Menjadi Wirausahawan


Adalah hal yang patut disyukuri ketika kita telah memiliki karyawan dalam menjalankan usaha kita. Bukan karena kini kita telah menjadi bos, melainkan karena kini kita telah mampu menciptakan lapangan pekerjaan, tak hanya untuk kita tapi juga untuk orang lain. Dan semoga usaha yang kita bangun adalah jalan keberkahan tak hanya untuk diri kita.

Jalan wirausaha bukanlah jalan yang mudah bagi jiwa-jiwa yang gampang berkeluh kesah. Jalan wirausaha adalah jalan istimewa bagi jiwa-jiwa yang gigih dan pantang menyerah. Maka tak harus semua manusia di bumi ini menjadi wirausahawan, toh jalan hidup masing-masing sudah sewajarnya berbeda. Biarlah jiwa yang memilih, dan kesungguhan menjadi pengukurnya. Apakah akan berlanjut dan meraih kesuksesan, atau berhenti dan terpental di tengah jalan.

Menjadi wiausahawan bukan pilihan terakhir saat sulit mendapatkan pekerjaan. Karena toh jalan wirausaha tak jauh lebih mudah dari susahnya mendapatkan pekerjaan yang layak. Jangan jadikan diri kita korban atas ketidak seriusan pilihan. Terlebih ketika terlanjur menyepelekan, karena jelas sulit bagi jiwa seperti ini tuk keluar menjadi pemenang.

Pernah suatu waktu di sebuah kota saya didaulat beberapa teman tuk bersinergi merintis sebuah usaha. Saya tersenyum, dalam hati mencoba mengukur seberapa besar kesungguhan mereka tuk memilih jalan ini. Dan benar saja, satu-persatu mundur teratur, memilih berpindah dan menjadi karyawan saja. Mereka menjadikan jalan wirausaha hanya pengisi kekosongan waktu saat belum diterima sebagai karyawan, sebuah cara yang unik tapi lajim dilakukan beberapa orang.

Wirausaha bukanlah jalan bagi jiwa-jiwa yang latah. Karena melihat kesuksesan orang lain lalu mencoba melakukan usaha yang sama. Maka pantas jika banyak yang dengan mudah usahanya gulung tikar. Karena salah mengambil hikmah. Seharusnya yang patut ditiru dari sosok yang sukses itu bukan bentuk usahanya, melainkan semangat berwirausahanya.

Jangan bermimpi menjadi wirausahawan, jika saat kita bekerja di perusahaan orang saja sudah tidak bisa menunjukkan kualitas diri yang terbaik, sulit bertanggung jawab. Melakukan pekerjaan hanya menggugurkan kewajiban. Melakukan pekerjaan hanya sebagai upaya menukarkannya dengan gaji bulanan. Karena karyawan yang memiliki modal menjadi wirausahaan adalah karyawan yang menjadikan pekerjaannya sebagai wahana mengukur kemampuan dirinya. Menjadikan pekerjaannya sebagai sarana tuk terus meningkatkan kemampuannya. Sehingga dia tak hanya menukarkan waktu, tenaga dan pikirannya dengan gaji bulanan, melainkan lebih jauh dari itu. Masa bekerjanya dijadikan ajang latihan agar kelak dia siap menjadi pengusaha yang tangguh. Buatnya, perusahaannya yang sekarang labolatoriumnya.

Jadi menurut saya, tak usah latah, ikuti saja kata hati dan ukur kemampuan diri. Jadilah diri kita, jangan mudah latah, jangan pula mudah menyerah. Jadi apa pun kita, asal di jalan kebaikan dan menjadiΒ  salah satu yang terbaik.

Sudah layakkan kita menjadi apa yang kita inginkan? Jika belum, maka jadikan diri kita layak!

(Catatan ini hanya sarana memotivasi diri, bukan beniat menggurui.)Β Β  πŸ™‚

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Hikmah dan Motivasi, Wirausaha dan tag , , , , , . Tandai permalink.

22 Balasan ke Menjadi Wirausahawan

  1. Pencerah berkata:

    saya juga memiliki cita2 jadi pengusaha kang

    ————————————————————————–
    Amin. Bersungguh-sungguhlah! Semangat sobat. πŸ™‚

  2. AngelNdutz berkata:

    pingin bisa memulai bisnis nih! tapi bingung milihnya

    ——————————————————————
    Mulai dari apa yang kau sukai dik πŸ™‚

  3. ahsinmuslim berkata:

    Assalamu’alaikum Kang Achoey
    lama daku tidak silaturahmi ke taman ini.
    Apa kabar??

    ————————————————————————-
    Waalaikumussalam Wr. Wb. sahabatku
    Sama sobat, saya lama dah ngeblog, naru mulai lagi awal bulan ini.
    Alhamdulillah kabarku baik, moga kau juga πŸ™‚

  4. ahsinmuslim berkata:

    Gali potensi, kemudian berbuatlah maksimal. bukan begitu kang??

