Kesempatan dalam Kesempitan


Menarik nafas dalam, sebelum menghembuskannya perlahan. Pagi yang tadi berganti siang, kini sudah sampai di gelap malam. Rasanya waktu begitu cepat berlalu, sementara aku masih merasa belum melakukan banyak hal di hari ini. Ingin rasanya menahan lajunya waktu, lalu aku bergerak mengoptimalkan seluruh kemampuanku. Tapi ini jelas tak mungkin, sama tak mungkinnya dengan menjadikan diriku menjadi dua atau tiga sosok yang dapat menjangkau semua pekerjaan yang ingin segera kutuntaskan.

Sejak awal, aku telah membiasakan diriku dengan kesibukan yang beragam. Seperti halnya saat kuliah, selain menimba ilmu, aku juga aktif di organisasi kampus dan unit kegiatan mahasiswa. Tak hanya berhenti di sana, bisnis kecil-kecilan pun aku jalani sebagai sarana mengais rejeki untuk tambahan uang saku. Kesimpulan bahwa aktifis kampus tuh terbiasa dengan IPK nasakom (nasib satu koma) bahkan bisa menjadi MA (mahasiswa abadi) mampu kuhempaskan sudah. Meski aktif di kampus toh tak menjadikan IPK ku hancur lebur, malah IPK itulah yang membuatku berhak mendapatkan beasiswa mahasiswa berprestasi.

Saat aku masih berstatus sebagai karyawan pun, aku telah merintis bisnis kecil-kecilan. Bukan hanya karena aku merasa tak cukup apalagi rakus, tapi ini soal pendayagunaan potensiku dengan optimal. Lebih baik sibuk untuk hal yang membuat kemampuanku terasah ketimbang sibuk dengan hal yang membuat kemalasanku terasuh. Dan kini, saat aku melepaskan status sebagai karyawan pun aku melakukan hal serupa, membiarkanku eksis di beberapa peran, di beberapa posisi. Ya termasuk peranku sebagai seorang blogger.

Bukanlah hal yang mudah menjadi seorang blogger pada posisiku saat ini. Jika dulu kerjaku relatif monoton, duduk d meja menatap note book lalu membiarkan jari menari seiring perintah otak. Saat pekerjaan tak banyak, maka waktu untuk posting dan blogwalking pun banyak. Ini bukan rahasia di kalangan pekerja, yang memanfaatkan fasilitas kantor dan waktu kerjanya untuk berinternet ria termasuk ngeblog.

Tapi kini, aku adalah seorang pelayan di sebuah kedai, di mana waktuku tak banyak untuk fokus berinternet ria. Belum  lagi beberapa kesibukanku dalam peran yang lain. Maka jika mau lekas mengalah, bisa jadi peranku sebagai blogger dihempaskan sudah. Jikalau ada kesempatan, maka ini hanyalah mencuri waktu yang sebenarnya sudah dialokasikan untuk istirahat.

Tahukah sahabat, kenapa sampai saat ini kalian masih bisa menemukan tulisan baru meski ringan dan sederhana di blog sahaja ini. Ini karena aku telah benar-benar merasa sebagai blogger yang menyadari sepenuhnya bahwa di sini ada celah untuk berbuat baik, dengan belajar, berkarya dan berbagi. Ya, media ini bisa dijadikan lahan untuk menyampaikan hikmah dan kebaikan, meski lewat pemaparan yang sederhana. Hikmah tentang perjalanan seorang lelaki bodoh yang menapaki jalan kehidupan dengan kebaikan dan keburukan dirinya.

Maka, untuk sedikit berupaya berbuat baik, waktu yang sempit pun tak menyurutkanku tuk menyempatkan ngeblog. Meski hanya sempat untuk sekedar posting, tanpa sempat blogwalking. Semoga kita pun bisa menyempatkan kebaikan lainnya meski di kala sempit. Semisal menyempatkan membaca Kitab Suci meski hanya beberapa ayat, menyempatkan bersedekah meski cuma mampu lewat senyuman, menyempatkan bersilaturahim meski hanya lewat SMS dan komentar di blog. Kesempatan dalam kesempitan, selalu ada jika kita bersungguh-sungguh.

