Antara Update Posting & Blogwalking


Aku bertanya pada seorang sahabat tentang kenapa blognya sudah lama tidak update. Dan ternyata jawabannya karena dia malu belum sempat blogwalking. Keadaan sedang membuat sahabatku ini tidak bisa berlama-lama online. Dan sebagai selebblog tentunya blog dia senantiasa ramai dengan komentar blogger lainnya. Untuk balas berkunjung ke blog lain sambil meninggalkan komentar jelas butuh waktu, dan dia belum memiliki waktu luang tuk melakukannya. Jadilah blognya tak diupdate. Tidak posting karena belum blogwalking, beitulah kesimpulannya.

Blogwalking, sebuah istilah yang indah dan sudah menjadi tradisi di kalangan blogger Indonesia. Sebuah upaya menjalin silaturahmi sambil memberikan dukungan agar blog sahabat menjadi ramai. Maka wajar jika di Indonesia banyak blogger yang berkunjung ke blog untuk sekedar berkomentar. Membaca isi blognya mungkin sekilas saja, yang penting komentar. Meski komentarnya tak sesuai dengan postingan yang penting komentar. Bahkan kalau perlu komentarnya yang banyak biar hetrik. Apakah ini sebuah ulah yang salah, ah gak apa-apa, toh ini demi persohiblogan yang indah.

Lalu bagaimana dengan Sang Sahaja. Jelas aku adalah bagian dari blogger Indonesia yang terbiasa blogwalking. Hanya saja, ketersediaan waktu luang dan kualitas kecepatan koneksi internet berpengaruh pada blogwalking yang tak bisa seperti yang lain. Biasanya saya melakukan kunjungan dan komentar balasan pada blogger lain yang sudah meninggalkan jejak. Dan jika masih ada kesempatan, saya coba berkunjung ke blog lainnya yang memang update. Tapi akhir-akhir ini keadaan membuatku tak bisa dengan leluasa blogwalking. Ya kembali ke persoalan awal, kesibukanku dan juga koneksi internet yang lemot inilah penyebab terhambatnya aktivitas blogwalking.

Lalu, haruskan aku seperti sahabatku itu yang menelantarkan blognya hanya karena malu belum sempat blogwalking atau lebih tepatnya karena belum sempat balas komentar. Semoga tidak. Jika masih ada waktu, aku berharap tetap bisa update blog setiap hari, minimal satu postingan per hari. Kecuali jika keadaan memang benar-benar tidak memungkinkan. Meski tingkat kunjungan ke blogku sedikit menurut, meski komentar pun tak banyak tampak, tak apa. Yang penting nulis, yang penting tetap posting.

Aku yakin, sahabat-sahabat bloggerku akan mengerti kalau ternyata aku belum sempat blogwalking ke blog mereka, bukan karena kesombonganku, tapi karena kesibukanku dan koneksi internet ini yang memang sedang lemot. Bukan begitu sahabat?

πŸ˜€

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati dan tag , , . Tandai permalink.

42 Balasan ke Antara Update Posting & Blogwalking

  1. arifromdhoni berkata:

    .. mungkin perlu dilihat kembali niat dan tujuan awal dari nge-blog .. πŸ™‚

  2. komuter berkata:

    teruslah ngeblog, untuk eksistensi diri….

  3. komuter berkata:

    ku kan selalu berkunjung….

  4. Saia hampir setiap hari selalu update
    Meskipun kadang ada sehari libur posting
    Hehehe………….
    ______________________________________________
    Tidak menolak kunjungan Anda ke blog saia yang lain di http://rizaherbal.wordpress.com/

  5. ayahshiva berkata:

    kalo aku lama gak blogwalking dan update blog lebih karena gak ada ide buat update dan males buat blogwalking πŸ˜€

  6. Wempi berkata:

    Sekarang wempi sanggupnya satu artikel 1 minggu choey, kalo blog walking cuma yang ada dalam google reader saja. belakangan ini sudah banyak yang wempi unscribe karena banyak teman yang nulis cuma SEO dan Review doang, blog sampah menurut wempi :lol:.

    Akhirnya google reader jadi sepi dari tulisan, hehe…

  7. akhdian berkata:

    Keep posting kang πŸ™‚
    tukeran link ya untuk http://akhdian.com

  8. Assalamu’alaikum,
    Iya Kang, saya pribadi bisa mengerti, karena saya pribadi pun, akhir-akhir ini agak jarang update blog, dikarenakan kesibukan yang luar biasa, yang menyebabkan tidak sempatnya saya meng-update blog dan blogwalking atau segera menjawab komentar teman-teman. Tapi sebisa mungkin saya usahakan untuk tetap bisa menjawab komentar yg masuk. (Dewi Yana)

  9. New Bie Oon berkata:

    dulu juga saya kalo menulis postingan biar update trus, minimal 3 hari sekali.. hkhkhk.. kek minum obat.. tapi pada kenyataannya kadang bisa sampai 4 bahkan seminggu ga update blog,, karena ga ada ide.. dan sekarang berubah menjadi menulis dari hati bukan dari hari..
    salam kenal dan salam blogger.. sukses..

