Cara Hati Mendeteksi Pasangan Hati (Jodoh)


Jikalau kita bertanya pada orang tua kita tentang bagaimana sih perasaan yang sebenarnya dikala kita bersua dengan sosok yang kan menjadi pasangan (jodoh) kita, sehingga kita yakin akan perasaan itu bahwa memang dia lah sosok yang kan menjadi pasangan hidup kita. Maka kebanyakan dari orang tua kita kan bilang bahwa kita kan merasa sayang pada sosok itu. Lalu muncul pertanyaan, perasaan sayang yang dimaksud itu seperti apa sih, apakah perasaan jatuh cinta? Dan mereka bilang, bukan sekedar itu. Nah lho, jadi bingung kan.

Dulu saya pernah bertanya-tanya mengenai hal ini, mengingat pada saat remaja dulu, saya relatif mudah jatuh cinta pada perempuan. Cukup dia sosok perempuan tercantik, putih mulus dan diperebutkan banyak cowok, saya biasanya jatuh cinta, apalagi kalau dia smart. Wah wah, ternyata bukan jatuh cinta seperti ini yag dimaksud, ini mah cinta semu belaka, ujung-ujungnya cuma butuh partner mesra-mesraan doang. Hayo ngaku!

Nah, untuk menetralisir hati dari rasa-rasa semu seperti itu, layaknya kita bersihkan dulu hati kita dari virus-virus merah jambu yang merajalela. Niatkan diri bahwa kita sedang mencari pasangan hidup setulus hati. Dan kita ingin menikah dengan segera tanpa harus bermesum ria, menikah untuk menyempurnakan agama.

Ketika hati kita sudah bersih, maka pikiran pun akan jernih. Lalu, dalam perjalanan kehidupan yang sudah dibuka dengan doa, keikhlasan untuk mendapat pun terdawamkan penuh keselarasan. Hingga pada suatu waktu yang tepat, hati kita kan mengisyaratkan kecendrungan, degggggggg. Ah, hati kita terpaut, merasa sayang setulus hati terhadap satu sosok. Rasa sayang ini tidaklah menggebu-gebu, namun ada dan terasa kehadirannya menyelimuti jiwa. Kita mudah membandingkannya dengan rasa semu yang biasa hingap karena pandangan. Ini beda, rasa ini lebih tulus, perasaan tulus untu mengasihi tanpa syarat.

Rasa sayang yang ketara ini kita simpan dalam hati, lalu diadukan pada Sang Pemilik Hati. Benarkah rasa ini tulus dan suci, tanyakan pada-Nya, tanyakan sepenuh hati. Jika rasa sayang ini menumbuhkan keyakinan, maka keikhlasan untuk menerima dan menjadikannya pasangan hidup pun terus tumbuh tanpa paksaan. Ah, di sini saatnya cinta bertasbih, mengagungkan asma-Nya. Dan percayalah, tidak hanya kita yang merasakan hal ini, tapi juga sosok indah di sana, dia merasakan hal yang sama, dia merindukan hal yang sama, menyatu dalam pernikahan yang sakinah.

Keyakinan, kesungguhan dan keikhlasan kan mempermudah jalan kita. Maka segeralah utarakan hal ini. Lelaki berhak melakukannya lebih dulu, karena perempuan terbiasa menyimpan haknya karena rasa malu. Maka, ketika akad nikah telah selesai dibacakan, lalu berbisiklah dengan pelan pada kekasih hati kita, “sayangku, bersyukur aku karena Allah telah menunjukkan kau sebagai jodohku”. Lalu yang lain menjawab, “sayangku, aku jauh lebih bersyukur karena Allah telah mempermudah pertemuan ini, pertautan hati ini.” Lalu ….. eit ingat, siang masih panjang, antrian tamu yang kan bersalaman masih panjang, bersabarlah hingga malam tiba, berpura-puralah kalau kita bisa menahan rasa, hehehe.

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Cinta dan tag , , , . Tandai permalink.

