Pemuda di Tepi Danau


Pemuda itu berdiri di tepian, memandang riak air yang seperti menari menuruti irama dalam hatinya. Ada kesejukan yang  menawan, bukan sekedar karena dia berlindung dari terik mentari di bawah rindang pepohonan, bukan pula karena tiupan angin yang dengan lembut menerpa wajah dan tubuhnya. Tapi kesejukan itu bersumber dari hatinya yang  tenang, hati yang senantiasa berbaik sangka pada Tuhan, atas kehidupan yang dia jalani di muka bumi ini.

Dilihatnya seorang lelaki setengah baya yang sedang memancing tak jauh dari tempatnya berdiri. Meski sedari tadi tak didapati ikan yang tertipu akan umpan di kail pancingnya, dia tetap duduk tenang. Ah, betapa sabarnya lelaki itu. Yang tetap berikhtiar dengan terus memasang umpan yang  lagi-lagi hilang.

Disandarkanya pundak ke pohon tegap, lalu dibukalah SMS yang baru saja menghampiri inbox ponsel sederhanannya. Senyum pun mengembang dari bibirnya ketika membaca isi SMS yang selalu saja nyaris sama, ungkapan perhatian dari gadis terhadap seorang jejaka.

Diraba hatinya dengan rasa, namun masih saja seperti sedia kala. Tautan itu masih belum terwujud jua, sementara waktu terus melaju, dan pertanyaan akan hal yang sama pun semakin menumpuk di bahu. Diliriknya lelaki yang mancing tadi yang mengucap syukur memecah sunyi, ada ikan besar di ujung pancingnya, dan dia teramat bahagia. Dan sang pemuda pun bergumam, “ya. itulah buah kesabaran, dan aku percaya Pada-Mu, kau pun kan mempertemukanku dengan sosok indah itu.”

Sang pemuda membuka kemasan roti, lalu dilemparkannya roti itu ke danau. Sepertinya ikan-ikan bahagia, dan itulah rejeki yang mereka terima dan rejeki memang kadang datang tanpa diduga, seperti halnya cinta.

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Hikmah dan Motivasi dan tag , , , . Tandai permalink.

104 Balasan ke Pemuda di Tepi Danau

  1. anny berkata:

    Sedang menanti asa ya? atau sedang mesyukuri apa yg telah diraih? hmmm……semua jadi inspirasi buat bersyukur ya 🙂

  2. Ratna berkata:

    Bersabarlah dengan terus menerus menyempurnakan ikhtiar… Semoga berbuah cepat dengan hasil seperti yang diharapkan…

  3. latree berkata:

    susah sekali menaut hatimu rupanya……
    aku yang nunggu harus ikut bersabar jadinya?

  4. Didien® berkata:

    hmmm… Allah memiliki rencana terbaik buat hamba²-Nya…sabar, ikhlas dan tetap tawakal…

    salam, ^_^

  5. Hary4n4 berkata:

    Kesabaranmu…pasti akan menuai nikmat yg tiada tara… Semoga malam-mu segera bercumbu dgn sang rembulan… Salam hangat dan damai selalu sahabat….

  6. olvy berkata:

    ah, menyenangkan sekali tentunya ^^
    btw..monggo diambil awardnya di tempat saya yah..

  7. bocahbancar berkata:

    wah wah wah wah/…

    Rasa itu akan terus tumbuh subur Mas…
    Semoga menemukan yang diidam-idamkan… 🙂

    Kang Achoey, dah lama tidak bersua di tempat saya nich

  8. Assalamu’alaikum,

    Alhamdulillah, Kang Haris sudah posting tulisan lagi, semoga kesehatan Akang benar-benar sudah pulih ya.. dan semoga silaturahim kita selalu terjaga.

    Dewi Yana
    http://jalandakwahbersama.wordpress.com

  9. mascayo berkata:

    ikhlas dan bersyukur … semoga dapat mempercepat perjumpaan dengan sosok yang dinantikan. Amin 🙂

  10. Hariez berkata:

    Siang Kang..apa kabar mu..?? siapakah gerangan yang menanti..?? :mrgreen:

    -salam- ^_^

  11. dieyna berkata:

    Kang.. jangan memutskan menceburkan diri ke danau yah.. kasian ikannya

  12. nakjaDimande berkata:

    rasa itu milikNYA, suatu saat akan dititipkanNYA padamu
    tunggu saja A

  13. Pambudi Nugroho berkata:

    kesejukan itu bersumber dari hatinya yang tenang, aku suka kata2 ini sobat !. Soal rezeki, kita tidak boleh khawatir tentang apapun jua, thanks atas renungannya yang kritis.

