Menentukan Kriteria Pasangan Hidup


Sahabat, pada saat kita kan memilih pasangan hidup, hampir umumnya kita tuh memiliki kriteria untuk menentukan seperti apakah pasangan kita. Biasanya, kriteria yang kita tentukan adalah gambaran ideal sosok yang kita impikan. Kita memiliki kriteria ideal itu jelas wajar-wajar saja. Lalu, dalam perjalanan kehidupan, kita pun mengupayakan agar kan kita temukan sosok yang sesuai kriteria yang kita inginkan tersebut.

Mari kita misalkan, seorang lelaki memiliki kriteria sosok perempuan yang diimpikannya adalah seagai berikut; cantik, seksi, kulitnya putih mulus, tinggi semampai, rambut panjang terurai, gigi putih cemerlang, mata berwarna biru, hidung mancung, memiliki lesung pipit, bibir merah merekah, memiliki tahi lalat di ketiak dan wangi harum badannya. Ya sah-sah saja punya kriteria seperti itu, itu haknya lelaki itu. Soal apakah kan dia dapati sosok perempuan yang seperti itu, ah itu mah soal lain.

Seorang perempuan pun berhak memiliki kriteria lelaki yang kan menjadi pasangan hidupnya, misalkan ganteng, tinggi tegap badannya, besar ototnya, hitam legam kulitnya, tebal alisnya, kekar rahangnya, bidang dadanya, tipis kumisnya dan memiliki senyuman maut yang menghujam jiwa, ow ow hehe.

Tapi coba kita pikir-pikir, cukupkan kita menentukan kriteria pasangan kita hanya dari segi fisik belaka. Tentu saja fisik hanya salah satu sisi saja. Kita juga harus memperhatikan hal hal lain yang sekiranya penting dan kan berdampak pada keharmonisan kehidupan rumah tangga kita. Jadi apalagi kriterianya, soal kecerdasan, soal keturunan, soal kekayaan, ya itu bisa jadi segi-segi lainnya.

Tapi jauh dari sisi-sisi kriteria yang telah disebutkan di atas, ada kriteria yang paling utama yang harus kita pikirkan untuk kebaikan kehidupan rumah tangga kita. Yakni keindahan ahlaknya, pemahaman agamanya. Ketika ini menjadi yang utama, maka ini menjadi kriteria final yang menentukan. Buat apa cantik/ ganteng, pintar, kaya, dari keturunan terhormat tapi kalau jelek perangainya, buruk tingkah lakunya, jahat sikapnya, jauh dari Tuhan-Nya. Lebih baik indah ahlaknya, cantik/ ganteng parasnya, cerdas otaknya, mapan dan dari keturunan yang baik, eh itu mah sempurna ya hehe.

Kehidupan rumah tangga itu akan indah bila dijalankan dalam bingkai keharmonisan, dalam bingkai keromantisan. Suami yang baik adalah suami yang bertanggung jawab dan penuh kasih sayang, dan istri yang baik pun adalah istri yang bisa membuat suaminya merasa nyaman dengan sikap perhatian dan kelembutannya. Mencoba saling memahami seiring perjalanan hari, tiada cukup waktu untuk mengekspresikan rasa cinta yang tak berkesudahan, hingga renta, hingga detik terakhir menatap dunia. Bukankah ini impian kita semua? Ya, kita butuh sakinah, mawaddah, warahmat.

Baiklah, jadi jangan sungkan kita menentukan kriteria, tapi kita harus paham bahwa kriteria yang utama tetap pada keindahan ahlaknya. Bagaimana menurut sahabat?

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Cinta dan tag , , , , . Tandai permalink.

77 Balasan ke Menentukan Kriteria Pasangan Hidup

  1. ismi berkata:

    ehm, nyang mu nikah, postingannya all bout nikaaah teyus… πŸ˜€

  2. ismi berkata:

    tet toooooot…ternyata gw dapet fertamaxx fluss…
    ngeek..

