Bahagianya Sholat


Beberapa hari yang lalu, saat tubuh ini belum benar-benar pulih, kucoba buka notebook-ku tuk melepas rindu pada blog sederhana ini. Aku hanya menatap dan membaca beberapa komentar sahabat tentang sapa cinta dalam bentuk doa. Aku terharu. Jazakumullah, terima kasih banyak sahabatku.

Saat itu aku memang tak berniat online lama, maka segera kubuka facebook tuk melihat sapa sahabat di sana. Dan tiba-tiba seorang sahabat menyapa dan akhirnya aku pun chating sebentar dengannya. Kukuatkan diriku menarikan jemari ini tuk sharing dengannya. Karena ini penting bagiku.

Sahabatku menceritakan bahwa dia telah cukup lama tidak sholat, telah hitungan bulan melewatkannya. Aku terkejut, benar-benar tak menyangka. Alasan sahabatku tidak sholat adalah karena dia merasa dirinya kotor. Aku tersenyum, lalu aku mencoba memberikan penjelasan padanya. Dan alhamdulillah kini dia kembali menjalankan ibadah berupa shalat fardhu itu.

Peringatan Isra Mi’raj adalah momentum kita tuk menghayati hakikat sholat. Betapa dalam kisah ini Rasulullah SAW mendapatkan perintah berupa sholat fardhu. Sholat adalah tiang agama, maka selayaknya kita memperkokoh tiangnya agar bangunan agama kita tak gampang roboh. Sholat adalah barometer ibadah-ibadah yang lainnya, jika sholat kita baik, maka bisa dipastikan ibadah-ibadah yang lain akan baik. Betapa pentingnya sholat, dan percayalah bahwa kita akan bahagia jika senantiasa mengamalkan sholat dengan sebaik-baiknya.

Sahabat saya menjelaskan bahwa selama dia tidak menjalankan sholat, dia semakin mudah marah, hidupnya serasa semakin susah. Dia merasa makin terpuruk dan terpuruk. Lalu saya pun menyatakan bahwa memang begitulah kalau kita tidak sholat. Sholat adalah kerinduan kita tuk menikmati ketenangan hati. Betapa indah saat kita merasa sangat dekat dengan Tuhan, dan lewat sholatlah salah satu jalannya. Kita menegakkannya bukan hanya karena sholat adalah kewajiban, tapi sholat adalah kebutuhan. Sebuah ibadah yang indah dan membahagiakan.

Alhamdulillah saat sakit kali ini saya masih bisa berwudhu (tidak tayamum), saya juga masih bisa sholat sambil berdiri. Ini berarti sakit saya belum begitu parah. Karena ukuran sakit parah buat saya adalah dari kemampuan saya melakukan sholat. Saya masih ingat sekitar 7 tahun yang lalu di mana saya saat itu melakukan sholat sambil telentang.

Ali bin Abi thalib menceritakan hadits berikut langsung dari Nabi Muhammad saw. Beliau bersabda, β€œSholat seorang yang sedang sakit adalah sambil berdiri jika mampu. Jika tidak mampu, maka sholatlah sambil duduk. Jika ia tidak sanggup untuk sujud, maka isyaratkan saja dengan kepalanya, tetapi hendaklah sujudnya lebih rendah daripada rukuknya. Jika ia tidak mampu untuk sholat sambil duduk, maka sholatlah dengan berbaring ke sebelah kanan menghadap kiblat. Dan jika tidak mampu sambil berbaring ke sebelah kanan, maka lakukanlah sholat sambil telentang, kedua kakinya ke arah kiblat.” (HR. Daruqutni).

Sahabat, berbahagialah bagi Anda yang senantiasa menjalankan shalat fardhu. Dan dengan sholat tersebut Anda merasakan kebahagiaannya. Semoga saya bisa seperti Anda, merasakan kebahagiaan itu.

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Hikmah dan Motivasi dan tag , , , , . Tandai permalink.

113 Balasan ke Bahagianya Sholat

  1. fadillahcinta berkata:

    yup, solat juga bisa digunakan sebagai sarana relaksasi, akrena memang gerakannya yang luar biasa bermanfaatnya, disamping pengalaman spiritual yang luar biasa juga…

  2. Assalamu’alaikum wr wb

    Alhamdulillah, saya senang kalau Kang Haris sudah benar-benar sehat. Tolong jaga kesehatan ya Kang, jangan terlalu capek-capek.