    Salam sejahtera sobat..

  14. semangatpersaudaraan berkata:

    lamar aja kang :mrgreen:

  15. 4sudut berkata:

    Salam Sukses….

    Rio de Jenero ALA Indonesia “Jember Fashion Carnaval” (Rekor Dunia Catwalk Terpanjang)
    kunjungi http://sudutp4nd4ng.wordpress.com

  16. rigih berkata:

    dan rejeki memang kadang datang tanpa diduga, seperti halnya cinta.

    what an amazing frase!
    keren bangetz kang. seperti cinta, kita tak tahu rejeki kita. seperti juga maut, kita tak tahu esok akan seperti apa. dan seperti ini, kenapa pula khawatir akan apa yang belum terjadi?

  17. wi3nd berkata:

    InsYa ALLAH kesabaran dirimu akan mebuahkan hasil yan9 setimpaL A..

    dan semo9a raSa ituh bisa ditautkan bersama atas izinNYA.. 🙂

  18. julie berkata:

    aku ingin menemani sang pemuda yang menaburkan remah roti itu
    apakah ia telah sehat??

  19. zoel berkata:

    hmm… moga cinta itu cepat datangny kang…

  20. Ikkyu_san berkata:

    semoga penantian akan berujung bahagia

    doaku

  21. Pencerah berkata:

    Mantaff
    orang sabar disayang pacar

  22. Septa berkata:

    penantian selalu berujung bagaia… “prisip sinetron”
    kalo boleh tau didanaumana tuh pemuda … didanau ku ya.. he he

    Salam

  23. Septa berkata:

    penantian selalu berujung bagaia… “prisip sinetron”
    kalo boleh tau didanau mana tuh pemuda … didanau ku ya.. he he

    Salam

  24. yanti berkata:

    Alhamdulillah.. sudah posting lagi…
    Selamat datang lagi didunia maya…
    Selamat berkarya…

  25. ikannya seneng banget tuh, dpt rejeki mendadak

  26. hellgalicious berkata:

    wihhh
    keren banget postingannya
    ampuuunnnn..

  27. Jaya berkata:

    wuih happy ending euy… kesabaran yang membuahkan hasil

  28. Rita berkata:

    biar ku tebak,… pemuda baru sembuh dari sakit yaa? hehe….saleman bang :D…
    Amieenn, semoga bang Achoey dipertemukan rejeki cinta secepatnya, aameeinn….

  29. Rita berkata:

    “Buah Kesbaran”…… kalimat ini dapat jadi motivasi untuk tetap dan lebih banyak bersabar karena keyakinan akan berhasil.

  30. ILYAS AFSOH berkata:

    ah pemuda
    sedikit lagi

  31. indra1082 berkata:

    Awas bro hati-hati, nanti kecebur danau….:grin: semangat!!!

    salam KBM

  32. omiyan berkata:

    penuh kesabaran…tapi isi sms itu tolong donk diperjelas isinya itu tuh hehehehehe

  33. oRiDo™ berkata:

    kesabaran…
    segala sesuatunya berjalan sesuai dengan kehendakNya, kita hanya bisa berusaha dan berusaha..
    hasilnya adalah yang terbaik yang Allah berikan kepada kita..
    apapun hasilnya.. syukurilah..
    jika tidak atau belum sesuai dengan harapan..
    tawakal dan teruskan berjuang..

    jadikan sabar dan shalat sebagai penolong mu…
    😉

  34. kenangamu berkata:

    yah memang cinta datang tanpa diduga A,
    datang tiba-tiba dan terbuai..
    bila nggak dapat mengendalikannya akan sakit,
    sama halnya dengan rizki bila kita gk bisa mengendalikannya maka akan jeblos dalam keserakahan

  35. Zulhaq berkata:

    rejeki itu memang suka datang pada saat yang tidak di perkirakan dan dalam bentuk yang tidak di sangka2. beruntunglah bagi orang yang selalu bersyukur atas nikmat yang diberikannya

  36. wah.., siapa ya pemuda itu?
    hehe, terlepas dari siapa dia , semoga kau dapat apa yang kau cari sob
    yang ditunggu pasti datang,

  37. pakde berkata:

    kuncinya ikhtiar, namun cinta bukan dimainkan dengan cara seperti melempar roti untuk ikan2 itu. sabar cuy ya….

