Manfaat Ngeblog (Ketika Keterasingan Terasingkan)


Aku, adalah sosok asing di sebuah daerah yang bagiku juga asing. Hanya beberapa orang yang telah kukenal karena satu alasan, sepekerjaan. Seiring perjalanan waktu memang yang kukenal pun terus bertambah, tapi tidaklah banyak. Ya setidaknya mampu mengurangi rasa keterasingan ini. Seiring waktu pula langkahku semakin jauh, mulai kutelusuri sisi-sisi indah kota ini yang semoga akan mampu membuatku betah.

Keterasingan inilah yang memapahku pada hubungan yang lebih intim dengan internet. Menebar pesona di jejaring sosial lalu ber-chating ria, tentu itulah pilihannya. Hingga seorang sahabat memapah dan menunjukkanku pada satu ruang yang konon akan membuatku jatuh cinta dan bisa meluapkan segala perasaan di sana. Satu ruangan yang jadi milikku, satu ruangan yang kelak kan menjadikan banyak orang tertarik untuk seringkali mengunjunginya. Ruangan yang indah dan bisa kupercantik biar menjadikanku lebih betah.

Aku mencoba, menjelajahi cumbu berbeda. Kubuka pintu ruang itu, kujamah, kutinggalkan jejak sampah, lalu pergi tanpa serapah, dan aku pun berpindah. Kembali kubuka pintu baru, kujamah dengan niat diharap syahdu, memang sempat bahagia dan bisa bertahan lebih lama, namun seiring peluh yang membuatku lelah dalam penjemputan nafkah, ruangan itu pun kembali kutinggalkan karena dianggap bukan pilihan. Aku pun kembali pada pelukan, jejaring sosial yang mampu membuatku menikmati keceriaan semu, berbalas rayu hingga akhirnya aku pun jemu.

Kucoba renungi episode perjalanan di daerah baru ini, kutanya hatiku yang semakin nyaris tak punya waktu untuk kembali membahagikan diriku. Hingga kutahu letaknya ada di mana. Ya, di sisi hati ini gurun semakin membentang tandus telanjang. Waktu yang tersisa kuhabiskan dengan sia-sia, maka wajar jika aku makin tenggelam dalam kesepian yang dalam. Aku butuh kebahagiaan, aku butuh keceriaan. Dan itu bisa kudapatkan dengan mendekatkan diri pada Tuhan. Itu bisa kudapatkan dengan kembali membiasakan merangkai tulisan untuk mendeskripsikan perasaan. Itu bisa kudapatkan dengan memperbanyak jalinan persahabatan, jalinan persahabatan yang mengarah pada kebaikan. Lalu, aku pun kembali teringat pada apa yang pernah sahabatku kenalkan. Ya, dia. Dia yang bisa kembali membuatku mampu merangkai tulisan tanpa beban, merangkai tulisan melepas beban.

Kini, di sisa waktuku mengabdikan diri sebagai kuli, kembali kuhempaskan diriku pada pelukannya. Kubiarkan jemariku menjamah melepas lelah, kembali mengukir desir-desir gairah yang lama tak tertumpah. Menulis. Ya menulis adalah kebahagiaan hidup bagiku. Karena dengan menulis aku merasa hidup. Karena dengan menulis lembut hati dan emosiku menjadi hidup. Menulis di ruang milikku, menulis tanpa kertas yang bisa saja hilang, terbang terbawa angin keteledoran. Ehm, jika sisi hatiku bisa bertanya, kemana saja aku selama ini, hingga tak lagi ada tulisan yang bisa menunjukkan bahwa aku masih ada. Tak apa, toh kini aku telah kembali melakukannya dengan menuliskannya, dan aku menuliskannya di blog. Aku ngeblog.

Aku mulai ngeblog, aku hanya ingin menulis di blog sederhana itu. Aku intensifkan waktuku untuk benar-benar mengenali media baru ini. Perlahan namun pasti aku semakin mengenalinya, tentunya dengan berjuta keterbatasanku sebagai sosok yang gaptek. Tapi, aku harus mengatakan, bahwa gaptek bukan alasan, buatku cukup mengenal blog ini dengan sederhana saja, sesederhana tulisan-tulisan yang kutampilkan.

