Kampung Halaman


Kampung halaman adalah bingkai kenangan dan harapan yang tak pernah usang. Selalu kuat menahan erat gambar rangkaian perjalanan kehidupan. Saat jauh pun hati kan kembali ke sana. Seolah telah terpikat dan tak  bisa melompat memudar hasrat.

Diantara kota-kota yang telah menjadi saksi perjalanan kisah, kampung halaman kan tetap ramah untuk menumpahkan kerinduan dengan indah. Meski hanya sesekali saja ditengok, tapi kampung halaman tak kan merengek. Dia tetap menanti kita kembali, tuk diinjak meski hanya berpuluh hentakkan kaki.

Maka alangkah bijak jika buah kesuksesan tak hanya dinikmati dan dihabiskan di kota yang penuh hingar bahakan kecongkakkan mesin, biar ada yang terpatri di desa nan asri. Bisa kau investasikan dalam bentuk cat mushola yang keuntungannya kan tetap kau dapat hingga akhirat. Atau kau ulurkan beberapa lembar kertas pada tangan-tangan mungil anak yatim yang berharap dapat jauh lebih hebat.

Jadi sesekali berlarilah tanpa alas kaki di panjang membentang pematang sawah. Tersenyumlah pada awan biru yang terhiasi kepakan sayap merpati, nuri dan sejenisnya. Bukankah kedamaian ada di sini, dihati yang berbisik mesra pada hembusan angin, “Tuhan betapa indah dunia-Mu.” Lalu rasa lelah pun dibasuh, dengan air jernih yang masih tersisa. Di  sana, di kampung halaman.

Iklan

Tentang achoey el haris

Seorang lelaki sahaja yang gemar menulis. Dan blog baginya adalah media untuk menyalurkan kegemarannya itu. Salah satu pendiri Komunitas Blogger Kota dan Kabupaten Bogor (BLOGOR). Pengasuh Pojok Puisi. Anggota Komunitas Menulis Bogor (KMB) dan Kopi Sastra.
Pos ini dipublikasikan di Celoteh Hati dan tag , , , , , . Tandai permalink.

40 Balasan ke Kampung Halaman

  1. rco berkata:

    Duuuh indahnya…

    Sayang kampung halamanku terlalu luas untuk aku kunjungi semua…..

    Salam kenal….!

  2. edy berkata:

    kampung halaman saya di mana ya? 🙄

  3. Ade berkata:

    jadi takana jo kampuang.. 😦

  4. Diriku juga selalu ingin puang kampung, setiap pulang kampung rasanya dapet energi baru untuk hidup di jakarta yang membuat detak jantung berdetak lebih cepat

  5. Pencerah berkata:

    kayak lagu desaku yang kucinta

  6. kurniawana berkata:

    bukan lagu itu…lagunya tu kampuang nan jauh dimato..hehehe..lewat choey…

  7. ajeng berkata:

    Kampung halaman saya sudah tidak ada sawahnya. Panas..
    Tapi walo bagaimanapun, saya tetap mencintainya..

  8. 1nd1r4 berkata:

    kalau saja semua yang mendulang sukses di kota bisa berlaku sma…sisihkan sedikit untuk kampung halaman masinh2, Insya Allah pembangunan akan merata di kota dan desa ya kang 🙂

  9. Muzda berkata:

    Iya ‘A …
    Siap laksanakan 😀

  10. MT berkata:

    yup! kampung halaman, tak terkalahkan daya rekatnya ketimbang kota tempat kita membangun bisnis. tapi yg lebih kuat daya rekatnya adalah “kampung halaman” kita di akhirat…

  11. an9el berkata:

    jadi rindu kampung halaman nih 🙂
    ahhh…lebaran masih lama lagi..pngn cepat2 mudik 😀

  12. emma berkata:

    hebat..!

