Biodata yang Kumplit dan Jujur untuk Taaruf


Bagi yang mengambil jalan taaruf dalam proses mencari pasangan hidup, maka biasanya bertukar biodata adalah pembuka. Setiap pihak yang akan menjalankan proses taaruf diharapkan bisa menyusun biodata dan pendeskripsian banyak hal tentang dirinya dengan baik. Pendeskripsian yang baik maksudnya adalah menggambarkan banyak hal tentang dirinya secara jujur, rinci dan sistematis.

Etahlah, saya sendiri tidak tahu apakah ada format yang baku mengenai hal ini. Tapi menurut saya penulisan biodata dan pendeskripsian diri itu tergantung kebutuhan dan kebijakan masing-masing individu. Berikut menurut saya biodata dan pendeskripsian diri yang layak diberikan pada sosok yang ingin kita kenali dan ingin mengenali kita guna menjadi pasangan hidup.

A. Identitas Diri

Yakni memuat nama lengkap, nama panggilan, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin (ini mah dah pasti ketahuan), agama dan suku.

B. Sarana Komunikasi

Yakni telepon rumah, ponsel baik GSM atau juga CDMA, email, YM dan sejenisnya, juga blog. (Ini bagi mereka para pengguna internet)

C. Fisik & Kesehatan

Yakni mengenai tinggi badan, berat badan, warna kulit, bentuk wajah, golongan darah dan riwayat penyakit alias kondisi kesehatan. Nah untuk penggambaran fisik banyak juga tuh yang pake foto.

D. Pendidikan

Yakni mengenai pendidikan formal dari mulai SD sampai Perguruan Tinggi, bagus juga sih kalau sekalian dicantumkan IPK. Juga mengenai pendidikan informal semacam kursus dan lain sebagainya.

E. Pekerjaan dan Penghasilan

Yakni mengenai pekerjaan yang sedang dijalankan. Jika karyawan sebutkan posisinya sebagai apa dan sudah berapa lama kerja di sana. Jika sebagai wirausahawan sebutkan jenis bisnisnya apa. Sebutkan pula penghasilannya berapa, baik yang tetap atau pun penghasilan tidak tetap.

F. Kegemaran (hobby)

Sebutkan apa saja hobby kita.

G. Hal yang disukai dan tak disukai

Sebutkan hal-hal yang kita suka dan kurang kita sukai. Mulai dari makanan, warna, karakter dan lain sebagainya.

H. Keluarga

Kenalkan siapa ayah, ibu dan saudara kandung kita. Jelaskan biodata singkat mereka dan telepon yang bisa dihubungi.

I. Visi & Misi

Sebutkan Visi & Misi kita dalam menjalani hidup ini.

J. Definisi Pernikahan

Jelaskan pengertian rumah tangga menurut kita apa dan bagaimana. Lalu akan seperti apa rumah tangga yang akan kita bina.

K. Pasangan yang diimpikan

Sebutkan terus terang seperti apakah pasangan yang kita inginkan. Misal kita ingin gadis solehah yang cantik berkulit putih, dengan berat badan 50 KG dan tinggi badan 160 cm, usia antara 22 – 25 tahun, lulusan sarjana pendidikan dan bekerja sebagai guru sekolah, pandai bergaul, bersahaja dan berasal dari suku Sunda. Sebutkan saja gak usah malu-malu. Ya namanya juga tataran ideal, jadi bisa kurang bisa lebih kan yang didapat hehe.

Nah, kalau menurut saya ya segitu udah cukup. Soal urutannya ya sesuaikan dengan keyakinan masing-masing hehe. Jangan tanya apakah saya punya pengalaman dalam hal ini atau tidak. Selamat mncoba 😀

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Cinta, trik cerdas. event seru dan tag , , . Tandai permalink.