Ada beberapa komentar bermunculan di bawah postingan-ku. Cukup kubaca saja, dan kulanjutkan kembali kesenanganku itu, menulis. Bukan berarti aku mengacuhkan komentar-komentar itu, tapi saat itu aku bukanlah sosok yang benar-benar mengerti tradisi blogger, dimana saling mengunjungi blog itu adalah sebuah jalinan silaturahmi yang kelak akan menumbuhkan persahabatan yang indah. Hingga lagi-lagi sahabatku membuatku memahaminya, dan sesekali aku pun mengunjungi blog yang lain lalu mengomentarinya.

Semakin hari aku semakin cinta, benar aku telah jatuh cinta. Kulihat statistik kunjungan terus menaik, ini berarti semakin banyak yang tahu aku ada. Ya, dari tulisanku mereka tahu itu. Ada pujian pada banyak tulisanku, meski tak menepis kenyataan bahwa kadang ada juga yang berbeda, mencaci misalnya. Tapi yang seperti ini tidaklah banyak, hanya bumbu agar kita tetap ingat bahwa kita tetaplah manusia yang pasti memiliki kekurangan. Jadikan komentar yang pedas sebagai sarana membangun dan memperbaiki kemampuan menulis, juga membangun kebijaksanaan diri untuk bisa mengendalikan emosi.

Sesama blogger yang terbiasa saling berkunjung dan berkomentar pun semakin akrab. Persahabatan pun terbentuk dalam kurun waktu yang relatif singkat. Tanpa pertemuan pun sudah tumbuh, apalagi jika diintensifkan dengan pertemuan di dunia sebenarnya. Dan muncullah istilah baru dalam perbendaharaan kata di otakku, kopdar alias kopi darat.

Semakin banyaknya sahabat yang kutemukan karena blog. Dan salah satunya membuatku terlibat dalam chating serius tapi santai dengan beberapa sahabat yang saat itu dianggap seleblog yang ternyata sama-sama berdomisili di daerah Bogor. Yang kami bahas saat itu adalah usulan komunitas yang mewadahi blogger di kawasan Bogor Raya ini. Dan hanya beberapa bulan kemudian isu itu pun terealisasikan. Tangal 24 Agustus 2008 Komunitas Blogger Bogor yang biasa disingkat BLOGOR resmi didirikan.

Jujur, semenjak BLOGOR berdiri aku semakin merasa bahwa aku ini benar-benar orang Bogor. Meski KTP-ku saat itu masih dikeluarkan Pemda Kabupaten Ciamis, tapi aku semakin merasa telah menyatu dengan Bogor. Aku semakin bisa mengenali kota ini, dan ini karena budi baik sahabat-sahabatku yang tak segan berbagi informasi bahkan mengajakku menjelajahi keindahannya. Ini juga karena semakin banyaknya sahabat-sahabatku di sini. Dan ini berawal dari jalan blog, berawal dari persahabatan di dunia blog yang akhirnya menjalar pada kehidupan dunia sesungguhnya. Tapi persahabatanku jelas tak hanya dengan blogger Bogor, tak hanya dengan mereka yang ada di Bogor. Melainkan dengan blogger-blogger lainnya di penjuru tanah air, bahkan di manca negara. Bukankah ini bersahabatan yang indah, jelas aku mensyukurinya.

Kini kusadari sepenuhnya, ngeblog tak hanya membuatku mampu menyalurkan hobiku dalam menulis, tapi telah memperkenalkanku pada dunia yang indah. Dunia persahabatan yang begitu mudah. Dunia yang membuatku mampu menambah wawasan dengan membaca karya sahabat lainnya. Dunia yang juga mampu mempertemukanku pada beragam peluang kebaikan, semisal peluang menerbitkan tulisan, peluang menumbuhkan kepedulian yang mengarahkan pada aktivitas berbagi, bahkan peluang memudahkan publikasi usaha kedai sederhana yang aku dan sahabatku kelola, Mie Janda.

