Blogger Sejati


“Kok jarang OL?”

Pertanyaan di atas seringkali menimpaku. Ini karena mereka mendapati aku jarang sekali online di YM, atau pun FB. Ya memang, aku jarang OL di YM atau pun FB. Ini karena seringkali jika aku mengaktifkan keduanya, malah sahabat-sahabatku di YM atau FB mengira aku sombong dan sebagainya. Kenapa, karena kadang kalo lagi tanggung-tanggungnya kerja, sapaan di YM dan di FB jarang langsung aku respon. Jadi aku lebih memilih cari aman dengan fokus saja ke kerjaan.

Pada saat aku mengikuti kegiatan yang diadakan KPLI Bogor dan BLOGOR minggu kemarin, banyak dari peserta yang lebih asyik Facebook-an ketimbang fokus mengikuti materi yang disampaikan. Ehm, saya bergumam dalam hati, dahsyat sekali ya facebook ini.

Sampai pada sebuah milis terjadi perdebatan, menjadikan FB versus Blog. Ini karena ada beberapa teman blogger yang mensinyalir lunturnya semangat ngeblog diakibatkan banyak blogger yang kecanduan FB. Pendapat beberapa sahabat blogger ini didasarkan pada kondisi ketika seorang blogger mengenal FB, rutinitas postingnya berkurang. Dari sering posting menjadi jarang posting. Meski mereka tepis bahwa jarang posting dan BW mereka diakibatkan karena kesibukan, tapi sahabat-sahabat yang lain mencoba mendepak argumen tersebut dengan mengatakan, “Lho, katanya sibuk, tapi kenapa masih suka main facebook”.

Buat aku sih ya terserah pilihan mereka. Mau berhenti ngeblog juga itu hak mereka. Justru di sinilah terlihat perbedaannya. Seorang blogger sejati, dia kan lebih senang berbagi lewat tulisan-tulisannya. Kemampuannya menulisnya diasah melalui blog, sehingga dia semakin tumbuh menjadi penulis yang baik. Ya, blogger memang menjadikan tulisan di blog sebagai buah karyanya. Yang dia baca kembali saat merindukannya.

Lain halnya dengan blogger coba-coba, dia tidak memiliki alasan yang kuat untuk ngeblog, selain hanya ingin mencoba merasakan dunia blogger itu seperti apa. Menulis di blog bukan suatu hobi apalagi candu buatnya. Sehingga ketika ada sisi lain internet yang lagi ngetrend dan lebih mudah (tidak menambah beban pemikirannya), dia kan jatuh dipelukannya, semisal di pelukan facebook. Lalu bisa jadi, rasa cintanya pada blog jadi makin hari makin menipis bahkan ada lho yang sampai mencampakannya. Tuh lihat, kuburan blog dah makin penuh. Hehehe.

Jadi, kalau menurut aku. Lebih baik gak membenturkan antara blog dan FB. Karena kedua fungsinya jelas berbeda. Aku punya FB, tapi toh tidak menjadikan aku berhenti blogging. Meski memang, aku bukan jamaah fesbukiyah yang taat, tapi bisa jadi aku adalah blogger fanatik, hehe. Ya, setidaknya untuk saat ini.

Nah, bagaimana dengan sahabat. Apakah ada yang merasa menurunnya rasa cinta terhadap blogging ini diakibatkan oleh kehadiran FB?Β  Jika ya, berarti sahabat bukan blogger sejati. Ya gak apa-apa. Yang penting kita tetap menjadi lelaki atau perempuan sejati. Betul apa betul?

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati dan tag , , , , , . Tandai permalink.

46 Balasan ke Blogger Sejati

  1. diajeng berkata:

    hmm..mungkin iya juga si Aa..lg pada demam Fb….tapi… (*mikir) kok aku ga bikin yach ? πŸ™‚

    ————————————————————–
    Diajeng ga punya FB. Bagus malah πŸ™‚

  2. diajeng berkata:

    hmm..berhasil juga… πŸ™‚ (*lirik ke atas….) πŸ™‚

  3. Wempi berkata:

    wempi malah lebih familiar fs dari pada fb πŸ˜€

    ———————————————————
    Wah Wempi, FS aku malah dah gak tau kayak apa. Lama bgt gak ditengokin πŸ™‚

  4. edy berkata:

    ya mestinya bisa digabungkan antara fungsi keduanya
    btw, kalo saya termasuk sejati ato ga, kang?