  3. didot berkata:

    menurut saya yg terpenting adalah apabila kita akan berumah tangga untuk beroleh keturunan,apakah pasangan kita kelak akan jadi orang tua yg baik atau tidak untuk anak2 kita kelak? jangan kita durhaka sama anak kelak (meski belum ada anaknya sekarang,tapi kan kita berusaha untuk itu) karena mencari yg kita mau saja,bukan yg baik untuk mereka (anak2 kita yg belum lahir)

    tapi diseimbangkan juga dengan kriteria yg achoey kasih tentunya,jadi bukan sekedar yg bisa jadi orangtua baik,tapi akhlaknya pun harus baik,dan kalau bisa kita juga suka melihat dirinya:)
    wallahualam

  4. omiyan berkata:

    saya ga muluk-muluk amat, yang penting mengerti saya dan wajahnya asia hahahahahaha

  5. sunflo berkata:

    wanita / pria saat mau menuju ke jenjang ini dihadapkan pada 4 kriteria: harta, paras, kedudukannya dan agamanya… untuk aq pribadi jelas agama yang aq pilih… kmudian baru yang 3 itu… πŸ˜‰

  6. rose berkata:

    aah…. aa’ lagie berbunga-bunga nieee… pagi beningnya kok ga kliatan?? sibuk yaa… πŸ˜•

  7. delia4ever berkata:

    ehmmm semakin jelas pencerahannya A’
    makasih ya…. aq lagi ngumpulin artikel pernikahan juga nih… πŸ˜€

  8. aisyah muna berkata:

    so, kapan undangannya kita dapet…?
    ^____^

  9. Lilah haryoko berkata:

    Dl saya jg py impian ttg seorng pendamping hdp, agama bgs seiman, sifat wataknya bgs, pekerjaan apapun yg penting bs diandalkan..tyt Allah memudahkan inginku, knlnyapun hy via sms di radio, tyt org itu nyaris sempurna spt yg kumau, hingga skr dah 1 putri 2 thn, tak pnh ada jeda berat , insaAllah seterusnya !

  10. tommy berkata:

    ia, jangan hanya melihat dari segi fisik aja πŸ™‚ kalo hanya dari segi fisik pasti susah entar,

  11. Ping balik: Tweets that mention Menentukan Kriteria Pasangan Hidup Β« Catatan Cinta Sang Sahaja -- Topsy.com

  12. ilham berkata:

    masih jauh dari angan2 mancari pasangan.baru tingkat remaja nih πŸ˜€

  13. za berkata:

    kalo urusan agama, nomer satu…

    kriteria lain, bisa maen musik dan romantis,, hehehehhe

  14. Arif R. berkata:

    saya masih tunggu dulu deh,, masih mau nylesein kuliah dulu.. πŸ˜€

  15. Kang Romly berkata:

    waduh kang….abdinah udah punya..Alhamdulillah nyai abdi paling sabar…..cantik lagi..rajin sholatnah,ngajinya pinter krn kluaran pondok pesantren 14 tahun kang…hehehhe masuk kriteria A++++…

  16. firdausfarisqi berkata:

    klw saya dulu pernah gagal gara2 beda keyakinan, saya yakin dengan dia 100 %, dianya yang masih gak yakin dengan saya 😦 …. sekarang saya mulai pendekatan lagi dan semoga kali ini keyakinan kami sama… amiin… ( numpang mohon doanya ya πŸ˜€ )

  17. Herry berkata:

    Kriteria???

    Yang Paling Penting Solehah,,,,,! dan Bisa masak….!

    Semoga Kita semua diberi Pasangan Hidup Yg terbaik dan sesuai dengan Kriteria yang Di Ridhoi Allah….!

    Amin….!

  18. Ifan Jayadi berkata:

    Kriteria yang memang kadang sulit untuk dicari. Tapi sbg manusia kita wajib berusaha untuk itu dan berdoa dengan memasrahkannya kepada Allah SWT

  19. Ferry Prima berkata:

    kalau kriteria saya gampang saja : smart, kaya, cantik, charming, anggun *lhoo kok jadi ribet gini

  20. bayuputra berkata:

    wah banyak sekali yah persyaratannya … hee untung saya sudah menikah jadi aman … heee

  21. bayuputra berkata:

    terimakasih untuk informasinya.

