Mengobati Diri Sendiri


Sekitar tengah malam tadi  aku terbangun. Badan menggigil kedinginan. Aku pulihkan kesadaran, mencoba menganalisis apa yang terjadi pada tubuhku ini, kok bisa-bisanya. Wah benar saja, aku panas dingin. Segera kuambil sweater agar badan lebih hangat. Ini karena selimut tak mampu menahan rasa dingin yang hebat. Tapi ternyata tak cukup membantu. Akhirnya kutambahkan lagi dengan memakai piyama tebalku. Nah, kali ini lumayan deh membantu.

Sebagai sosok perantau yang terbiasa dengan kesendirian, aku memang dituntut mampu untuk lebih mandiri, termasuk berusaha mengobati diri sendiri. Aku selalu berusaha survive. Aku posisikan tubuh mendekati cara tidur Nabi.

Cara tidur Nabi adalah miring kesebelah kanan. Kemudian, beliau berbalik bertumpu sedikit pada sisi kiri, supaya dengan begitu proses pencernaan lebih cepat karena condongnya lambung di atas hati. Kemudian beliau kembali tidur bertumpu pada sisi kanan lagi, agar makanan segera larut dari lambung; jadi posisi permulaan dan posisi terakhir tidur bertumpu pada sisi kanan. Selain posisi tidur yang miring kekanan Nabi saw juga meluruskan punggungnya pada saat tidur, manfaatnya adalah supaya organ-organ dalam tidak tertekan, posisi tersebut juga melancarkan peredaran darah. Lalu sedikit menekuk kaki dan menggunakan telapak tangan sebagai bantal. Begitulah informasi yang saya dapat dari sini.

Setelah itu saya coba terlentang dan mencari-cari titik sakit yang terasa di perut. Saya temukan titik sakit itu lalu saya coba pijat dengan keyakinan pijatan ini bisa menyembuhkan. Lagi-lagi keyakinan dan kepasrahan pada Allah yang Maha Menyembuhkan. Kenapa perut, karena Rasulullah pernah bersabda bahwa “sumber daripada penyakit adalah perut, perut adalah gudang penyakit dan berpuasa adalah obatnya. (HR. Muslim). Nah aku coba berikhtiar saja.

Saat aku pangun pagi, kondisi alhamdulillah lebih baik. Dari yang tadinya sempat kepikiran untuk tidak masuk kerja, akhirnya berangkat pula.  aku coba telepon adikku yang tenaga madis untuk menceritakan kejadian ini. Lalu aku pun diarahkan untuk melakukan beberapa hal.

Senangnya bisa kembali beraktivitas, cuma ya itu, tidak mandi dulu. Ah siapa yang ngeh dengan hal ini. Tidak mandi tiga hari pun, teman-teman saya nyaris tidak menemukan perbedaannya. 🙂

Mungkin badan ini protes, karena aku telah berlaku dzolim kepadanya. Dengan bekerja hingga malam dan nyaris tak memberikannya ruang tuk benar-benar dimanjakkan. “Maafkan aku ya tubuhku.”

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Sepenggal Kisah dan tag , , , . Tandai permalink.

37 Balasan ke Mengobati Diri Sendiri

  1. airyz berkata:

    cukup istiraha 🙂
    semoga bisa bugar kembali, salam.

  2. orangefloat berkata:

    terkadang kl dah sakit baru kita menyadari dan menyesal telah berlaku kurang baik kepada tubuh.
    kacian aa sakit sakit sendiri, obat obat sendiri makanya cari istri a’ biar ada yg ngerawat. moga cepet sembuh ya…

  3. Miftahur berkata:

    Katanya tidur tengkurap itu tidak baik ya!???

  4. sangjaka berkata:

    Semoga saya senantiasa sehat
    Keyakinan untuk sembuh memang dasyat

  5. anny berkata:

    Kesehatan adalah harta tak ternilai maka jagalah kesehatan itu

  6. komuter berkata:

    kalau tidak mandi sekali, pasti terlihat perbedaanya.
    tapi kalau sudah tidak mandi tiga hari, sudah tidak ada perbedaan lagi, alias sudah terbiasa…….

  7. deeedeee berkata:

    istirahat dan banyak minum air putih,,, plus vitamin juga bagus… *sok ngerti masalah kesehatan*

    met beraktivitas..

  8. julie berkata:

    sakitnya di perut bagian mana bro?
    karena perut itu sumber banyak penyakit jadi kudu di jaga
    hehehhe
    semoga lekas sembuh

  9. Heryan Tony berkata:

    Kesehatan akan sangat mahal bila kita sakit, maka dari itu peliharalah kesehatan sebaik mungkin.

  10. Heryan Tony berkata:

    Tidur merupakan obat bagi jiwa dan raga.

  11. Heryan Tony berkata:

    Semoga lekas sembuh, sobat.