    ———————————————————–
    Betul bos, bukan malah bikin kalah ya blognya πŸ™‚
    Termasuk blogger berkarakter, karena pro tertib lantas πŸ™‚

  5. Muzda berkata:

    Aku sih ‘A …
    Tanda-tandanya ini sih mengabaikan FB untuk Blog ..
    FB mulai kalah di aku, asikan nge-blog soalnya, hahaha …

    ——————————————————–
    Muzda emang blogger sejati. Salut πŸ™‚

  6. Ikkyu_san berkata:

    hehehe kalo aku blog dong deh ah…
    malah FB hanya aku buka kalau ada email pemberitahuan add/pesan masuk aja. Nah kalau balas di FB, sekalian jalan-jalan, tapi abis itu langsung off lagi. Ntah kenapa aku ngga suka pantengin ID di FB, pantengin ID di YM sih ok-ok aja, karena kebanyakan teman YM sudah tahu kok, kalau tidak dijawab berarti aku sibuk/ngga di tempat.

    FB bagi saya hanya sebagai tempat silaturahmi dengan teman sekolah/alumni.

    mungkin aku memang blogger sejati (belum jadi Ratu Blogger sih hihihi)

    ———————————————————————
    Buat aku, ibu tuh emang Ratu Blogger. Jujur aja,saya kagum sama ibu. πŸ™‚

    EM

  7. ampun deh berkata:

    blogsphere sepi

    ————————————-
    Dan kau yang meramaikannya dik πŸ™‚

  8. arifromdhoni berkata:

    Tidak ada istilah blogwalker sejati? πŸ™‚

    —————————————————-
    Yang penting muslim sejati kan πŸ™‚

  9. siwi berkata:

    Aku juga punya FB tapi ga pernah diapa2in, cuma punya account-nya doang. Termasuk blogger sejatikah? πŸ˜›

    —————————————————————
    Wah A salut. Siwi kan tempat A sharing, jadi sejati donk πŸ˜€

  10. fachri berkata:

    merasa ga ya…? mudah-mudahan ga termasuk..

    ———————————————–
    Kau adalah aktivis kampus sejati πŸ˜€

  11. ekaria27 berkata:

    Blogging dunk A
    beberapa hari lalu status FB say begini, “when FB has lost its appeal”
    hahahahha

    ——————————————————————–
    Dahsyat. Di mata saya, Eka adalah bloggerwati paling produktif. Padahal kita tahu, kau tuh super sibuk πŸ™‚

  12. nomercy berkata:

    hidup ngeblog!!! πŸ˜€

    kalau menurut saya ya jelas bedalah antara blogging dan microblogging …
    fb, plurk, twitter atau yg lain sejenisnya bagi saya hanya untuk menulis status saya saat itu di mana dan lagi ngapain … atau buat hiburan semata, ya main game misalnya …
    tetapi kalau blogging … rasanya masih yg utama … hanya di blog kita bisa menulis sesuka hati dan mau sepanjang apapun … belajar, berbagi, saling bercanda …

    ————————————————————————-
    Dahsyat Pak. Saya beberapa kali mencoba membuka blog Bapak, tapi sangat sulit. Maluk Pak, saya fakir bandwidth. Meski begitu saya yakin, blog Bapak jauh lebih hebat. Salam kenal ya Pak. Salam semangat! πŸ™‚

  13. sangjaka berkata:

    Jaka ga punya FB, tapi blog juga jarang update.
    Blog = untuk memperbanyak pengetahuan
    FB = untuk memperbanyak teman
    Tapi kadang FB dijadikan ajang memperbanyak pacar, ini nih yang payah πŸ˜€

    • guskar berkata:

      FB mmg akan memperluas networking… tp akibatnya akan menjadi notworking, makanya FB saya tutup. jauh lbh asyik ngeblog… πŸ˜›

  14. Siti Fatimah Ahmad berkata:

    Tulisan yang hebat dan santai dengan tulisan dari hati. Saya pun tidak tahu samada asaya adalah blogger sejati atau tidak. yang penting menulis di blog sendiri memberi kepuasan. Saya juga tidak punya ruangan lain selain laman yang sedia ada. menurut saya kalau terlalu banyak sangat ruang untuk dimiliki, tentu tidak akan terurus dan akhirnya mati begitu sahaja. saya suka membaca tulisan anda. Teruskan menulis dengan hati.