89 Balasan ke Cara Hati Mendeteksi Pasangan Hati (Jodoh)

  1. nDa berkata:

    menyimak dgn baik…
    smoga bisa menerapkan… πŸ˜€

  2. sedjatee berkata:

    ehm… ehm…
    pengalaman lampau ingin diulang kembali
    salam sukses bung Achuy

    sedj

  3. dedekusn berkata:

    Kayaxnya akang yg kasep ini mulai jadi spesialis penulis ttg pasangan & percintaan ya… :mrgreen:

    Siip pokonyamah…

  4. dedekusn berkata:

    Klo yg udah berpasangan bisa diterapkan lagi utk nyari pasangan lagi ngga ya kang? πŸ˜€

  5. munir ardi WP berkata:

    semakin pintar deh masalah yang gituan

  6. kang romly berkata:

    wah seperti pengalaman daku…tanpa rumus berpacaran langsung nikah…seru banget
    dan tip berhubungan dalam suami istri simak saja di
    http://kang-romly.blogspot.com
    pastinya akan asik tip dan triknya…salam kenal aja mas…sklian tukeran LINk
    Belajar Komputer dan Internet
    http://www.go-nrc.co.cc

    TIP dan TRIK Kang Romly
    http://kang-romly.blogspot.com
    maksih….di tunggu infonya

  7. firdausfarisqi berkata:

    kapan ya giliran saya 😦

  8. bundadontworry berkata:

    Berbagi hal2 yg sangat penting utk pedoman mengarungi kehidupan berumah tangga A. πŸ˜€
    salam

  9. cantigiβ„’ berkata:

    ga bisa komen choey, udah ketulis semua tuh.. πŸ˜€

  10. Dangstars berkata:

    Kalo tamunya dah pulang,,soal acara selanjutnya tanya deh ama Kang Dadang ,,ahlinya
    He..he..he

  11. Vulkanis berkata:

    Wah,,dah deket-deket nih tulisannya,,jangan-jangan lagi ada yang diincar untuk diajak serius tuh..
    Salam hangat sobat

  12. jun berkata:

    keknya udah pengalaman banget nich kang Haris πŸ˜‰

  13. sikupu berkata:

    *nyimak juga

  14. IFAN JAYADI berkata:

    Merasa mendapatkan penjelasan yang cukup untuk mulai menjajaki sesuatu yang baru sama sekali

  15. setitikharapan berkata:

    Wah semakin dekat dengan hari H, semakin mantap artikel tentang pernikahan. Lanjutkan mas.

  16. kampret berkata:

    kalo aku udah ketemu jodohnya mas ahahaha

    (insyaallah. amiiinnn πŸ™‚ )

  17. reza berkata:

    subhanallah

  18. orange float berkata:

    duh…. yang udah mau nikah makin mantap aja tulisannya πŸ˜‰

  19. greengrinn berkata:

    oh mau nikah πŸ˜† selamat yaa! semoga sukses menempuh hidup baru,. hhe,.

  20. Pencerah berkata:

    lanjutkan kang
    undangannya ditunggu

  21. hellgalicious berkata:

    wahaha
    perlu diterapkan nih
    bagus bagus

  22. omiyan berkata:

    hhmm kalaus aya sih tumpahin dulu perjuangan yang selesai tersebut dalam pelukan ibu saya hehehe

  23. rose berkata:

    ah… si aa’ jadul ternyata… πŸ˜‰

  24. sunflo berkata:

    *ngledekin choey ajah ah* cefetan undangannya choey… πŸ˜‰

  25. cempaka berkata:

    jazzakallahu khoiron kang,,,,, Semoga Allah memudahkan saya dalam urusan jodoh xxiixix…. saya ingin sekali segera menikah,,,, >_<

    hiksss

    http://cempaka.info/uncategorized/lagi-aku-menulis-tentang-nikah.html

  26. MT berkata:

    gimana nasib buku kita, kang? aku menunggu kabar saja, soale lagi asyik merawat ayah yang sakit πŸ™‚

  27. nakjaDimande berkata:

    ciee, ada kuliah pemantapan buat adek2 dari A.. keren!

  28. jumialely berkata:

    sore achoyyy πŸ™‚

  29. mahesapandu berkata:

    banyak jalan menuju roma, salah satunya udah diposting secara lengkap sama mas achoy

  30. Pusat Grosir berkata:

    nice infonya, tpi susah menjalaninya…
    kebanyakan yang ada cinta monyet. monyetnya entah kemana, cintanya entah kemana….

