Mantan Kekasih


Saat di kedai malam tadi, seorang pelanggan memanggil namaku dengan lengkap. Panggilan itu keluar dari seorang ibu-ibu muda yang cantik jelita. Jelas aku kaget. Setahuku tak banyak orang terbiasa memanggil nama lengkapku. Aku menatapnya mencoba mengingat tentang siapa dia. Tapi loadingnya amat lemot, jadi aku pura-pura mengenalnya saja. Kami pun terlibat percakapan, kebetulan ibu muda yang terlihat sedang hamil tua itu ditemani oleh seorang lelaki yang dia sebut sebagai suaminya dan seorang anak kecil yang dia panggil anaknya.

Saat pembicaraan itu berlangsung, aku terus saja mencoba mengingat atau paling tidak menerka. Tapi tetap aku tidak ngeh tentang siapa dia. Namun ada satu hal yang membuat aku semakin mencoba mengerucutkan pencarian di memori otak ini, yakni karena mereka menggunakan bahasa Sunda dalam berdialog denganku. Ehm, aku menyimpulkan mungkin dia adalah teman SMA atau teman kuliahku. Namun tetap saja aku belum mengingatnya. Akhirnya kutinggalkan mereka karena kedai saat itu memang sedang ramai dan aku sedang sok sibuk-sibuknya.

Di meja kasir aku masih saja mencoba mengingat dan menerka. Setelah perjuangan mengingat yang cukup melelahkan, akhirnya aku ingat jua. Ya, ibu muda yang cantik jelita itu adalah mantan pacarku saat kelas tiga SMA. Sekitar 11 tahun yang lalu ibu muda ini adalah gadis cantik dan terputih di sekolah, ya paling tidak begitulah menurutku. Saat dulu, dia adalah sosok gadis cantik yang sangat sulit ditaklukan para kumang ABG. Hingga suatu saat seorang sahabat dekatnya menantangku untuk menaklukannya, memacarinya. Aku remaja adalah aku yang suka akan tantangan. Ditantang seperti ini jelas saja watak play boy-ku makin menjadi. Alhasil dengan beberapa jurus maut dan trikΒ  jitu (maaf tak akan aku bagi ya, rahasia), gadis itu pun tertaut hatinya. Jadilah namaku melambung. Aku sang penakluk, akulah pacar pertama gadis itu.

Aku remaja adalah aku yang masih belum seperti sekarang ini. Masih berprilaku layaknya remaja di masa itu. Menebar pesona menjaring cinta. Perjalanan itu benar-benar dinikmati, perjalanan yang tak seharusnya kulalui. Gadis itu tak lama menjadi kekasihku, dan aku putuskan hanya gara-gara dia telat lima menit dari janji yang sudah disepakati. Huhhhh, alasan aku remaja saja. Padahal mah karena ada target lain yang membakar gairah petualanganku.

Kalau gak salah sekitar hampir empat tahun kemudian, saat aku kuliah semester tujuh dan saat itu dia telah lulus dari akademi keperawatan di Jakarta, kami kembali bersua. Aku di ajak ke rumahnya dan diperkenalkan dengan ibunda-nya. Sang ibunda begitu ramah dan antusias menyambutku. Seolah aku adalah sosok yang sangat spesial di matanya. Ternyata di mata gadis ini aku tetap sosok lelaki yang sangat spesial. Lelaki pertama yang telah membuatnya jatuh cinta, lelaki yang mampu menaklukan hatinya. Saat itu aku berpikir, apakah ini adalah gelagat CLBK (cinta lama berkokok kembali). Ada debar di hati ini, debar rasa yang biasa menghinggapi mereka yang muda. Namun aku tahu bahwa saat itu mudah sekali merasa cinta, ah payah.

Sekitar sebulan kemudian aku mendapati sebuah undangan dengan nama yang amat kukenal. Ya, dia adalah gadis itu. Nyaris aku tak percaya, bagaimana bisa dia tidak menceritakan padaku selama ini. Aku pun datang ke resepsi pernikahannya. Penerima tamu yang juga sahabatku refleks berteriak histeris. Secara dialah yang pernah menantang aku tuk menaklukan hati gadis itu. Dan saat aku mendekat ke tempat kedua mempelai bersanding menyalami tamu, kedua mata gadis itu tertuju padaku, nyaris tak beralih. Ehm, aku bisa menyimpulkan hal itu.