52 Balasan ke Biodata yang Kumplit dan Jujur untuk Taaruf

  1. zhie berkata:

    catet ah, buat besok kalu zhie mu ngasih biodata zhie ke calon suami 😛

  2. Didien® berkata:

    dulu dalam proses ta’aruf saya kuq ga nulis biodata ya?cuma didampingi ustadz dari pihak kami masing²…
    maaf baru sempat berkunjung balik….karena kesibukan yg menghimpit saya akhir² ini…

    salam, ^ _^

  3. Ping balik: IBSN : Konsumsi roda dua « komuter jakarta raya

  4. Pencerah berkata:

    langsung di praktekkan

  5. hellgalicious berkata:

    waah perlu di coba nih
    tapi saya masih 19 taun

    masih terlalu muda ah *curcol*

  6. asepsaiba.com berkata:

    Ah, pasti dikau berpengalaman dalam hal ini kang….
    Saya mau menambahkan: sebutkan juga kebiasaan buruk yg sering kita lakukan (hobi ngupil misalnya.. hehe..)

    Kang achoey, plis visit my new blog ya…
    http://asepsaiba.com

  7. jarwadi berkata:

    Apa kita bisa mengenal seseorang hanya dengan sekedar membaca biodata saja? Kalau saya sendiri memang kesulitan.

    Rasanya mengenal seseorang dan berinteraksi dalam kurun waktu yang cukup bisa untuk membawa pada perkenalan yang baik.

    Tapi entahlah ….

    Salam

  8. yoriyuliandra berkata:

    Duuh…
    Temanya :mrgreen:

    Btw, metode begini sepertinya sangat baik dan perlu dijalani dengan sabar dan ikhtiar 🙂

  9. anKa berkata:

    kang emank yang taaruf.. masih ada yang kang..
    atau ini kang achoey sekedar berbagi pengalaman pribadi… ;))

  10. Bee'J berkata:

    wahai wanita, adakah yang mau taaruf dengan saya 🙂

  11. didot berkata:

    makasih choey,insya Allah kalau taaruf lagi saya tambahkan deh di biodata saya,tapi mudah2an gak perlu ya ,soalnya lagi nunggu jawaban nih 😀

    • Usup Supriyadi berkata:

      Assalamu’alaikum Wr. Wb.
      semoga dimudahkan ya mas didot .

      subhanallah, sangat bermanfaat kang achoy 😀

  12. yangputri berkata:

    boleh nambahin a’ ?
    punya kepribadian…. itu yang penting..

  13. tary berkata:

    temenku sukses dengan taarufnya, itu hal yang sangat indah menurutku.

  14. idebagusku berkata:

    syaratnya seperti itu ya kang, woke deh

  15. delia4ever berkata:

    ehmmm …… begitu ya ^_^….
    okeh okeh..

  16. sahabat blogger berkata:

    kejujuran memang hal paling mendasar dalam sebuah perkenalan. jika telah ada dusta, tentunya sangat disayangkan…

  17. kawanlama95 berkata:

    oo kek gini ya , wah kalo kita mah tahap awal suruh liat dulu blog kawanlama95 setelah itu silahkan kalo cocok terus ada lagi tahapannya … dan akhirnya ga ada yang cocok .alias ga ada yang mau kalie ye sama aku abis terlalu bertahap seeh
    Entahlah apa yang terjadi dengan hari esok.

    Salam sehat untuk kang achoey

    wah porsi jumbonya mantabbb banget tuh

  18. rayya berkata:

    ta’aruf.. oh, ta’aruf.. heheh
    sepertinya a’ choey dah sukses memperaktekan niy,, 🙂 *smg saja amien..

    dah lama ga main keblog a’choey,,

  19. agoenk70 berkata:

    wuahh begitu toh hoho…
    boleh dah nanti di praktekan

  20. Abdi Jaya berkata:

    proses taaruf model begini jauh dari kemaksiyatan… mantap bang 😀

  21. Hariez berkata:

    hahaha…tips yang menarik untuk yang ingin ber ta’aruf 😀

    salam hangat Kang

  22. deady berkata:

    waaaa
    ini post yang bagus bagi saya yang pengen banget ta’aruf
    hihihi. Udah ngebet banget nih

