Mudah Mendapat Jodoh


Percayakah bahwa setiap kita telah Allah siapkan jodohnya?

Dalam perjalanan kehidupan, seiring bertambahnya angka usia dan berkurangnya jatah hidup di dunia fana, sosok-sosok insan dewasa telah mulai menanamkan niat yang kuat untuk mengakhiri masa lajangnya. Bersanding dengan lelaki/ perempuan pilihan di pelaminan lantas mendayung sampan kehidupan sepanjang hayat di kandung badan dalam bingkai sakinahnya pernikahan. Sebuah impian tetang keindahan, sebuah harapan tentang keberkahan dalam menjalani kehidupan.

Namun, terkadang kita dihadapkan pada fase kegelisahan. Yakni tatkala hati sudah meniatkan menikah namun tak ada satu pun sosok yang bisa membuat hati kita cenderung padanya. Atau bahkan tak ada satu pun sosok yang menautkan hati dan membulatkan tekadnya untuk menjadi pasangan hidup kita.

Saya pernah mengalami fase kegelisahan itu. Setelah memutuskan untuk keluar dari dunia pacararan dan memulai masa pencucian diri untuk memastikan ketulusan hati untuk menikah, saya dihadapkan pada kesulitan hati untuk cenderung pada sesosok indah perempuan. Mungkin ini karena wujud kehati-hatian seseorang yang menjalani proses perubahan, perbaikan.

Ketika kita dihadapkan pada fase di mana kita belum jua dipertemukan dengan sosok yang membuat hati kita cenderung, atau ketika belum ada satu pun yang menyatakan cenderung dan memiliki niat baik terhadap kita. Hal yang harus kita lakukan adalah tetaplah bersabar dan jangan pernah berhenti berprasangka baik pada Sang Penakluk Hati. Ya, karena Allah-lah yang Maha Memboak-balikan Hati. Tak hanya itu, berdoalah pada Allah, mintalah pada-Nya agar kita segera dipertemukan dengan jodoh kita. Berdoalah dengan cara yang baik dan benar, berdoalah dengan keyakinan bahwa Allah pasti mengabulkan.

Lalu bagaimana dengan ikhtiar kita. Apakah kita harus pergi ke pusat-pusat keramaian seperti mall dan tempat hiburan sambil mengangkat papan berisi tulisan “cari jodoh”. Atau haruskah kita pasang iklan di koran dan memasang spanduk diskon besar-besaran diri kita. Atau kita mencoba lebih berani untuk menarik perhatian lawan jenis dengan menggunakan celana dalam di luar (buat lelaki) dan memakai pakaian hemat bahan alias serba mini (buat perempuan).Β  Tanya hati kita, apakah kita itu butuh pasangan hidup yang menentramkan, atau pasangan bercinta saja? Jika kita ingin mendapatkan pasangan hidup yang bisa menentramkan hati yang tak perlu neko-neko. Jalani aktifitas hidup seperti biasanya tapi tetap pastikan bahwa saat, dalam setiap langkah, kita siap menikah. Maka, tanpa di duga bisa saja kita menemukan jodoh kita di tempat kerja, di halaman tempat ibadah, di blog atau jejaring sosial, di angkutan umum bahkan bisa jadi kita bertemu di WC umum.

Percayalah, jika kita sungguh-sungguh pasti akan dipertemukan. Permasalahannya hanya soal waktu dan tempat serta kondisi. Saya punya teman yang mendapati jodohnya di bis, di Mie Janda (hehe promosi), di BLOGOR (Komunitas Blogger Bogor) dan lain-lain. Bahkan bisa jadi jodoh kita adalah salah satu pembaca setia blog kita, yang lama mengagumi tulisan-tulisan kita dan akhirnya memberikan sinyal prikitwew-twew. Jadi tetaplah semangat dan berbaik sangka.

Jadi, adakah yang menunjukkan sinyal itu, atau mau berbagi pengalaman pribadi tentang proses dipertemukannya dengan jodoh?

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Cinta dan tag , , , . Tandai permalink.