Tadi malam, setelah sekitar enam tahun yang lalu terakhir kami bertemu, gadis yang telah menjadi ibu muda itu kembali meyapaku. Namun ada yang beda yang bisa kutangkap, ya dia tak lagi menunjukkan rasa cintanya padaku. Yaiyalah namanya juga dah punya suami dan anak. Ya seperti mantan pacarku yang lain yang berkata, “saat setelah punya anak, rasa cinta itu berpindah ke anak.” Hehe, hanya perempuan yang tahu hal ini. Biarlah menjadi rahasia mereka.

Duhai ibu muda yang cantik, aku berdoa semoga keluargamu harmonis, senantiasa sakinah, mawaddah dan warahmah. Ehm, tiba-tiba aku kangen jodohku, apa dia kan cemburu kalau baca postingan ini.

Baiklah, diakhir tulisan ini saya ingin berpesan buat para adik-adik remaja. Jangan biarkan virus merah jambu menjadikan kita sebagai petualang cinta. Menebar pesona, menebar jejaring cinta. Lantas kebiasaan menyakiti pun menjadi bagian kehidupan. Jalani kehidupan ini dengan baik, bijak dan bertanggung jawab. Biarkan “cinta” terasa indah saat kita telah menikah.

Ket: Foto diperankan oleh model yang tak lain adalah adikku πŸ˜€

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Sepenggal Kisah dan tag , , , . Tandai permalink.

61 Balasan ke Mantan Kekasih

  1. septarius berkata:


    Tsah player juga nih A’ waktu remaja…

    Eh..sama mantan kok bisa lupa gitu sih A’…
    Saking gak keitung kali’ mantannya..
    He..he..

    Kenangan indah itu teteup akan ada A’, tapi perasaan itu sudah sirna..
    πŸ˜‰
    ..

  2. sauskecap berkata:

    saya setuju mas dengan kalimat terakhir, semakin banyak kita bermain cinta semakin banyak hati yang tersakiti… wah ternyata playboy nih waktu remaja… jangan-jangan sekarang masih…. kaburrrr…

  3. info kucrit berkata:

    wah.. berarti saya kebalikannya sampean nih mas.. πŸ˜€
    saya paling ndak bisa bermain cinta… tapi tetep tak syukuri.. mungkin akan pandai jika nanti sudah saatnya..
    terima kasih mas, pengalamannya bisa menjadi pelajaran buat saya yang masih belia.. πŸ˜€

  4. Asop berkata:

    Ciieeeee… πŸ˜€
    Duh duh tak sengaja mengenang kembali mantan…. *bersedekap* kok saya ga pernah gini ya? :mrgreen:

  5. alief berkata:

    fit fiu….., akankah firus merah jambu menyerang?????

    tanya kenapa?/////?????

  6. pelintas batas berkata:

    wah…, ketemu mantan kekasih nie….., fit fiu……

  7. Abid Famasya berkata:

    ngg… panjang juga nih. hehe

    terus intinya ketemu sama “temen lama” y? hehe
    yah.. moga2 nggak menggangu yang sekarang. πŸ˜€

  8. sunflo berkata:

    sit suiiiiitttt… cetak cetok… :mrgreen:

  9. rose berkata:

    suka kalimat yang ini:
    Jangan biarkan virus merah jambu menjadikan kita sebagai petualang cinta. Menebar pesona, menebar jejaring cinta. Lantas kebiasaan menyakiti pun menjadi bagian kehidupan. Jalani kehidupan ini dengan baik, bijak dan bertanggung jawab. Biarkan β€œcinta” terasa indah saat kita telah menikah.

    hehe… ingat sama calisku a’… πŸ˜‰

  10. jun berkata:

    ceileh πŸ˜€

    mungkinkah cinta lama akan bersemi kembali πŸ˜‰

  11. Hariez berkata:

    hahahahhaaaaa……….Kang…Kang keep smile dansayah hanya mesa,-mesem baca nya hahahaha Alhamdulillah itu adalah peertanda bahwa sudah semakin matangnya dikau ingin segera meminang jodohmu bukan mantanmu :mrgreen:

    salam hangat

  12. andipeace berkata:

    hehehehe lucu aja tulisan anada mas πŸ˜€ tapi setidaknya sekarang sudah mantap untuk menentukan kehidupan masa depan anda.

