Mendeteksi Sahabat Sejati


Bersyukurlah apabila kita memiliki sahabat sejati dalam keidupan ini. Sahabat yang tidak pernah berhitung tentang pamrih atas pengorbanannya, sahabat yang senantiasa berusaha tuk berkontribusi dalam pencarian solusi untuk kemudahan kehidupan kita, sahabat yang senantiasa mengingatkan kita agar berada pada kebaikan dan memotivasi kita agar senantiasa berada pada keteguhan. Sahabat yang memiliki empati layaknya saudara sedarah, sahabat yang memiliki hati yang bening dan jiwa yang lembut, penuh kasih sayang.

Jikalau kita ingin tahu sahabat kita, janganlah menghitung saat jamuan makan dan pesta kebahagiaan. Karena kau kan sulit menghitung saking banyaknya. Tapi coba hitunglah saat kau berbaring karena sakit atau saat kau terpuruk dililit pahit. Maka kau kan dengan mudah menghitungnya karena sedikit. Sahabat sejati kan dengan mudah terdeteksi hati, karena kehadirannya di hadapan kita utuh dengan hatinya.

Lalu, bagaimana jikalau kita merasa bahwa kita tak memiliki satu pun sahabat sejati. Jangan bersedih, jadilah sahabat yang baik buat diri kita, tegarkan diri bahwa Allah mencintai kita. Kita toh masih punya keluarga, maka jaga agar keluarga kita tetap harmonis dan penuh cinta.

Lalu bagaimana sikap kita pada orang-orang yang hanya menjadi teman yang baik saat kita bahagia, saat kita berjaya, saat kita sehat, saat kita kaya, saat kita berada dalam kondisi yang baik. Berusahalah agar sikap kita tak seperti mereka, jadilah sahabat yang baik buat mereka. Allah lah Yang Maha Membalas, jadi berbuat baik tidaklah rugi. Kalau pun kita tidak mampu melakukan itu, maka jadilah teman yang tidak merugikan mereka.

Sahabat, jikalau kita memiliki sahabat sejati, maka sayangilah dia, muliakanlah dia. Bersyukurlah pada Allah, atas angerah indah ini. Karena sahabat sejati, bisa jadi hanya bisa dihitung dengan jari.

Makasih tuk sahabat sejatiku, yang telah menemani aku di kala sakit. Kau adalah salah satu guru kehidupan bagiku. Moga esok aku sudah bisa beraktivitas kembali. Terima kasih buat sahabat semua, yang masih sempat menengok blog sahaja ini. Salam semangat πŸ™‚

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Hikmah dan Motivasi dan tag , , , . Tandai permalink.

60 Balasan ke Mendeteksi Sahabat Sejati

  1. dedekusn berkata:

    Komen pertamax-kah? yesss

  2. jejak anans berkata:

    hari gene, sulit mas nyari sahabat sejati. Sump;ah dah. dikira dia bener2 sahabat sejati gue, eh ternayta dia orang yang sudah menghancurkan kondisi keluarga gue/ jadio sangat sulit mas

  3. bundadontworry berkata:

    sahabat sejati adalah yg selalu ada saat dibutuhkan.
    salam

  4. delia4ever berkata:

    Lagi sakit ya A’… cepat sembuh ya πŸ™‚

    Sahabat sejati ku jauh saat ini… Namun kami tetap berkomunikasi walaupun dalam hati…
    dan saat ini lia memiliki sahabat lagi dalam ngeblog…

    ^_^

  5. didot berkata:

    A Friend in Need is a Friend Indeed

    teman dikala susah itulah teman sejati kita πŸ™‚

  6. bundadontworry berkata:

    Semoga Allah swt segera mengangkat penyakitmu ya A, dan memberikan kesabaran dlm menghadapi sakit ini, amin
    Cepat sehat kembali A πŸ˜€
    salam

  7. Bupil.com berkata:

    Wah bener bnget mas. Makasih infonya

  8. orange float berkata:

    teman yang bisa diajak berbagi dalam suka dan duka memang sulit ditemukan. kebanyakan mau suka aja dan meninggalkan saat sedang kesusahan.

    moga lekas sembuh ya A’

  9. aura pelupa berkata:

    Sahabat sejati, harus berani menegur kita bila salah!

  10. nuansa pena berkata:

    Ada ketika kita kesulitan dan kena musibah!

  11. aura pelupa berkata:

    Sahabat sejati akan datang, apabila kita bisa menempatkan diri sebagai sahabat sejatinya!