  15. Heryan Tony berkata:

    Kalo saya bikin akun di FB cuma ikut2an saja buat ngenal apa itu FB.
    Mari Ngeblog! πŸ˜€
    blog is no 1

  16. Acha berkata:

    Kalo Saya, antara Ngeblog dan FBan, mempunyai 2 porsi dan 2 sisi yg sama dan berbeda. Kadang fokus ngeblog kadang fokus di FB. Tetapi, waktu terbesar adalah offline, ma’lum 100% pekerjaanku adalah offline, meskipun 10 jam per hari manco di depan layar komputer.
    πŸ˜€ komentnya kok ngawur ya..
    maafkan ya shob….

  17. Pencerah berkata:

    sejujur nya benar, terutama buat aku sendiri..
    Kalo face book kan cepet, tinggak nulis satu atau dua kalimat….

  18. blue datang malam ini
    apakah blue termasuk bloger sejati?

    salam hangat selalu

    ke gardu dong

  19. annosmile berkata:

    saya tetep enjoy ngeblog
    fesbuk cuma buka pesan doank
    lah masih males maen game di fesbuk
    koneksi dudul begini

  20. yanti/ mama Aini berkata:

    Benar juga, FBku.. lebih banyak tak terisi akhirnya

  21. emma berkata:

    Sesungguhnya ke 2 nya mempunyai sisi baik maupun buruk..
    tak ada segala suatu di dunia ini yang ber sendiri..an
    kecuali Allah..

  22. HumorBendol berkata:

    FB ya? hehe..Bendol sih gak terlalu suka. Asal punya account aja hehe….

  23. Novri berkata:

    Slam kenal …
    Slam bloger …

  24. Ade berkata:

    hhmm facebook memang membuat ketagihan.. secara bisa menemukan teman2 yang telah lama hilang.. jadi semacam tempat reuni maya.. πŸ˜€

  25. Irfan berkata:

    mudah-mudahan saya bukan orang yang ngeblog cuma karena coba-coba.
    saya malah udah agak bosen ma fb, padahal usianya sama dengan mulai ngeblog.

  26. haris berkata:

    ada kawan saya yang jg luntur semangat ngeblognya gara2 fb. bagi saya, biasa saja. lama2 mereka jg akan luntur semangat fb-nya. he2.

  27. olvy berkata:

    kalo aku gmn A? *tuing,,lha kok malah nanya*
    pengen banget di cap blogger sejati ^^
    btw, boleh usul ga? theme n tulisannya kecil banget bro’
    tapi tetep sukses membuatku pengen baca lagi..lagi dan lagi..meskipun rada njlimet *ato emang mataku aja kali ya hehew*

  28. Nisa berkata:

    duwh, saya kmaren2 pamit maw gak ngeblog dulu, karena gak jadi libur sekolah, tapi ternyata nyampe rumah malah bikin postingan >_< !! duwh, nisa….. ntar mau balik ngeblog ah.. gapapa biar dipentungi urang2, wiikikik.. *a, saya semangat nulis, tapi ogah ke warnet.. cukup menguras kantong tipis saya,:mrgreen: ,ada saran mas?*

    baiklaah,
    semangaat ngeBLOG !!

    saya dah 7 hari jadi fesbuker niy.. alhamdulillah, bertemu kawan2 lama,, nostalgia.. hehe

  29. Nisa berkata:

    oia,, sebenernya ada dikit kaitan jg niy antara fb dan blog,,
    sejak saya daftar fb dan sedikit promosi blog di situ, teman sekolah saya jadi tahu kalau saya seorang blogger,, smoga saya bisa mengelola blog dgn bagus ya.. salah satunya supaya teman2 tertarik jadi blogger juga.. *soalnya kalo saya gembor2 blog di sekulah, jarang ada yg tertarik, malah saya niyh yg jadinya diajakin fb an* ,, semoga saja, amin..

  30. kopral cepot berkata:

    mohon bimbingannya untuk masuk “JeBlog” Jemaah Blogerriyah πŸ˜€ masih nubie nich

  31. MT berkata:

    bagiku, ngeblog dan fb sama pentingnya. begitu juga dengan YM dan milis. ke-empatnya merupakan aktifitas online yang kita sendirilah yang menentukan sessionnya.

    Chatting (di YM/Fb) jarang aku lakukan, kecuali dengan perjanjian, atau untuk hal-hal yang sebentar saja. ketika aku chat di fb dg sohibku, Achoey kala ada moment KPLI-Blogor, itu hanya beberapa menit karena memohon kedatangan Master Awam ke rumahku. Dan itu adalah chatting yang aku lakukan setelah kira-kira 4 bulan lamanya tak pernah chattingan. hehehe….

    (duh, maaf kang. kebanyakan nih komentarnya)

    Milis tetap kuikuti, karena aku belajar banyak dari sana. Walaupun lebih sering membaca saja ketimbang posting.