  23. munir ardi berkata:

    mari tegakkan budaya islam yang jauh dari kemaksiyatan , sukses selalu kang

  24. sunarnosahlan berkata:

    dengan cara ini lebih terjaga dari banyak hal yang tak semestinya terjadi

  25. bundadontworry berkata:

    kejujura memang hal yg harus dilakukan ya A, agar nantinya tdk merasa ‘tertipu’, bunda dulu juga begitu, malhan sekalian memberi tau apa saja keburukan kita, misalnya kalau tidur suka ngorok 🙂
    salam

  26. jumialely berkata:

    pagi achoeyyyyyy

    tetep semangat ya di hari kamis

  27. darahbiroe berkata:

    waduw…
    aku gag banyak menuntut harus putih atau bla bla bla kok mas
    tapi moga ajah allah memberikan yang terbaik untukku….
    amiennn

  28. anny berkata:

    Agak agak mirip CV lah nya 😀

  29. Hakim berkata:

    seperti inilah cara mencari pasangan yang dianjurkan oleh islam, dengan ta`aruf

    kayaknya lagi bahas pernikahan mulu nih mas,,,,

  30. billie berkata:

    wah mas acoy ini bisa di gila2 in sama wanita dan lelaki pencinta lelaki nih he he he photonya ganteng juga he he he, btw
    tapi gua normal loh, masih senang sama cewek manis , maaf ya Anda bukan type saya he he he

  31. ilyasafsoh.com berkata:

    aku mendukung pernikahanmu

  32. iLLa berkata:

    wuihh lengkap bet.. 😀
    format kayak gini juga yg pernah sy kasih ke guru ngaji saya :blush:

  33. Mas Anto berkata:

    sepertinya si akang bentar lagi nih….
    undang-undang yah….

  34. antown berkata:

    sampean kapan nikah sob hehe, ayo balapan sama yang belum2 🙂

  35. Asop berkata:

    Alhamdulillah…. 🙂

  36. Ferry Prima berkata:

    wow. ada visi misi nya juga lhoo.. kayag perusahaan yah 😛

  37. bayuputra berkata:

    jadi lebih baik dan aman… karena kejujuran itu jauh lebih baik .. apalagi kalau sampe di bawa kejenjang pernikahan…

  38. setitikharapan berkata:

    Weks..referensi untuk 3 tahun kedepan mas. Belajar sama yang udah berpengalaman. 😀

  39. dedekusn berkata:

    Identitas sy diblog masih belum lengkap kang, … Nuhun sarannya, semoga sy termasuk org Jujur :mrgreen:

  40. Ariyanti berkata:

    karena sudah punya calon, jadi biodata saya ditutup….

  41. rose berkata:

    mantabs a’ sharing pengalamannya… 😉 aku tau ini pengalaman pribadi kan?

  42. sunflo berkata:

    sip nih… kuliah gratis dari achoey menuju pernikahan yang islami.. ^^

  43. Thomas berkata:

    Biodata yang lengkap memang bisa menjadi modal awal untuk saling mengenal lebih jauh….salam

  44. cempaka berkata:

    siipppp … nambah ilmu hhheheh

  45. rime berkata:

    nomer sepatu nggak mas?

    semoga sukses ya 🙂

  46. wi3nd berkata:

    oww..seperti itu tahapan taaruf ..

  47. andipeace berkata:

    belajar dan intropeksi diri dari tulisan sahabatku ini..
    terimakasih atas ulasannya mas.

    salam sukses

  48. sapta berkata:

    weeww. mantap buat referensi gt.. ehehheh..
    😀

  49. emak'e azka berkata:

    mantebs kang…..saya dulu justru tukeran pake CV kang pas taaruf sama ayahnya azka. alhamdulillah jodoh kali ya, lanjut aja, hehehehehehehe………..

    *btw, kapan nikahnya, undangannya jgn lupa ya, :)*

  50. heri berkata:

    kalo emangjodohh mang gak kemana

  51. Madie berkata:

    Menurut saya,walaupun keliatanya agak sulit mengenal seseorang dgn hanya melihat biodata saja,tpi mash lebih baik dan suci daripada pacaran. Karna yg namanya pacaran walaupun berinteraksi secara langsung setiap hari tetap saja kadang ada aja yg di tutupi. Karna sudah sayang dan cinta kalo di jujur takut putus. Betul tidak..?jujur yh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s