    Wa’alaikum salam wr wb
    Dewi Yana

  3. diajeng berkata:

    Bedrest yo bedrest….pulihkan kesehatan dulu..kok malah nge-blog…tho…?wah bandel πŸ™‚

  4. KangBoed berkata:

    Waaaakaakaakakak.. jangan galak galak diajeng.. katanya kang Achoey enda kuku rindu sama sahabat

  5. thx banget atas segala pencerahannya…
    sungguh sangat bangga memiliki teman n sahabat seperti dirimu…
    sungguh sangat mulia dirimu bisa mengajak dan memberi penjelasan seingga sahabatmu bisa ikut dengan petunjukmu…
    thx kawan…
    semoga engkau selalu menjadi contoh yg terbaik untuk keluarga dan sahabat2 mu…
    salam kenal πŸ˜€
    Stop Dreaming Start Action

  6. wi3nd berkata:

    ** kok thema postin9an kiTa sama ya??

    ya seberapa serin9 onLine den9an san9 pENCIPTA?
    diberikan 5 kali daLam sehari,untuK menunaikan kewajIban yan9 menyejukkan jiwa..

    seberapa koTor diri seseoran9,jan9anlah semakin menjauh dariNYA,tapi yiuukkss mare memperbaiki diri la9i untuk mendapaT ampunan darinYA,ALLAH itu maha baik >> sampaikan pada sahabat dirimu A,ituh pesen aKu πŸ˜€

    jadi sekaran9 suda puLih? Alhamdulilah……..

  7. rigih berkata:

    subhanalloh… dikala sakit engkau masih dapat memberi manfaat untuk orang lain…
    semoga Alloh membalas kebaikanmu sahabat…
    happy blogging!
    welkam bek to blogosfer!

  8. endra berkata:

    hebat, uadah ngeblog lagi….
    tapi ingat tetep jaga kondisi….
    salam….

  9. Abula on Decib berkata:

    sholat itu benar-benar nikmat

  10. diajeng berkata:

    Tertautnya pada Allah SWT πŸ™‚

  11. Saka berkata:

    ueeeeeendaaaaaaahhhh tenan πŸ˜† selamat beronlen ria lagi tanpa lupa sholat yaaaaaaaaaaa :mrgreen:

  12. Fanda berkata:

    Memang manusia tak pernah dapat melepaskan diri dariNya. Kebahagiaan yg sejati hanya bisa kita raih saat kita dekat denganNya

  13. Hary4n4 berkata:

    Merasakan KehadiranNya….adalah kenikmatan tersendiri…. Senang sekali mendengar sahabat sudah pulih kembali… Salam hangat selalu Kang…. πŸ™‚

  14. Catatan Rudy berkata:

    Bener.. Bnyak bnget hikmah dari sholat. SUBHANALLAH

  15. Wah, kau sudah sehat sahabat
    Syukurlah πŸ˜€

    ada hikmat dalam sakit dan ada hati yang terpanggil untuk selelu online padaNya.

  16. zulhaq berkata:

    alhamdulillah…
    jujur, saiah sering bolong shalatnya beberapa waktu terakhir ini
    padahal kondisi baik2 saja dan sehat walafiat….

    Semoga kita selalu dalam lindungan-NYA

  17. Casual Cutie berkata:

    jarang sholat atau sembahyang rata2 mengakibatkan kita mudah marah, entah mungkin karena kurangnya siraman rohani.

  18. nakjaDimande berkata:

    sholat itu hadiah ya A.. waktunya untuk pertemuan istimewa dengan SANG KEKASIH..

    jaga kesehatan A..
    makan tepat waktu, istirahat yang cukup, ok

  19. wahyu am berkata:

    Alhamdulillah, di ingatkan kembali lewat postingan ini πŸ™‚

  20. tpao berkata:

    sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar . .
    Mantaff

  21. HumorBendol berkata:

    Setuju bro…smoga Bendol juga bisa merasakan kebahagiaan yang dirimu rasakan
    πŸ™‚
    Mantap….

  22. yanti berkata:

    Assalammu’alaikum warrahmatullaahi wabarakaatuh
    Ahlan wa sahlan…. ya Akhiii…
    Senang membaca tulisanmu lagi…

    terus semangat….

  23. ceuceusovi berkata:

    Sholat adalah salah satu cara dan tempat saya untuk ‘curhat’….

