Kiat Mantap Memulai Usaha


cucu harisMohon maaf sebelumnya jikalau Sang Khilaf mencoba menulis hal seperti ini. Ini hanyalah sebuah tulisan sederhana dari orang yang sedang belajar berbagi sedikit pengalaman.

Banyak diantara kita berpikir bagaimana caranya supaya pendapatan kita bertambah. Dan sebagai karyawan kadang terbersit juga keinginan tuk memiliki usaha sendiri. Tapi seringkali keinginan itu terhambat karena permasalahan pertimbangan yang kompleks. Alhasil rencana tuk beriwirausaha pun tak kunjung terealisasikan. Padahal kata kuncinya adalah “Mulai Saja!”

Supaya kita mantap memulai usaha setidaknya saya memformulasikannya ke dalam BOTAK (Berani, Optimis, Tekad, Aksi dan Kemampuan).

BERANI

Berani adalah salah satu modal terpenting seorang wirausahawan. Seperti kita tahu yang namanya wirausaha itu hight risk, maka hanya orang yang berani mengambil resikolah orang yang kan mampu menjadi pemenang. Berani memulai usaha harus segera ditanamkan dalam diri setiap kita yang berpikir ingin menjadi wirausahawan.

OPTIMIS

Saya tidak suka melakukan sesuatu yang diawali oleh sikap ragu-ragu, apalagi pesimistis. Apa yang kan terjadi adalah apa yang kita pikirkan. Begitulah inti dari ”The Secret Theory”. Seperti pepatah Sun Tzu, “Jangan pergi berperang sebelum yakin menang.” Jadi optimis saja bahwa kita mampu menang!

TEKAD

Menurut saya tekad adalah niat yang sangat kuat untuk melakukan sesuatu. Maka jika kita sudah memiliki tekad untuk menjadi wirausahawan, otomatis kita memiliki antibodi (daya tahan) yang kuat terhadap berbagai penyakit OGAH (Ocehan miring, Gangguan, Ancaman dan Hambatan).

AKSI

Kita mungkin pernah mendengar ungkapan NATO (No Action Talk Only). Nah ini yang membuat kita tidak akan dipercaya oleh diri kita sendiri ketika kita hanya bicara teori terus tanpa menyentuh praktek. Jadi segera beraksi!

KEMAMPUAN

Kemampuan yang saya maksud di sini adalah kemampuan mengolah segala potensi yang ada pada diri kita. Ketika kita memiliki beberapa kemampuan yang belum terdaftar pada menu kualitas diri kita maka kemampuan yang ada ini akan menarik kemampuan yang belum ada tersebut. Misal, kemampuan kita mengkomunikasikan ide akan membuat orang percaya dan melakukan investasi. Jadi kemampuan financial yang belum kita miliki akan tertarik oleh kemampuan komunikasi kita.

———————————————————————————————–

Tulisan di atas saya copas dari blog lama saya yang terpublish tgl 3 Juli 2008.

Sahabat, apa pun kita saat ini, jalani dengan baik.  Semangat!

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Wirausaha. Tandai permalink.

29 Balasan ke Kiat Mantap Memulai Usaha

  1. kawanlama95 berkata:

    setuju banget dah sama postingan ini

  2. kawanlama95 berkata:

    dan yang terpenting untuk dicermati adalah kemampuan daya imunitas terhadap masalah yang di hadapi kedepan . tapi untuk yang memulai usaha jangan terlalu dibahas untuk point aku ini. karena nanti jadi takut lagi

    dan terus mecoba terus dan tak pernah putus asa iyakan walau udah bangrut sekalipun toh dulu kita juga nga punya apa-apa

    mencoba hal yang baru bila dirasa bidang yang satu tak membuahkan hasil atau tak prospek tapi setelah di usahakan.

    satu lagi bila usaha itu dilakukan secara bersama-sama adalah kuncinya
    kesatuan hati jangan ada yang lain, dan lari dari tanggung jawab serta tak perlu kabur . hehheeee

  3. Hary4n4 berkata:

    Makasih tipsnya sobat… Kau memang Sang Khilaf yg pantang menyerah… Salut Kang… Moga Mie Janda makin sukses… Salam hangat selalu… 🙂

  4. guskar berkata:

    top markotop, masih muda berani memulai berusaha (jangan terlambat seperti saya). gunakan sll skema BOTAK-nya kang. sukses untuk Anda!