  22. peri01 berkata:

    nice info A

  23. untuk urusan ini kak…hehe.. aQ mah pake 50% hati dan 50% juga lpgika… aduuuh.. ^^ *pusing sendiri mode on*

  24. Siapa yang menikahi seorang wanita karena kedudukannya, Allah akan menambahkan kehinaan kepadanya, Siapa yang menikahinya karena kekayaan, Allah hanya akan memberinya kemiskinan, Siapa yang menikahi wanita karena bagus nasabnya, Allah akan menambahkan kerendahan padanya, Namun siapa yang menikah hanya karena ingin menjaga pandangan dan nafsunya atau karena ingin mempererat kasih sayang, Allah senantiasa memberi barakah dan menambah kebarakahan itu padanya” (HR. Thabrani)

    πŸ™‚

  25. arifromdhoni berkata:

    Yap, blh menetapkan kriteria. Tapi terkadang ada yg luput dari kriteria yg kita idamkan. Selama msh dlm batas normal, tdk mjd masalah. Tak ada gading yg tak retak. Jika melihat kekurangan pasangan, lihatlah kelebihannya. Insyaallah yg beragama, kelebihannya kan lebih banyak dibanding kekurangannya πŸ™‚

  26. iLLa berkata:

    sudah ditentukan oleh-Nya, bahwa yang baik hanya untuk yang baik pula, begitu juga sebaliknya.
    jadi jika ingin mendapatkan yg berakhlak baik, juga tidak boleh lupa untuk terus memperbaiki diri.
    makasi sudah diingatkan kang πŸ˜€

  27. RyZack berkata:

    Kalau melihat kecantikan, sekilas saja sudah bisa terlihat, tapi kalau mau melihat akhlak seseorang gak bisa langsung terlihat ya? 😦

  28. hellgalicious berkata:

    kalo masi muda kek saya apa udah boleh mencari pasangan hidup? hihi

  29. Planet Orange berkata:

    salam kenal ya….. baca2 dulu artikelnya ah…tapi saya sudah menemukan pasangan hidup sih

  30. ariefien berkata:

    ehmm… yg penting sholeha…. πŸ™‚

  31. tutinonka berkata:

    Saya sudah 25 tahun nikah, dan dulu nikahnya karena cinta aja. Ya udah, gak mikir kriteria. Alhamdulillah sampai sekarang masih awet …. πŸ™‚

    Namanya jodoh pemberian Allah, apapun dan siapapun dia, ya kita terima dengan ikhlas. Bener nggak sih A’ ?

  32. darahbiroe berkata:

    aku setuju jika menentukan kriteria pasangan hidup
    tapi kalau menentukan kriteria pacar kekna tampang nomer 1 dech disusul body dan yang ketiga 4567 rahasia dunt hahahha

  33. missjutek berkata:

    ismi pernah baca satu quote yg bagus tentang menentukan kriteria pasangan hidup, begini katanya…
    “Sebelum kau menuntut orang lain untuk berbuat sesuatu yg kau suka, lakukan lah perbuatan itu dahulu untuk dirimu”
    yah, gitu lah kira2… πŸ™‚

  34. fitrimelinda berkata:

    kalau menurut saya sih,.. yang paling penting akhlaknya… πŸ™‚

  35. alamendah berkata:

    setuju banget. Kriteria pasangan hidup emang gak sama dengan kriteria mencari pacar.

  36. edot berkata:

    saya setuju bangaet..
    pasangan memang harus tiada lawan…
    baik hati donk

  37. kikakirana berkata:

    Paling penting akhlaknya… rata” semua jawabnya begitu…
    seandainya… kita suka dengan orang yang sebenernya akhlaknya kurang pas gimana ya?? 😯

    HIDUP!!! ^_^

  38. Tary Sonora berkata:

    kang, selama ini saya selalu menginginkan pasangan seperti yg saya harapkan, setelah saya dapat ternyata tdk sesuai dg harapan saya. jadi skr saya tdk memiliki kriteria apapun, yg penting seiman dan bersedia menjadi imam.