Mie Janda diliput stasiun televisi, karena kru-nya tahu dari blog, Mie Janda dikupas dalam buku โ€œGuru Kehidupanโ€ juga karena penulisnya tahu dari blog. Tak hanya itu, Mie Janda pun dikupas di Tabloid Kuliner juga karena Mie Janda mampu memanfaatkan fasilitas blog sebagai ajang publikasi keberadaannya.

Itulah manfaat blog bagiku, dan bagi sahabatku yang lain, blog juga bisa membuatnya mampu mendulang dollar bahkan mempertemukan dirinya dengan belahan jiwanya. Tapi kalau untuk dua hal ini aku belum merasakannya. Aku belum mencoba menjadikan blog sebagai sarana mendulang uang. Dan aku hampir bisa dipastikan tak akan bertemu belahan jiwaku karena blog, yak arena aku telah menemukannya di facebook, lalu kini dia pun menjadi blogger. Ehm, curcol nih.

Ehm, sebuah perjalanan yang indah. Dari semula hanya coba-coba, lalu ketagihan dan menjadi pemakai, dan kini resmi menjadi pengedar. Sebagai salah satu pengurus komunitas blogger terbesar di Indonesia ini, jelas mau tidak mau, sadar tidak sadar, aku telah jadi pengedar, pengedar blog, pengedar minat ngeblog. Jadi, ayo ngeblog biar gak goblog. Karena dengan ngeblog, kita bisa belajar, berkarya dan juga berbagi. Bukankah itu indah?

Tulisan di atas dibuat sebagai bagian dari bahan buku BLOGOR. Semoga bisa terbit sebelum HUT BLOGOR sehingga bisa dijadikan kado.

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di BLOGOR, Celoteh Hati dan tag , , . Tandai permalink.

81 Balasan ke Manfaat Ngeblog (Ketika Keterasingan Terasingkan)

  1. Thomas berkata:

    Ngeblog bisa menjadi media pembelajaran menulis dan menuangkan ide

    salam

  2. setitikharapan berkata:

    Yup,bahkan dengan bloglah saya belajar kehidupan sahabat-sahabat saya di luar lingkungan saya. Saya jadi punya teman dberbagai daerah. dan saya pun mulai mencintainya.

  3. anny berkata:

    Aku paling suka baca blog kang Achoey ๐Ÿ˜€
    btw mie janda itu patokannya dekat mana nya pasar cibinong sih? kl aku ke cibinong kan insya Allah bisa mampir sekalian kopdar he..he….

  4. Dangstars berkata:

    Wah…yang penting jangan kecanduan aja dengan ngeblog…
    Bisa atur waktu deh

    Siippp

  5. Asop berkata:

    Blog banyak manfaatnya, ya. ๐Ÿ™‚

  6. Vulkanis berkata:

    Selamat untuk Bloggor
    Sukses buat Sobat semua
    Semangat terus untuk berbagi…

  7. Andy berkata:

    Ngeblog biar gak goblog…
    Tapi jangan banyak2 ngeblog bisa goblog…
    Slam kenal, moga sukses selalu…

  8. kakve-santi berkata:

    sukses terus ngeblognya ๐Ÿ™‚

  9. radesya berkata:

    semoga sukses selalu…., dan ngeblog bisa jalan terus ya kak.. ๐Ÿ™‚

  10. alamendah biru berkata:

    Ngeblog ternyata bukan hanya aktifitas maya di dunia maya. Keknya telah memberikan imbas pada kehidupan nyata.

  11. alamendah berkata:

    Sukses dengan buku Bloggor-nya semoga nantinya bisa terealisasi dan mempu memberikan inspirasi buat para warga blogor dan seluruh blogger di Indonesia.

