Sejarah Ngeblogku


Ehm, kalo tidak salah, awal-awal aku ngeblog tuh tahun 2006. Diperkenalkan oleh seorang sahabat yang saat itu dia bekerja sebagai Office Boy. Sebelum-sebelumnya ya internet aku gunakan untuk urusan kerjaan, browsing sesuatu yang dibutuhkan, chating dan tentu saja bernteraksi di jejaring sosial yang pada saat itu Friendster-lah yang sedang ramai.

Sahabatku mencertakan kalau blog itu bisa dijadikan diary, ya diary yang online. Bisa juga untuk menyimpan karya sastra kita. Kebetulan aku memang suka nulis puisi dan cerpen, maka jadilah blog di blogspot. Namun karena aku belum menganggap bahwa blog itu adalah sesuatu yang penting dan menyenangkan, maka lagi-lagi password-nya kelupaan, begitu pun dengan password email yang sengaja kubuat untuk blog tersebut. Aku pun bikin blog baru lagi, lalu lupa lagi. Entah berapa banyak blog yang aku buat. Dalam blog itu ada yang hanya 1 postingan, dua potingan dan beberapa potingan saja. Nah karena seringnya lupa akan pasword maka aku mengaku sebagai Sang Khilaf.

Tahun 2007 pengenalanku akan blog jauh lebih baik. Aku ngeblog di wordpress. Aku ngerasa lebih enjoy ngeblog di sini. Satu per satu komentar bermunculan. Namun awalnya aku gak tahu tradisi blogwalking dan berbalas komentar, jadi ya terus saja posting. Sampai akhirnya aku disadarkan, bahwa blogwalking itu indah. Kita bisa menambah wawasan dengan membaca blog yang lain. Kita juga bisa menambah teman dan bersilaturahim. Jadilah aku semakin enjoy ngeblog, karena selalu saja ada yang menyemangatiku, ya para blogger lewat komentar-komentarnya. Dari sini, aku tak lagi bagaikan blogger dalam tempurung, hehe.

Tahun 2008 aku semakin menjiwai dunia per-blog-an ini, maka dengan beberapa blogger yang berdomisili di Bogor akhirnya kami merintis sebuah komunitas blogger di Kota dan Kabupaten Bogor. Alhamdulillah pada tanggal 24 Agustus 2008 Komunitas Blogger Bogor (BLOGOR) resmi berdiri.

Untuk menyemangati para blogger baru yang seringkali minder untuk bergabung, maka aku pun meninggalkan blog lama dan membuat blog baru yang pada tanggal 14 Oktober 2008 mulai beroperasi, hehe. Jadi aku pun mengenalkan bahwa aku blogger baru pada mereka. Ketika yang lain bilang, kalau mereka ngeblog sudah 5 tahun, 4 tahun, 3 tahun, 2 tahun, 1 tahun, maka aku malah bilang kalau aku ngeblog baru 1 bulan.

Sebenarya aku sih sayang sama blog lama, tapi untuk membesarkan komunitas agar semakin banyak yang mau bergabung, maka strategi ini pun aku lakukan. Padahal dalam kurun waktu 1 tahun, kunjungan ke blog lamaku itu sudah lebih dari 100 ribuan dan sudah mencapai PR 4. Sekarang, blog baruku dah tepat berusia setahun setengah, rasanya tak perlu kutinggalkan lagi, aku akan berusaha memeliharanya, kecuali jika ada hal-hal yang membuatku lebih baik meninggalkannya, semisal beralih ke dot com.

Buat para blogger baru, gak usah minder meski baru ngeblog. Buat para blogger lama, gak usah angkuh meski sudah lama ngeblog. Karena ngeblog bukan soal lama atau baru. Ngeblog itu soal belajar, berkarya dan berbagi. ๐Ÿ™‚

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati, Kisah Lalu dan tag , . Tandai permalink.

67 Balasan ke Sejarah Ngeblogku

  1. Haris Istanto berkata:

    Selamat pagi, salut untuk posting anda yang menarik.
    Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru berjudul : โ€œProses kerja usaha cuci sepeda motor?โ€, serta artikel lain yang bermanfaat, dan kalau berkenan tolong dikasi komentar.
    Terima kasih.