  24. Hariez berkata:

    malam..kang..bahagia ketika melihat komen mu..hmm..aku juga masih malu pada diri ini kang masih sering melupakan Nya..Insya Allah kang akan kuingat kata-katamu yang ini kang…selalu kan ku ingat.. πŸ˜€

    -salam- ^_^

  25. dead59 berkata:

    yup.. sambut ramadhan dengan banyak2 sholat..
    mengganti sholat2 yg tertinggal hukumnya tetep wajib lhoo..
    kayak hutang ..iya kan .. bagian wajib qt tinggalin ya jd utang…ok!!

  26. mascayo berkata:

    saling mengingatkan ya kang achoey
    terimakasih

  27. javanese berkata:

    maaf, tak tahu kau bedrest……
    tapi sekarang sudah sembuhkan ??
    mari saling kunjung mengunjungi…..

  28. arifin berkata:

    sholat, mestinya harus dijadikan ritme hidup setiap manusia…

  29. arifin berkata:

    semoga sholat bisa dijadikan bagian dari ritme hidup kita

  30. kenangamu berkata:

    sholat membuat semua rasa ketakutan aku teratasi..
    Subhanallah…
    dan semuanya menjadi lancar

  31. bluethunderheart berkata:

    blue masih suka bolong bolong sholatnya naun pasti blue akan berubah seperti dahulu menjadi ikhwan yg taat
    salam hangat slealu

  32. bhejho4060 berkata:

    wwwaaahhh dahsyat kata-kata mu sobat
    memang sholat itu adalah ibadah yang wajib buat kaum muslim,tapi terkadang itu menjadi hal sepele bagi nyaa..termasuk saya juga sihh πŸ˜€ tapi masih dah wat saya membuka mata untuk sholat terus……
    kan ada pepatah nya juga tuh kang…
    ” SHOLAT LAH KAU SEBELUM KAU DI SHOLAT KAN.. ”

    salam mercu

  33. upik berkata:

    Salam hangat selalu…
    Tulisan mas selalu menggugah dan menyadarkan saya.. Makasih ya mas.. Keep posting..

  34. afwan auliyar berkata:

    sholat…. bisa menjadi momentum kebahgiaan berkomunikasi dgn allah πŸ™‚

  35. FaLLa berkata:

    luar biasa kang achoey,..
    tak pernah bosen kang say amampir kesini, selalu di suguhi dengan artikel2 bermutu..

  36. made berkata:

    hahahhhahaa iya nui….doain mas..

  37. made berkata:

    hahahahhaha……doain mas..

  38. Daiichi berkata:

    Istirahatkan kami dan hibur kami dengan Shalat!!
    terimakasih wahai sahabat telah mengingatkan kami ^_^

  39. KangBoed berkata:

    SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG SAHABATKU YANG BAIK

  40. Ah trenyuh…
    hatimu terikat pada Sang Pencipta untuk selalu dekat denganNya
    apapun keadaan yang ada.

    Semoga semakin sehat ya ak
    sehat betul πŸ™‚

    salam, EKA

  41. guskar berkata:

    stlh sls shalat, duduk tafakur sejenak… untuk berdialog lbh mendalam denganNya..sungguh nikmat rasanya

  42. KangBoed berkata:

    Waaaah.. mudah mudahan sudah mulai bekerja ya kang Achoey

  43. andipeace berkata:

    sampai sekarang saya masih berusaha untuk sholat 5 waktu..

    salam paeace

  44. Hary4n4 berkata:

    Bagaimana kabarmu sahabat.. Semoga kau akan selalu baik2 saja… Salam hangat dan damai selalu… πŸ™‚

  45. antokoeβ„’ berkata:

    belum sholat serasa dikejar dosa.
    setelah sholat ada ketenangan dan kebahagiaan

  46. Heryan Tony berkata:

    Semoga sehat selalu, kang.