  12. anantobudiarto berkata:

    sahabat sejati adalah harta yang tidak ternilai!
    mantap, gan!
    πŸ™‚

  13. bayuputra berkata:

    WAH BAHAYA NIH BISA DIDETEKSI JUGA YAH … WAH KALAU SAYA TERMASUK SAHABAT SEJATI ATAU TIDAK YAH ???

  14. arifromdhoni berkata:

    hbs sakit kang? smg ttp diberi kesehatan πŸ™‚

    Ni’mat sehat adl ni’mat terindah setelah ni’mat iman dan islam πŸ™‚

  15. Hakim berkata:

    sahabat sejati adalah sahabat yang selalu mengingatkan kita ketika kita futur

  16. tommy berkata:

    ia, kalo teman yang ada hanya pada saat kita bahagia/bersenang-senang itu sama seperti ‘parasit’ πŸ™‚ hehe

  17. Coba Diklik berkata:

    Begitulah mas, sahabat sejati itu:
    1. Kita musti harus punya.
    2. Dia harus baik.
    3. Dia harus ada setiap kita butuhkan.

  18. Ifan Jayadi berkata:

    Mudah2an bisa segera pulih dari sakitnya. Sahabat sejati memang tidak pernah mengenal pamrih dalam menolong pada siapapun. Dan itulah sebenar-benar teman

  19. ysalma berkata:

    Apapun itu, semoga Achoey bisa melewatinya, percayalah sahabat sejati itu masih tetap ada, walau mereka tidak selalu ada secara phisik, tapi mereka selalu siap untuk mendengar dan mensupport πŸ™‚

  20. setyantocahyo berkata:

    sahabat sejati..
    sungguh indah sekali maknanya…
    sll hadir dalam suka maupun duka…
    siap berkorban apa saja demi membahagiakan sahabatnya…

    salam , mga lks sembuh ya…

  21. Ariyanti berkata:

    jarang nemu sahabat sejati… saya pun masih belum bisa menjadi sahabat sejati

  22. Berdebu berkata:

    sahabat sejati harus…

    meminjami duit kala kita tak punya….
    ha ha hah ha πŸ™‚

  23. Abula berkata:

    semoga saya bisa menjadi sahabat sejati bagi sahabatku…

  24. Thomas berkata:

    Kalau kata temanku nih…sahabat sejati tak wajib ada saat kita suka…tapi wajib ada saat kita bersusah hati

    btw….ada rilis lagu2 untuk didlwonload nih
    cek deh :

    http://thomasandrianto.wordpress.com/2010/05/13/band-cadas-lagunya-ada-yang-kenceng-ada-juga-yang-slow-semua-enak-didengar/
    salam

  25. yoriyuliandra berkata:

    Mendeteksi
    Kemudian menghitung dan mengukur
    Kemudian ditandai
    Kemudian mempersiapkan diri menjadi sahabat sejati (juga)
    *begituka(h)(n)…?

    May you be well

  26. Danu Akbar berkata:

    Sahabat menurut saya urutan ke 3 terpenting dalam hidup.

    1. Allah SWT (Tuhan)
    2. Orang tua
    3. Sahabat

    πŸ˜€

  27. yasiin berkata:

    wah gagal pertamaxxx…

  28. alhamdulillah saya mempunyai teman-teman/sahabat yang mengerti keadaan masing-masing…

  29. edratna berkata:

    Mempunyai sahabat sejati, sungguh karunia yang tak terkira

  30. rime berkata:

    friends in need is a friends indeed

    beruntunglah yang punya sahabat sejati πŸ™‚

  31. Ferry Prima berkata:

    Sahabat sejati gue adalah gue sendiri. terkesan individual? yes I am . hehe

    However, I do reallty have some great friends.

  32. Asop berkata:

    Sahabat sejati, sungguh sulit mendapatkannya. Menurut saya sih beda ama “teman sejati”. Lebih erat hubungannya kalo dengan istilah “sahabat sejati”. πŸ™‚

  33. Nur Ali Muchtar berkata:

    menurut saya, cara menemukan sahabat sejati itu adalah melihat responnya ketika kita sedang kesusahan. benar sekali bukan melihat reaksinya saat kita senang.

    ada juga cara-cara yang lain:
    1. ente pernah tansaksi fulus dengannya dalam jumlah yang tidak kecil. nanti keliatan tuh karakter aslinya.
    2. jalan-jalan bareng ke tempat-tempat yang jauh dan asing. misal: naek gunung. keliatan banget dah tuh dia orang seperti apa.
    3. sering tidur bareng di dalam kamar yang sama. ini cara yang lumayan ampuh untuk ngeliat dalem-dalemnya.