    FB, buatku masih kuperlukan. di sanalah aku bisa menambah banyak teman. bagiku, pertemanan adalah salah satu faktor yang membentuk kematangan emosionalku dalam mengarungi pergulatan hidup.

    Tapi tetap saja Blog adalah utama. Bagiku, blog adalah bagian dari diriku sendiri. Tapi aku bukan terbilang blogger yang rajin update. amat sangat tergantung mood. Nah, tahukah anda apa yang semakin membuat blogger bersemangat ngeblog?

    jawabannya adalah : KOPDAR! tak lain! πŸ™‚

  32. ontohod berkata:

    sayah belum teruji jadi blogger sejati, begitu pula fesbuker sejati, sayah beatboxer sejati <– naon cenah πŸ˜›

  33. .lala berkata:

    aeh aeh.. blogger sejatiii….

    hihi…

    saya cenderung tidak suka melabeli siapapun dengan apapun…

  34. just 'azzam berkata:

    saya pertengahan aja lah kang. wajar2 aja, gak usah berlebihan. gak lebay. πŸ™‚

  35. yoan berkata:

    kalo saya sih fs n fb ituh bener2 berjasa banget dah…
    mempertemukan sayah dengan tementemen yang udah belasan tahun gak ada kabar…

    nah kalo nge-blog…
    ini yang ‘mempertemukan’ saya dengan orangorang yang belum pernah saya temui… :mrgreen:

  36. wi3nd berkata:

    peRempuaN sejati duun ,stujaaa.. πŸ™‚

    emmm..teutep cinTa sama blo9s,sampaikapanpun πŸ˜‰
    [even sekaran9 la9i vakum postin9s :D]

  37. marshmallow berkata:

    blog never dies, kang.
    walaupun sekarang ramai media jejaring sosial yang ringan dan santai, tetapi blog punya cita rasa sendiri karena lebih ekspresif menyampaikan aspirasi.

    ngomong apa lagi nih saya… 😎

    tapi sampai sekarang saya memang belum tertarik untuk memiliki akun fb. apa saya ketinggalan banget ya?

  38. Johan Firdaus berkata:

    Kalo saya mah ngeblog sama fb di kombinasikan, tulis sesuatu di blog, terus post linknya di fb, temen2x fb saya jadi pada mampir deh, tapi commentnya tetep nulis di fb

    hehehehe

    btw, bagi yang mau domain gratis bisa cek di sini caranya

  39. masoglek berkata:

    fb memang menggoda, tapi blogging mah udah jadi santapan wajib πŸ˜€

  40. racheedus berkata:

    Puji Tuhan, aku terhindar dari rayuan maut FB. Aku hanyalah jamaah Fesbukiyah yang malas. Buka FB paling seminggu sekali. Itu pun kalo yang minta tambah teman.

  41. rismaka berkata:

    Wow, saya tercengang membacanya. Tulisanmu santai sahabat.. tapi penuh dengan keseriusan πŸ™‚

    Saya sendiri saat ini menahan utk tidak mengikuti jamaah fesbuk, karena (setidaknya sampai saat ini) saya melihat bahwa hal tsb tidaklah bermanfaat. Waktu kita akan semakin terkuras hanya oleh facebook, sementara masih banyak aktifitas2 kita yang lebih penting menjadi terbengkalai.

  42. tutinonka berkata:

    Saya belum tertarik untuk bikin fb, karena mengelola blog saja sudah kerepotan waktunya. Posting yang bagus (ada foto, ada referensi) butuh waktu, menjawab komentar butuh waktu, bw butuh waktu. Mana sempat bikin fb lagi. Lagipula, denger-denger (kata teman-teman), di fb isinya cuma ngobrol-ngobrol nggak jelas, jadi kayaknya nggak penting untuk saat ini (halah! gaya loe!).

  43. wanti annurria berkata:

    wuahhh.. blogger fanatik atw jamaah fesbukiyah…
    aku ga’ dua2nya kali ya a’,, blog cukup sharing, nambah, dan bagi2 ilmu… facebook cukup sebagai ajang mempererat silaturahim… ^^ *ktm sm kwn2 lama..

    selama kita bisa pilah mana yang manfaat dan yang tdk,, serta ga berlebihan.. sesaat lepas dari kompi dan bersosialisasi dialam nyata juga penting heheheh…

    tapi memang “taste” ngeblog dgn FB sangat jauh berbeda.. *gaya betuuul… πŸ˜€

  44. 1nd1r4 berkata:

    FB membuat banyak blog hiatus 😦

Tinggalkan Balasan