    salam peace

  13. Shafiqah Treest berkata:

    hmm …

    ^_^

    thx udah mampir …

    linkback y …

  14. cantigi berkata:

    bagi atuh choey rahasia mah, ulah kopet2 teuing. pabliskeun keur kami weh.. 😈

  15. Yolis berkata:

    waah.. ketemu mantan pacar yang udah jadi istri orang?! hmm… mungkin jadi pelajaran ajah yaahh, cewe buat dicintai bukan ditaklukan, emangnya pernah punya cita2 jadi pawang yah?! hehehehe… :p

  16. Miftahgeek berkata:

    Ho, ho, kang Achoey udah kangen jodoh euy πŸ˜€

  17. dedekusn berkata:

    Insya Allah jodoh kang Kang Achoey sudah didepan mata, tinggal niatnya kang,

    ingat! orang Ciamis itu manis2, kasep2 & sukses siga kang Achoey.

  18. ridu berkata:

    wah kang haris teh banyak mantannya ya, sampe2 pangling euy sama mantan sendiri haha πŸ˜€

  19. wah….salut….. untungnya punya teman seperti anda. semoga itu kejujuran, he..he…h.e…

    kalimat terakhir aku setuju itu. jangan juga menuai masalah.

  20. endra berkata:

    ehem…ehem…..
    hehe,,,,….

  21. nakjaDimande berkata:

    ckckck.. dek, dirimu dibayar berapa sama si Aa..?
    model yang sangat berbakat πŸ˜€

  22. Anggara berkata:

    Salam kenal.
    Playboy juga nih…. Yang penting yang di depan mata sekarang, masa lau untuk cerita saja lah.. Tks.

  23. darahbiroe berkata:

    hehe…
    knp tuch photo di sendor mas hahahhaha

  24. agoenk70 berkata:

    hmmm ketemu mantan pacar yang udah jadi istri orang c Hiks.. hiks… jadikan kenangan masa lalu aza kalee yah hehe..

  25. Romo Wage berkata:

    Asyik juga masih di ingat sama mantan pacar πŸ™‚

  26. Yessi berkata:

    jadi lagi teringat mantan ni ceritanya? πŸ˜‰
    aku untungnya cuma punya satu mantan pacar, yaitu suamiku…
    pacarannya cuma sekali..secara pacarannya baru pas mau tamat kuliah..hehe…

  27. setitikharapan berkata:

    Modelnya keren euy. Dapat komisi berapa tuh mas.
    Setuju dengan kata biarkan cinta terasa indah saat kita telah menikah. πŸ™‚

  28. Mbah Jiwo berkata:

    fotonya kejam, nyoret foto orang wkwkwk

    salam hangat dari MALANG

  29. PrismAbsurD berkata:

    tos kebiasaaaaaaan loadingnya lemot si A Achoey mah.. *pernah jadi korban juga*
    hihi..
    Yahaha .. justru kalo si teteh sang calis jadi cemburu mah teu nanaon kan kang.. makin nge-pink gitu looooh.. :p

  30. zuawi berkata:

    kaya lagunya lyla …..hehhehhe ……..

  31. Lia berkata:

    Berjumpa lagi dengan mantan pacar yang sudah punya suami dan anak, memang suatu pengalaman yang tak terlupakan tentunya..salam kenal, tukeran link yuuk

  32. asepsaiba berkata:

    Ajib… Sobatku ini ternyata petualang cinta juga ya…
    Deklarasikan segera, komunitas blogger playboy.. hehehe….