  2. nakjaDimande berkata:

    benar A.. ngga ada senior yunior.. sama-sama belajar tak ada tinggi rendah.

    Alhamdulillah, bundo diberi kesempatan belajar dari sang sederhana.

  3. Hari Mulya berkata:

    kaLo awaL ngebLog udah lupa tepatnya kapan..
    tapi kaLo awaL dot com baru 2009 kemarin..

    kaLah jauh pengaLamannya ma Aa…

  4. RyZack berkata:

    Saya juga termasuk pemula dalam dunia blog ๐Ÿ™‚

    Salam kenal..

  5. eMtoeMcabee berkata:

    dan say termaksud bloger baru..
    terimakasi sudah berbagi pengalaman ๐Ÿ™‚
    iyah, blogwalking emang indah ๐Ÿ˜€

  6. koplak berkata:

    hebad dari tahun 2006

  7. soewoeng berkata:

    salute bos bisa bertahan sekian lama

  8. uni berkata:

    setuju. ๐Ÿ™‚
    2 kali pindah blog, dan yang paling lama ya disini ๐Ÿ˜€

  9. Dangstars berkata:

    Semakin lama semakin mantap dong ๐Ÿ˜› ๐Ÿ™‚

  10. KD berkata:

    Wah…dah maskot dong ๐Ÿ˜€

  11. Ian berkata:

    ngeblog adalah sarana untuk berbagi ๐Ÿ˜‰

  12. Udah lama juga ya… Dik, dari thn 2006, kalau blog teh Dewi, InsyaAllah bulan Mei nanti, usia blog JDB satu tahun, itu semua karena dik Haris yg telah menyarankan dan sekaligus membantu teteh membuat blog, terima kasih adikku.. (Dewi Yana)

  13. hebat dah lama yah ngeBlognya
    ak aja baru kenal blog tahun 2009

  14. peri01 berkata:

    wew 2006???
    awet yah A

  15. IFAN JAYADI berkata:

    Woi… aku menjadi bersemangat untuk terus meneruskan kegiatan ngeblog ini. Bukankah menulis adalah pembelajaran yang baik untuk mengasah kemampuan

  16. rumahsehatafiat berkata:

    Setuju bang , blog untuk belajar , berbagi dan berkarya. kenalkan kami blog baru .Sukses selalu untuk abang .

  17. Reza berkata:

    pakbr bogor mbak?…dah lama nih gak kesana…

  18. darahbiroe berkata:

    yang penting punya smngat akan ngeblog ajah sob
    heheh
    aku juga masih cupu cupu owq
    ๐Ÿ˜€

  19. didot berkata:

    subhanallah, lama juga ya benernya ngeblog? saya juga dari 2005 ,tapi sangat2 tidak aktif,kadang sebulan cuma satu tulisan,kadang sebulan bisa 5 ,gak menentu banget deh,yg baca juga paling cuma itungan jari orang2nya hahahaha

    guru saya ngeblog si chic ,saya dulu suka baca tulisan2nya,kok enak ya bisa nulis pikir saya,dan jadilah saya mulai bikin juga blog di Friendster hihihi.

    baru mulai serius ngeblog sejak pindah di WP nih mas achoey , dan mengenal BW juga baru2 aja,sekarang lagi belajar jadi blogger harian,which is susah banget rasanya buat konsisten. doain aja ya supaya bisa jadi blogger yg baik dan berguna buat teman2 semua,insya Allah ,amin ๐Ÿ™‚

  20. jiwasukses berkata:

    Kunjungan Balik neh…..

    Salam penuh jiwasukses…
    Tetaplah berbagi
    Teruslah berkarya
    salam kenal kawan bloger!
    http://jiwasukses.tk

  21. yangputri berkata:

    aku blogger baru a’ makanya malu bgt kalo udah ketemu pakar blogger kek a’ achoey ini

  22. lalangsenja berkata:

    sudah lama sekali ya? saya baru bulan kemaren ngeblog, padahal sudah lama pengen ngeblog lho..

    benar sekali, menulis itu menyenangkan, apalagi BW, bisa bertukar informasi dan saling berbagi ๐Ÿ™‚

  23. Didienยฎ berkata:

    saya ngeblog aktif dari tahun 2007 awal, tapi sampe sekarang ga produktif nulis dan tidak mempunyai tulisan spesial…hehehe

    salam, ^_^

  24. Carideโ„ข berkata:

    Blog caride baru 9 bulan…tapi alhamdulillah banyak yg menjadi guru Caride..

