Motivasi Ngeblog dari Barudak BLOGOR


Konon kabarnya, seseorang disebut blogger itu karena dia mempunyai blog. Ehm, ya seorang blogger pastinya punya blog. Jika begitu, betapa mudahnya untuk menjadi seorang blogger. Hanya dalam waktu beberapa menit saja kita sudah bisa punya blog, gratis lagi. Kalau mau yang berbayar juga boleh jika beneran mau serius, bukan sekedar butuh dibilang keren. Kita dengan mudah bikin blog lebih dari satu, b,ahkan kalau mau kita bisa bikin seratus blog. Ya, kalau sekedar bikin blog sih mudah saja, betul kan?

Permasalahannya bukan pada mudah atau susahnya membuat dan memiliki blog. Tengok saja pelatihan blog yang diadakan BLOGOR pada beberapa waktu lalu. Hampir 200 peserta yang datang. Mereka semangat membuat blog. Tapi jika kita punya data alamat blog mereka lalu kita tengok, hanya ada berapa blogger yang masih update blognya. Bisa jadi sekitar 10% nya saja, selebihnya jadilah blog tak terjamah pemiliknya.

Pak Sjafri selaku pembina BLOGOR pernah mencoba menganalisis persentase tingkat rajin update-nya barudak BLOGOR, dan alhasil ketahuan deh. Bahkan Pak Sjafri pernah memberikan masukan bahwa komunitas blogger harus tetap mempertahankan eksistensinya di dunia maya, tentunya tanpa mengenyampingkan kiprahnya di dunia nyata. Eksistensi blogger di dunia maya yakni dengan update blognya.

Ehm, jangan khawatir. Ngeblog bukan ibadah fardhu yang pabila ditinggalkan kan menjadi dosa. Tapi, sudah selayaknya sebagai blogger kita tak membiarkan blog kita terbengkalai. Apalagi menjadi bagian dari judul tulisannya Syamsul Boin, “Blog yang Menjadi Sampah”.

Sahabat, jika update status FB saja bisa ada yang nyampe 10 kali sehari, pastinya bisa posting di blog seminggu sekali. Caranya mudah saja, 10 status x 7 hari = 70 status. 70 status FB digabung dalam 1 postingan kan bisa hehehe. Maaf bercanda.

Intinya sih saya ingin menyampaikan semangat yang ditularkan Pak Sjafri bahwa blogger itu harus “ngeblog”, sampaikanlah walaupun hanya satu kata. Karena kita blogger, anggota komunitas blogger, maka salurkan deh kata-kata kita sekali-kali lewat blog.

Ini dia beberapa tips agar kita tetap semangat ngeblog. Tips ini dipersembahkan oleh beberapa barudak BLOGOR.

.
Selamat membaca dan mari jadikan diri lebih semangat untuk berbagi lewat postingan kita di blog.
.
Oh ya hampir lupa, bagi yang namanya tertulis di atas, sahabat semua masihng-masing berhak mendapatkan buku Karya EWA. Bukunya seperti tertera dalam foto di atas. Selamat ya!
.
Salam Dahsyat
Redaksi BLOGOR
Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di BLOGOR. Tandai permalink.

53 Balasan ke Motivasi Ngeblog dari Barudak BLOGOR

  1. alamendah berkata:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Kalau yang ini (Achoey) di jamin selalu update…
    pokoknya mereka perlu belajar banyak sama dikau, bro…

  2. keduaaxxx… 😀

    klo sy sih update blog klo ada waktu.. bis lg sibuk2nya anak kuliah sih.. akhir kuliah gt…
    wah.. bukunya keren yah.. menulis tanpa berguru.. sy mah masih berguru ke orng. 😉

  3. nakjaDimande berkata:

    hehhhe, mas Alam bener.. A update setiap hari..! blogger sejati, meskipun sibuk di dunia nyata.

  4. peri01 berkata:

    setuju mas memang bloger sejati yg diupload pun bermanfaat sekali
    salam

  5. bundadontworry berkata:

    kalau blogger yang ini, dijamin selalu konsisten utk apdet .
    salam

  6. diazhandsome berkata:

    sama kayak di sekolah gw. satu angkatan disuruh bikin blog. lalu sama gurunya disuruh posting tentang Teknologi Informasi. setelah itu? … cuma gw yang masih eksis di dunia maya. lainnya pindah ke fesbuk.