. Meski begitu, kadang aku menyesal kenapa masih sempat-sempatnya aku menebarkan jaring-jaring cinta semu saat itu,

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati, Hikmah dan Motivasi dan tag , , . Tandai permalink.

54 Balasan ke Kesempatan dalam Kesempitan

  1. alamendah biru berkata:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Salut buat Bang Achoey yang ditengah-tengah kesibukannya masih sudi menyempatkan sedikit waktu untuk berbagi melalui blog

  2. alamendah berkata:

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Moga yang kecil ini mendapat ridlo ilahi dan mampu mengikis dosa-dosa kita terdahulu. Amien.

  3. Pencerah berkata:

    serahkan segala urusan pada orang yang sibuk, pasti akan berhasil

  4. PLPBK Jepara berkata:

    selamat bersibuk2 ria aja mas

  5. hendro-prayitno berkata:

    bermanfaat sekali,dan terima ksih masih bisa berbagi semoga bermanfaat buat kita semua

  6. darahbiroe berkata:

    tapi nyatanya sempat juga kok blogwalking ke gubug saya hehehe
    tetep smngat meski dengan waktu sempit….
    makasihhh

  7. yangputri berkata:

    sibuk terus kang achoey…….
    kapan ada waktu rehatnya kalo sibuk cari duit molo mah….

  8. antokoe berkata:

    salut kang, meski sibuk blog tetep update, lanjutkan…

  9. sunarnosahlan berkata:

    pintarnya mengelola kesempatan, jempol deh

  10. Ifan Jayadi berkata:

    Aku belum tentu mampu melakukan apa yang mas Haris lakukan sekarang ini. Harus kuakui, sangat sulit memang membagi waktu antara ngeblog dengan kegiatan di dunia nyata. Semuanya pasti dikrompromikan. Tapi, kalau memang sudah hobi yang mendarah daging, kendala itu tidak akan menghambat untuk tetap ngeblog

  11. PrismAbsurD berkata:

    si A Achoey mah sok ngerendah wae ge.. Kesel bacanya knapa blum bisa kya A juga.. Hhe..
    Anw,, iya, bener A.. .Kesempatan dalam kesempitan, selalu ada jika kita bersungguh-sungguh.. 🙂

  12. didot berkata:

    terimakasih mas achoey yg selalu mampir ke blog saya,meskipun di tengah kesibukan kerjanya dan ngeblognya,semoga jika saya ke bogor kita bisa silaturahmi di dunia nyata ya mas? sekalian saya mau coba mie jandanya ituh :mrgreen:

  13. asepsaiba berkata:

    Kepada para DaraBlog.. hati2 terkena jaring cinta semunya akang yang ganteng ini… 😀

    Dan membaca tulisan ini, sy kok kesindir ya.. ‘memanfaatkan faslitas kantor untuk ngeblog’.. 😉 kek sy baget tuh… Dirubah ah… trims kang sindirannya…

  14. bundadontworry berkata:

    kesempatan dlm kesempitan yg dilakukan dgn ikhlas, pasti selalu akan mendapat ridhonya ya A, apalagi kalau positif,baik utk kita maupun orang lain, seperti yg A lakukan. 🙂
    salam

  15. yoriyuliandra berkata:

    Wah wah…
    Pemanfaatan waktu yang baik dan pantas ditiru

    Mudah-mudahan tetap eksis dalam berbagi hikmah dan kebaikan yang dapat diambil dari apa saja dan dimana saja.

    Lebih banyak pelajaran yang diperoleh orang bijak dari orang dungu dibanding pelajaran yang diperoleh orang dungu dari orang bijak

    (Plato)

  16. ayel bertuah berkata:

    jalan2 pagi ketempat sahabat…!!!