  25. Fanz berkata:

    wah udah lama banget yah kang ngeblognya ๐Ÿ™‚
    saya masih newbie nih. butuh bimbingan dari senior ๐Ÿ™‚

  26. hellgalicious berkata:

    mantap gan
    gue ngeblog juga buat curhat doang
    bukan untuk pamer pameran
    hihi

  27. yoriyuliandra berkata:

    Hehee… pantesan… ternyata orang lama dengan wajah yang seolah-olah orang baru

    Btw, I ‘ve just linked my blog to yours. Tq

  28. ok berkata:

    klo aku…awalnya pengen bisa belajar bikin web diawali dari blog trs baru web gratisan kaya co cc walhasil sampe sekarang status masih ‘belajar web’ ga lulus2 hehehehehe..
    masa sih ngeblog ada senioritas kaya gitu?gak seru ah…:D

  29. idebagusku berkata:

    jadi rada nyesel, saya buat blog tahun 2008 tapi yang bener2 dikelola awal 2010

  30. idebagusku berkata:

    dulu waktu di bogor sempat ikutan “Bloggor” tapi belum sepet ikutan kopdar

  31. Mamah Aline berkata:

    sama denganku A… tetep belajar walau tertatih… hanya menuangkan inspirasi dan aspirasi yang sangat biasa…

  32. sedjatee berkata:

    blog yang menarik.. pengunjungnya rame terus..
    sukses selalu Bung Achoey.
    salam sukses..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  33. Miftahgeek berkata:

    Dan sekarang alhamdullilah udah jadi pupuhu blogger y kang ๐Ÿ˜€

  34. setitikharapan berkata:

    Kalau pindah ke ndotcom kan tetep bisa pake’ alamat ini mas, jadi lebih gampang menghafalnya. Untuk masalah senior junior saya rasa harus dihilangkan. Karena setiap kita adalah pembelajar.

  35. tetap semangat dan terus berkarya… ๐Ÿ™‚

  36. aldy berkata:

    Mas Achoey,
    Blogger baru memang cenderung minder begabung dengan sebuah komunitas blog, apalagi jika yang bersangkutan blogger baru.
    Pengorbanan yang tidak sia-sia Mas. Salut.

  37. febriyanto berkata:

    anda benar, yang penting rasanya bung, bukan umurnya… hha :D… tapi blog walking kadang2 melelahkan kalo sering2, cenderung ngejar setoran…. ckck

  38. Blog buat tempat belajar dan berbagi. Kalo diceritain, panjang banget sejarahnya.

    Blog bukan trend sesaat ๐Ÿ™‚

  39. Blog buat tempat belajar dan berbagi. Kalo diceritain, panjang banget sejarahnya.

    Blog bukan trend sesaat

  40. oby berkata:

    ngeblog soal berkarya dan berbagi
    aku terharu banget sama kata mas cucuharis

    iya.. terkadang oby sebagai bloger newbie abis abisan… malu kalau mau tanya blogger senior,,,
    nanti di kira gimana gitu….

    makasih mas cucuharis…
    hidup blogger indonesia ^^

  41. Agung Pushandaka berkata:

    Wih, salut untuk orang yang memperkenalkan anda kepada dunia blog. Kerjanya sih office boy, tapi hobinya blogging. Hebat! ๐Ÿ™‚

  42. farus berkata:

    aq juga tadinya iseng-iseng bikin blog, tapi lama-lama juga ada manfaatnya ngeblog itu…..lanjut terus belajar dari para bloger….salam..

  43. septarius berkata:

    ..
    Tetap bersahaja di blog gratisan ya A’..
    ๐Ÿ˜‰
    ..