    *kasiaann deehh* 😀

  7. wi3nd berkata:

    he he.. aku bukan blo9er sejati 😳

  8. jun berkata:

    jadi pengen nulis motivasi ngeblog juga–kali aja direview sama mas achoey 😛

  9. dhebu berkata:

    wah,,pengen dpt bukunya,,hehe…
    biar nambah semangad 😀

  10. indra1082 berkata:

    terimakasih tipsnya kang, untk saya yg akhir2 ini angin-anginan nge-blog, doakeun atuh biar semangat terus.
    Kalo bisa mah kirim sekalian bukunga… :mrgreen: piss/….

  11. ususpanjang berkata:

    semangat.semagnat semagnatt
    saya yang masih newbie ini butuh asupa motivasi yang cukup untuk tetap bisa membuat tulisa2 yang smoga bermanfaat nantinya. hahhaaa

  12. rose berkata:

    perkembangan blogging jadi semakin pesat… rosebelum bisa baca buku2 itu saat ini, choey…^^

  13. orange float berkata:

    memang ada beberapa teman blogger setahun yang lalu masih aktif tapi skrg dah menghilang, ngak ada kabar beritanya. insya allah selagi bisa akan saya usahakan tuk tetap ngeblog

  14. Pencerah berkata:

    langsung disimak satu persatu

  15. Didien® berkata:

    saya update rata² 3 harei seklai karena kesibukan kantor dan di rumah…
    tp yg terpenting kontinyu dan tidak membiarkan blog menjadi sampah tak berguna..brtul kang?

    salam, ^_^

  16. Caride™ berkata:

    kalopun saya telat apdet itu bukan berarti saya menyampingkan blog..saya cukup mencintai dunia blogger kuq…
    btw..bukunya Caride ga kebagian yah? :mrgreen: *kidding bro*
    maaf terlambat kunjangan baliknya..salam silaturrahmi

  17. tyan berkata:

    bloger sejati ga pernah mati…,

  18. Zico Alviandri berkata:

    Ide itu gak selalu dapet sih… mood juga kadang ada.. makanya kadang blog itu gak ke-update 😀

    Thx udah sharing tulisan2 untuk mempertahankan semangat ngeblog 😀

  19. Fikar berkata:

    yap, yang dibutuhkan adalah memang semangat dan “cintailah apa yang anda kerjakan atau kerjakanlah apa yang anda cintai”. Diambil dari kalimat Billy Boen dalam bukunya young on top. Waks, bukan promosi nih.

  20. Abdi Jaya berkata:

    sukur saya masih sempat ngurusin blog gratisan ini… makasih semangatnya bang 🙂

  21. delia4ever berkata:

    Semangat itu yang penting.. dan juga menyukai apa yg dilakukan 🙂
    thanks banget lo 🙂
    newbie seperti ku butuh banget pencerahan.. hehehe

  22. M Mursyid PW berkata:

    Blog merupakan alternatif sangat bagus ketimbang hanya nge-CHAT ngalor-ngidul di FB.

  23. sunarnosahlan berkata:

    saya acung jempol, salut karena mampu apdate tiap hari hal yang sangat susah aku lakukan

  24. wahyu berkata:

    tulis apa lah. kalau bosan nulis, tempel aja foto lalu kasih komentar kita. gampang kan.

  25. Program kasir berkata:

    buat blog dengan motivasi para blogger,
    Ide yang bagus tuh .

  26. ♥ria♥ berkata:

    wah apa aku bisa jadi blogger sejati 😀
    makasih yah masukannya ^___^

  27. setitikharapan berkata:

    Iya saya juga pernah buat pelatihannya mas, cuma semangat diawal saja. bahkan komunitas yang saya ikuti pun hanya sedikit yang update postingan.

  28. fanz berkata:

    wah nama saya ga ada di atas.. :pulang: 😥

  29. cobaberbagi berkata:

    Setuju mas keep blogging baru bisa disebut blogger

  30. melly berkata:

    blog buatku adalah tempat curhat 😀
    jadi apapun bisa ditulis yah..hehehe

  31. d-Gadget™ berkata:

    saya update blog memang ga menentu karena kesibukan yg benar² menyita waktu, namun jika ada waktu luang sedikit saja saya manfaatkan utk apdet blog…

  32. Bang Aswi berkata:

    Beberapa kawan saya yang blogger pada akhirnya banyak juga yang tumbang, tapi mereka aktif banget kumpul2 bersaman kawan2 blogger. Hingga … ada istilah suka kopdar tapi bukan blogger ^_^

  33. nurhayadi berkata:

    Ngelog memang harus serius, tapi yang namanya aktifitas kadang ada turun naiknya.