  38. Fanda berkata:

    Hmm..kesabaran, sesuatu yang sekarang langka di dunia modern ini

  39. arifin berkata:

    cinta = rizki. itu artinya kita harus berusaha mencarinya, sekuat tenaga, senagaimana kita mencari rizki. mencari saja belum tentu dapat, apalagi cuma berdiam diri saja, jelas tidak dapat.

  40. Ayam Cinta berkata:

    kira2 apa ya isi smsnya????

    Bukan dari Te#ko#sel atw In##sat kan ya?
    Hehehe

    Ikutan bersyukur mas… 🙂

  41. bhejho4060 berkata:

    semua yang diawali dengan baik pasti akan di tuai dengan yang baik pula …….

  42. edda berkata:

    cinta..
    Selalu tak terduga, n rasanya jg sangat2 menusuk jiwa raga

  43. Blog anda OK Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

  44. KangBoed berkata:

    Subhanaaaallllaaah syukur nikmat yang ruaaaar biasa
    Salam Sayang

  45. KangBoed berkata:

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tik Sahabat ku sayang

    dah sehat yaaaaa.. syukur alhamdulillah

  46. Aribicara berkata:

    Siapakah pemuda itu ? 🙂

  47. Hariez berkata:

    apa kabar kang… 😀

  48. Aspirasiputih berkata:

    Hmm..salam buat pemuda itu, salam knal jg buat anda. Nice blog

  49. hanif berkata:

    Tak lelah berharap. Itukah pesan darimu untukku saudaraku?

  50. goncecs berkata:

    apaan tuuh bos ..????

    ijin nyimak dulu … dah …

    nice blog !!!keep posting

  51. kucingkeren berkata:

    kok rotinya dilempar ke ikan.. (ekor si ammar melenggok kiri kanan…*laperModeOn*)

  52. wah mungkinkah om hariez yang sedang menanti purinya disana……….heheheh
    salam hangat selalu

    pa cabar

  53. KangBoed berkata:

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tik Sahabat ku sayang
    I LOVE YOU PHUUUUUUUUUULLLLLLL

  54. endra berkata:

    syukur yang sugguh indah…
    salam keindahan untuk sahabat ku… 🙂

  55. Siti Fatimah Ahmad berkata:

    Bahasa yang menarik. isiannya menyentuh hati. Postingan yang mengkagumkan setelah lama mendiam diri sehingga rindu menyubur di hati. Salam hangat.

  56. nanzzzcy berkata:

    apakah pemuda di tepi pantai itu dirimu kang??? cieehhh…. :p

  57. aidilx berkata:

    subhanallah! saudara dianugerahkan bakat menulis yang baik. teruskan menulis saudara, mudah-mudahan penulisan saudara bisa dimanfaat oleh semua. saya mula mencicip makna tersirat disebalik penulisan saudara.

  58. Hariez berkata:

    siang Kang..apa kabar mu hari ini..?? semoga dikau sehat selalu Kang…

    -salam- ^_^

  59. KangBoed berkata:

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat terchayank
    I Love U Fuuuuullllllllll

  60. KangBoed berkata:

    Kang Achoey dah sehat kah ??

  61. ahsinmuslim berkata:

    selalu ku temukan cinta di sini, pun saat ini.
    disudut kecil dari seorang sahabat yang begitu indah tutur katanya.
    entah berapa lama tak kusapa dia.
    hari ini Allah SWT memberikan kesempatan itu,
    sehingga ku tapakkan jejak langkah yang telah lama menghempas itu,
    di sini, di taman cinta kang Achoey.
    salam hangat selalu.

  62. Nisa berkata:

    wah, saya demen itu, mancing di danau 😀

    hiya, kesabaran it berbanding lurus dengan hasilnya..
    🙂

    nice.

  63. KangBoed berkata:

    Mampir kang Achoey sekedar nengok sahabat saja

  64. racheedus berkata:

    Sudahkah cinta yang tak terduga itu menyelinap di bilik jiwa? Siapakah gerangan sang putri yang berhasil mencuri hati itu?

  65. bluethunderheart berkata:

    pagi kang
    semangat pagi bersama blue
    salam hangat selalu

  66. ceznez berkata:

    ikannya beruntung gara2 sms.. klo gak dapet sms ituh… blom tentu dilempar rotinya tuh… hehehe

  67. javanese berkata:

    berkunjung…..
    wahai jejaka… datanglah, tinggalkan ikan-ikan itu di sana,

  68. Anita Dahlan berkata:

    Asmlkum….
    duh kangen ne sama blog nya a…cemnagdt a waktu itu kan cegela dtg…^^

  69. Hariez berkata:

    Malam Kang…apa kabar.. 😀

    -salam- ^_^

  70. kupatahu28 berkata:

    Kita memang harus sabar untuk menunggu cinta itu datang..

