Menjadi Sahabat Bagi Rekan Kerja Kita


Ketika aku bekerja, aku berusaha memposisikan diri tak hanya sebagai rekan kerja bagi rekan sepekerjaanku. Aku memposisikan diri sebagai sahabat bagi mereka. Dimana hubungan kami tak sebatas alasan dan urusan pekerjaan, tapi lebih dari itu, persahabatan.

Masih teringat saat aku baru lulus kuliah, aku bekerja di sebuah perusahaan. Pekerjaan ini aku ambil setelah rintisan unit usaha mandiriku belum berhasil seiring modal yang nyaris nihil. Di perusahaan itu aku coba mengakrabkan diri pada rekan-rekan kerjaku. Keakraban kita semakin tumbuh saat sepulang kerja dan hari libur kita sering ngumpul sekedar ngobrol ringan dan makan-makan. Bahkan saking akrabnya, dua karyawati tercantik di sana bisa jadi terpaut hatinya. Dan benar saja sehingga aku pun terpaksa harus milih salah satunya. Ah lucu jika mengingat saat itu.

Berdasarkan pengalamanku selama beberapa kali pindah tempat kerja, ternyata aku lebih nyaman membuka diri dan menjadi sahabat buat mereka. Menunjukkan bahwa kehadiranku bukanlah hal yang bisa membahayakan posisi mereka. Ya karena jika kinerja kita baik, prestasi kerja kita bagus, maka kenapa harus khawatir jenjang karir kita gak mulus gara-gara rekan sepekerjaan. Buat apa menjilat atasan dan menginjak teman. Lebih baik bersahabat dan bersinergi membangun kemajuan perusahaan. Toh atasan pasti melihat, apakah kita layak untuk dipromosikan, dikasih reward bahkan bisa jadi dinikahkan dengan putra atau putrinya. Hehehe.

Ya, karena pengalamanku itu, aku menumbuhkan hal yang sama pada partner (karyawan) di kedai sahaja Mie Janda. Dimana setiap kami harus saling mengakrabkan diri guna menjadi sahabat dekat. Bekerja dalam tim memerlukan sinergi, dan sinergi bisa terjadi ketika setiap anggota tim bisa saling mengerti dan memahami anggota tim yang lain. Tentunya ini selain kita juga harus memahami pekerjaan yang dijalankan.

Karena setiap kru Mie Janda adalah sahabat, maka hubungan emosional pun terbangun dengan indah. Sehingga, ketika seorang kru Mie Janda menyatakan akan mengundurkan diri karena akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang strata satu, maka rasa kehilangan pun ketara di hati ini. Begitu pun sosok yang mengundurkan diri itu. Meski terhitung tanggal 5 April kemarin dia sudah bisa pulang kampung ke Pemalang, namun baru kemarin pagi pamitan.

Aku secara pribadi jelas bangga pernah mendapati dia di dalam tim work yang kami bangun. Meski kedua orangtuanya lumayan berada bahkan ingin menguliahkan dia, dia memilih tak langsung kuliah selepas lulus dari SMA, dia  lebih memilih bekerja dulu. Dimata saya pun kinerjanya pun baik, cukup disiplin dan bertanggung jawab. Dia, kru Mie Janda yang biasa dipanggil Iwan. Kuharap, Iwan bisa menjadi mahasiswa yang baik, dan selepas lulus nanti dia pun bisa berkontribusi jauh lebih baik lagi pada kemajuan negeri ini. Amin!

Baiklah sahabat, mari jadikan diri kita sahabat buat rekan kerja kita. Buatlah pekerjaan terasa nyaman karena bisa bersahabat dengan tim yang saling terkait dalam pekerjaan kita. Bersahabat dengan atasan, bersahabat dengan reken selevel dalam pekerjaan, dan bersahabat pula dengan bawahan. Indah deh 🙂

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Hikmah dan Motivasi, mie janda, pengembangan diri dan tag , , , . Tandai permalink.

