Tiga Kesenangan Blogger Sosial


Ehm, sulit memang mencari kata untuk mewakili maksud saya. Blogger Sosial yang saya maksud adalah seseorang yang memanfaatan blog tak hanya sebagai ajang untuk melampiaskan hobi menulisnya tapi juga sebagai sarana menjalin persahabatan. Blogger semacam ini tumbuh subur di Indonesia. Hal ini yang membuat karakter blogger Indonesia berbeda dengan karakter blogger di negara-negara maju semacam di Amerika. Blogger di Indonesia lebih terbuka dan bersahabat, ya terutama yang masuk kategori Blogger Sosial ini.

Berdasarkan pengamatan sederhana yang saya lakukan terhadap para Blogger Sosial, ada 3 hal yang sangat mereka sukai dan mereka anggap penting. Tiga hal itu yakni:
1. Posting
2. Blogwalking
3. Kopdar

Posting maksudnya adalah menulis dan mempublish tulisan di blog. Bahagia hati mereka jikalau mereka telah mengupdate tulisannya. Dan akan gelisah hati mereka jikalau mereka lama tak sempat meng-update blognya. Kerinduan untuk meng-update tulisan nyaris seperti kerinduan untuk bertemu dengan kekasih (wah yang ini mungkin lebay). Blogger Sosial selalu berusaha menyempatkan diri memposting disela-sela kesibukan aktifitasnya. Blogger Sosial biasanya berusaha posting tiap hari atau dua hari sekali. Dan saat mereka sibuk-sibuknya, mereka akan tetap menyempatkan memposting paling tidak seminggu sekali. Kecuali memang benar-benar ada hal-hal yang membuat mereka sulit berinternet ria.

Blogwalking maksudnya adalah jalan-jalan ke blog orang lain. Tujuan mereka sebenarnya adalah untuk mengapresiasi tulisan para blogger lainnya. Jelas disamping itu bertambah pula wawasan karena terbiasa membaca tulisan blogger lain. Dari blogwalking ini muncullah keeratan persahabatan. Saling mengomentari tulisan masing-masing yang berbuntut pada perwujudan rasa persahabatan. Dengan blogwalking eksistensi blogger di dunia perbloggeran ini menjadi semakin ketara. Maka wajar jikalau para Blogger Sosial ini sedikit tak enak hati apabila belum sempat blogwalking ke sesama blogger.

Kopdar alias kopi darat. Adalah suatu upaya mempertemukan diri di dunia nyata setelah jalinan persahabatan tumbuh di dunia maya. Meski belum bertemu rasanya sudah saling mengenal saja, apalagi kalau sudah bersua, rasa persahabatan ini akan semakin terasa. Tak heran jikalau blogger saat kopi darat seolah sudah sangat bersahabat dekat. Kopi darat benar-benar menjadi hal yang memikat hati para blogger. Saat kopdar mereka akan sangat bahagia, seolah bersua dengan sahabat yang lama tak bertatap muka. Nah dari kegiatan kopdar inilah biasanya terwujud pengimplementasian komunitas blogger.

Sudahkan sahabat merasakan ketiga kesenangan itu?

Salam persahabatan. 🙂

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di BLOGOR, Celoteh Hati. Tandai permalink.

57 Balasan ke Tiga Kesenangan Blogger Sosial

  1. nDa berkata:

    masih minus no 3

  2. eshape berkata:

    aku sedang merasakan keindahan 3 hal itu.
    hebat ya masuk urutan 40 besar IM

    salam berbagi [tak pernah rugi]

  3. dian berkata:

    baru 1 dan 2
    yang ketiga beneran belum pernah. ihhh… jadi kepikiran ah 🙂

  4. peri01 berkata:

    sama aku juga yg ke3 blom pernah 😦

  5. asepsaiba berkata:

    Sanga.. sangat.. bermanfaat ketiga hal yang disebut Mang Achoey itu.. Apalagi kalau sampai pada poin 3.. Hmmm… Dijamin 1000% menguntungkan!