  17. RyZack berkata:

    Salut, kelihatannya Mas Achoey sudah bisa memanage waktu dengan baik ditengah kesibukkannya, saya juga ingin bisa seperti itu 🙂

  18. septarius berkata:


    Insting bisnis emang harus dimulai sejak dini ya A’
    Sehingga lebih pandai membaca peluang..
    😉
    ..

  19. Dian Handayani berkata:

    hhmm, harus belajar banyak nih biar bisa rajin nulis meski banyak kegiatan lain.

  20. Siti Fatimah Ahmad berkata:

    Assalaamu’alaikum

    Tahukah kau Achoey, tulisanmu kali ini begitu hebat dan mengkagumkan bunda. Kata bicara yang dilontar dengan ide-ide yang beragam dan bersahaja menjadikan bunda (seperti selalunya), membaca dengan penuh perihatin. Ternyata ada “kekuatan” luar biasa dalam tulisanmua dan amat memberi kesan yang dalam di hati bunda.

    Achoey, bagi bunda ENGKAU ADALAH TERHEBAT dalam menukilkan kata-kata yang penuh semangat juang. Hal ini mengingatkan bunda kepada seorang “seniman kata-kata” yang terkenal bernama Andrea Hirata penulis Laskar Pelang.

    Bicaramu sangat mantap, menusuk hati bunda dan dalam nubari bunda, membayangkan seorang anak muda yang penuh dengan inspirasi dan kekuatan “gergasi’ yang telah dibangunkan.
    Orang yang luar biasa sifatnya tidak pernah punya waktu untuk berehat. Aktivitasnya amat berbeza dengan orang lain. itulah namanya juara.

    Sempena Hari Kartini ini, bunda ingin menghadiahkan AWARD KARTINI buat nanda Achoey. Bunda berbangga denganmu. Kau sangat hebat di mata dan di hati bunda. Silakan titip award tersebut di sini :

    http://websitifatimah.wordpress.com/2010/04/21/21-april-2010-200000-ucapan-selamat-hari-kartini-untukmu/

    Salam mesra dan bahagia dari bunda di Sarawak, MALAYSIA.

  21. Reza berkata:

    wow…seorang blogger sejati…
    salut mas……

  22. ilyasafsoh.com berkata:

    wajib komentar di blog sensasional dan inspirational milik kakak 🙂

  23. uni berkata:

    asslaamu’alaikum
    di kantor yg lama uni suka pake inet kantor, tapi alhamdulillah sekarang dah pake modem sendiri, makasi kak atas pesannya ^_^, zemangat berkarya

  24. farus berkata:

    selamat pagi kang….?

  25. deady berkata:

    semoga kesibukannya membawa berkah ya mas;D

  26. hanyanulis berkata:

    ada kutipan kalimat yang saya suka “di sini ada celah untuk berbuat baik, dengan belajar, berkarya dan berbagi. “…Ok, setuju sekali, meskipun pengalaman itu sederhana dan biasa saja, namun bila dimaknai secara mendalam, akan menjadi suatu hikmah yang bermanfaat jika kita share di sini dengan para sahabat bloger ang lainnya 🙂

  27. yanrmhd berkata:

    semoga selalau bersemangat bwt berbagi kebaikan dengan kita-kita disini, meskipun sederhana, tetapi memiliki makna yg tidak sederhana…

    smoga selalu diberi kemudahan dalam kesibukannya… 😀

  28. Yui berkata:

    mantap, saya jadi semangan untuk ngeblog di tenga kesibukan yang biasanya bikin saya malas,,

    makasih..

  29. aldy berkata:

    Kemampuan management waktunya Mas Achoey harus saya acungi dua jempol.
    Saya sendiri masih sering kelabakan membagi waktu, ngeblog dan pekerjaan offline.
    Salam.