54 Balasan ke Mudah Mendapat Jodoh

  1. Asop berkata:

    Hehehe…. Sip nih, Mas. πŸ˜€

  2. koropedang berkata:

    sangat inspiratif sekali.,thanks ilmunya

  3. Hari Mulya berkata:

    mudah-mudahan saya dapat jodoh di saat yang terindah…

  4. arifromdhoni berkata:

    Sudah tanda-tanda .. πŸ™‚

  5. melly berkata:

    tetap bersabar..
    mudah2n saia jg mendapatkan jodoh yang tepat πŸ™‚

    • yuniarinukti berkata:

      Klo ditanyain masalah jodoh aku agak sedikit bingung, krn menurutku klo kita ketemu orang itu sudah termasuk jodoh… seperti aku koment disini dan kita saling kenal meskipun belum pernah ketemuan muka itu sudah dinamakan jodoh…
      OK bagi yang sedang mencari jodoh selamat ya….
      buat empunya blogger salam kenal yah…

  6. joe berkata:

    jodoh di tangan mak comblang …

  7. hakim berkata:

    jodoh Allah yang mengatur, so kapan aja kalo memang udah jodohnya pasti ketemu

  8. Yu2n berkata:

    hehe.. gimana kang Achoey, udah ketemu ya? πŸ™‚

    Jodoh bisa datang dari lingkungan? itu bener banget. makanya saya cari lingkungannya yg bener, hehehe.
    pengalaman ketemu sang jodoh, ya ternyata di lingkungan kerja akhirnya. jadi rekan-rekan kami juga yg berperan dan mendukung suasana πŸ™‚

  9. Andy berkata:

    Sabar aja gan, jodoh hanya Allah yang ngatur, kita hanya cuma berusaha aja…

  10. Yui berkata:

    semoga jodoh saya datang dengan caranya sendiri yang sangat indah dan tidak akan terlupakan..

    hmmm… jadi berandai-andai..XDDDD

  11. anny berkata:

    Jika sudah saatnya jodoh akan mudah menghampiri tanpa kita susah payah mencarinya namun berusaha, berdoa dan ikhtiar harus selalu dilakukan πŸ™‚

  12. oby berkata:

    >,<
    semoga dapat Sulish <== hayalan tingkat tinggi
    hhihii

    aaaa.. oby gak mikirin jodoh mas achoey
    seperti kata mas achoey
    jodoh itu akan datang dengan sendirinya… yang penting improvisasi diri dan berdo'a semoga mendapat yg terbaik
    prikitiiew
    XD

  13. nuances pen berkata:

    Jodohku sudah kuraih sejak dulu!

  14. moga-moga aku sudah menemukan jodohku hehehehe πŸ˜›

  15. gerhanacoklat berkata:

    jadi kapan kopdar di MJ
    sapa tau aku ketemu jodoh di situ πŸ˜€

  16. asepsaiba berkata:

    Ay.. ay.. foto itu dimunculkan kembali… πŸ™‚ prikitiw… Semoga dilancarkan..

    @julie: yuks maree… πŸ™‚

  17. idebagusku berkata:

    saya belum ketemu kang

  18. didot berkata:

    saya belum ketemu,tapi berdasarkan penuturan beberapa narasumber seminar soal prewed kemarin saya mendapatkan beberapa hikmah ,antara lain : carilah ibu yg baik untuk anak2mu kelak,bukan sekedar istri yg baik ,tapi wajib ibu yg baik.

    bagaimana membangun baitul jannati,dan anak2 yg sholeh dan sholehah, jika kita tidak yakin dia akan jadi contoh yg baik untuk anak2 kita nantinya?

    • Usup Supriyadi berkata:

      Assalamu’alaikum Wr. Wb.
      sebelumnya maaf nih malah numpang dikomentarnya mas didot, dikarenakan saya sepakat dengan mas didot. walaupun kita tidak tahu apakah kita akan dianugerhi buah hati oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, akan tetapi sungguh bijaklah pula kita mecari bukan yang bernama perempuan, tapi menacri yang bernama istri sekaligus ibu . Nice banget nih tulisannya kang, semoga menuai hikmah dan jadi amalan dakwah . Wa Allahu A’lam .

