Hari Jadi Ciamis


logo_kab_ciamisNun diperantauan menyiratkan kerinduan, akan tanah kelahiran yang tak mungkin terlupakan. Kota dengan sejarah kuat memiliki karakter penduduk nan tangguh. Galuh, itulah namanya dulu. Nama yang membekas kuat dalam mental baja masyarakatnya. Mahayuna ayuna kadatuan.

Kini, Ciamis memperingati hari jadinya yang ke 367.  Tepatnya kemarin pada tanggal 12 Juni. Saya sempat ngubek-ngubek internet untuk tahu dari  mana dasar pengambilan tanggal 12 Juni itu. Dan berikut pemaparannya yan saya dapat dari sini.

Proses lahirnya hari jadi Kabupaten Ciamis, diawali dengan keluarnya Surat Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ciamis tanggal 6 oktober 1970 nomor: 36/x/kpts/DPRD/1970 dan nomor : 5/ll/kpts/DPRD/1971, tentang pembentukan panitia penyusunan sejarah Galuh, yang dalam pelaksaannya panitia tersebut didampingi oleh tim ahli sejarah ikip bandung, yang dipimpin oleh drs. Rd.h. Said Raksanegara.

Dibentuknya panitia penyusunan sejarah Galuh, dimaksudkan untuk menelusuri dan mengkaji sejarah Galuh secara menyeluruh, mengingat terdapat beberapa alternatif didalam menetapkan hari jadi tersebut, apakah akan memaka! Titimangsa rahyangta di medangjati yaitu mulai berdirinya kerajaan Galuh oleh wretikkandayun tanggal 23 maret 612 m atau zaman Rakean Jamri yang juga disebut raiyang sanjaya sebelum sang manarah berkuasa, atau akan mengambil tanggal dan tahun dari peristiwa peristiwa, sebagai berikut:

1). Digantinya nama kabupaten Galuh menjadi Kabupaten Ciamis oleh Bupati Rd. Tumenggung Sastra Winata pada tahun 1916;
2). Pindahnya pusat pemerintahan dari imbanagara ke cibatu (ciamis) oleh bupati rd. Aa wiradikusumah padatanggal 15 januari 1815;
3). atau berpindahnya pusat kabupaten Galuh dari garatengah yang letaknya di sekitar Cineam (Tasikmalaya) ke Barunay (Imbanagara) pada tangal 12 juni 1642.

Hasil kerja keras panitia penyusun sejarah Galuh dan tim ahli sejarah IKIP Bandung, akhirnya menyimpulkan bahwa hari jadi Kabupaten Ciamis jatuh pada tanggal 12 juni 1642, yang kemudian dikukuhkan dengan surat keputusan dewan perwakilan rakyat daerah Kabupaten Ciamis tanggal 17 mel 1972 nomor: 22/v/kpts/DPRD/ 1972.

Wilujeng milangkala Kabupaten Ciamis nu ka 367 taunna. Mahayuna Ayuna Kadatuan.

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Ciamis Manis dan tag , , , . Tandai permalink.

20 Balasan ke Hari Jadi Ciamis

  1. kawanlama95 berkata:

    wah seneng sejarah juga kang sama dink,

    Pajajaran dulu beribu kota kawali lalu pindah ke galuhpakuan . mungkin ciamis sekarang bener ga ya kalo salah tolong di benerkan

    Sampurasun

  2. Acha berkata:

    udah tua jg ya ciamis, 367 taun.
    wilujeng milangkala ciamis, mugia balareana sejahtera.

  3. syelviapoe3 berkata:

    OH..jadi hari jum’at kemarin hari jadi CIamis, ya ?

    Tahniah untuk Ciamis…
    Kalo Pekanbaru 23 Juni ini, lho…he..he..

  4. endra winata berkata:

    wilujeng milangkala apa tuh artinya….
    gak teu bahasa sunda euy…..hehehe….
    selamat-selamat ciamis…..

  5. Pencerah berkata:

    wah, ada makan2nya gak ya?

  6. bluethunderheart berkata:

    wah ciamis mah dekat atuh sareng bumi abdi di tasikmalaya………..
    kumaha damang,kang?
    salam hangat selalu
    metberakhir pekan ya

  7. wi3nd berkata:

    seLamat hari jadi ke 367 ya waT ciamis…

    wiLujen9 daxch pokokna.. 🙂

  8. nomercy berkata:

    oh begitu ya sejarah pengambilan tanggal hari jadinya …

    sejarah harus dipahami dan dimengerti … coba bacalah artikel yang ada pada link yang diberikan oleh mas Cucu … semua bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan berjuang agar masyarakatnya maju, lepas dari keterpurukan … karena itu para pemimpin yang sekarang mestinya tidak sekedar memperingati hari jadinya dengan pesta dan acara seremonial saja … harus mengikuti jejak pendahulu dan pendirinya …

  9. ILYAS AFSOH berkata:

    mari mengulang kejayaan masa lalu
    ———-
    ilyas afsoh

  10. Bisnis Online berkata:

    met hari jadi ciamis, gw diundang gak yach ?

  11. lelaki aneh berkata:

    selamat ulang tahun ciamis.

  12. Hary4n4 berkata:

    Rahayu rahayu…rahayu selawase….. 🙂

  13. mascayo berkata:

    mahayuna ayuna kadatuan,
    artina naon nya kang?
    Dirgahayu Ciamis

  14. annosmile berkata:

    selamat buat ciamis
    semoga tambah jaya kotanya
    udah lama gak mampir kesana..
    he3x.

  15. HumorBendol berkata:

    Met Ultah Ciamis..
    Smoga masyarakatnya makin damai sentosa, sejahtera
    Waduh…
    beberapa hari gak kesini, eh…headernya berubah.
    Makin keren aja bang…
    🙂

  16. H-riez berkata:

    respect anu hade ti sosok Kang Achoey anu peduli budaya sareng hafal sejarah kota Ciamis..wilujeng milangkala kanggo kab Ciamis anu ka 367 taun 😀

    -salam- ^_^

  17. galuhkiwari berkata:

    Wilujeng Milangkala Tatar Galuh Ciamis anu Ka 367, leuhh teuing lembur kuring. Matak Nineung.

  18. 1nd1r4 berkata:

    selamat hari jadi ciamis deh, meskipun telat banget ngucapinnya

  19. yusuf berkata:

    upami tiasa mah aya photo ciamis tempo dulu,ad yang punya silahkan di upload

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s