    Kacang yang tak lupa pada kulitnya…:-)

  13. kawanlama95 berkata:

    aku lelah sahabat habis lepas tak tersisa
    sepi antara aku dan dia
    hening dalam kebisuan diri
    hancurkan saja kataku

    biarkan aku dalam kesendiriannya
    menghentak sepi tak berarti
    nurani hilang tak berbekas

    Aku rindu jiwa ini
    dalam kesendirian kukatakan

    AKU INGIN PULANG KAMPUNG
    SEPERTI YANG AKANG KATAKAN

    terima kasih sahabat , mengingat aku dalam kerinduan yang indah

  14. Nisa berkata:

    Rindu kampung halaman… *hayyah.. padahal nie NIsa juga gak kemana-mana… *

    Namun kuyakin,,
    Suatu hari kelak,,
    ku kan merindukannya… 😀

    Pa kabar mas achoey? 😀

  15. wi3nd berkata:

    jadi in9et kampun9 halamannn… 😦

    ** apa kabarnya ya kampun9 halku?

  16. Anita Dahlan berkata:

    Aslmkm…
    kampung halaman yg tak pernah q injax……:(

  17. wahyuapriani berkata:

    Sebenarnya minggu ini pengen pulang kampung. Tapi gara² cakit peyut, batal deh rencana mudiknya. Dan setelah baca postingan Aa’ ini, huhuhuhu tambah kangen, pengen go home my home.

  18. Rnda berkata:

    Kampung halaman, ya disana ada banyak kenangan, ada banyak orng2 yg dekat dihati kita, tempat ys dirindukan, dan disanalh juga ada sesuatu yg perlu dibenahi dgn sentuhan islami.

  19. Ly berkata:

    iyaa… saya pun kangen kampung halaman walau tak pernah di lahirkan disana 😀 tapi ketika kembali kemaren udara nya merasuk ketulang sumsum saya …. I MISS CIRACAS ….. I WILL BE COME BACK MORE 😉

  20. yanti berkata:

    Kalau gak punya kampung????

  21. Rindu berkata:

    Minggu depan pulang ke Banda Aceh 🙂 mau ikut kang?

  22. bocahbancar berkata:

    Kampung halaman tetap menjadi tempat yang amat menyenangkan selalu….

  23. fachri berkata:

    sementara masih menyelesaikan skripsi, belum boleh pulang kampung sampe lulus, hiks sedihnya… 😦

  24. gwgw berkata:

    ngiri deh , gg punya kampung….

    salam kenyal ya mas

  25. obaghy berkata:

    disebelah selatan deretan bukit dengan permadani kuning saat tiba musim membentang luas.
    sebelah utara, laut yang slalu ku rindu
    itu DESA ku
    yu ke TEGAL 😀

  26. Uke Poet berkata:

    Hiyaaaa…. jadi ingat kalau saya sudah lama tak lari-lari di pematang sawah.
    Hehe miss my old childhood during school holiday in Lubuk Linggau

  27. mrpall berkata:

    Kampung halaman, ya disana ada banyak kenangan yang indah …

  28. wanti annurria berkata:

    hiyaaa… qu suka banget sama paragraph terakhirnya,,, 😀 terasa nyata…
    *sedang membayangkan saat2 berlari diantara pematang sawah*

  29. sangjaka berkata:

    Cinta bermula dari sana
    Sehebat apa pun selayaknya kita tak melupakannya 🙂

  30. Harsa berkata:

    dikampung halaman saya tidak ada ladang sawah dan hutan rindang…yang ada hanyalah adang aspal dan hutan beton….hiks sedih…dan kalau lebaran kampung halaman saya termasuk yang sepi.. 😦 ..jadi pengen ikut ke Banda menikmati lembayung di hijaunya sawah.. 🙂

  31. latree berkata:

    selalu kang, selalu kusempatkan….

  32. yoan berkata:

    hummm…

    gimana ya om…
    yang saya rasakan sih, semakin dekat jarak saya dengan kampung halaman, maka semakin rindu saya ingin terusterusan pulang…

    *dansayapunkangenpulanglagisekarang*

  33. vaepink berkata:

    InsyaAllah bentar lagi aku sampai dikampung halamanku a’ 😉

  34. anak baru berkata:

    duh jadi terkenang dengan kampung halaman yg dulu ( suasana yg dulu) soal na saya ga punya kampung halaman, soal na saya ga kemana2.. ya kampung sendiri..

  35. vivi berkata:

    aku kangen banget sama kampung halaman ku…
    palembang … rindu banget neh

  36. health medicine berkata:

    aku setiap hari ya tinggal di kampung halaman sayaaa

  37. ayu berkata:

    Aku kangen banget sma kampung halamanku yg hijau royo royo itu

  38. andi bagonk berkata:

    .lam knal for alL

  39. Carter berkata:

    Very impressed with this article, thanks for the solid information.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s