  31. dafiDRiau berkata:

    Kayaknya Kang Achuy ini udah Masternya de tentang masalah ini!!!!

  32. Febri berkata:

    wuiiiiiiiiiiiiii hari pernikahan semakind ekat nieh……………..

  33. Fauza berkata:

    Waduwh mas. . .kalo q c. . .mw skolah ceng pinter ceg. . .bru mikirin yang ntu. . Hehehe. . .tp g papa lah. . .biar kelak q jga bsa mencontoh t. . .amien. . .

  34. nengratna berkata:

    saya mau tanya, apakah mencintai seseorang selama 4 tahun termasuk indentifikasi cinta? huuh

  35. ysalma berkata:

    makin mantap aja nih choey,, πŸ˜‰

  36. Deteksi ini diarahkan oleh sang empunya rasa hati.. Hanya Dia yang bisa menentukan jodoh bagi semua insan.. πŸ™‚

  37. ususpanjang berkata:

    wahh, mangtaf A,
    tapi ternyata masih siang yahh, hehehe kirain malam hari tlah menjelang πŸ˜€

  38. kikakirana berkata:

    Aih,,, postingnya tentang pasangan hidup semua nie kek nya πŸ˜€

    HIDUP!!! ^_^

  39. fitrimelinda berkata:

    hmm…pengen bgt..segera menikah.. πŸ™‚

  40. Siti Fatimah Ahmad berkata:

    Assalaamu’alaikum

    Hehehe… achoey, ayat paling akhir pada tulisan ini bisa membikin saya ketawa. Terkenang masa lalu yang indah.

    Artikel yang sangat bagus dan menyenangkan.

    Salam mesra dari saya di Sarawak.

  41. Rully berkata:

    Semoga qt semua mendapatkan jodoh yg memang sudah d takdirkan 4JJl.. Amin!

  42. septarius berkata:


    Kayaknya A’ sedang menggebu cepet nikah nih..:-D
    Tulisannya soal jodoh mulu..
    Hi..hi..
    πŸ™‚

  43. wahyu nurudin berkata:

    Tuhan jawabnya gimana? apa lewat sms?

  44. sauskecap berkata:

    kalau saya sih sebenarnya tidak mencari-cari, eh tapi ternyata dpt sendiri calonnya…

  45. sauskecap berkata:

    duh avatarnya ga nongol… salah email mlulu

  46. aldy berkata:

    Mas Choey,
    Mencintai bukan mencari yang terbaik, tetapi menjadi yang tebaik untuk pasangan kita. πŸ˜‰

  47. setyantocahyo berkata:

    wah dalem banget mas…

    nice post…
    salam kenal..mohon ijin linknya dah aq pasang…

  48. Duniaku berkata:

    nambah ilmu lagi tentang cinta..makasih mas..

  49. Tary Sonora berkata:

    wahhh boleh di contek ya kang, mau ngedeteksi juga heheheh

  50. shanushy0809 berkata:

    cinta itu anugrah..
    maka berbahagialalah pa bila kita bisa cinta dan mencintai..

  51. didot berkata:

    biarpun kamu lebih muda,nampaknya saya perlu banyak belajar dari kamu nih A πŸ˜‰

  52. damalyk berkata:

    ckckck..
    udah mau nikah sepertinya..
    hmm..

  53. An berkata:

    Siip dapat ilmu baru πŸ™‚
    tapi saya belum niat cari jodoh . Too young :mrgreen:

  54. ismi berkata:

    Lalu ….. eit ingat, siang masih panjang, antrian tamu yang kan bersalaman masih panjang, bersabarlah hingga malam tiba, berpura-puralah kalau kita bisa menahan rasa, hehehe.<—————- eits, mu ngapain c??? πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ masih kecil niy gw, blom cukup umur, jadi blom kamsud πŸ™„

  55. zhie berkata:

    ooo, gitu ya kak πŸ˜†
    met pagi πŸ™‚

  56. yanrmhd berkata:

    sebuah pelajaran berharga.. πŸ˜€
    “eits…pura2lah kita bisa nahan rasa”, t.o.p deh πŸ˜‰

    sip..sip.. :mrgreen:

    *tambah mupeng***/ Ya Allah..mantapkan dan mudahkan…/

  57. AeArc berkata:

    hihi.. semuanya balik lagi ke ikhtiar..

