Pembaca Puisi Terbaik


Aku adalah Puisi“, begitulah judul salah satu puisiku yang pernah di posting di blog ini. Meski aku tidaklah pandai menulis dan membaca puisi, tapi aku merasa telah jatuh cinta pada puisi. Puisi membuat setiap kata memiliki ruh yang sangat kuat hingga bait-bait pun menjadikannya amat bermakna. Singkat namun dalam apa yang bisa diungkap. Tak mudah memang untuk mampu mengunkap maksud kata dalam bait-bait puisi, tapi justru disitulah indahnya.

Kala saya mendengar seorang penyair membacakan puisi, sering merinding bulu kuduk ini. Intonasi suara, mimik wajah, gerak tubuh, menambah dalam puisi yang dibawakan. Tentu saja untuk membawakan puisi perlu penghayatan terhadap puisi yang dibacakan, karena jika tidak, maka bias dan ruh puisinya pun bisa jadi hilang. Karena itulah, pembaca puisi yang hebat tentu saja kan menjadikan puisi yang dibacakan pun terdengar dan terasa jauh lebih dahsyat. Jika yang membacanya seperti saya, wah bisa jadi puisi seolah narasi yang sedang dieja murid putus sekolah, hehe.

Kali ini saya akan perkenalkan pembaca puisi terhebat versi saya sendiri. Dia adalah seorang gadis Ciamis yang usianya terpaut 5 tahunan dengan saya. Gadis ini yang telah membuat saya berulang kali merinding saat saya mendengarkan pembacaan puisinya. Gadis yang menurut saya memang sangat piawai membacakan puisi. Bahkan beberapa puisi-puisi dahsyat dia hafal dan dengan mudah membacakannya untuk saya.

Bisa jadi saya memang subjektif, tapi coba sahabat baca rentetan prestasi beliau ini di bidang lomba baca puisi:

Juara 1 Pasanggiri Maca Sajak Sunda Sa-Tatar Sunda tahun 2002, 2003, 2004, dan 2005 (4 periode berturut-turut) yang diselenggarakan di SMU Pasundan 2 Tasikmalaya.

Juara 1 Lomba Baca Puisi se-Kabupaten Ciamis yang diselenggarakan di Univ. Galuh tahun 2000

Juara 1 Lomba Baca Puisi dalam rangka Porsenida Provinsi Jawa Barat tahun 2003

Juara 3 Lomba Baca Puisi se-Pulau Jawa yang diselenggarakan di Sanggar Sastra Tasik tahun 2003

Juara 2 Lomba Baca Puisi se-Priangan Timur yang diselenggarakan di Univ. Galuh tahun 2004

Juara 1 Lomba Baca Puisi se-Kabupaten Ciamis yang diselenggarakan di SMKN 2 Ciamis tahun 2004

Juara 1 Pasanggiri Maca Sajak Sunda PENSATRADA (Provinsi JABAR) yang diselenggarakan di UPI tahun 2007

Juara 1 Lomba Baca Puisi Piala Rendra yang diselenggarakan di UPI tahun 2007

Itulah sederet prestasi gadis yang bernama Silvia Dewi di bidang baca puisi. Dan sejak tahun 2008 beliau sudah tidak lagi turut serta dalam berbagai lomba baca puisi dikarenakan sibuk akan pekerjaannya. Meski begitu, beliau sesekali menjadi narasumber di bidang yang sama semisal menjadi narasumber pada Pelatihan Baca Puisi untuk Guru Kesenian se-Kabupaten Majalengka pada tahun 2009.

Gadis pecinta seni sastra ini juga kerap kali menulis naskah dan menyutradarai beberapa pementasan drama. Ya wajar saja karena belaiu juga aktif di teater sejak duduk di bangku SMP. Tapi untuk sahabat semua ketahui, ternyata beliau tidaklah kuliah di jurusan seni. Melainkan beliau saat ini tercatat sebagai mahasiswi tingkat akhir Teknik Informatika di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Kembang.

Sekian ulasan saya tentang siapakah Pembaca Puisi Terbaik menurut Achoey el Haris. πŸ™‚

Untuk lebih kenal dengan beliau, silakan klik blog barunya di http://pagibening.wordpress.com

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Sosok dan tag , , , . Tandai permalink.

