Akhir dan Awal Tahun


Semalam, lelapku terganggu suara petasan. Ntah jam berapa saat itu, tapi sepertinya saat itu tepat tengah malam, di mana banyak orang bersorak sorai di jalan-jalan dan di tempat keramaian. Pesta pergantian tahun itu dirayakan oleh banyak orang, dan sepertinya mereka terama bahagia. Bahagia atas tahun yang telah berganti, 2009 ke 2010, selebihnya aku tak tahu.

Teringat masa lalu, di mana malam pergantian tahun juga membuatku larut di dalamnya. Berjalan-jalan dengan teman, begadang hingga pagi menjelang. Puas-puasin bersenang-senang dengan cara yang berlainan, seru-seruan. Terompet di tiup sambir menyusuri ruas jalan yang penuh sesak kendaraan. Orang-orang ke luar rumah dan tumpah ruah. Mereka kebanyakan hanya tahu, bahwa malam itu harus bergembira, harus berpesta. Atas apa, ya atas kebiasaan yang dianggap umum saja.

Pergantian tahun ini berbeda, setidaknya bagiku. Sama sekali aku tidak tertarik keluar rumah, meski sebenarnya mudah saja. Aku lebih memilih terlelap karena esok pagi ada tugas yang kulakukan. Tugas yang so pasti tak akan banyak orang yang terlibat. Karena di pagi hari tak ada pesta, yang ada adalah sisa pesta.

Di ujung tahun kedai sahaja sengaja diliburkan. Para kru-nya berangkat ke suatu tempat yang rindang dan terletak danau kecil yang indah di sana. Kami di sana berolah raga, berbagi canda dan narsis ria dengan jepretan kamera digital dan kamera ponsel yang ada. Di sana kami sempatkan berbagi cerita, lalu tentang pandangan kami terhadap pergantian angka-angka di almanak. Kami coba untuk mengkaji apa yang telah tercapai di tahun 2009, apa saja yang ternyata tak kesampaian, dan kira-kira apa penyebabnya. Kami harus gembira dengan pencapaian yang ada sebagai wujud syukur hamba, namun tak lekas puas dan terus menerus memperbaiki diri menggali potensi untuk pencapaian yang jauh lebih indah.

Pergantian tahun bukan apa-apa jika tida membawa hikmah dan perbaikan. Apa yang kita pestakan jika tidak ada pencapaian kesuksesan. Apa yang kita pestakan jika setahun yang lalu pun telah kita sia-siakan. Pergantian tahun yang pasti pengurangan jatah hidup di dunia yang fana. Karena pergantian tahun sama halnya dengan semakin banyaknya hari yang terlalui, artinya semakin banyak jatah hidup kita yang terpakai, dan kematian itu semakin dekat saja.

Tadi malam di Masjid At-Tin ada Dzikir Nasional, seorang sahabat mengabarkan dia pun lebih memilih datang ke sana untuk mabit. Banyak orang memilih tempat itu untuk berdzikir dan bermuhasabah. Berdzikir untuk mengingat Allah dan bermuhasabah sebagai bentuk evaluasi diri sehingga tahu mana yang harus diperbaiki. Sebuah upaya indah. Tindakan yang berbeda dengan yang dilakukan banyak orang di tempat lain, berpesta demi sebuah perubahan angka, ya mungkin juga sih ada yang melakukannya dengan alasan lain. Misalkan merayakan ULTAH pernikahan karena tanggalnya bertepatan atau alasan yang lainnya. Ya setiap orang wajar berbeda.

Tadi pagi aku bergabung dengan barudak BLOGOR yang lain, yang lebih memilih untuk membersihkan sisa pesta semalam. Bergerak dari depan pintu utama Kebun Raya Bogor, menyusuri ring luar Kebun Raya Bogor berjaan sambil memunguti sampah. Sampah organik dan anorganik di pisah agar lebih mudah diolah. Daerah lapangan Sempur pun menjadi tujuan pemberesihan. Dan meski tidak banyak yang terlibat tapi hasilnya cukup signifikan. Sampah-sampah yang bertebaran kini berpindah ke kantok plastik besar. Ya, BLOGOR Beberesih Bogor Jilid 1 sudah selesai dilaksanakan. Tak hanya sampai di sini, suatu waktu akan ada lagi BLOGOR Beberesih Bogor jilid-jilid berikutnya, semoga saja.

Lalu, bagaimana dengan kalian duhai sahabat. Apa yang kau lakukan di pergantian tahun ini? 🙂

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di BLOGOR, Celoteh Hati. Tandai permalink.

29 Balasan ke Akhir dan Awal Tahun

  1. nakjaDimande berkata:

    Bundo di rumah saja bareng ponakan, hujan deras.. bersyukur itu artinya berkurang yang main mercon di luar. sehingga Tahun baru aman tanpa banyak terdengar dentuman yg bikin kaget 🙂

    Selamat melangkah di Tahun yang baru A..!