  39. yanrmhd berkata:

    heu..siiip lah :mrgreen:
    baik akhlaknya dan agamanya pun baik, insya Allah kala menjalin kasih dalam ridhoNya maka akan memancarkan keberkahan,, πŸ˜€

  40. dedekusn berkata:

    Si akang nu kasep ieu hebat referensinya kang… tiasaan… urang Ciamis tea atuh.. heuheu….

    Membacanya jadi mau nambah 1 lagi pasangan kang hehehe…. πŸ˜€

  41. Piss berkata:

    Postingannya berlakujuga utk pasang yg ke 2, ke 3, ke 4 ngga kang? hehehehe… πŸ˜†

  42. Thomas berkata:

    Btw…kalo teman saya kriterianya cuma satu : pribadinya bagus….!
    1. Mobil pribadi
    2rumah pribadi
    3……masih banyaklagi
    hje he he he

    salam

  43. putra berkata:

    saya c cari pasangan ga muluk-muluk yang penting punya kpribadian,….. rumah pribadi, mobil pribadi, credit card pribadi,….

    heheheee,… becanda,..
    saya c yg paling penting bisa nerima saya dan keluaga saya apa adanya,…

  44. Yups,,,Sepakat sekali Kang Achoey,,,
    Sebagai manusia normal, Kriteria pertama diturunkan kepada penampakan fisik,,, itu wajar(termasuk saya he he he),,,

    Namun, kriteria selanjutnya yang tak bisa dibuang adalah mengenai kebagusan AKHLAK nya serta ketakwaan kepada Allah SWT, Rabb semesta alam. Jika ini tidak ada,,, tidak jadi saja dech,,,

    Sedikit curhat ya Kang,,, Di Bandung,,, akhwat nya sungguh luar biasa cantik, sangat beda dengan daerah tempat asal saya, di Bojonegoro Jatim,,namun, lagi2 filternya adalah Akhlak dan Keimannya, so, secantik apapun jika senang mengumbar aurat, naudzubillah, sudah tidak masih hitungan sama sekali he he he,,,,

    Ayo Kang, kita berlomba untuk mencari calon TERBAIK(tentu saja kita juga kudu membenahi diri untuk menjadi yang TERBAIK juga bukan πŸ˜‰

    Salam semangat selalu dari Muhammad Joe Sekigawa

  45. wi3nd berkata:

    nun99uin undan9an ajah aah πŸ˜€

    kriteria pasti ada πŸ˜‰

  46. hanyanulis berkata:

    akhir2 ini sejauh pengamatan saya, psotingannya secara simultan tentang topik relationship dalam nikah..kalo bebrapa postingan dalam bulan ini tentang before merried, tentunya nanti juga akan muncul beberapa postingan after merried πŸ™‚
    Hmmm.penasaran neh, gimana ya postingan yang after merried itu πŸ™‚

  47. bundadontworry berkata:

    seperti yg dikatakan oleh Rasulullah: ‘carilah pasangan hidupmu, yg baik rupanya, banyak hartanya, baik keturunannya, baik pula agamanya. dan sesungguhnya yg baik agamanya lah yg terbaik bagimu’
    jadi, kenapa tdk kita ikuti petuah Nabi saw ini ?
    jangan hanya memandang bentuk ffisik dan harta semata.
    salam

  48. Rully berkata:

    intinya harus sama-sama baiknya, bukan begitu? baik dari si laki-laki maupun perempuannya. belum tentu kita juga memenuhi kriteria laki-laki yg diinginkan si perempuan itu.

  49. setyantocahyo berkata:

    klau saya kok pernah di wejang ma senior, klau mau cari istri hrs dpt slah satunya diantara 4 kriteria..
    yaitu diantara : cantik, pinter, kaya,solechah tentu teramat susah kalu dpt empat2 nya itu sempurna namanya mana di dunia ini yg sempurna…jadi klau kita cma kejatah hanya 1 aja yg masuk, kita pilih yg mana?? yg cantikkah, pinterkah, kayakah atau yg solechah….
    hehehe….