  12. jimmy berkata:

    ngeblog memang asik dan banyak manfaatnya, salah satunya jadi punya banyak teman walaupun belum pernah ketemu muka

  13. Hari Mulya berkata:

    semoga segera terbit..

    btw kapan ya bLog ku bisa menginspirasi banyak orang?

    saLam dari PurbaLingga…

  14. cempaka berkata:

    Ngeblog bikin cempaka pux bnyak tmen ๐Ÿ˜€ hehe*

    sukses u/k bukux ya kang, ๐Ÿ˜€

  15. jamalonline berkata:

    Salam ngeblog!!! Karena sudah blog lagi

  16. oby berkata:

    hallo mas cucu haris..
    ^_^
    ngeblog sudah kayak hoby wat oby karena lebih bermanfaat daripada main fesbuk dan kawan kwan…

    semmoga ob bisa mengais rezeki dengan blog..
    buat beli hadiah ultah untuk ayah.. ^_^
    do’akan sukses yah mas

  17. rumahsehatafiat berkata:

    Kunjungan siang ,kamipun ngeblog untuk berbagi , belajar dan saling memahami dan mengerti dengan kawan2 yang lain.Sukses selalu kang achoey dan mie jandanya

  18. AeArc berkata:

    satu lagi.. ngeblog juga bisa menghasilkan uang

    tapi yg terpenting bisa menjalin silaturahmi lebih luas

  19. bundadontworry berkata:

    ngeblog jelas menambah saudara dan wawasan juga pengetahuan.
    semoga blog’s addict ini terus bertahan ya A
    salam

  20. lelaki aneh berkata:

    kunjungan pertama nih, salam kenal yah dari blogger tetangga. qiqiqiqiiii

  21. zuawi berkata:

    ngeblog bikin kita lebih kreatif dan menambah banyak wawasan

  22. orange float berkata:

    meski kejenuhan sesekali datang tapi jangan sampai blog sederhana ini ditinggalkan. tetap semangat ya a’….

  23. Ayel berkata:

    Saya sangat merasakan manfaat dari ngeblog, apalagi pada saat sekarang ini… salam kenal dari blogger bertuah….

  24. dedekusn berkata:

    Mie Janda emang keren, apalagi yg mpunya Blognya, urang CIamis tea atuh… ๐Ÿ™‚

    Walau smangat sy ngeblog lagi ngedrop, tapi Insya Allah ngeblog akan tetap akan jalan terus selama masih bisa ngeblog.
    Sukses dgn Mie Jandanya Kang

  25. asepsaiba berkata:

    Dirimu pun menjadi salah satu penyemangatku untuk terus berkarya dalam blog kang…

  26. Fikar berkata:

    Hmmmzzzz, ini kayaknya lagi kesepian banget. BLog walking, ditunggu kunjungannya.

  27. yanrmhd berkata:

    begitu indahnya sebuah persahabatan, meskipun belum pernah bertatap muka, tapi terus terang saya pun merasa bersyukur, mendapat teman berbagi cerita, manfaat, dan kebaikan lain…

    salam buat para blogger semua
    tetap semangat!!! untuk ngeblog,
    yg sehat tentunya :mrgreen:

    salam, ๐Ÿ˜‰

  28. sahabat blogger berkata:

    akupun mulai menyukai dunia yang satu ini..walopun masih harus tertatih2 menguraikan satu kalimat..

  29. tyan's berkata:

    dengan ngeblog bisa mencurahkan isi hati….

  30. bocahbancar berkata:

    Owh BLOGOR,,, Owh Mie Janda… Saya ingin bisa menemuinya Mas,,, Suatu saat nanti ๐Ÿ™‚

  31. andipeace berkata:

    ngeblog bagi seorang andipeace :
    1. bisa tambah pinter dan cerdas / kreatif
    2. Kaya (bisnis online)
    3. Berjiwa solidaritas tinggi (berbagi informasi)
    4. tambah teman (jejaring)
    5. Keliling dunia (baca artikel para blogger)
    yang terakhir, blogku adalah salah satu sarana menyimpan berkas dalam otakku.jika sekedar saya simpan dalam keterbatasan daya ingat, maka kemungkinan akan lupa dan hilang, tetapi jika diamalkan dalam blog, maka tulisan kita bisa di rivew kwmbali apabila lupa.selain itu yang jadi moment adalah buat peninggalan anak cucu kita ๐Ÿ˜€ inilah karyaku.

    salam adem ayem

  32. Agung Pushandaka berkata:

    Semoga manfaat blog ndak cuma dirasakan oleh bloggernya sendiri, tapi juga untuk orang lain yang membacanya, orang lain di sekitarnya, bahkan untuk negeri. Semoga sukses untuk buku BLOGORnya. ๐Ÿ™‚

  33. yangputri berkata:

    Sekale lageee kereeeeennnn buat kang achoey !!!