  34. sunarnosahlan berkata:

    sahabat sejati tak harus satu kata, jika dalam jalan yang benar bareng-bareng jika melenceng saling mengingatkan

  35. Sapril berkata:

    Sahabat, benar mengamini. Salam mengingatkan. Senang ikut serta, susah bersusah payah membantu.

  36. abrus berkata:

    Nice info … sahabat sejati, sahabat dikala suka dan duka!!!

  37. aldy berkata:

    Mas Ahoey,
    Saat ini jujur saja sulit mencari sahabat sejati, tetapi saya masih bersyukur dikaruniai oleh Allah SWT memiliki sahabat sejati.

  38. cempaka berkata:

    Sahabat sejatiii … mau berbagi disaat suka dan duka *klasik banget yak* hehehheh

  39. M Mursyid PW berkata:

    Ada pepatah “A friend indeed is a friend in need”.

  40. sawali tuhusetya berkata:

    tulisan yang reflektif dan mencerahkan, mas achoey. sepakat banget, sungguh beruntung kalau kita punya sahabat sejati. bahkan, lebih bagus lagi ditingkatkan ke sahabat sejati dunia-akhirat.

  41. rosenrain berkata:

    nice post..

    ..jadilah sahabat yang baik buat diri kita, tegarkan diri bahwa Allah mencintai kita

    terima kasih sudah mengingatkan akan hal itu..

  42. RyZack berkata:

    Sosok sahabat sejati merupakan sebuah kebahagiaan yang tak ternilai, memahami disaat duka maupun suka πŸ™‚

  43. rumahsehatafiat berkata:

    Mas cepat sembuh ya , mangkanya jangan telat makan. jaga kesehatan .hari semakin dekat tuh…

    kalo sempat dan ga tergangu bw aja mas sambil istirohat. neeh mas ada tips untuk nanti berumah Tangga baca ya kiat-merawat-cinta-kasih

  44. rumahsehatafiat berkata:

    Tadi malam datang ke MJ …
    maaf baru tau Semoga lekas sembuh ya

  45. Rindu berkata:

    Aa katanya sakit yah? cepet sembuh … katanya tinggal beberapa hari lagi, ada apa dalam beberapa hari 😦 bingung.

  46. Abid Famasya berkata:

    yah….. semoga saja tidak ada yang sendiri. semua pasti ada yang menemani. πŸ˜€

  47. bleach03 berkata:

    Memang sahabat sejati adalah seseorang yang slalu hadir disaat kita menangis, bukan tertawa!

    Salam persahabatan

  48. noto berkata:

    Mencari kawan dalam kesenangan itu sangatlah mudah,
    tapi mencari teman dalam kesulitan itu sangatlah susah

  49. ifin berkata:

    aku slalu mrindukan sahabat sejati….
    salam SEMANGAT jg mas…. !!!

  50. sahabat? hal yang paling sulit dimiliki saat ini..

    apalagi buat orang yang terlalu sibuk, atau terlalu punya banyak kepentingan..

  51. rose berkata:

    aq ingin jadi sahabat sejati a’… berteman dengan tulus dan ikhlas tanpa suatu ambisi dan misi… hanya kebaikan yang ingin ditebarkan…

  52. sunflo berkata:

    sahabat sejati itu susah dicari a’… dia akan teruji oleh waktu dan peristiwa… dia akan kita jumpai jika waktu2 telah kita lalui sekian lama

  53. koplak berkata:

    mengucapkan puji syurukur dah sembuh dan bisa beraktifitas lagi bos

  54. soewoeng berkata:

    selamat bertemu kembali bos…..
    semoga ngak sakit l;agi bossssss

  55. tommy berkata:

    ngga perlu dicari sahabat sejati juga akan datang dengan sendirinya.

  56. yanrmhd berkata:

    sahabat sejati, memang sangat berharga, kala dekat ia selalu siap membantu, kala jauh ingat dalam setiap doanya….

    semoga silaturahmi ini dan persahabatan tetap terjalin a’ πŸ™‚

  57. wi3nd berkata:

    aku bukan sahabat sejatimu ya A πŸ™‚

    maaf tak bisa hadir disaat dirimu sakit

  58. icantulang.com berkata:

    mantabh tipsnya jadi terharu nchih mendengar paparan kakak..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s