  58. BlogCamp berkata:

    Kita kadang hanya melihat gebyarnya saja mas,gak tahunya gebyarnya hilang setelah menikah.
    Tuhan akan memberikan jodoh terbaik bagi kita. Maka dari itu jika putus pacar nggak usah menangis meraung-raung atau guling2 sampai ke Monas.

    Salam hangat dari BlogCamp

  59. Jejak Annas berkata:

    wah-wahkayaknya sebentar lagi muncul di tv neh jadi konsultan cinta ganttin mbak rose hehehehe

  60. nh18 berkata:

    (tersenyum saja)

    Tinggal dipraktekan gituh A …
    Supaya lebih jelas …

    hahahahahhaha …

  61. aisyah muna berkata:

    mmm..eee…mmmm..
    anak bawang..belum ngerti..
    mmm..jadiiiiii…mmmm..no comment deh.
    hehehe..^__^

  62. Ping balik: kopdar « gerhana coklat

  63. kutukupret berkata:

    klo saya berserah diri pada doa di malam2 hehehehe…keyakinan itu datangnya dari hati

  64. anny berkata:

    Saat menyerahkan jiwa raga disaat pengesahan sudah selesai, setelah itu timbul semangat untuk berkomitmen ya he..he…….

  65. rime berkata:

    amin…

    postingan yang puitis ^^

  66. Yui berkata:

    nice post bro..

    ijin belajar dari anda…

  67. omiyan berkata:

    hhhmm jadi mengenang masa itu hehehe

  68. idebagusku berkata:

    kang achoey emang dokter cinta yang top, saya yang masih sing le jadi bisa belajar hehe

  69. sawali tuhusetya berkata:

    wah, mas achoey layak menjadi konsultan perkawinan nih. motivasi dan tipsnya bener2 mantab.

  70. Miftahgeek berkata:

    Ah, kang Achoey ini, jadi kepikiran si “dia” lagi kan πŸ˜€

  71. nurrahman berkata:

    kdg kesadaran utk mengadukan dan mempertanyakan apakah rasa sayang terhadap lawan jenis karenaNya seringkali tertutupi oleh hawa nafsu kang (doh) *nepok jidat

  72. wi3nd berkata:

    deuh yan9 la9i de9 de9kan menun99u masa itu πŸ™‚

  73. agoenk70 berkata:

    wuahh ahli banget neh soal ginian kayanya hehe.. dah semakin dekat yah kang hehe

  74. melly berkata:

    keren bgt, aku terharu baca artikel ini πŸ™‚
    hehe..

  75. hieday berkata:

    tapi gimana kalau hati yang kita deteksi menyimpang??????

  76. Antony 'hihia' Halim berkata:

    halo salam kenal yah πŸ˜€ artikel yg bagus sekali mas.
    kebetulan lg jalan2 mampir kesini deh πŸ˜€

    oh iya kalo tidak keberatan kapan2 mampir juga yah ke blog saya di http://hihia.wordpress.com πŸ˜€ ditunggu loh mas kunjungannya πŸ˜€

    salam kenal dan sukses selalu yah πŸ˜€

  77. dhebu berkata:

    wahh,,udh mau nikah ya bang..aku doain biar dilancarin,Amien
    artikel yg bermanfaat..:D

  78. frida berkata:

    Ketika keindahan itu telah tercipta… tinggal 1.. apakah dapat menjaga warnanya tetap indah dan menjadi lebih indah??

  79. masfaj berkata:

    ayooo menikah…

  80. Abdi Jaya berkata:

    makasih bang ilmunya πŸ™‚

  81. Ping balik: Mengintip Jodoh Kita « the second life

  82. riefki berkata:

    makasih buwat tips’y….
    moga bisa bermanfa’at buwat yang baca…..
    thanks gaNn….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s