57 Balasan ke Pembaca Puisi Terbaik

  1. kopral cepot berkata:

    suka puisi n suka pula pembaca puisinyah sebuah paduan yg endah he he he πŸ˜‰

  2. kopral cepot berkata:

    mo coba mampir ah keu yg suka baca puisi … btw ngeBakso sambil denger puisi … enak ngak yah ?

    Salam hatur tararengkyu n sukses jandanyah eh mie jandanyah πŸ˜‰

  3. pagibening berkata:

    Alhamdulillah.
    Jika bagimu aku adalah pembaca puisi terbaik maka bagiku kau adalah puisi terindah dan aku ingin membacanya dengan indah pula.
    Haha….

  4. peri01 berkata:

    wew itu fotonya ya A cantiknya

  5. bundadontworry berkata:

    bunda juga hanya sebagai penikmat puisi A,
    sampai sekarang masih saja gak bisa kalau disuruh buat puisi.
    mereka yg berhasil membuat puisi, orang2 yg indah perasaan nya A.
    salam

  6. nakjaDimande berkata:

    ehm, A.. hari ini ternyata calon menantu-nya bundo diperkenalkan..

    **berbunga-bunga deh bundo πŸ˜€

  7. Usup Supriyadi berkata:

    wah wah wah, deretan yang luarbiasa . ya saya juga pada akhirnya terjerambat dalam puisi, dan menjadi pengagum kata-kata, ketika kitab tak dapat diajak beriring bersama, saya malah lari dengan kata-kata . semoga akan tetap keluar kata-kata dan cerita dari mereka yang memang sastrawan sejati . heu . πŸ˜‰

  8. setitikharapan berkata:

    Suit..suit..suit..apakah ini tanda-tandanya. πŸ™‚

  9. wi3nd berkata:

    cantik A.. πŸ™‚

    akhirnya ditampilin ju9a πŸ™‚

  10. Hariez berkata:

    wah..wah..hebat euy :mrgreen: kapan sayah jadi pembaca puisi terbaik ya ?dilempar BB sama massa

  11. FiyaFiya berkata:

    Keren yoh..
    saia anak bahasa tapi gk bisa baca n bikin puisi.. Hihih

  12. kemudian datang sorang lelaki yang mencoba minta di ajari bagaiman caranya membuat puisi.

    eng ing eng ………!!!

  13. nDa berkata:

    ah, beruntung sekali lelaki yg menyanding perempuan itu… * siul2 sambil ngelirik A*.. πŸ˜€

  14. sedjatee berkata:

    salam kenal Om..
    thanks telah berkunjung ke tempat kami..
    wah… blog Om sangat manis, ramai banget..
    sukses selalu ya Om..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  15. Agung Pushandaka berkata:

    Saya ndak bisa sepenuhnya menikmati puisi. Pengetahuan saya tentang puisi juga minim. Tapi saya menghargai segala puisi sebagai sebuah karya seni.

  16. mwiyono berkata:

    kunjungan malam hari.. anya ingin memberitahukan bahwa semua kontennya terbilang sangat ok dan informatif
    kalau blog ku gimana ada dua yang ingin saya tawarkan dalam kunjungan anda kali ini
    1. blog ok PR2
    2. BlogUnik serba hitam
    jangan lupa kunjungan balik anda selalu akan kami harapkan …ok kita tunggu perkebangan blog anda slanjutnya semoga makin tops

  17. abifasya berkata:

    keke…keke… nu saleresna si dia teh saha ?
    kikindeuwan sanes ?
    HEBAT LAH POKOK NA MAH CIAMIS TEA ATUH
    pikiraneun πŸ™‚ πŸ˜†

  18. dedekusn berkata:

    Sayang pisan, sy sama sekali ga pede baca puisi & ga bisa nuli puisi 😦

  19. orange float berkata:

    boleh tuh diajarin cara bikin puisi yang bagus. salam ya a’ sama gadisnya πŸ™‚

  20. Ipin berkata:

    jadi pengen dengar nih pembacaan puisi terbaik sobatt

  21. Mbah Jiwo berkata:

    langsung ke tkp ya…salam hangat dari MALANG

  22. delia4ever berkata:

    Salut banget ya buat si gadis ciamis …
    gak gampang emang dlm membaca sebuah puisi..:)

  23. gerhanacoklat berkata:

    swiit swiiiiiw ini dia A?