  10. presty larasati berkata:

    PLAAAKKKK!!!
    *ketampar saya..*
    wkwkwkwkwk

  11. Hariez berkata:

    hmm..menurutku blogwalking sebuah kewajiban kita untuk bersilaturahmi, sedangkan update kalo saya pribadi terkadang menunggu waktu senggang setelah pulang kerja jadi intinya ya tali silaturahmi jangan sampe terputus :mrgreen: buat posting kadang ga sempet Kang*

  12. 71mm0 berkata:

    kalau Saya bermasalah pada “membalas komentar yang masuk”. Namun, Saya mengutamakan blogwalking ke para pemberi komentar (tapi komentarnya sendiri tidak dibalas πŸ˜€ )

  13. dieyna berkata:

    kang ko potonya ada sayahnya?

    Hm.. terlepas dari luang atau tidak posting di blog sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, lewwat imel, lewat facebook, dll dsb apalagi yang hapenya dah bisa opera mini wuih lebih termudahkan lagi tuh. Tinggal mau mencoba posting lagi gak

  14. Fitri berkata:

    Saya rasa untuk blogger yang sudah berpengalaman, pastinya mereka ngerti kenapa tidak bisa blogwalking.

  15. Aribicara berkata:

    Ngeblog dan BW memang kayak sudha jadi satu pakeyt yach Bro πŸ™‚

    Salam πŸ™‚

  16. Chic berkata:

    saya sudah hampir setahun jarang blogwalking kecuali blog-blog yang ada di readers saya. ga sempet e… tapi tetep posting tuh karena waktu kosongnya cuma sempet bisa nulis doang, kan ada posting terjadwal. 😳

  17. dedekusn berkata:

    Walau tak update blok,blokwalkin jalan terussss

  18. yangputri berkata:

    aku mengerti kok kesibukan aa….
    dan maapin ku juga aa, kalo aku jarang dateng ke blog aa….

  19. asepsaiba berkata:

    Ini, sahabat blogor yang lagi BW… πŸ™‚ Fotonya baru diposting sekarang ya.. hehe..

  20. wi3nd berkata:

    iyah be9itu πŸ˜€

    dimaklumi kok A πŸ™‚

    **klu aku ,tetep bwalk meski nda postin9,bukan karna malu ato males,tapi eman9 moody la9i kambuh,jadi nda hapdet hapdet heheheh

    have nice week end A,keep ur health πŸ™‚

  21. bukan facebook berkata:

    untung sayah kerjaannya cuma nge-blog ajah…jadi bisa bebas blogwalking terussss… πŸ˜€

  22. andipeace berkata:

    saya malah pertama kali berkunjung kesini OM….

    salam KBM

  23. tary ayk berkata:

    saya ngelamin hal yang sama kang, ini malah baru bisa blogwalking.

  24. sawali tuhusetya berkata:

    update dan blogwalking memang menjadi aktivitas yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan seorang bloger, mas achoey. yang penting semangat pertemanan jangan sampai luntur hanya karena belum sempat update, hehe …

  25. trendy berkata:

    update itu biar nggak disangka hiatus!
    kalo blogwalking itu untuk menjaga tali salaturahim!
    wkeekkekekee!

  26. Berry Devanda berkata:

    saya kok nggak bisa-bisa update 1 hari satu postingan ya?
    gmana caranya seh mas?

  27. nonadita berkata:

    Saya udah update dan udah blogwalking.
    Laporan selesai :mrgreen:

  28. Sofi berkata:

    wah.. kalau aku mah agak nggak setuju tuh.. yg penting tulis dululah.. blogwalking ntar juga gak papa.. perlu siiih.. tapi lebih penting updatenya kalo aq

  29. bocahbancar berkata:

    Yups….Terkadang saya juga begitu Mas Achoey, malu posting ketika tidak sempat Blogwalking…
    Jadiii…. Semoga kita semua sama-sama bisa mengerti lah, sama sekali ga mau menunjukkan sifat sombong kok…

    Salam semangat selalu untuk mas Achoey.. πŸ™‚

  30. sunflo berkata:

    iya neeh achoey lama ga maen ke rumah…tapi aq ngerti kok, pasti lagi sibuk yaaa… semoga sukses deh…

  31. BaNi MusTajaB berkata:

    posting dan blogwalking memang sama pentingnya..tapi juga sama sulitnya..terutama klo disergap kebosanan…

  32. miphz berkata:

    aku numpang blogwalking ya,,, permisi… πŸ˜‰

  33. antown berkata:

    dan saya pun akhirnya menyempatkan diri datang kmari lagi setelah sekian lama. semoga silaturahim tetap terjaga

  34. racheedus berkata:

    Melihat judulnya, saya langsung tersindir. Lama nggak update, lama nggak blogwalking. Apa kabar, sahabat? Sehat?

  35. tutut berkata:

    haha…
    setuju…

    KEEP ON POSTING !!

  36. ari berkata:

    waah, kalo aku yang ditanya knp ga update, jwbnnya ya karena bwt artikel itu ribet dan pusing. apalagi komputer rumah udah rusak. kalo ngetik di warnet tambah ongkos deh.

  37. Kalau saya baru mulai blogwalking jadi belum tahu pengaruhnya dengan update blog saya…

    Salam kenal.

  38. dijual berkata:

    tuker link dong?

Tinggalkan Balasan

