepnya nih

  55. Yulis Samoa berkata:

    Ramuan Tradisional Obat Masuk Angin nya mantab bener nih… Komplit!
    Kalau kerikan seumur-umur belum pernah deh… hiiiiiiiiiiiiiii.. serem… 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s