40 Balasan ke Menjadi Sahabat Bagi Rekan Kerja Kita

  1. alamendah berkata:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Enak banget jadi rekan kerjanya. Btw, sikap seperti ini emang kud u,bahkan pastinya bisa menambah produktifitas dan suasana kerja yang lebih kondusif

  2. alamendah biru berkata:

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Kekompakan sebagai sebuah tim pasti akan lebih kerasa, ya?

  3. munr ardi berkata:

    pasti semua pingin jadi rekan kerja anda,
    eh iya selamat PR nya kang

  4. Agung Pushandaka berkata:

    Suasana kerja memang mempengaruhi prestasi kerja. Suasana kondusif dapat tercipta dengan meningkatkan semangat kekeluargaan di perusahaan tanpa meninggalkan semangat profesionalisme.

  5. delia4ever berkata:

    Itulah yang juga lia lakukan untuk partner usaha keluarga lia..
    kadang materi bukan alasan utama.. namun penghargaan dari kita akan menciptakan loyalitas mereka..

    Sukses buat iwan… 🙂

  6. nanzzzcy berkata:

    numpang nyanyi aja kang..
    ‘persahabatan bagai kepompong’
    ‘mengubah ulat menjadi kupu-kupu..’

  7. Asop berkata:

    Persahabatan memang bisa muncul dari siapa saja dan di mana pun, ya. 🙂 Yah, semoga persahabatan Mas Achoey dengan sahabat-sahabat di sana bisa terus terjalin tak lekang oleh waktu. 🙂

  8. wah ini memang uraian yang menarik……
    sukses selalu ya….

  9. ian berkata:

    jadi pengen ngelamar kerja disana 😀

  10. ilyasafsoh.com berkata:

    doakan aku segera menyusul jejakmu

    🙂

    kapan aku bisa konsultasi?

  11. hanif berkata:

    Wah pernah ada 2 yang kecantol sama Mas Achoy??? Cinta segitiga dong?hi hi hi
    Pasti sangat mengharukan dan indah. Ketika ikatan emosional sudah terbentuk maka orang-orang yang berada di tempat kerja layaknya saudara. Dijaga ya Mas agar tetap seperti itu.

  12. Hari Mulya berkata:

    bukan hanya rekan kerja..
    tapi atasan dan bawahan juga…

  13. ♥ria♥ berkata:

    walaupun temen2 kerjaku iseng2 tp kami bersahabat hehe

  14. ususpanjang berkata:

    memperbanyak teman berarti memperbanyak rejeki juga ka ya A, jadi buat saya berteman dengan siapa saja memang harus dilakukan. rejeki silaturahmi klo kata teman-teman saya, hehe 😀

  15. septarius berkata:


    Meski dekat karyawan harus bertanggungjawab dan profesional..
    Saya pernah dikecewakan karyawan A’, karena udah dekat dan gak diawasin..
    Kerjanya jadi asal..

  16. rumahsehatafiat berkata:

    Persahabatan dalam memposisikan diri dalam pekerjaan.Dan menjadi kawan yang baik dari satu team yang tangguh. Sebuah kemanisan dalam hubungan. dan semangat dan gairah kerja menjadi lebih baik dan nyaman dalam bekerja itu sebuah hal yang perlu di contoh.

    salam kenal dari kami , ditunggu kedatangannya di blog kami http://rumahsehatafiat.wordpress.com/

  17. newbiedika berkata:

    1000 teman kurang, 1 musuh terlalu byk..hehe

  18. Abu Ghalib berkata:

    memang seharusnya dalam bekerja dibuat suasana yang seenak mungkin, karena kesuksesan berawal dari suasana kerja yang nyaman 😀