  71. DidiE Mangati berkata:

    nice post….met kenal

  72. Amel berkata:

    Sabar itu insya Allah akan berbuah manis Kak ,, tetap smangaaat! ^^

  73. 1nd1r4 berkata:

    buruan atuh kang…..nanti sya duluan loh 🙂

  74. Vie berkata:

    Cinta itu anugerah yang tak terhingga
    Jika kau sudah memilikinya, berusahalah untuk mempertahankannya
    Jika Cinta itu belum jua datang, bersabarlah untuk menantinya
    Yakinlah… bahwa Allah sudah menyiapkan yang terbaik untukmu A…

    Salam hangat 🙂

  75. Hariez berkata:

    siang Kang… 😀

  76. Hary4n4 berkata:

    Sahabat..kau baik2 saja kan…semoga
    Salam hangat.. Salam damai selalu….

  77. LoveAlloh_atik berkata:

    🙂
    siapakah dia?
    bukan kak achoey kan? he2…
    msh sibuk di mie janda?

  78. gatotkaca berkata:

    terus berusaha jangan menyerahh….chayooo

  79. easy berkata:

    A’..
    besok sabtu ikutan kopdar ya..

  80. acut berkata:

    nice posting..salam

  81. Hary4n4 berkata:

    Salam hangat untukmu sahabat..di pagi yg dingin ini. Semoga harimu senantiasa membahagiakan… 🙂

  82. vizon berkata:

    man shabara zhafira, barang siapa bersabar akan sampai pada tujuannya. tapi, harus diikuti juga dengan kesungguhan, man jadda wa jada, barang siapa bersungguh-sungguh akan mendapatkan…

    semoga kesabarannya berbuah kebahagiaan ya Kang…

    sorry nih, baru sempat mampir kali ini, padahal udah sering melihat namanya berseliweran di blog teman-teman… 😀

  83. krishna berkata:

    ..kenapa nggak buat buku aja Mas..hehehe…cara nulisnya bagus banget…

  84. bluethunderheart berkata:

    merdeka!
    met puasa ya kang
    maaf banyak banget salahnya blue sama akang heheh…….
    salam hangat selalu

  85. perigitua berkata:

    haddiirrrr….
    sore2 mengunjungi sahabat, tuk memohon maaf dan mengharap kemurahan hati sahabat tuk sekedar memaafkan segala kesalahan yang telah aku perbuat.
    Mari kita luruskan niat, sucikan hati, semoga Ramadhan dapat mengantar kita kembali fitri
    cu….
    note: sorry.., komenx-nya ntar aja ya…..

  86. BaNi MusTajaB berkata:

    Marhaban Ya Ramadhan
    Mohon Maaf Lahir Bathin.
    Semoga puasa kita dapat diterima Allah SWT
    amin

  87. hantu blogger berkata:

    sang pemuda yang baik. salam kenal ya!

  88. selamat menjalankan ibadah puasa,
    salam kenal dari blogger ciamis kang…

  89. andipeace berkata:

    insya’allah dengan bersabar dan tak lupa berdo’a memohon ridhonya,akan membuahkan hasil yang setidaknya memuaskan hati…..

    salam peace

  90. kupatahu28 berkata:

    Selamat menunaikan ibadah puasa… ^_^

  91. Ahmad Farisi berkata:

    Assalamu ‘alaykum Wr. Wb

    Apa kabar sahabat?
    Hmmm…nice blog.
    salam kenal dan salam blogger…ana sering mengunjungi blog antum yg “sang khilaf” semoga kita bisa bersilaturrahmi. Saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa. semoga amal ibadah kita diterima oleh Alloh, amin.

  92. Gatotkaca berkata:

    kesabaran ada senjata yang sangat ampuh…..

  93. Septa berkata:

    Hadir,,,
    Berkunjung kembali,,,, he he he 😀

    Salam

  94. emma berkata:

    choey..? belum sehat..?
    doaku buat kamuu..

  95. diajeng berkata:

    masih saja di tepi danau A’… 🙂 pulanglah….

  96. elrianjani berkata:

    Tulisan yg bagus, salam kenal ya!

  97. Yulis Samoa berkata:

    Wow… Paling bisa deh merangkai kata-kata yang penuh lekak lekuk kehidupan…
    Gaya Bahasa yang indah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s