  50. kutukupret berkata:

    simple aja, wanita sholehah yang sederhana, mau diajak senang dan susah πŸ˜€
    hayoo sapa yang mau…hehehehehe…jualan x…

  51. bicara soal jodoh mmg sulit untuk d tebak,.. tapi berbicara soal kriteria idaman,.. bole2 aja dey,… kale2 aja dapet sesuai kriteria,.. wkwkwk amin

  52. gerhanacoklat berkata:

    sama ahh sama ismi komengnya
    ehm yang mau nikah……………… ;D

  53. Dangstars berkata:

    Tiga faktor aja Bibit,Bobot dan Bebet

  54. Vulkanis berkata:

    Harus betul-betul jangan asal pilih

  55. madimuktiyono berkata:

    wah ngomongin pasangan hidup ya, memang sih mencari pasangan hidup harus dilihat bibit bobot dan bebetnya .. hahaha

    salam kenal..

  56. agoenk70 berkata:

    yupp selain kecantikan paras kecantikan ahlak salha satu faktor yang paling penting juga.
    mudah2an pada saat tibanya nanti saya bisa memilih dengan seperti itu…

  57. Rubiyanto berkata:

    Kapan ya aku mendapatkan pasangan hidup ,,…..
    he he he, bisa buat panduan cari-cari ….

  58. idebagusku berkata:

    kalau saya masih berusaha jadi orang baik, supaya dapat jodoh yang baik juga

  59. sawali tuhusetya berkata:

    setuju banget dengan mas achoy. dari sekian kriteria, akhlak mesti menjadi nomor satu!

  60. Red berkata:

    kriterianya harus cantik, seksi, kaya raya wkwkwkwk

  61. Berdebu berkata:

    Masak tahi lalat di ketiak?

  62. setujuh, akhlak adalah kriteria yg wajib diutamakan πŸ™‚

  63. fara berkata:

    undangan undangan jangan lupa πŸ™‚

  64. kisahkisruh berkata:

    yah, yang dikasih Tuhan aja dah.. percaya itu yang terbaik

  65. hakim berkata:

    setuju ajah ama kang achoey…emang ajaran islam seperti itu

  66. si3 berkata:

    Saya berdoa buat saya sendiri dan teman2 yg baca artilkel ini somoga dapat pasangan yg punya akhlak baik………amin

  67. iiN greeN berkata:

    boleh kita berkriteria tinggi.. tapi yang perlu diingat adalah kalau kita juga harus “memantaskan” diri untuk dapat kriteria yang seperti itu.. :p

  68. solusi bersama berkata:

    wah, bagus artikelnya !
    jadi referensi buat saya yang mau walimah !
    doakan ya diberi kemudahan dan kelancaran… amin

  69. ImamS berkata:

    Postingan bagi pencari pasangan hidup, dari yang (kayaknya) mendekati hari pernikahannya…

    Atau, baru melaksanakannya..(???)
    kunjungi http://bahasaimam.blogspot.com

  70. Antony 'hihia' Halim berkata:

    halo mas achoey, kunjungan balik nih πŸ˜€

    selain semua di atas, ada 1 hal lg mas menurut saya. yaitu keseriusan perasaan pasangan kita. apakah dia benar2 cinta dengan kita πŸ˜€ sekedar share pendapat saya saja sih, menurut saya itu yg paling penting. untuk apa kita punya pasangan yang sempurna tp dia tidak benar2 cinta dengan kita πŸ˜€

    oh iya mas, kalo tidak keberatan boleh saya request untuk tukeran link? nanti saya akan pasang link blog ini di blog saya. ditunggu loh konfirmasinya πŸ˜€

  71. Asop berkata:

    Jangan dari fisiknya aja. Bahkan dari kelebihan hati, bisa saja menutupi kekurangan fisik. πŸ™‚

  72. Bintang berkata:

    Dan di dalam pernikahan bukan hanya menyatukan dua insan, melainkan dua keluarga. Selain itu, masing-masing perlu menyadari bahwa tiap insan itu unik, jadi masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

  73. ipiems.com berkata:

    salam hangat πŸ™‚

    blog walking

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s