  2. Wempi berkata:

    Ngadain acara kumpul bareng warga

  3. julie berkata:

    aku di rumah sama dua kakakku dan kedua abang iparku beserta para kurcaci
    sungguh tahun baru yang menyenangkan
    selamat tahun baru Aa

  4. F4iz berkata:

    “Pergantian tahun bukan apa-apa jika tida membawa hikmah dan perbaikan” i like it….:-)

  5. alamendah berkata:

    Moga aja tahun ini rohmat Allah semakin melingkupi kita semua.

  6. asepsaiba berkata:

    Aku ngga bisa tidur, tetanggga sebelah Dar,der,dor ampe jam 2!

  7. sawali tuhusetya berkata:

    malem tahun baru saya dan keluarga hanya liburan di rumah, mas haris. selamat tahun baru 2010, selamat menyongsong perubahan dan pembaharuan.

  8. Pencerah berkata:

    saya juga tahun barunan dirumah kang….
    males keluar meskipun 300 meter dari rumah termasuk pusat perayaan tahun baru di semarang

  9. wahyu berkata:

    wah sama ya…
    perubahan tahun ini saya merenung aja..
    g liat yg namanya petasan apalagi cium asap knalpot.. 😀
    salam kenal.. 🙂

  10. liudin berkata:

    selamat tahun baru semoga ditahun depan semua impiannya dapat tercapai.

  11. sunflo berkata:

    choey…sunflo punya hadiah istimewa di awal tahun ini buat mu, dijemput yaa…^^

  12. komuter berkata:

    hari pertama tahun baru……
    piket jagain kantor…… (pake kaos blogor)

  13. indra1082 berkata:

    HEPI NYU YER….. :mrgreen:

  14. senny berkata:

    malam tahun baruan niat di rumah sambil nonton DVD malah jadi ngopi di Starbucks bareng seorang teman lama dan beberapa teman baru

    anyway, yg plg penting itu bukan malam tahun barunya tapi gimana ngejalanin tahun ini

  15. Assalamu’alaikum,
    Selamat Tahun Baru Kang Haris, semoga ditahun ini, semakin bertambah ketakwaan kita kepada Allah Swt, dan semoga kita bisa lebih sukses dari tahun sebelumnya. Maaf, saya lama absen ngeblog, jadi baru sempat balas kunjungan sekarang. (Dewi Yana)

  16. andipeace berkata:

    saya ngumpul-ngumpul dirumah mas dibogor.terasa seru dan bahagia ngumpul-ngumpul sama family. 😀

    salam KBM

  17. vaepink berkata:

    Seperti tahun2 sebelumnya a’… tidak ada kegiatan yang spesial, paling cuma liat kembang api dari jendela rumah hehe… 😀

  18. Hariez berkata:

    aku hanya stay di rumah menemani si kecil saja Kang.. 😳

    dan inilah salah satu komunitas yang paling peduli salut sangat buat Komunitas BLOGOR

  19. iip albanjary berkata:

    wah keren,
    yang lain pesta, macet dan hura-hura

    yang di sini melihat ada ladang amal..

    sallute

  20. munir ardi berkata:

    tahun baru saya mah blogwalking sahabat habis nggak suka keributan apa lagi banyak bahaya rawan perkelahian dan copet mah kalau banyak orang

  21. bluethunderheart berkata:

    met tahun baru kang
    salam hangat dari blue

  22. harumhutan berkata:

    [oOT]
    hapunten pisan,baru bisa hari ini,kmaren teh internetna nda bisa pisan dirumah .. 😦

    ini tahun keduaku men9habiskan per9antian tahun den9an bermuhasabah di masjid A..

    barudaks blo9or eman9 keren uy,sebuah upaya yan9 indah,bebersih bo9or,jempoll dan saluut keep workin9 A 🙂

  23. ceriaselamanyah berkata:

    malam tahun baru aku malah tidur jam 8 malam gara-gara bronchitisku kambuh.. hujan deras lagian….
    hehehe

  24. masfaj berkata:

    semoga semangat tuk mengarungi hidup ini akan selalu terjaga disetiap tahun dan diisi dengan hal-hal yang baik bagi diri dan sesama…

  25. yangputri berkata:

    met taon baru kang achoey

  26. Hanif Ilham M berkata:

    wah, sebenernya juga males keluar tahun baru, macet adanya, tapi coba aja, trus pulang lagi deh. hehe…

  27. annosmile berkata:

    met tahun baru 2010 kang..
    sukses selalu..

  28. olvy berkata:

    saya berdoa….pasti banyak yg gag percaya heheheee…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s