  47. Vie berkata:

    Ya Allah… basahilah aku selalu dengan siraman rohani seperti ini, tak ingin aku meninggalkanmu, janganlah pula meninggalkanku Ya Rabb…

  48. mel berkata:

    Sholat? banyak faedahnya….scr fisik maupun mental
    bs buat relaksasi , bs buat

  49. omiyan berkata:

    ah menjadi malu diri ini mas

  50. kupatahu28 berkata:

    gw qo berasa kesindir yaa…(jarang sholat)

  51. anny berkata:

    Sholat sungguh nikmat πŸ™‚

  52. Menik berkata:

    sholat adalah ajang “bercinta” denganNYA . Subhanallah πŸ™‚

  53. kucingkeren berkata:

    semoga selalu terjaga niatnya itu …

  54. Nisa berkata:

    subhanallah, walhamdulillah..

    indahnya islam.. adem.. damai.. betul ya..

    v^^ jaga kesehatan selalu ya brader πŸ˜‰

  55. bluethunderheart berkata:

    wah……om hariez sundaan tea nich……..pasti bukan karena sedang dekat sama puri kan heheh……….
    pagi kang semoga indah hari ini yah
    salam hangat selalu

  56. KangBoed berkata:

    Waaaaah kang Achoey sudah pulihkaaaaaah.. hehehe
    Salam Sayang Sahabatku

  57. kidungjingga berkata:

    cepet pulih yang kang…. bisa kembali aktivitas lagi…

  58. KangBoed berkata:

    Menyapa sahabatku di malam hari

  59. geRrilyawan berkata:

    indahnya beribadah dengan tulus dan ikhlas. pengabdian dan untuk ketenangan jiwa.

    sudah kembali beraktivitas bro? syukur alhamdulillah…

  60. ILYAS AFSOH berkata:

    kita bahagia karena sholat
    πŸ™‚

  61. zee berkata:

    Postingan yang menenangkan mas.
    Saya sendiri kalo sedang susah hati, lalu sholat dan berdoa, biasanya hati jadi plong dan ikhlas…. πŸ™‚

  62. racheedus berkata:

    Shalat bisa sangat memberatkan bagi sebagian orang, namun sangat ringan bahkan jadi kebutuhan yang membahagiakan bagi sebagian yang lain. Mampu menjadikan shalat sebagai perisai diri dari tindakan nista adalah sebuah prestasi yang tak semua orang yang shalat mampu melakukannya. Apalagi menjadikan shalat sebagai pesan rindu untuk Sang Kekasih.

    Kang Achoey, jaga kesehatan selalu. Semoga silaturahmi ini tetap terjalin.

  63. Anita Dahlan berkata:

    asmlkum…
    iya ne a…..aq juga masih ngerasa bangedt sholat aq belum bener dikala aq melalaikannya karna besarnya rasa males aq ngerasa bgt jadi mudah marah..gimana ya caranay untuk menghilangkan rasa malas..mohon tips nya a….

  64. bluethunderheart berkata:

    met berakhir pekan yah
    salam hangat selalu

  65. Rossa berkata:

    shalat dulu ahh..

  66. bocahbancar berkata:

    Hiks..hiks…hiks…

    Bahagia sekali Mas dapat melaksanakan yang 5 itu…. T_T

    Salam semangat Bocahbancar

  67. ciput mardianto berkata:

    Berkomunikasi, berdoa, curhat, meminta pada sang Pencipta, Subhanallah.

  68. cahjoker berkata:

    ketika belum sholat hati terasa hampa..,
    setelah sholat hati terasa tenang…, salam kenal…,

  69. AeArc berkata:

    wuiih… keren! bisa mengajak orang untuk solat! πŸ˜€

  70. didin berkata:

    subhanalloh…menyentuh sekali…
    [assalamu’alaikum..]

    Ikutan 4th IBSN award yuk..
    Informasi dan ketentuan silahkan baca di sini
    IBSN= Karena Berbagi Tak Pernah Rugi..

    Trimakasih…^_^

  71. mataharitimoer berkata:

    subhanallah, makin damai hati ini jika mampir dan menyerap energi ilahi di sini… sehat selalu AA!

  72. radesya berkata:

    Kakak, dah sehatkah?
    Sholat adalah tiang agama kak, dengan sholat bisa mencegah perbuatan keji dan munkar πŸ™‚

    sholat yuk…

  73. Jaya berkata:

    salut buat kang Achoey, walau masih sakit namun semangat untuk beribadahnya tidak pernah luntur, moga kang Achoey cepat pulih seperti sedia kala

  74. indra1082 berkata:

    Semangatlah untuk saling mengingatkan Sob.. πŸ™‚

  75. edda berkata:

    Cpt sembuh ya,, biar bsa sholat dgn nyaman lg πŸ™‚

  76. KangBoed berkata:

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk sahabatku

  77. KangBoed berkata:

    Halllooooooooo

  78. LoveAlloh_atik berkata:

    πŸ™‚
    hayya ‘ala sholat

  79. hanif berkata:

    Kenapa ya sholat-sholat kita akan lebih nikmat ketika kita sedang dilanda musibah? Kenapa kita sulit menjaga kualitas sholat kita saat kita merasa nyaman dengan kehidupan? Apakah karena hanya saat musibah kita benar2 merasa butuh bergantung kepada Allah untuk menyelesaikan semua permasalahan? Ini berlaku juga bagimu g Mas?