  24. Mamah Aline berkata:

    dulu sering terkagum-kagum ita orang baca puisi, sampai sekarang masih suka kagum soalnya paling gak bisa buat sih A…

  25. bayuputra berkata:

    wah hebat… kalau gitu sainganya Kang Budi Santosa donk…

  26. bayuputra berkata:

    kalau saya hanya mampu membacanya dalam hati saja …. heee (jadi malu).

  27. Bee'J berkata:

    prestasinya cantik, secantik orangnya πŸ˜€

  28. endra berkata:

    langsung meluncur tuk mengenal, lama tak berkunjung nih kang hehehe….

  29. Wulan berkata:

    Jadi pengen kenal. Langsung ke blognya aja ya..

  30. zuawi berkata:

    seorang puitis bisa menghayati puisi yang iia baca dan apalagi ciptaan sendiri makin menyentuh …….
    salam blogger
    berkunjung balik ya
    makaasich ……. πŸ™‚

  31. Walasa berkata:

    yang difoto itu yang baca puisi yang menang yaa??? hehehe cakep..kabuuuurrrr

  32. Ceritaeka berkata:

    Hmmm.. pengen kenal…
    pengen dengar baca puisinya…

  33. kabariberita berkata:

    semoga terus terasah hingga dewasa

  34. lalangsenja berkata:

    Saya suka baca puisi, meskipun tidak bagus, dan tak pernah ikut lomba πŸ™‚

    salut sama beliau..

  35. Rindu berkata:

    Suka puisinya atau suka penulisnya Aa? πŸ™‚

  36. jun berkata:

    jadi ingat sahabat saia–yg juga jago berpuisi, tapi sekarang sedang pergi merantau πŸ™‚

  37. sunarnosahlan berkata:

    kalau aku hanyalah penulis puisi yang tak becus baca puisi

  38. aisyah muna berkata:

    hmmm..jadi ngiri…hmm..jadi pegen sperti beliau..bangganya…

  39. deady berkata:

    silau ya sama prestasinya
    jadi pengen kenalan langsung nih. Jiaelah!

  40. anny berkata:

    Puisi bagaimanapun isi dan bentuknya selalu membawa suasana indah, baik sedih maupun bahagia

  41. nandang sukma berkata:

    ooo yaaa,,kalo ada infirmasi tentang lomba baca pusi,,ksih tau aku yaaa,,,niii no hp aq 087820599191,

    …MOHON KASIH TAU…

  42. nandang sukma berkata:

    kasih tau kalo ada lomba baca puisi,,

  43. munir ardi berkata:

    menarik artikelnya kang saya suka dengan orang yang pandai baca puisi

  44. sunflo berkata:

    pssttt choey… keknya itu calisku yaaa??? πŸ˜• (oopss maap kalu salah… :mrgreen: )

  45. hitamputih berkata:

    kapan ya puisiku bisa dibaca beliau..ngarep mode:on

  46. kikakirana berkata:

    tersenyum senyum QK membaca postingan ini…
    sepertinya semuanya pun turut senang dengan postingan yg ini.. hehehe….
    berkunjung ah ke si pembaca puisiii… πŸ˜€

    HIDUP!!! ^_^

  47. BeINSTORE berkata:

    Menimba ilmu di blog ini. kunjung balik! 13:46

  48. BeINSTORE berkata:

    Posting yang ok !! kunjungi aw juga ok! 13:41

  49. mikha_v berkata:

    idem dengan saya sih sebenarnya. Saya juga kurang pandai dalam membaca apalagi menulis puisi. Karena, puisi pada umumnya memakai bahasa abstrak. Dan saya tak bisa menafsirkan bahasa abstrak tersebut hahaha.

    Berhubung saya orang musik, saya lebih suka puisi yang dinyanyikan alias lagu.

  50. okta mutia d berkata:

    ingin menjadi seperti kaka,bagaimana cranya?apakah kaka ingin berbagi pengalaman kaka?

  51. wahhh turut merinding melihat prestasinya,, smoga benih2 prestasinya tumbuh pada sy jg ckckckckk…

  52. Azkiaaa.. berkata:

    kereenn πŸ™‚ ((y)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s