  19. koplak berkata:

    hebat bos dua jempol untukmu

  20. soewoeng berkata:

    senengnya yang mau pulkam

  21. koplak berkata:

    weh hebad nih dibukukan aja bos

  22. omiyan berkata:

    orang yang terbuka terutama ketika bergaul bisa dengan siapa saja pastinya akan mudah diterima dimana aja terus katanya gampang suksesnya

    salam

  23. Hariez berkata:

    benar Kang dan lebih indah lagi jika kita bisa menghargai posisi rekan kerja 😀

    kehilangan sudah pasti Kang…tapi semua itu akan menjadi kenangan juga untuk Iwan…sukses untuk Iwan dan tetap semangat untuk semua Kru MJ 😀

    salam hangat

  24. orange float berkata:

    betul itu, jika masing2 karyawan tertanam jiwa saling memiliki maka hasil kerja pasti akan optimal

  25. Miftahgeek berkata:

    Kok ga da Kang Achoey nya di foto nya kang?

  26. Fauza berkata:

    Wah. . . .terasa bget ea persahabtane, partner kerja bisa jadi sahabt, bisa jdi keluarga.(diri.q ug g kepikiran ea. . Hehehe. . ) ok. . .salam kenal,masna. . .tak tunggu kunjungan balik.e. .

  27. Angga :) berkata:

    ya ampuuun mau komen udah jauh ke bawah, wkwkwk kang achoey eksis deuh wkwkwk :p

    so swit deh kang Iwan, semoga bisa jadi next anggoota dpr ya.. jarang2 kan anggota dpr mau ‘kerja keras’ 😀

  28. setitikharapan berkata:

    selamat jalan kang iwan, moga menjadi orang yang jauh lebih bermanfaat untuk masyarakat. Bakalan ada rekrutmen karyawan lagi dong mas.. 🙂

  29. Caride™ berkata:

    pasti kru nya jadi saling dekat ya kang?
    salut deh dg sistemnya…

  30. sedjatee berkata:

    benar-benar seorang sahabat, pemimpin dan inspirator… sukses selalu Kang… salam kangen…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  31. dedekusn berkata:

    Betul pisan kang, menjadi sahabat bagi siapapun pastinya sangat menyenangkan, membuat kita nyaman dimanapun, kapanpun. Kang Achoey emang keren…. urang Ciamis tea atuh ! :mrgreen:

  32. Siti Fatimah Ahmad berkata:

    Assalaamu’alaikum

    Untuk menjadikan orang sayang dan kasih kepada kita dalam apa juga hubungannya, harus yakin kan mereka bahawa kita adalah sahabat mereka. Dengan itu akan lahirlah keakraban dan kerjasama dalam pelbagai situasi. Semoga berjaya Achoey. saya selalu mendoakan dari jauh.

    Salam mesra dari saya di SarawaK, MALAYSIA.

  33. doelsoehono berkata:

    salam .

    mantap alangkah Indahnya , menjadi sahabat bagi rekan kerja .

    selalu jalin talisilaturahmi ….Damae itu indah .

  34. Abdi Jaya berkata:

    persahabatan yang indah,,,
    akan sulit untuk keluar dari Kedai Mie Janda kalau persahabatan yang dijalin begitu indah

  35. Bahtiar Baihaqi berkata:

    Iwan yang mana sih? Kasih keterangan fotonya dong.

  36. rose berkata:

    indahnya kerja bila terjalin hubungan seperti yang achoey bina… semoga sukses apa yang kalian bina dan usahakan choey… ^^

  37. Ria berkata:

    Si akang meuni Hebat!!! salut banget bisa mengokohkan persaudaraan antara pegawai Mie janda…susah tapi kalau diusahana pasti bisa 😉

    kalo aku kejakarta aku mampir kesana ya 😀

  38. yanrmhd berkata:

    salut!!!!
    persaudaraan adalah berkah, jaga baik2 jgn smpai hilang… 😉

    “Persaudaraan ibarat tasbih, berawal tp tak berujung, ia dicipta untuk mengingatiNya, dibagi untuk cintaNya, diratib untuk ridhoNya”

    salam persaudaraan dari blog sebelah,, hehe 😀

  39. memang luar biasa mas,,, semoga persahabatannya semakin erat,, jangan sampai status sosial menghalangi cinta kasih antar pegawai,, salut dah 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s