  19. deady berkata:

    inspiratif nih
    saya juga belum nemu:D

  20. dedekusn berkata:

    Betul Kang, saking mudahnya banyak org yg merit berkali-kali hehehe…
    Insya Allah setiap kita diberi jodoh terbaik. AMin.

    btw: yg mpunya blog bade iraha kabalenyungcung kang? :mrgreen:

  21. Piss berkata:

    Sukses terus utk Mie Janda-nya ya Kang.

  22. firdausfarisqi berkata:

    saya sedang dalam proses, mohon bantuan doanya dari teman2 semua semoga pintu jodoh saya dan dia segera dibukakan…Amiin πŸ™‚

  23. Irfan berkata:

    percayalah….gak ada do’a baik yang gak bisa dikabulkan oleh-Nya. kuncinya cuma sabar dan percaya suatu saat nanti do’a kita dikabulkan oleh-Nya, mungkin saja disaat yang gak kita duga sebelumnya….

    *nendang kang tulisannya…. pegangan saya dari awal cuma percaya….

  24. azaxs berkata:

    berharap sambil berdoa….
    *saya kpingin cepet dapat jodoh juga kang.. πŸ™‚

  25. yangputri berkata:

    makasih pencerahannya a’ kalo aa dimana ketemu jodohnya? Apa d mie janda jg?

  26. aldy berkata:

    Jodoh tidak perlu dikejar Mas, biarkan mengalir apa adanya.
    Percaya saja Yang Diatas sudah mengaturnya. Dan saya percaya Dia selalu memberikan yang terbaik. Buktinya saya sendiri sudah 20 tahun menikah dan tetap enjoy.

  27. tonosaur berkata:

    wah bang acuy saya jadi tersandung..

    he..
    ckckckckckk..

  28. hanif berkata:

    Kalau aku g nemu-nemu, siap bantu aku mencarikan kan Mas? Nanti kuhubungi deh

  29. An berkata:

    Hihihi, saya belum punya pengalaman dalam hal ini. . .
    :mrgreen:

  30. sauskecap berkata:

    Kalau semua semua orang di bumi ini berjodoh sudah pasti rata-rata pria memiliki 6 pendamping wanita…

  31. Insan berkata:

    kang Haris, saya gak dipromosiin nie.. hahahaha…

  32. rime berkata:

    pacar saya sekarang adalah fans blog saya dulu, hihihi…

    dulu, waktu jaman kejayaan πŸ˜€

  33. djoedy berkata:

    waduh saya masih belum ngedalim yg kayak gini jiakakakak

  34. djoedy berkata:

    wah ada yang lupa
    Allah SWT menciptakan dunia ini berpasangan saya ambil contoh
    Laki2 dengan wanita
    Siang dan Malam
    Langit dan bumu
    Luna maya dengan saya jiakakaak

  35. Thomas berkata:

    Saya percaya bahwa namanya jodoh itu sudah ditakdirkan, namun demikian kalo nggak diusahakan nggak datang or jatuh dair langit..

    salam

  36. hai berkata:

    Mantab akang

  37. sunarnosahlan berkata:

    jodoh tak bisa diduga-duga, kita berharap pun belum tentu nyambung, kita nyantaipun kadang malah datang sendiri

  38. bocahbancar berkata:

    HHmm..Iyah Mas, saya sepakat dengan pemikiran Mas Achoey ini,, Saya dulu mengira, bahwa kita harus punya pacar, agar bisa menjadi calon kita suatu saat kelak,,
    Namun, alhamdulillah cahaya Allah itu saya terima dengan keihklasan hanya kepada Rabb, tidak ada kamus pacaran dalam Islam, insyaallah diri ini sedang mempersiapkan untuk mandiri dan yakin, dengan memperbaiki diri dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, maka jodoh kita pun tak akan jauh-jauh dari bau harumnya Surga,, Amiinn,,

    Salam semangat selalu Mas πŸ™‚

  39. bundadontworry berkata:

    setuju sekali dgn A, serahkan pd Alah swt Sang Maha Pemberi, gak perlu dikejar2 segala.
    Alhamdulillah, bunda sudah 25 thn berjodoh, semoga Allah swt tetap menjadikan keluarga kami sakinah , mawaddah wa rohmah.
    Terima kasih krn telah berbagi A.
    salam