  30. engeldvh berkata:

    wah……salut-salut-salut bos…..
    jadi ga enak hati nih, banyak waktu luang tapi jarang ngurus blog. makasi bos, atas semangatnya
    oiya, silakan berkunjung ya….ada bonus browser baru dari Microsoft, GRATISSS!!!
    http://engeldvh.wordpress.com/2010/02/28/pivot-suksesor-atau-mempelai-ie/

    lapak saya yang lain:
    http://engeldvh.wordpress.com/2010/04/20/rocket-dock-aplikasi-launcher-di-windows/
    http://engeldvh.wordpress.com/2010/04/18/editlah-file-pdf-dengan-pdf-ocr/

  31. anny berkata:

    Sesibuk apapun akupun selalu nyempatin ngeblog, ngeblog udah bagaikan bagian dari hidup yang punya power dan pengaruh dalam pola pikir kita 😀

  32. delia berkata:

    Pintar2 membagi waktu .. semuanya bisa dijalankan dengan Baik… Sukses selalu ya 🙂

  33. Andy berkata:

    Waw hebat mas, saya salut…
    Menyempatkan waktu untuk ngeblog, sungguh memang blogger sejati…

    Salam kenal…

  34. ♥ria♥ berkata:

    Hidup Blogger
    hebat kamu masih selalu menyempatkan waktu untuk posting

  35. City Hotels berkata:

    city hotels, important site to guide your satifaction night

  36. ususpanjang berkata:

    semangat yang keren A, cool, hehehee
    jadi malu jika membandingkan isi blogku dengan punya A, kebanyakan celotehan gak jelas dan mungkin gak ada yang bisa diambil hikmahnya dari setial ketikan saya, wahh jadi harus terus menulis untuk membagikan banyak hal, blajar lai..blajar..blajaarrr 😀
    jadi terinspirasi A, suwun lo 😉

  37. aisyah muna berkata:

    semangaaat !
    (^___^)

  38. oby berkata:

    kang achoey
    kalau lagi pusinig mikirin pekerjaan
    refreshing dulu atuh ke blognya oby,,,,
    🙂

    semoga sukses yah mas achoey

  39. Hanif berkata:

    sibuk2 tetep bisa ngeBlog dan BW, sip deh.

  40. fauza berkata:

    okelah mas.. kunjungan balik …^_^senyummm

  41. M Mursyid PW berkata:

    Tetap semangat dan lanjutkan menulis, bro.

  42. setitikharapan berkata:

    teman saya pernah berkata “Berikanlah pekerjaan pada orang yang memliki waktu yang sedikit, saya yakin pasti selesai.” Kenapa..? Karena dia tau bahwa waktunya hanya sedikit. sehingga dia mengoptimalkan waktunya. Sedangkan jika waktu kita banyak, maka kita akan menunda dengan kata2 ah, besok kan bisa.. akhirnya tidak optimal.
    Tetap semangat ya mas

  43. orange float berkata:

    saya percaya kok aa’ masih sempat mampir ke rumah saya 😀

  44. Asop berkata:

    Alhamdulillah…. mari kita berbuat baik dan terus nge-blog! ^__^

  45. Mr Ong berkata:

    Oke brooooo… sekali ngeblog tetap ngeblog wkakkkakkkk wkakkkakkkkk

  46. munir ardi berkata:

    semoga semua kesibukannya berhasil kang dengan memuaskan

  47. bagus tulisannya 🙂

  48. Rindu berkata:

    kalimat ini saya suka: Meski begitu, kadang aku menyesal kenapa masih sempat-sempatnya aku menebarkan jaring-jaring cinta semu saat itu

  49. sunflo berkata:

    yup.. gapapa kok blom sempet BW krn ada udzur kan choey … ?

  50. rose berkata:

    ntar kalau udah ada kesempatan, kunjungi rose ya a’… ^^

  51. ardee berkata:

    coba kalo di kantor bisa jg blogwalking….. :((

  52. prs berkata:

    inspiratif dan membakar semangat

  53. webkampus berkata:

    nuwun sungkan sewu..
    saya bloger baru.. ingin ikut nimbrung dengan para senior.. ingin melihat suasana blog yang ramai..

    matur nuwun kang..

  54. mikha_v berkata:

    om, dideskripsikan lagi dong apa maksudnya “jaring-jaring cinta semu” 😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s