  44. tary Sonora berkata:

    banyak cerita, bisa jadi sejarah, semoga tetep ngeblog.

  45. Abu Ghalib berkata:

    terimakasih atas pertemanan selama ini
    dengan tidak mengurangi rasa hormat
    ijinkan saya untuk pamit dalam jangka waktu yg belum pasti
    semoga kita senantiasa diberikan rahmat dan karuniaNya
    dan semoga kelak kita berjumpa lagi, amin…

  46. Darin berkata:

    setuju kalimat2 terakhir, dalam dunia blog ngga ada yg namanya newbie dan master, karena memang ngga ada ijazahnya kan? ๐Ÿ™‚
    semua blogger punya kesempatan yang sama, karna ini zaman open source.
    keep blogging!

  47. saya pertama kali ngeblog, kapan ya? udah lupa2 inget.. :mrgreen:

    tapi yang pasti sih, kalo di wordpress, baru mau 2 taun ๐Ÿ˜€

  48. antokoe berkata:

    selalu saja ada yang memulai, menularkan racun ngeblog, yang akhirnya kecanduan…
    yang susah kang,… berusaha untuk update terus….

  49. sunflo berkata:

    yup choey… ngeblog tuh buat berbagi… dan awal2nya ngeblog, aq udah sering lihat achoey komen di beberapa blog… akhirnya sunflo bisa jadi temen si choey… ^^

  50. rose berkata:

    senang menjadi teman achoey dihiasi pagi yang bening… ^^

  51. Asop berkata:

    Setuju, ngeblog itu belajar, berkarya, dan berbagi. ๐Ÿ˜€

  52. fara berkata:

    wah, semangat, saya aja baru awal awal ngblog ini
    jadi termotivasi lagi ^_^

  53. bundadontworry berkata:

    setuju A, gak ada blogger yg senior atau junior, kita semua nya sama2 belajar.
    alhamdulillah, banyak sudah pelajaran yg bunda petik dr blogmu ini,A.
    salam

  54. nuances pen berkata:

    Silaturahmi memang perlu, mari kita saling berkunjung, salam kenal dan persahabatan!

  55. Ferry Prima berkata:

    saya ga nyangka ternyata mas sudah ngeblog selama 4 tahun. dahsyat !!

  56. damalyk berkata:

    salam kenal..
    kunjungan pertama..

  57. cempaka berkata:

    Mantab postinganx, bikin newbie kayak ak jadi tambah semangat, matur suhun ya kang hehe*

  58. omiyan berkata:

    aduh kang mohon bimbingannya supaya bisa sesukses akang lah hehehe

    salam

  59. iLLa berkata:

    suka sekali sama kata2 terakhirnya. blog bukan buat sok2an, kita disini belajar bersama, berbagi buat yang lain. yaaa walopun isi blog saya juga masih banyakan curhatnya. makelum, nyubi ๐Ÿ˜›

  60. romailprincipe berkata:

    komennya..banyakkkk
    hehe
    mantap, gak heran bisa ceritain sejarah awal mula ngeblog, blogwalking, dll..
    pelaku sih ya

  61. Hariez berkata:

    benar Kang dan kebetulan sekali saya mendapat kesempatan cerita ini langsung dari Kang Achoey ya ๐Ÿ˜ณ

  62. walasa berkata:

    Wah…senangnya membaca pemikiran seperti ini, senangnya untuk belajar dan berbagi…salam ๐Ÿ˜€

  63. ysalma berkata:

    salute euy sam achoey,, udah suhunya ngeblog dan masih mau wira-wiri sama newbie kyak saya ๐Ÿ˜€

  64. mikha_v berkata:

    wow, 4 tahun sudah lama juga ya pak. Selamat deh ๐Ÿ˜€

    (aaah…andai dari dulu saya ngeblog :P)

  65. Yulis Samoa berkata:

    Kalau saya sih tahun 2009 akhir deh baru mulay nge blog sebenernya mas…
    Blog pertama saya ada di blogspot… Hanya tentang curahan hati semata… dan tidak mengerti sama sekali apa itu saling berkomentar apalagi blogwalking…hehehe…
    Now, I’m feeling much better… ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