  40. iLLa berkata:

    sepakat sama mas irfan, postingan ini nendang banget! πŸ˜€
    ikhtiar dan tawakal, itulah porsi kita sebagai hamba-Nya. Persoalan siapa, dan kapan “ia” akan diberikan, biarkan menjadi rahasia
    indah-Nya sepanjang masa ^^

    *oot* oia kang, sy gabisa tiap hari posting kayak kang Achoey, ide saya ga datang bertubi2 seperti penguasa blog ini. musti banyak belajar memang ^_^. skalian inpo, belum ada posting baru lagi, hihi…

  41. alfaqir09 berkata:

    yakin bahwa kita akan mendapat jodoh yang terbaik buat kita

  42. jumialely berkata:

    masih hanya memandang.. wakakakaakakaka

    nanti juga datang jodoh saya…..

    ndak usah ke biro jodoh deh πŸ˜€

  43. orange float berkata:

    jodoh itu aneh ya, dapatnya ditempat yang tak terduga dan pada seseorang yang mustahil karena semua sudah diatur oleh Nya

  44. Hariez berkata:

    amat sangat setuju Kang…pasrahkan segala sesuatunua kepada Allah SWT πŸ˜€

  45. sunflo berkata:

    wah rame niee… ^^
    dia datang padaku dg sendirinya setelah doa panjangku selama bertahun-tahun padaNya… tanpa yg namanya pacaran, jangankan orngnya, namanya saja aq blom pernah dengar sebelumnya, meski kami satu kampus…. bener2 kek puisi dlm ayat2 cinta… πŸ™‚

  46. hellgalicious berkata:

    dimana ya jodoh gue?

  47. rhid berkata:

    mudah-mudahan dy jodohku

  48. mikha_v berkata:

    Saya sendiri sebenarnya masih jomblo. Jadi kalo masih jomblo, akan banyak teori hahaha. Jadi, izinkanlah saya menuliskan pendapat saya, siapa tahu bisa jadi masukan?

    Bagi saya:

    1. Jodoh tidak ditentukan oleh Tuhan. Karena, kalau kita punya paham ini, kita akan cendrung mencari yang terbaik, dan bukan menjadi yang terbaik.

    2. Jodoh pun tidak karena kehendak bebas kita sendiri. Karena, kalau kita punya paham ini, kita bisa saja menikah dengan orang yang sebenarnya tidak Tuhan inginkan bagi kita.

    Oleh karena itu…

    3. Jodoh dibimbing oleh Tuhan, namun juga dipertanggungjawabkan oleh manusia.

    Dengan konsep ini, kita selalu melibatkan Tuhan dalam pencarian dengan jodoh, dan hubungan dengan jodoh. Namun, kita juga sepenuhnya bertanggung jawab atas hubungan dengan jodoh kita πŸ˜€

  49. Cucu Adam berkata:

    Saya mungkin seorang yg kurang beruntung dlm hal jodoh…
    akhir tahun ini saya akan menikah..dgn org yg sama sekali tak bisa menentramkan hati saya…
    slalu mementingkan kep.pribadinya… dan kerap diselimuti amarah…
    namun hal itu ternyata mampu merubah kepribadian saya… mendidik dan melatih saya untuk slalu belajar menjadi manusia yg jauh lebih baik dr sblumnya…

    tapi hati saya tak merelakan…tak menerima…tak meyakini, dan tak ingin “dia” yg jadi pendamping hidup saya… namun disisi lain saya “harus” menikah secepatnya..dan saya yakin anda2 semua tau apa alasannya…

    mohon arahan, bimbingan, dan masukannya mas…dan begitu juga teman-teman yg lain…
    terima kasih…

  50. pulsa elektrik berkata:

    waduh baca nich artikel ,jadi kayak liat diri saya sndiri aja,kebetulan emang lagi cari pasangn hidup.mudah2an tuhan segera mempertemukan saya dengan seorang yg jadi bakal ibu yg baik buat anak2 saya

  51. tri purwanto berkata:

    kok ak dah umur 25 kok lum ktemu ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s