  80. Bisnis Online berkata:

    bikin hati jadi tenang πŸ™‚

  81. kawanlama95 berkata:

    udah sehat kah atau masih bedrest,. test

  82. goncecs berkata:

    nais artikel gan !!!!

    buat pengingat ….. manusia kan tempatnya lupa jadi harus diingetin teruus

  83. olvy berkata:

    amien..tapi ya itu tadi…iman seseorang terkadang naik turun ^^
    semangat

  84. bluethunderheart berkata:

    siang kang
    kumaha damang
    salam hangat selalu

  85. Irfan berkata:

    nikmat kalo dilakukan dengan khusyu…
    cepet sembuh dan sehat kembali kang.

  86. antown berkata:

    sobat, sudah sembuh kan?
    kesempatan sehat seharusnya bisa kita manfaatkan dengan maksimal. sembuh ya cepetan biar bisa main dan tersenyum lagi…

    smgt

  87. Hary4n4 berkata:

    Kuharap engkau baik2 saja sahabat…. Salam hangat.. Salam damai.. Selalu…

  88. endra berkata:

    cepat sembuh sobat….

  89. mirma yudha berkata:

    cepat sembuh ya kang ^^

  90. Nisa berkata:

    Cepat sembuh kaka… ^^

  91. Siti Fatimah Ahmad berkata:

    Assalaamu’alaikum..

    Amiin..atas doa yang baik buat semua yang menyerahkan dirinya kepada Ilahi. Apa khabar Achoey…Bunda hadirnya untuk menjemput Achoey ke Laman Bunda bagi menerima anugerah “SPECIAL AWARD SEPCIAL FOR U” atasnya specialnya blog dan idea-idea achoey yang mengkagumkan Bunda. Selamat bahagia dan mesra selalu dari Bunda di Malaysia.

  92. latree berkata:

    sholat saatnya ‘mengadu’ pada Allah…

  93. indra1082 berkata:

    Kita harus selalu Ingat Sholat sebelum Di Sholatkan.. πŸ™‚

  94. bluethunderheart berkata:

    sore kang…….
    pa cabar? sudah sehat kan?
    salam hangat selalu

  95. siwi berkata:

    Setuju.. karena seharusnya kita sholat bukan karena untuk menggugurkan kewajiban tapi karena itu merupakan kebutuhan πŸ˜€

    Cepat sehat yaa..’ πŸ™‚

  96. lukas berkata:

    wah blognya rame… tolong berkunjung ke blog saya di http://loekas.blogspot.com
    salam kenal dari blogger pangandaran

  97. hellgalicious berkata:

    bener banget bro.
    sholat emang bisa bikin kita bahagiaaaaa

    cepet sembuh ya

  98. mahardhika berkata:

    oh sahabat maapkan daku yg tak tau keadaanmu, mahapkan pula jika baru sekarang aku bisa berkunjung, senang ya bisa saling mengingatkan.. sehat terus mas.. πŸ™‚

  99. Hary4n4 berkata:

    Sahabatku… Aku ingin menyapamu disini… Salam hangat.. Salam damai.. Selalu…

  100. adams berkata:

    dah sembuh ya…?

  101. faza berkata:

    haddiiirrr….
    cobalah menempatkan sholat bukan sebagai kewajiban tapi sebagai kebutuhan… tentu akan terasa jauuuhhh… lebih nikmat πŸ™‚
    cu…

  102. The Bunglon's berkata:

    makasih pencerahannya…

  103. Pambudi Nugroho berkata:

    Bung Achoey,

    Juat to share :
    Dirumah kami tinggal, saya tak pernah bosan mengingatkan pembantu saya yang beragama muslim untuk sholat. walaupun keyakinan kami berbeda, saya ikut merasakan bahagia jika pembantu saya tsb rajin sholat. Bagi saya sholat merupakan jawaban ketika melepaskan beban berat yg menghimpit hidup. Dan Tuhan dengan wajahnya akan menyinari jalan hidup kepada orang yang datang kepadaNya.

    Salam sejahtera,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s