    ———————————————————————–
    Betul sobat. Kau memang dahsyat πŸ™‚

  5. ILYAS AFSOH berkata:

    Kau Penjual yang hebat Sobat πŸ™‚

    —————————————————–
    Dan kau jauh lebih hebat sobat πŸ™‚

  6. sunflo berkata:

    saya salut sama wirausahawan… dia berjuang untuk eksis, n bisa menciptakan lapangan kerja bagi yang lainnya… hanya saja, mental wirausaha sejati masih minim di tengah kita, selain karena faktor modal, yg juga tak kalah penting adalah tekad dan kerja kerasnya…

    ——————————————————————————
    Betul, tekad dan kesungguhan adalah modal awal πŸ™‚

  7. hellgalicious berkata:

    waaahhh
    bang achoey sibuk niye
    ampe lupa ngeblog..

    semangat ya bang

    ————————————————————————–
    Hehe, ya sih karena hal itu dan hal lainnya juga πŸ™‚

  8. Farijs van Java berkata:

    welehwelehβ„’… dah mulai kecanduan ngeblog lagi nih, kang. hwehe…

    v(^_^)

    salah satu pekerjaan mulia tuh, bisa bikin kerjaan buat orang lain, bisa ngasih penghidupan buat orang lain. pengen…

    —————————————————————————
    Ya nih, gara2 Farijs jd kecanduan lagi.
    Yuk kita berusaha! πŸ˜€

  9. Wempi berkata:

    bentar choey… ini lagi nyari nyari lokasi yang pas buat jualan peluh.

    jualan peluh loh… bukan jualan lendir πŸ˜†

    ———————————————————————
    Peluh apaan sih. Jadi ngeri hehehehe πŸ˜€

  10. sawali tuhusetya berkata:

    kalau dirunut dari asal-usul katanya, wirausaha ini mengandung makna keberanian dan nyali berusaha, mas achoey. wirausaha memang hanya cocok buat mereka yang bernyali besar dalam menghadapi tantangan. sukses selalu buat mas achoey.

    ——————————————————————————-
    Benar sekali Pak.
    Makasih ya Pak atas doanya πŸ™‚

  11. indra1082 berkata:

    Jadi pengusaha itu enak kang, bisa punya jabatan BOS.. πŸ˜€

    ——————————————————————————–
    Wah, dan jabatan itu tidaklah mudah jika tidak bersungguh-sungguh πŸ™‚

  12. julie berkata:

    sukses terus aa dengan usahanya πŸ™‚

    —————————————————
    Amin. Makasih ya sahabatku πŸ™‚

  13. dafhy berkata:

    wirausaha adalah cita-cita
    namun masih terbentur dengan beberapa hal, tapi alhamdulillah sudah mulai sedikit-demi sedikit

    —————————————————————————————-
    Wah, salut. Pntang menyerah. Semangat! πŸ™‚

  14. Setuju semua dikembalikan kpd kata hati πŸ™‚

    —————————————————
    Ya mbak, semangat! πŸ™‚

  15. trendy berkata:

    siapa sih yang nggak mau jadi entrepeneur!
    wkekekekek!

    ———————————————-
    Ayo siapa, ngaku! πŸ˜€

  16. humorbendol berkata:

    Makasih atas pencerahannya bro…
    Manjadi wirausahawan harus bener-2 “mampu” di bidangnya….

    ———————————————————————-
    Sama-sama sahabatku. Benar, semangat! πŸ™‚

  17. Andre berkata:

    Sip…kalo banyak yang pengen jadi wirausahawan, indonesia pasti semakin maju πŸ™‚

    ———————————————————————————-
    Bener bgt sobat. Ayo semangat! πŸ™‚

  18. Hariez berkata:

    benar sekali Kang dengan uraianmu di atas, aku pun belum mampu menjadi seorang wirausahawan terlebih ketika aku membaca “Jangan bermimpi menjadi wirausahawan, jika saat kita bekerja di perusahaan orang saja sudah tidak bisa menunjukkan kualitas diri yang terbaik, sulit bertanggung jawab” hanya bisa tertunduk malu 😦

    ————————————————————-
    Sobat bukankah kau sosok pembelajar dan pekerja keras.
    Kuyakin itu πŸ™‚

  19. wi3nd berkata:

    follow ur pasiion,ikuti lentera hatimu *kata nu9ie and thats ri9ht
    klu latah mendin9 nda sah dech..
    coz wirausaha perlu keseriusan dan kesun99uhan hati πŸ™‚

    saksess ya A πŸ™‚

    ————————————————————–
    Bener bgt Win.
    Makasih ya πŸ™‚

  20. riza_kasela berkata:

    saia sekarang jadi wirausahawan
    Buka toko online bro
    Kunjungi toko online saia di http://rizaherbal.wordpress.com/

  21. Leny berkata:

    Ayo gelorakan terus semangat wirausaha dan bisnis.

  22. ardi rey berkata:

    semoga kita dapat menjadi wirausahawan sejati…….sukses sampai kemati dan meninggal masuk surga…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s