  34. kyaine berkata:

    mdh2n bukunya segera terbit kang. dr artikel yg disajikan nanti pembaca akan mendapatkan pencerahan, betapa blog itu sungguh banyak sisi positifnya

  35. Aldy berkata:

    Mas Achoey,
    Saya juga awalnya enggan ngeblog, saya berfikir sangat dangkal, memangnya apa yang saya dapatkan dari blog ? tetapi setelah saya jalani (walau dengan koneksi yang sangat terbatas) saya mulai merasakan manfaatnya dan baik buruknya ngeblog terpulang kepada masing-masing personil mengambil hikmahnya.

  36. ian berkata:

    tuhkan blog sangat bermanfaat banget ๐Ÿ˜€

    tapi temen” malah bilang cuman untuk ikutan punya doang ๐Ÿ˜ฆ

  37. iLLa berkata:

    mungkin sayah juga sudah bisa dibilang nyandu blog. satu hari musti blogwalking ke blognya teman2, walopun postingan sendiri masih jarang2, hehe..
    sukses untuk Blogor, selamat ulang taun yaa.
    bdw blognya belahan jiwanya itu apa bang? kenalin dunk ๐Ÿ˜€

  38. deady berkata:

    ngeblog juga bisa jadi tempat membagi emosi

  39. fauza berkata:

    nge blog…… itu seni mas…. heheheh indah banget,,, banyak inspirasi yang bisa kita dapet

  40. anna berkata:

    wah… mie Janda udah go nasional dong..
    pake diliput TV segala.. ๐Ÿ™‚

    selamat ya mas ..

    ya, ngblog emang membawa banyak manfaat. asalkan dengan niat yang baik. yaitu berbagi kebaikan.

    sekali lagi selamat untuk mie jandanya.. sekaligus BLOGOR.. ๐Ÿ™‚

  41. sunflo berkata:

    oh uindahnya ngeblog di mata seorg achoey…. ๐Ÿ™‚

  42. rose berkata:

    met menikmati suka dukanya ngeblog ajah, a’ … ^^

  43. info kucrit berkata:

    ngeblog memang indah..
    banyak sekali “sesuatu” yang bermanfaat didalamnya….

  44. Yolis berkata:

    ngeblog emang asiikk kok… bisa nambah ilmu dan teman juga… sukses yah buat buku blogornya ๐Ÿ™‚

  45. idebagusku berkata:

    saya juga semakin cinta ngeblog sekarang, semoga bukunya cepat terbit kang

  46. aisyah muna berkata:

    hmmm…jadi bikin ngiri dan semangat..
    ^___^

  47. IFAN JAYADI berkata:

    Aduh puitis sekali tulisan. Mau nyaingin Khairi Anwar ya? ๐Ÿ˜› By the way, teruskan nge blognya dengan menampilkan tulisan dan informasi yang oke. Saya akan tetap tunggu

  48. dunia blogging sangat menyenangkan

  49. ridu berkata:

    pengalaman yang hampir sama dengan saya.. selamet ya kang.. tetep jalin tali silaturahmi kita ๐Ÿ˜€

  50. kidungjingga berkata:

    banyak sekali memang ya kang manfaat ngblog, termasuk cari jodoh? prikitiiiiwwwww… ehm..ehm…

    eh ya, mudah2an tulisannya selesai tepat waktu ya kang..

  51. RyZack berkata:

    Secara gak langsung nge-blog juga melatih kita untuk menuangkan ide yang ada didalam pikiran ๐Ÿ™‚

  52. hellgalicious berkata:

    setuju deh sama abang
    gue ngeblog awalnya juga iseng-iseng curhat trus jadi hobi deh

    ayo ngeblog biar ga goBlog

  53. koplak berkata:

    wah selamat mas atas akan terbitnya buku blogor

  54. soewoeng berkata:

    wah hebat bos… sampe buat tulisan yang buagus gitu… blognyapun juga rame

  55. damalyk berkata:

    ngeblog memang memberikan warna yg berbeda kang,,
    sukses terus buat Blogor ya kang,,

  56. Insan berkata:

    kang Hariisssss….