  12. Rnda berkata:

    Sehat itu nikmat yg perlu disyukuri dan dijaga jd berikan hak badan meskipun bnyk aktfts. Mg lekas sembuh dan bs tetap beraktifitas.

  13. Aribicara berkata:

    Ow… dirimu dapat dari Aceh forum yach ? 🙂

  14. ekaria27 berkata:

    Dimaafakan asal jangan kejam2 lagi sama tubuh ya 🙂
    Cepet sehat Ak 🙂

  15. insanmuhamadi berkata:

    sesungguhnya badanmu memiliki hak
    yg harus kau penuhi..!

    tong cape teuing kang!!!
    hehe..!

  16. roy berkata:

    hmmmmmm……………………………..
    kekuatan pikiran kayaknya memank perlu dicoba……
    klo kita bilang sakit ya sakit…
    klo kita bilang sehat…. ya sehat…
    katanya sih gitu…

  17. reallylife berkata:

    minta maaf juga ni ma tubuhku, aku sering begadang

  18. Ikkyu_san berkata:

    aduuuh semoga cepat sembuh ya sahabat….
    paling tidak enak kalau sakit. 😦

    EM

  19. omiyan berkata:

    isitirahat yang cukup dan membiasakan minum segelas air putih itu baik buat tubuh kita

  20. Menik berkata:

    jangan memforsir diri.. perbanyak istirahat ai…
    badanmu kapan mau gemuk kalau terlalu capek kaya gt
    atau emang harusnya sudah ada yg ngurusin 🙂
    bersegeralah.. :mrgreen:

  21. nyubi berkata:

    setuju mas, segala sesuatu apa bila kita
    mengikuti contoh Rasul pasti berbuah kebaikan
    salam kenal jgn lupa komen baleknya

  22. senny berkata:

    kita yang menyakiti diri kita sendiri, tp waktu sakit kita ngeluh

    eh kita atau cuma saya yah??

  23. nomercy berkata:

    kalau kita tahu apa saja yang dapat menghasilkan kebaikan kenapa kita selalu melakukannya di saat-saat hanya memerlukannya? kenapa tidak menjadikannya suatu kebiasaan agar kebaikan datang walau kita tidak menyadarinya …

    /* salam buat teman-teman semua */

  24. adhieputra berkata:

    saya juga sering bang, pake ilmu tidurnya nabi kalo susah tidur, dan berhasil, tertidurlah saya.

    dan satu lagi, mandi bang, bilang orang mandi bikin segar dan segar menumbuhkan pesona diri, mempunyai pesona, gampang mempengaruhi orang, yang Insya Allah adalah kebaikan

  25. Ini namanya swamedikasi 🙂
    Gerakannya hampir sama dgn kelas terapi saya hehehe. Gunanya biar tubuh releks dan memperlancar aliran darah.
    Until then stay health 🙂

  26. kezedot berkata:

    blue doakan selalu segar keesok hariannya serta selanjutnya tubuh abang kita ini
    salam hangat dalam dimensinya blue

  27. Farijs van Java berkata:

    wuih, bisa nyembuhin flu bakpao juga kagak, ya?

    v(^_^)

    jadi keinget pesan nenek juga, bahwa segala penyakit itu bersumber dari perut. hwehe…

  28. Budi Hermanto berkata:

    Wew..
    Bener banget..
    Silahkan dicoba bagi yg ndak percaya..
    Trus jgn lupa..
    Berdoa juga..
    hehehe.. 😉

  29. haris berkata:

    ya risiko jadi perantauan ya gitu mas. dl waktu sy sempat sbntr ngekos juga selalu diwejangi ortu utk tak sakit. susah jadinya. kalo di rumah, bnyk orang yg bantu. slm kenal

  30. wi3nd berkata:

    aLhamdulilah da more better ya A..
    kita sama da beberapa hare ne kondisi tubuhQ ju9a n9edrop,tapi tetp n9antor dan mandi duun 🙂

    take care aLwys and keeP ur healTh A

  31. yoan berkata:

    saya sering ga bisa tidur, om…
    gimana dong?

    *halah*

  32. Acha berkata:

    Sugesti positif, berfikir sehat, pola hidup sehat merupakan obat.
    Sakit adalah siklus hidup. Dengan begitu nikmat sehat betapa besar terasa.
    Lho… kok ngaco ya cummentnya. Afwan.
    -moga sehat selalu-

  33. Irfan berkata:

    kalo kita yakin sembuh dan gak mau sakit, pasti ga akan sakit.
    kalo kita yakin obat itu akan menyembuhkan sakit, insya Allah sakit pun sembuh…

    badan pun butuh istirahat..

  34. 1nd1r4 berkata:

    seimbangkan kerja dan istirahat kang…sehat itu mahal

  35. hanif berkata:

    Lain kali sebisa mungkin jangan mendzolimi diri sendiri ya…pamali..:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s