  5. Wempi berkata:

    Kalo wempi make istilah gondrong choey, goyang dan dorong. 😀

  6. endra winata berkata:

    hebat, semoga kelak ada keberanian berusaha dalam diri saya…..

  7. AeArc berkata:

    *BOTAK* hahaha.. kreatip banget bos.. :))

  8. Pencerah berkata:

    Bisnis yg bagus yaitu yg dilaksanakan

  9. kucingkeren berkata:

    BOTAK…. hehe boleh jg akronimnya… 🙂 aksi dan aplikasi teori itu yg penting yaa…

  10. bluethunderheart berkata:

    ikutin apa yang dikatakan bang kawanlama ach……….setuju!
    salam hangat selalu

  11. KangBoed berkata:

    Dukung kang ACHOEY… dan Kawah Lama… semoga maju terus…
    SUKSES SELALU Kang AChoey… mana kiriman mie jandanya…
    Salam Sayang

  12. nanzzzcy berkata:

    BOTAK??? mantabb lah pokoknya.. 🙂

  13. ceuceusovi berkata:

    semangat..semangat.. when there is always a will, there is always a way.. salam kenal yaa…

  14. bhejho4060 berkata:

    klo untuk kiat mencari calon istri yang cantik dan kaya raya gimana mas acuy?????
    salam blogger mercusian…

  15. yangputri berkata:

    Gitu ya kang tipsnya…

  16. morishige berkata:

    BOTAK..
    hm.. bagus juga.
    thx ilmunya..
    :mrgreen:

  17. sof berkata:

    wah kalau gitu saya segera cukur biar BOTAK 🙂

  18. Hariez berkata:

    mantaf sobat… 😀 apalagi foto yang diatas..*Kang Achoey jadi cover majalah & yang baca wuihhh.. edun pisan* 😀

    -salam- ^_^

  19. Acha berkata:

    dasyat tak terperi kang …
    pemikir yang praktis juga nih.. kang achoey…
    kang kalo udah sibuk berwirausaha,.. jangan sampai dikau lupa berbagi pemikiran dan pengalaman ya…
    _salam anget_

  20. nomercy berkata:

    apakah mas Cucu pernah mengalami kegagalan? dalam pengertian seluas-luasnya … bagaimana sebaknya cara kita menghadapi kegagalan tersebut? apa yang harus pertama kali dan kemudian kita lakukan …

  21. ichanx berkata:

    hmmm…. kiatnya udah bisa dipahami… tapi ide usahanya belum ada euy… cariin ide dong bos… 😀

  22. javanese berkata:

    dari botak,
    yang ku punya hanya bot,
    ak belum…….

  23. yorick berkata:

    MODAL ga kesebut gan? kalo BOTAK kayanya sayah udah.. modalnya yang lom adaa..
    siapa tau juragan mau modalin sayah 😀

  24. ria manies berkata:

    sippp….cita-citakuuu pngin punya bisnis sendiri…. hemmmm mantab wis tulisannya. tapi rasa takut itu selalu muncul,, takut ini takut ituuu

  25. Anita Dahlan berkata:

    Aslmkm..

    Cemoa aq bica seperti itu..mohon doanya a

  26. wi3nd berkata:

    sheP..
    **lan9sun9 catet..
    waT beKaL usaha nanTinya
    ten9kyu A 😉

  27. Juliawan berkata:

    hmm informasinya benar-benar keren bro mantap hehehe berusaha ya bro salam kenal ya bro

  28. antown berkata:

    mantap!!
    berbagi itu indah memang..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s