    Dah lama gak bersua. Di tempat ini saya bisa mengenal saudara saya meski belum pernah ketemu. Salam. ^_^

  57. Miftahgeek berkata:

    Bikin tambah semangat nge-blog aja neh..

  58. Irfan berkata:

    akang tos janten selebblog atuh kang? :mrgreen:
    *sekali lagi, tiap mendengar mie janda, makin penasaran aja….

  59. darahbiroe berkata:

    ngeblog bisa menambah pengetahuan dan teman
    selamat ngeblog
    ๐Ÿ˜€

  60. delia4ever berkata:

    Iya banyak manfaat yang didapat dari ngeblog… kenapa diriku gak menekuninya dari dulu ya.. ๐Ÿ˜ฆ

    selamat HUT blogor… dan sukses untuk MIEJANDAnya… ๐Ÿ™‚

  61. rumahsehatafiat berkata:

    kang tinggal waktunya aja kang sukse selalu ya
    ada artikel menarik konsep-smart-healing.

  62. Didienยฎ berkata:

    iya..dg blog saya jadi mengenal byk orangยฒ hebat di Indonesia..termasuk mas janda achoeyy heheheh..

    salam, ^_^

  63. indra1082 berkata:

    sing penting ngeblog….. ๐Ÿ™‚
    salam hangat kawan…

  64. zee berkata:

    Saya salut, kamu masih aktif terus ngeblog. Semoga seterusnya ๐Ÿ™‚

  65. jun berkata:

    pokonya ngeblog gag pernah ada ruginya ๐Ÿ˜€

  66. Hariez berkata:

    memang benar Kang…menulis adalah suatu kenikmatan tersendiri namun sayang akhir-akhir ini saya belum bisa banyak menulis lagi ๐Ÿ˜ฅ

    sukses untuk buku blogor nya ya Kang…maaf belum bisa BW akhir-akhir ini ๐Ÿ˜ณ

    salam hangat

  67. agoenk70 berkata:

    yang pasti nambah wawasan , pengetauan dan juga persahabatan… memang kegiatan yang paling asik dan banyak manfaatnya..

  68. lalangsenja berkata:

    bisa menambah pengetahuan ya.. ๐Ÿ™‚

    teruslah berkarya…

  69. Reza berkata:

    setuju banget…
    dari blog untuk dunia…bisa terkenal lewat blog…kuereeennn

  70. sunflo berkata:

    tumben achoey blom apdet.. ๐Ÿ˜•

  71. Ferry Prima berkata:

    Kembali sebuah postingan penuh kalimat yang teruntai indah kutemukan di blog ini.

    Teruskan gan !

  72. Yui berkata:

    ikutan setuju,, saya masi baru di dunia blog, tapi saya mulai menyukai dunia ini,, sungguh fantastis, bombastis dan spektakuler,hehehe

    salam kenal..
    mohon ijin pasang link, link sudah di tanam dengan cakep di yuiworld

  73. ilyasafsoh.com berkata:

    kembali bergairah dalam terasing nya diri

  74. AeArc berkata:

    berkunjung lagi sob..

  75. mas kadi berkata:

    ngeblog smkin membuat kita mncintai dunia kita

  76. sauskecap berkata:

    saya yang baru saja ngeblog juga sudah merasakan manfaatnya… terutama dari sisi nambah kenalan dan teman…

  77. dhebu berkata:

    setuju bang,,memang ngeblog bnyk manfaatnya…
    prtama2 cuman iseng bist itu jd ketagihan,,hehehe

  78. mikha_v berkata:

    Salah satu asiknya blogwalking, selain menambah wawasan, juga menyemangati diri kita sendiri untuk ngeblog. Tapi semakin banyak pengunjung, semakin banyak yang mesti kita blogwalking kan hahaha.

    Saya juga lagi bingung mengatur semuanya, karena google reader sudah 1000+ ๐Ÿ˜›

Tinggalkan Balasan