  34. Ping balik: demikian menurutku tentangmu .. dalam hal ini « komuter jakarta raya

  35. ilyasafsoh.com berkata:

    berikaN AKU DONG bukunya juga

    meski dalam soft copy, ya bang

    please

    blogger kampung seperti aku,
    minim dana

    “mode melas”

  36. Bee'J berkata:

    siip lah….tetep semangat kok kang… 😀

  37. hellgalicious berkata:

    kalo gue mah tetep update minimal seminggu sekali.
    harus dan harus
    hehehe

  38. Menik berkata:

    Wahahaha,gw kesentil lagi…

  39. Didien® berkata:

    berkunjung lagi kang..
    meskipun ga update yg penting silaturrahmi tetep jalan hehehehe

    salam, ^_^

  40. hanif berkata:

    Benar juga ya Mas, setiap hari aku bisa update status FB 5 kali..tapi kalau update tulisan kadang nyampe 2 minggu. Nunggu wangsit..hi hi hi baru bisa nulis

  41. catatanpelangi berkata:

    Waah kang Cu-Ha bagi bagi buku … Asyiiknya yg dapeet … ^_^ kapan kapan bagi bagi voucher diskon MJ ya … 😀
    Blogging time is precious time … Karena bisa menuangkan isi hati melalui kata2 … Mencoba untuk membuat blog tidak berisi sampah 😀 agar ketika saatnya kita tidak bisa apdet lagi untuk selama lamanya … Isinya tetap berguna bagi orang lain … 😀

    Happy blogging

  42. Abula berkata:

    ayo semangat ngeblog,,, upadeeeet…
    (padahal saya sendiri pun jarang updet…)..

    Salam

  43. nh18 berkata:

    Kang …
    Harus diakui …
    Memelihara Blog itu tidak semudah yang kita duga
    diperlukan konsistensi dan ketahanan yang tidak sederhana …

    Belum lagi perkembangan social networking macam FB dan Tweeter yang turut membuat terpecahnya konsentrasi para Bloger

    Saya salut dengan Pak Sjafri … (mantan Dosen saya itu) yang ditengah kesibukannya masih sempat menganalisa perkembangan Blog secara detail …

    Salam saya Kang

  44. Hariez berkata:

    yapzz…saya jadi malu udah 2 minggu ga nulis apa-apa Kang 😳

  45. mikha_v berkata:

    1. Saya punya FS, FB, Twitter. Tapi tetap saja bagi saya, blogging lebih asik 😀

    Blogging di sini maksudnya adalah update blog sendiri dan blogwalking dan berkomentar.

    2. Saya memang punya 4 blog publik, tapi hanya 1 blog utama saya yang aktif. Kalo yang lain, update nya sekali kali saja 😛

    3. Iya nih, patut disayangkan bagi mereka yang awalnya semangat bikin blog, tapi ujung2nya meninggalkan blog. Walau sebenarnya alasannya tidak selalu karena habis ide. Bisa saja lagi sibuk sekali, internet lagi jelek, dan sebagainya

  46. Sewa Mobil Bali berkata:

    thanks to info ya,,,

  47. thanks to info,,salut karena mampu apdate tiap hari hal yang sangat susah aku lakukan…

  48. rahmat hidayat berkata:

    mampir y ke my blog yg selalu di updet

  49. Alphard berkata:

    Kalau saya lebih suka baca blog orang daripada nulis blog sendiri…kepala jadi pusiiiiing..salam kenal

  50. motifasi yang sangat menarik.. thank dah mau berbagi pengalaman….

  51. melihat dari postingan ini saya mulai berpikir mungkin ga blogger punya fitur seperti fb yang bisa buat chat online? mungkin jika itu ada, peminat blog akan semakin meninggi!!! buat yang punya otak cemerlang membaca coment saya untuk menindak lanjuti! jangan lupa berkunjung ya http://sewa-mobil-bali-murah.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