  6. ususpanjang berkata:

    saya masih newbie, jadi blm pernah kopdarr 😦

  7. Hariez berkata:

    Alhamdulillah 2 point sudah tinggal point pertama Kang yang sering terbentur jadwal :mrgreen:

    salm hangat

  8. Mbah Jiwo berkata:

    betul, puncaknya biasanya mengadakan even bersama…betulkah?

    salam hangat dari MALANG

  9. andipeace berkata:

    alhamdulillah sudah mas.
    rencana tanggal 15 april ada kopdar lagi di daerah bekasi.rencana kedua,saat pulkam liburan hari raya besok ingin kopdar bersama para logger surabaya dan mojokerto 😀 tetangga desaku (sidoarjo).semoga kopdar tersebut kesampaian.

    salam hangat

  10. wi3nd berkata:

    beeluuuuuuuumm 😀

  11. andipeace berkata:

    watduh…komentku dimakan OM aki ismet… 😦

  12. fanz berkata:

    wah berarti saya belum lengkap dunk. Saya jarang kopdaran 🙂

  13. Asop berkata:

    Bener ini.
    Tapi saya baru sekali kopdar…. 😦

  14. Abdi Jaya berkata:

    saya sudah pernah melakukan ketiganya bang, tapi diantara ketiga hal itu, bila ditanya yang paling asyik, tentu saja poin yang nomer tiga,
    nice posting bang…

  15. sauskecap.com berkata:

    saya baru nyampai di nomor 2, untuk nomor 3 belum pernah untuk kalangan blogger. Tetapi untuk komunitas dan forum saya pernah beberapa kali datang.

  16. jimmy berkata:

    saya sudah sampai nomor 2 juga, kalo nomor 3 rada susah karena saya kerja, dan kalo gak kerja waktu buat keluarga 😀

  17. Miftahgeek berkata:

    Receh di Paypal bertambah juga merupakan suatu kesenangan kang 😀

  18. setitikharapan berkata:

    Sudah mas, cuma di point yang nomer 3 sudah jarang. Teman-teman saya sesama bloger sudah tidak kelihatan lagi. Mungkin perlu menjalin komunikasi ulang mas.

  19. FiyaFiya berkata:

    saia jdi shbt kmu juga ya ries.. Kekeke.. Minus nummer 3.. Blogging is so much fun!!

  20. septarius berkata:


    Bener A’ kalo abis posting rasanya legaa..
    Mak..plooong…
    😀
    Kalo gak balesin komen dan kunjungan balik, kadang jadi kephikiran terus..
    🙂
    ..

  21. Caride™ berkata:

    saya baru bisa posting,blogwalking aja..kopdarnya belum pernah..
    kang achoey mo ngajakin kopdar? yuuuukkk
    hehe

  22. Didien® berkata:

    saya masuk kategori ini ga yah?
    posting udah, blogwalking juga sering, kalo kopdar baru beberap blogger seperti : mas agung mojosari, pak Heri malang, cantigi BDG, KJ bdg dan hayirtifis jkt..trus siapa lg yah???? *mikir keras*
    sama bro achoey kapan yah? heheehehe

    salam, ^_^

  23. d-Gadget™ berkata:

    kapan² kopdar ahh..biar lebih afdol bloggingnya :mrgreen:

  24. Ipin berkata:

    manttapp uga nihhh patut di tiru nihh sobb..terutama KOPDARNYA tuchhh

  25. nakjaDimande berkata:

    hahahhha bundo yang belum nomer berapa ya A..? rasanya kemarin ud ketemuan sama A.

  26. dedekusn berkata:

    Sy nomor 3 belum Kang, kapan bisa kopdar ya? 😦

  27. julie berkata:

    kita akan kopdar kan A ;D

  28. Walasa berkata:

    wah ada yang kurang, tukeran Link….????