  33. mahesapandu berkata:

    Nasehat bagus nih bagi remaja2… Kalo aq sih mantanku istriku…
    Salam kenal

  34. alrisblog berkata:

    Berarti mantan yang tidak berkesan, ya. Begitu lama memanggil memori baru ingat. Salam

  35. sunarnosahlan berkata:

    tak ada pengalamanku seperti itu, pacaranpun baru setelah nikah, apalagi jadi sang penakluk, benar-benar tak pernah

  36. newbiedika berkata:

    Wah,apa smpe skrg msh tbar pesona jg nh?hkhk

  37. akhdian berkata:

    wkkwkkk… Hati-hati jaga hati kang πŸ™‚

  38. oby berkata:

    biarkan cinta terasa indah saat menikah
    iya mas ebner banget
    jangan biarkan virus merah jambu meracuni kita…

    tp kalo dah cinta kan sulit
    na,manya juga anak muda…

    >,<

    pingin gak jatuh cinta
    gimana yah caranyyaa

    di tunggu kunjungan baliknyaa

  39. dhebu berkata:

    wah,,msti sking bnyaknya mantan tuh bang,,ampe lupa..
    hehehee…

  40. delia4ever berkata:

    cuittt cuitt…
    emang lain ya kalo ketemu mantan…
    bukan ada perasaan apa2 tapi kok bisa ya ketemu lagi πŸ™‚

    jadi mau ketawa sendiri ngebayangin achoey smu…wekkekek

  41. Abu Ghalib berkata:

    ckckck…
    *geleng2 keFala

    don’t try this at home! πŸ˜€

  42. ususpanjang berkata:

    kami tak pernah bersatu dalam kata ‘pacaran’, tapi harus melepasnya karena beberapa bulan lagi ia akan menikaahh, huaaahhhh πŸ˜₯
    *loh kok jadi urhat sama A, hehehe :p

  43. wi3nd berkata:

    iyah kaya la9una lyla.. πŸ™‚

    modelnya keren A.. πŸ˜‰

  44. komuter berkata:

    disangka CLBK ga’ taunya…….. undangan yang datang………
    AKULAH SANG MANTAN *nidji

  45. kaya lagunya siapa tuh lupa nama bandnya yg lagunya mantan kekasihku hehehe :p

  46. peri01 berkata:

    mantannya banyak yah A mpe lupa gitu πŸ™‚

  47. uni berkata:

    πŸ˜€ zemangat siang kak, wah pesan moralnya indah sekali, moga banyak remaja yg mampir ke sini en baca pesannya πŸ™‚

  48. pra wedding berkata:

    mantan pacar!!!??? semua orang pasti pernah mengalami punya mantan pacar!!! tapi gak seharusnya mantan pacar itu harus selalu diinget2!!! biarkan kenangan itu terkubur jauh2 dalam hati yg paling dalam & jadikan itu kenangan masa lalu!!! mungkin kita kedepannya punya masa depan lebih baik!!! & mendapatkan pacar lebih baik lagi setelah kita sudah tak berpacaran sama dia!!!

  49. Hajier berkata:

    Untung nyadarnya pas dah berpisah, coba waktu dipanggil langsung nyadar kalo yang manggil itu sang mantan sama suami n anaknya, pasti speecless hehehe….

    Lam Kenal

  50. romailprincipe berkata:

    CLBK diperankan adik..hehe

  51. jadi keingetan diri sendiri..

    pernah ketemu mantan, tapi lupa yang mana.. :))

  52. pagibening berkata:

    Hihihi… Aya-aya bae masa sampe lupa. πŸ™‚
    Kalo ketemu V dijalan masih inget kan? hihi..

  53. Usup Supriyadi berkata:

    wah, kalau saya senang tuh ketemu mantan kekasih,
    kan bisa nostalgila . :mrgreen:

  54. Rully berkata:

    menarik.

    minta komentarnya sahabat.

    http://rullyeist.wordpress.com/2010/05/28/mantan-kekasih/

    thanks.

  55. Asdy berkata:

    ehmm Numpang Coment broo..
    Kisah kt sdikit ada kesamaan tp mantan Gw blum punYa aNk soalX dy baru meried kemarin hehehe
    Yg Lucu pada saat menghadiri pestax kemarin Knp Gw yg Grogi minta ampuunnn sampe2 Gemetaran n di Ketawain ma Tamu2 yg hadir wk2 itu Bussyet malu banget Gw……
    Tp Yg Dramatisx pada Sy salaman ma Dy z liat K2 bola matanya yG Indah meneteskan butiran air mata………(Mungkin dy Berpikir knp harus dgn Dy bukan dgn z wkwkwkk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s