  29. tulisan yg bagus…saya kira tiga segi di atas penting…cuma akan lebih penting lagi jika isi komen pada tulisan seharusnya lebih pd proses berbagi pengetahuan…mengapa? karena ini bukan chating…yg cuma hahahehehihi atau dgn ungkapan semangat,hebat, dsbnya namun sebaiknya ada ulasan singkat…selain itu yg punya tulisan juga semestinya memberi komen balik…sehingga proses berbagi dan silaturahim serta apresiasi semakin terbuka…tidak diam saja…bahkan apresiasi tq pun tidak…

  30. newbiedika berkata:

    Msi kurangx d numb 3..soalx kbnyakan blogger,tinggalnx pda jauh2..

  31. Mas Joe berkata:

    Alhamdulilah kalau no 1 dan 2 itu saya sering namun kalau nomer 3 masih minus malah bisa dibilang gak sama sekali deh… moga aja bisa ikut ahh kalau ada kopdar

  32. radesya berkata:

    Pagi kakak 🙂

    aku dah melakukan yang no 1 dan 2, tapi yang ke 3 belum deh 😦

    kapan ya bisa ke MJ? 😀

  33. nico berkata:

    kalo blogwalking… hehehe kadang-kadang suka disalahgunakan oleh blogger2 buat cari kunjungan balik

  34. sunflo berkata:

    semua udah kulakukan kecuali yg no 3 choey… *selalu ngarep mie janda buka cabang di cirebon nuuiii…. 😆

  35. balita berkata:

    kopdar paling mantap… rasa stroberry…. hahahhaaa
    kaya jus aja…

  36. romailprincipe berkata:

    beda sama blogger pencari uang ya?

  37. defidi berkata:

    benar adanya…

  38. Abu Ghalib berkata:

    alhamdulillah saya sudah merasakan semuanya
    dan memang benar, asyiiiikk… 😀

  39. an berkata:

    saya udah posting, blogwalking juga udah. tapi sejak pertama kali blogging, saya belum pernah kopdar..

    apa kabar?

  40. betul bgt.. cuma point ke 3 yg belum pernah kulakukan.. moga kedepannya bisa terwujud.. 😀

  41. sapta berkata:

    benar adanya.. bisa meningkatkan silahturahmi dan makin mempererat kekeluargaan.. khususnya point no 2 walau hanya didunia maya. 😀

  42. Huang berkata:

    saya masih bolong-bolong mas 😦

    tapi saya tahu perasaan kesenangan dari 3 poin di atas 🙂

    rasanya inilah hidup.

  43. wongkamfung berkata:

    saya masuk yang mana ya?

  44. BeINSTORE berkata:

    Posting yang menarik. Kunjungan balasan anda sangat saya nantikan di: http://beinstore.co.cc/ 13:35

  45. Farid berkata:

    baru no. 1 dan 2

  46. mikha_v berkata:

    Biasanya sebelum kopdar, ada komunitas online dulu yah. Haha saya juga kurang tahu karena belum pernah pengalaman kopdar sesama blogger.

  47. tonosaur berkata:

    nah yang 1 dan 2 itu gampang..
    yang 3 itu rada kesulitan

  48. Ping balik: Kategori Kopdar « Catatan Cinta Sang Sahaja

  49. TuSuda berkata:

    belum sempat kopdar, kalau ada komunitasnya bagus juga ya Kang.

  50. nadiafriza berkata:

    tinggal langkah ke-3 nih yang belom, kapan yaa 🙂

  51. maminx berkata:

    Mantep infonya, langkah nomor 3 belon pernah nih..hmm kapan ya, hehehe..

    nice info kang 🙂

  52. Silaturahim bisa memperpanjang umur dan menambah rejeki…cuma saya sendiri paling sok sibuk ha he he

  53. Saya suka blogwalking sekalian silaturrahim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s